Ini Dia 15 Lauk Yang Terpopuler Khas Indonesia

By |2018-11-08T15:20:55+00:00April 13th, 2017|Culinary|Comments Off on Ini Dia 15 Lauk Yang Terpopuler Khas Indonesia

laukSource: wikipedia

Selain terkenal dengan budayanya Indonesia juga sangat khas dengan makanan khas Indonesia. Makanan yang selalu di lengkapi dengan bumbu rempah-remnpah alami yang membuat masakan khas Indonesia terasa sangat enak dan memiliki rasa yang unik. Selain makanan Indonesia juga memiliki lauk pauk yang khas untuk teman nasi. Orang orang Indonesia memiliki kreasi yang unik untuk melengkapi teman nasinya, Indonesia juga memiliki ciri khas tersendiri agar teman lauknya bisa menjadi favorite bagi dirinya. Nah berikut 15 lauk yang terpopuler khas Indonesia:

1. Opor Ayam


Source: sharonang

Ayam memang selalu menjadi lauk favorite semua orang, namun di Indonesia ayam tidak hanya di goreng ataupun di selimuti dengan terigu saja. Tapi bisa dibuat opor ayam dengan kuah berwarna kuning dengan rasa santan yang melekat dilidah, belum lagi paduan bumbu lainnya yang membuat rasa kuah dari opor ayam ini sangat melekat. Ada juga beberapa masakan opor ayam ini yang dicampurkan dengan kentang dan juga telor agar lauknya bertambah. Opor ayam telah menjadi lauk favorite di Indonesia.

2. Gudeg

Siapa yang tak tahu gudeg? Makanan khas Yogyakarta ini sudah tak asing di lidah orang Indonesia. Makanan Jogja ini juga sangat digemari dengan rasanya yang manis dan juga legit. Gudeg  merupkan salah satu lauk favorite semua orang masakan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula merah, nah gula merahnya tersebut yang membuat rasa gudeg itu manis. Gudeg ini telah menjadi lauk pauk yang sangat cocok dimakan dengan nasi yang baru masak.

3. Mendoan Tempe

Mendoan tempe adalah gorengan khas Indonesia yang sangat tidak asing bagi orang Indonesia. Mendoan tempe ini juga sangat mudah kamu temuai di semua tempat di Indonesia. Mendoan tempe juga sangat cocok menjadi lauk untuk makan dan juga ditambah cengek hijau untuk menambah sensasi pedas agar saat makannya tambah bersemangat. Dari tempenya sendiri memberikan sensasi rasa yang berbeda karena tempe sendiri hasil dari fermentasi kacang kedelai. Tempe merupakan lauk khas Indonesia yang sangat populer.

4. Rendang

Rendang adalah makanan khas dari padang, rendang memiliki rasa yang sangat enak karena banyak dipadukan dengan rempah rempah. Rendang bukan hanya daging sapi yang dimasak biasa. Namun, rendang adalah makanan yang sangat enak untuk dijadikan sebagai lauk, dengan rasa santan dan juga rempah rempah pasti akan membuat kamu ketagihan untuk makan. Biasanya saat orang padang yang membuat rendang itu akan memberikan rasa yang khas dan sensasi yang berbeda saat kamu memakannya. Lauk rendang yang satu ini mempunyai rasa yang berbeda.

5. Sate

Sate adalah makanan Indonesia yang paling populer, dan salah satu lauk khas Indonesia. Sate ada beberapa daerah yang menyajikan sate dengan bumbu yang berbeda. Sate merupakan makanan yang tak asing lagi buat kita semua, bahkan hingga manca negara sate khas Indonesia ini di gemari. Sate ini ada beberapa jenis dagingnya, ada sapi, kambing, kelinci hingga kuda dan banyak lagi kreasinya. Sate sangat indentik dengan bumbu kacangnya yang sangat pas, sate juga sangat cocok menjadi lauk makan dengan nasi ataupun dengan lontong/ ketupat.

6. Pecel Lele

Pecel lele adalah makanan khas betawi yang sangat popular di Indonesia sebegai lauk makan dengan nasi. Bagi para pencinta hidangan ikan lele pasti sangat gemar memakan pecel lele sebagai lauk. Pecel lele sebenarnya ikan lele goreng yang disajikan dengan sambal, dan sayuran hijau untuk menambah sensai saat memakannya. Pecel lele biasanya sudah banyak di jual di pinggian jalan dimalam hari, pecel lele ini telah menjadi lauk terfavorit sejak dulu.

7. Semur Jengkol

Bagi sebagian orang jengkol adalah makanan yang sangat enak dan memberikan rasa yang unik saat memakannya. Jengkol juga bisa di olah menjadi beranekan macam makanan, namun ada juga sebagian orang yang tak menyukai jengkol. Nah semur jengkol inilah yang sangat enak untuk dijadian lauk maknan bagi yang suka jengkol. Semur jengkol ini memiliki bahan dasar santan dan beberapa rempah rempah yang membuat bumbu dari semur ini terasa enak belum lagi rasa jengkol yang unik. lauk semur jengkol hanya ada di Indonesia saja lho.

8. Sambel Goreng Kentang

Kentang memang memiliki karbohidrat seperti nasi, namun di Indonesia kentang di jadikan lauk untuk menjadi teman nasi. Biasanya Sambel goreng kentang ini sering ada di hidangan acara seperti acara pernikahan. Sambel goreng kentang ini juga memiliki warna yang merah yang menggugah selera, belum lagi rasa rempah rempah yang sangat melekat di lidah. Makanan sambal goreng kentang ini selalu menjadi lauk favorite semua orang karena rasanya yang enak.

9. Sop Buntut

Sesuai namanya sop buntut ini menggunakan butut/ ekor sapi dalam olahannya. Memasak sop buntut juga melalui proses yang sangat panjang untuk menghasilkan sop buntut yang sangat lezat. Sop buntut juga telah menjadi lauk pauk yang banyak disukai semua orang sop buntut khas Indonesia memang unik, dengan kuah bening dan rasa rempah rempah segar membuat masakan ini menggugah selera dan paduan dari beberapa sayuran seperti wortel, tomat, daun bawang dan sayuran lainnya menambah nikmat masakan ini.

10. Tempe Goreng

Selain mendoan tempe yang  bisa di jadikan lauk, tempe goreng juga tak kalah popularnya. Tempe memang telah menjadi khas Indonesia yang sampai sekarang mulai terkenal di luar negeri, banyak turis yang tertarik dengan hidangan tempe ini. tempe goreng sangan enak menjadi lauk dan ditemani dengan sambal, nasi panas dan juga ikan asin. Walau terlihat sederhana makanan ini selalu jadi lauk favorite orang Indonesia yang cinta akan masakan Indoesia.

11. Perkedel

Perkedel memang banyak rupanya, ada perkedel jangung, juga perkedel kentang dan lainnya. Perkedel memang makanan yang sederhana untuk menjadi lauk makan, namun perdekel ini sangat enak untuk dijadian teman nasi. Perkedel terbuat dari bahan jangung/ kentang, daun bawang, bawang putih, dan juga rempah rempah yang lainnya. Perkedel ini memiliki tekstur yang sangat lembut karena memang bahannya ditumbuk menjadi halus terlebih dahulu, perkedel menjadi lauk terpopular di Indonesia.

12. Balado Terong

Balado terong sangat pekat dengan bumbu dan rempah rempahnya membuat sensai rasa saat kita memakannya. Balado terong juga memiliki tampilan merah dan juga penuh dengan biji biji cabai membuat kita ngiler saat melihatnya. Balado terong sangat enak dijadikan lauk dengan nasi panas, agar membuat sensainya lebih nikmat. Balado terong juga banyak digemari oleh masyarakat Indonesia,  selain enak balado terong juga memiliki rasa yang unik dan enak dijadikan lauk teman nasi.

13. Cah Kangkung

Kangkung adalah jenis sayuran yang sangat enak jika di jadikan lauk untuk makan. Cah kangkung ini seperti tumis sayuran, namun bedanya cah kangkung ini memakai rempah rempah khas Indonesia yang membuat rasa cah kangkung ini berbeda dan buat kamu ketagihan. Cah kangkung juga memiliki cara memasak yang berbeda di daerah daerah lain, ada yang menggunakan tambahan tauco, terasi dan tambahan lainnya yang membuat masakan ini enak untuk lauk makan nasi ciri khas dari setiap daerah.

14. Pindang Ikan Balado

Ikan pindang memang enak untuk di jadikan lauk makan dengan cara memasak apapun. Namun, di Indonesia ikan pindang bisa dimasak dengan bumbu balado. Pindang memiliki rasa yang unik saat dimakan maka dari itu pindang balado sangat cocok untuk dijadikan lauk makan. Pindang balado juga sangat unik dengan cara ikan pindang di goreng terlebih dahulu. Lalu setelah itu dimasak kembali dengan bumbu balado yang luar biasa.

15. Tahu Goreng


Source: Wow_Pho

Tahu biasanya disandingkan dengan tempe untuk lauk makan. Tahu memiliki rasa yang lembut didalamnnya dan juga renyah di luar saat kamu memasaknya dengan cara di goreng hingga luarnya garing. Tahu menjadi lauk khas Indonesia yang paling cocok ditemani dengan sambal terasi. Rasa tahu yang membuat kita selalu ketagihan dan juga rasa sambal terasi yang memiliki sensai rasa yang sangat enak, itulah yang membuat tahu goreng dan juga sambal menjadi lauk paling favorite di Indonesia.

Inilah 15 lauk terpopuler khas Indonesia. Indonesia memang sangat terkenal dengan makanan khas yang membuat para turis tertarik untuk mencobanya. Bahkan beberapa dari lauk tersebut sudah banyak terjual di luar negeri. Lauk khas Indonesia biasanya memiliki rasa yang tidak ada duanya paduan rempah-rempah yang pas memberikan sensasi yang berbeda saat kita makan. Maka dari itu masakan khas Indonesia sangat digemari oleh semua orang.