Ingin Kesehatanmu Terjaga Selalu, Ikuti 10 Tips Dalam Memilih Makanan Sehat Ini!

By |2018-12-04T19:57:43+00:00December 4th, 2017|Culinary, Health|Comments Off on Ingin Kesehatanmu Terjaga Selalu, Ikuti 10 Tips Dalam Memilih Makanan Sehat Ini!


Source: PublicDomainPictures

Memiliki tubuh yang sehat dan gak gampang sakit sudah barang tentu menjadi dambaan setiap orang. Dengan menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, bisa menjadi satu diantara sekian cara dalam menjaga tubuh tetap sehat. Makanan memang memiliki peranan yang cukup penting dalam mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, ini mengapa asupan makanan sehat sangat penting untuk itu.

Namun sayangnya tak banyak yang memahami pentingnya makanan sehat dalam membantu menjaga metabolisme dalam tubuh secara menyeluruh. Banyak penyakit yang disebabkan oleh kurangnya perhatian dalam menjaga asupan makanan sehat untu tubuh. Simak tips berikut ini agar kamu bisa lebih mengerti mengapa menjaga kesehatan dengan makanan sehat itu penting.

 1. Jangan Abaikan Sarapan Pagi


Source: Einladung_zum_essen

Saat mengawali aktifitas di pagi hari, satu hal yang tak boleh di lupakan ialah sarapan. Makan makanan sehat di pagi hari sangat penting peranannya dalam membantu tubuh dalam mencukupi kebutuhan energi agar tak mengambil dari bagian tubuh lainnya. Meski ada pula yang beranggapan bahwa dengan melewatkan sarapan di pagi hari dapat membantu mengurangi berat badan.

Hal tersebut sesungguhnya salah kaprah, tubuh yang tak mendapatkan nutrisi yang cukup di pagi hari justru akan melampiaskan rasa laparnya di waktu makan berikutnya. Ini sama halnya seperti sebuah pembalasan, dan ini bukanlah hal yang tepat. Makannya jangan pernah abaikan untuk sarapan seporsi makanan sehat di pagi hari agar kebutuhan energi tercukupi hingga waktu makan berikutnya.

 2. Mengolah Sayur dengan Warna Beragam


Source: Jill111

Selain memberikan tampilan yang menarik pada makanan sehat, mengolah sayuran dengan variasi beragam warna sudah barang tentu akan membuat seseorang tergoda untuk mencicipinya. Ini berkaitan dengan anak-anak yang memang kurang suka dengan sayur-sayuran, jika makanan sehat yang dihidangkan memiliki tampilan yang cantik tentu anak-anak akan bertambah selera makannya.

Makanan sehat yang dibuat dari ragam sayuran kaya warna tentunya akan membantu mencukupi kebutuhan mineral serta vitamin penting yang dibutuhkan tubuh. Perlu diingat juga bahwa sayuran memiliki kandungan antioksidan yang memiliki banyak manfaat penting seperti menjaga tubuh dari bahaya paparan radikal bebas yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker,

3. Pilih Makanan yang Kaya Serat


Source: Dbreen

Jika pencernaan tidak lancar dan sering sekali mengalami masalah, hal ini perlu diwaspadai bahwa mungkin tubuh kekurangan serat. Makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan diketahui kaya kandungan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi serat sendiri di dalam tubuh yakni untuk membantu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan menghindarkan tubuh dari kegemukan.

Karena saat kita makan makanan sehat yang kaya serat ini dapat membantu membuat perut terasa kenyang lebih lama, ini mengapa makanan sehat tersebut seringkali dikonsumsi oleh orang yang sedng menjalankan diet untuk menurunkan berat badannya.

 4. Pilih Sumber Protein yang Baik


Source: ADD

Fungsi protein dalam tubuh memang tak boleh disepelekan begitu saja, ini mengapa memilih makanan sehat yang mengandung protein sangatlah penting. Baik protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (nabati) maupun dari hewan (hewani) haruslah dipilih dengan cermat dan berasal dari sumber yang terbaik. Sebab mengkonsumsi makanan yang berasal dari sesuatu yang tidak sehat seperti  makanan yang rusak atau dari hewan yang sakit, hal tersebut sama saja bohong.

 5. Pilih Bahan Makanan yang Masih Segar


Source: Jon Aslund

Saat memilih bahan makanan untuk dijadikan bahan utama makanan sehat, akan lebih baik bila saat membelinya pastikan memilih bahan yang masih terjaga kesegarannya dan bukan yang telah melalui proses pemasakan. Bahan makanan yang telah melalui proses pemasakan sebelmnya kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya mungkin telah berkurang atau bahkan hilang karena proses yangkurang baik dalam mengolahnya. Tentu bahan makanan tersebut akan sia-sia belaka.

 6. Pilih Camilan dari Buah atau Sayur


Source: Uroburos

Saat sedang santai kehtika nonton tv seringkali kita menghabiskan waktu dengan ‘nyemil’ makanan ringan yang mengandung penguat rasa. Perlu diketahi bahwa kandungan MSG dalam camilan atau makann ringan dapat membuat seseorang yang memakannya menjadi ketagihan dan sulit berhenti. Dan tentunya camilan tersebut bukanlah makanan sehat bagi tubuh. Tak perlu menghentikan aktifitas ‘nyemil’ ini, hanya perlu menggantinya saja misalnya dengan buah-buahan atau dengan sayur.

 7. Makanan Dengan Lemak Baik


Source: Wow_pho

Tidak semua makanan yang mengandung lemak tidak baik bagi kesehatan, tubuh pun sejatinya juga membutuhkan lemak. Lemak sendiri memiliki dua jenis yakni LDL atau lemak jahat dan HDL atau lemak baik yang berada di dalam tubuh dan sangat dibutuhkan untuk membantu menjaga metabolisme tubuh. Untuk membuat kadar HDL dalam tubuh tetap terjaga sebaiknya pilih makanan sehat yang mengandung lemak baik, seperti susu, kacang-kacangan juga gandum. Lemak baik yang berlimpah dalam tubuh dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit yang lainnya.

 8. Berpuasalah


Source: Practical Cures

Sesungguhnya berpuasa memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, satu diantaranya membantu membersihkan pencernaan atau sebagai detoksifikasi secara alami. Terkadang perut dalam hal ini sistem pencernaan dalam tubuh, juga membutuhkan waktu jeda untuk beristirahat. Dengan berpuasa, secara tidak langsung dapat mengistirahatkan sistem pencernaan dari segala aktifitasnya yang melelahkan. Jadi menjaga tubuh tetap sehat bukan hanya dengan makan makanan sehat saja.

 9. Masak Makanan Sehat Matang Sepenuhnya


Source: Security

Mengkonsumsi makanan mentah sesungguhnya bukan hal yang disarankan, apalagi bagi wanita yang sedang hamil. Meski di klaim sebagai makanan sehat tapi kandungan bakteri dalam makanan hanya dapat mati jika telah melalui proses pemasakan dengan matang sepenuhnya. Terutama pada makanan dengan bahan daging, tentu mengolahnya matang sempurna dapat meminimalisir paparan bakteri dalam makanan tersebut.

Apalagi untuk anak-anak dan ibu hamil yang rentan terserang penyakit, karenanya makan makanan yang tidak diolah dengan matang secara sempurna dapat mempegaruhi kondisi dalam tubuh.

 10. Buat Sendiri Makananmu


Source: 089photoshooting

Membeli makanan siap saji tentu bukanlah pilihan yang disarankan untuk dilakukan, karena meski terlihat lezat namun sejatinya didalamnya hanya terdapat nutrisi kosong. Jika ingin kita bisa membuatnya sendiri di rumah yang bisa kita pilih sendiri dengan bahan-bahan makanan yang lebih sehat. Dengan begitu apa yang masuk ke dalam tubuh kita, akan selalu tetap bisa di pantau dan di jaga kandungannya.

Menjaga kesehatan sesungguhnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan oleh siapapun. Banyak hal yang dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat seperti, berolah raga secara teratur, makan makanan sehat juga beristirahat dengan cukup dan satu hal lagi yakni dengan menjaga emosi tetap stabil. Dan ingat bahwa jangan tunggu sakit saat ingin memulai pola hidup yang lebih sehat. Always keep and stay healthy, Ladies!