Ingin Anak menjadi Seorang yang Berguna? Bacakan 10 Doa Untuk Anak Ini

By |2018-11-07T05:12:54+00:00January 19th, 2017|Family|Comments Off on Ingin Anak menjadi Seorang yang Berguna? Bacakan 10 Doa Untuk Anak Ini

Source: Ebrahim

Anak merupakan anugerah yang semestinya dijaga dan juga dirawat dengan penuh kasih sayang. Namun bukan hanya kebutuhan dunia saja yang harus dipenuhi oleh orang tua, ada kebutuhan lain yakni sebuah doa. Sebab doa merupakan wujud pengharapan dan penyerahan diri yang mendalam seorang manusia kepada sang Pencipta. Hanya kepada sang Penciptalah kita berserah dan memohon apapun, termasuk untuk anak-anak.

Mendidik anak pun juga harus memasukkan unsur religi didalamnya agar semua berjalan sesuai pedoman agama dan bukannya tanpa arah. Berikut beberapa pengharapan maupun doa untuk anak yang dapat dipanjatkan agar anak menjadi pribadi yang lebih baik.

1. Al Fatihah


Source: Free Pictures 4K

Al Fatihah merupakan ayat pertama dalam kitab suci Al Qur’an yang memiliki keutamaan yang sangat banyak, salah satunya dapat digunakan sebagai doa untuk anak agar anak tumbuh menjadi anak yang shole dan juga patuh pada orang tua. Namun bukan hanya sekali saja doa untuk anak ini dipanjatkan, butuh waktu dan kesabaran agar doa terkabul. Sebab semua tergantung dari kuasa Tuhan yang maha kuasa.

2. Ayat Kursi


Source: Sonofara

Doa untuk anak yang lainnya ialah ayat kursi, tak terhitung manfaat dan keutamaan ayat ini untuk diamalkan sehari-hari. Salah satunya sebagai doa untuk anak agar menjadi anak yang rajin dan pandai. Doa merupakan sarana mendekatkan diri terhadap sang pencipta dan juga memohon untuk kebaikan seuruh keluarga terutama anak. Sebab anak merupakan tabungan orang tua, saat menghadap sang pencipta kelak.

3. Doa Nabi Ibrahim


Source: Tanti Ruwani

Doa untuk anak ini ialah doa yang sering dipanjatkan oleh nabi Ibrahim untuk mendapatkan anak serta keturunan yang soleh serta mendapati rumahnya diberkahi oleh Allah SWT. Doa tersebut merupakan salah satu ayat di dalam kitab suci Al Qur’an yakni dalam surat Ibrahim ayat 37. Doa tersebut dpat dipanjatkan oleh orang tua yang menginginkan anak-anaknya mendapat keberkahan dari Allah sang maha penyayang. Namun jangan lupakan juga mendidiknya dengan contoh yang diberikan langsung dari para orang tua sendiri.

4. Doa agar Anak Mudah Dinasehati


Source: Elementus

Doa untuk anak ini diambil dari ayat ke 1-5 dalam Qur’an surat thahaa, yang memiliki sebuah makna bahwa Allah tak menurunkan kitab Al Qur’an demi menyusahkan umat manusia namun sebagai sebuah sarana untuk instrospeksi diri. Terutama saat mengahadapi anak-anak yang susah diatur maupun di arahkan. Sebelum memanjatkan doa untuk anak ini terlebih dahulu diniatkan pasrah dan berserah diri pada Allah yang maha kuasa. Sebab mungkin perilaku anak adalah sebuah ujian untuk menguji keimanan orang tua.

 5. Doa agar Anak tak mudah Marah


Source: Ambermb

Doa yang dikenal sebagi doa Nabi Daud ini ialah doa yang sering dipanjatkan oleh nabi Daud semasa hidupnya dahulu untuk  membuat hati seseorang yang keras menjadi lembut dan tidak lagi kaku dan mudah marah. Anak yang mudah marah dan sulit di beri nasehat lama kelamaan akan menjadi anak yang berperilaku buruk, maka orang tua dapat memanjatkan doa untuk anak ini demi melembutkan hati anak agar mudah diberi nasehat baik. Berikut lafadznya,” Allahuma laiyinli qolbahu layinta daud al hadid”, yang memiliki makna “Ya Allah lembutkanlah hatinya, sama halnya bagaimana engkau melembutkan hati daud yang keras seperti besi”

 6. Doa agar Anak Tak Lagi Nakal


source: Marcisim

Orang tua mana yang mau memiliki anak yang nakal? Pasti tak ada satu pun orang tua yang menginginkan hal tersebut. Berikut amalan yang dapat di lakukan agar anak tak lagi nakal, saat anak mulai terlelap bacakanlah doa untuk anak ini di sambil dihembuskan ke bagian puncak kepala anak. Sebelumnya niatkan dalam hati berserah diri pada Allah SWT, kemudian bacalah ayat kursi 1 kali, sholawat syifa 7 kali, kemudian Qs. Ali Imran ayat 200 sebanyak 7 kali. Teruslah istiqomah agar anak menjadi pribadi yang baik dan mulia.

7. Doa agar Anak menjadi Sholeh


Source: Ambroochifazer

Doa untuk anak agar menjadi seorag anak yang sholeh ialah salah satunya dengan memanjatkan Qur’an surat Ash Shaaffat ayat 100. Yang Berbunyi,“Robbi hab lii minash shaalihiina”, yang memiliki makna ” Ya tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk kedalam orang-orang yang sholeh”. Doa untuk anak dapat menjadi sebuah sarana untuk menjaga dan melindungi anak-anak sebab doa dari orang tua sangatlah mustajab. Jadi jangan sampai mengucapkan atau mendoakan anak sebuah doa yang buruk.

 8. Doa agar Anak Rajin Shalat


Source: Chidioc

Rasanya sedih bukan, saat mendapati anak-anak malas untuk diajak sholat berjamaah. Banyak sekali alasannya yang sering mereka berikan agar tak ikut sholat. Sebagai orang tua jangan patah semangat mengajak dan menuntun anak menuju kebaikan. Salah satunya dengan selalu mendoakannya, salah satunya dengan doa untuk anak yang juga sering dipanjatkan oleh nabi Ibrahim yakni seerti yang tertuang dalam QS. Ibrahim ayat 40.

 9. Doa agar Anak Cerdas


Source: Dagon_

Cerdas dan juga pandai bisa di dapat dari usaha, salah satunya melalui belajar. Tentu setiap orang tua menghendki agar anak-anaknya tumbuh dengan baik dan cerdas. Dengan senantiasa membimbingnya dan mendoakannya dengan membacakanya setiap hari doa untuk anak ini. Bacakan Surat Al Fatihah dan ayat Kursi masing-masing satu kali diikuti bacaan surat Al Insyirah 1 kali dan hmbuskan pada puncak kepala anak saat ia tertidur.

10. Doa Saat Anak Demam


Source: PublicDomainPictures

Saat anak demam pasti orang tua menjadi khawatir dan cemas, bermacam cara dilakukan agar demam anak cepat turun. Setelah semua usaha dilakukan jangan lupa juga berikan doa untuk ank agar demamnya juga turut reda, dengan membacakan surah Al Fatihah 1 kali, ayat Kursi 1 kali dan doa menurunkan panas yakni ayat dari QS. Al Anbiya ayat 69 1 kali. Insya Allah atas ijinNya panas dan demam anak akan mulai reda, yang terpenting adalah usaha yang disertai doa. Doa  merupakan sebuah harapan tulus wujud dari rasa berserah diri pada tuhan sang maha Pencipta seluruh alam serta segala isinya. Dan doa orang tua sangat didengar olehNya, maka jangan sekali-kali mendoakan anak dengan keburukan.

So, Never stop praying!