Backpacking ke Lombok? Jangan Lupa Ikuti 15 Tips ini Ya!

By |2018-11-08T23:27:34+00:00May 5th, 2017|Trip and Travel|Comments Off on Backpacking ke Lombok? Jangan Lupa Ikuti 15 Tips ini Ya!


arhnue

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang selalu menjadi incaran para backpacker baik dari dalam maupun luar negeri. Lombok menawarkan keindahan yang sangat lengkap. Para backpacker bisa mendaki Gunung Rinjani dan menikmati keindahan alam dari atas gunung ini. Mereka juga bisa menikmati berbagai pantai yang indah dengan pasir putih dan air yang jernih. Lombok ternyata juga sangat ramah bagi para backpacker. Yuk simak 15 tips sukses backpacking selama di Lombok!

1. Persiapan yang Matang


Unsplash

Kunci utama agar bisa sukses backpacking kemanapun juga, termasuk ke Lombok, adalah dengan melakukan riset yang mendalam. Pergunakan informasi yang ada di internet untuk bisa mengumpulkan segala hal yang penting dan perlu kamu lakukan. Mulai dari daftar tempat wisata, dimana menginap, mencari tahu tempat makan hingga mendapatkan tiket yang murah untuk bisa datang ke Lombok.

2. Bawa Pakaian Secukupnya


Zisland

Travel light selalu menjadi kunci utama yang sangat penting bagi para backpacker. Dengan membawa pakaian yang secukupnya, perjalanan kamu bisa menjadi lebih mudah dan tidak menyusahkan. Tidak perlu membuang waktu lama di airport ketika menunggu bagasi hingga tidak menyulitkan ketika ada waktu darurat untuk kamu terbang dengan waktu yang mepet. Selain itu, bawalah pakaian dengan bahan-bahan yang mudah untuk dicuci dan kering.

3. Tiket Menuju Lombok yang Ramah di Kantong


NanB

Banyaknya maskapai penerbangan saat ini menjadikan harga tiket pesawat semakin terjangkau. Tidak hanya itu saja, beberapa maskapai penerbangan juga kerap melakukan Travel Fair setiap tahunnya sehingga kamu bisa mendapatkan tiket lebih murah dibanding hari biasa. Dengan mendapatkan tiket yang murah maka biaya perjalanan kamu bisa ditekan dan dananya dapat dialokasikan kepada keperluan yang lain. Intinya, kamu harus jeli ya ketika ada diskon harga tiket penerbangan.

4. Datang Bukan Pada Musim Liburan


Unsplash

Liburan ketika masa libur anak sekolah, Lebaran, Natal, Tahun Baru dan juga hari-hari “kejepit” menjadikan semua tempat wisata menaikkan uang masuknya. Wah, hal ini bisa jadi sangat fatal untuk kamu. Oleh karena itu, ada baiknya untuk kamu datang ketika musim liburan belum tiba. Selain karena biaya yang dikeluarkan tidak banyak, justru kamu lebih bisa menikmati suasana disana yang sepi dan intim.

5. Pilih Transportasi Murah


jill111

Untuk sekedar berjalan-jalan di kota Mataram, motor bisa menjadi salah satu pilihan yang murah namun tetap nyaman. Dengan menggunakan motor, kamu justru lebih bisa menikmati suasana yang ada. Untuk menyewa motor selama satu hari di Mataram, kamu hanya perlu membayar Rp 75.000. Untuk area Gili, kamu bisa menyewa dengan harga Rp 50.000 per hari atau per jam dengan harga Rp 15.000 per jamnya.

6. Tentukan Rute Perjalanan


TheAndrasBarta

Sangat penting loh untuk menentukan rute perjalanan kamu. Terkadang itinerary yang terlalu detail akan membuat beberapa orang merasa risih. Tetapi tidak ada salahnya untuk tetap membuat daftar perjalanan agara rute kamu jelas dan tidak membuang-buang waktu. Akan sayang rasanya jika kamu harus bulak balik dari satu area ke area lainnya hanya karena kamu tidak tahu rute perjalanan.

7. Membawa Bekal Selama Perjalanan


jelly

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa tempat wisata pasti menjual makanan dengan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan tempat lain. Membawa bekal adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran selama berlibur di Lombok. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menyiapkan makanan di tempat kamu menginap dan membawanya untuk kamu konsumsi selama di perjalanan.

8. Kunjungi Tempat Wisata Gratis dan Murah


bukohsk

Cukup banyak loh wisata yang murah bahkan gratis di area Lombok. Biasanya, pihak pengelola hanya mengenakan bayaran pada parkiran saja. Jikapun ada yang meminta uang masuk, seperti pada Air Terjun Sindaggile, Tiu Kelep dan Air Terjun Benang Kelambu, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 saja. Disinilah peran riset sangat diperlukan sebelum kamu memulai perjalanan. Buatlah daftar tempat apa saja yang bisa kamu kunjungi.

9. Mencari Penginapan Murah


meineresterampe

Penginapan yang murah namun tetap nyaman harus menjadi salah satu prioritas kamu dalam backpacking ke Lombok. Banyak pilihan yang bisa kamu tentukan untuk menentukan penginapan seperti apa yang cocok. Homestay bisa menjadi pilihan karena harganya yang tergolong lebih murah dibandingkan hotel. Beberapa hotel murah juga tersedia di Lombok dengan harga mulai dari 100ribuan Rupiah. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan preferensi kamu.

10. Camping Bisa Menjadi Pilihan


Yassine_Noamani

Lombok ternyata memiliki banyak spot camping, mulai dari pegunungan hingga di pinggir pantai. Beberapa spot camping yang menarik adalah di Gili Trawangan ditemani semilir angin laut, Tanjung Ringgit dengan sunrise-nya yang memukau, Taman Nasional Rinjani dengan menikmati pemandangan Gunung Rinjani yang memukau, Gili Bidara untuk dapat melihat aktivitas para nelayan dan Pantai Setanggi untuk melihat matahari terbenam. Kamu pilih yang mana?

11. Perbanyak Jalan Kaki


Hermann

Mudah dan murah! Jalan kaki tidak hanya bisa menyelamatkan dompet kamu tetapi juga menjaga kesehatan kamu loh. Selain itu juga, jalan kaki bisa menjadi ajang latihan jika kamu berkesempatan untuk mendaki Gunung Rinjani. Di Gili Trawangan, kamu juga bisa berjalan kaki menelurusi pantai dan jalan-jalan di sekitar pulau Gili Trawangan.

12. Bawa Obat-Obatan


congerdesign

Mempersiapkan obat-obatan adalah hal wajib yang harus kamu lakukan tidak hanya ketika melakukan backpacking tetapi juga ketika sedang melakukan travelling biasa. Kita tidak tahu kapan kita bisa terserang penyakit dan bisa saja kesulitan untuk menemukan obat yang harus kita konsumsi. Siapkan juga vitamin yang diperlukan agar kamu tidak terserang penyakit. Jangan sampai jalan-jalan penting kamu menjadi rusak karena badan kamu sedang tidak fit.

13. Jangan Lupa Kamera


aravind91

Lombok juga dikenal dengan pemandangannya yang sangat memukau. Kamu bisa menikmati Gunung Rinjani dengan segala keindahannya mulai dari kaki gunung hingga puncaknya. Atau snorkeling dan menyelam di Gili dan menikmati pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Kesemua itu tidak akan cukup jika hanya dilihat saja. Kamu juga tetap perlu untuk mengabadikan semua momen yang ada. Jangan lupa untuk di publish di akun Sosial Media kamu ya!

14. Wisata Kuliner Murah dan Enak


Ananya440

Cukup banyak pilihan kuliner yang murah dan enak di seluruh Lombok. Diantara beberapa makanan yang wajib untuk kamu coba adalah plecing kangkung. ayam taliwang, sate bulayak, nasi balap puyung, ares, sate rembiga, sate tanjung, poteng jaje tujak dan iwel, babalung dan beberuk terong. Makanan-makanan ini mudah sekali dijumpai di Lombok baik di restoran maupun dijajakan di pinggir jalan. Jika kamu memilih untuk makan di pinggir jalan, selalu pastikan kebersihannya terjaga ya.

15. Cari Teman Seperjalanan


jackmac34

Jalan-jalan akan lebih bermakna jika kita bisa menghabiskan waktu bersama dengan teman ataupun keluarga. Menghabiskan waktu bersama mereka tentu akan memberikan kenangan-kenangan indah yang bisa kamu simpan. Tidak hanya itu saja, backpacking bersama teman, sahabat dan keluarga bisa menjadi lebih murah loh. Mulai dari berbagi masalah penginapan hingga transportasi yang akan disewa.

Get ready for a backpacking trip to Lombok, people!