Anti Lemas! 7 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Tetap Sehat Selama Berpuasa

By |2018-11-05T22:00:43+00:00June 4th, 2018|Lifestyle|Comments Off on Anti Lemas! 7 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Tetap Sehat Selama Berpuasa

@Stocksnap

Puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban bagi setiap muslim. Meski saat berpuasa di siang hari tubuh tidak mendapatkan asupan makanan bukan berarti kamu harus terus bermalas-malasan dan terlihat lemas. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk tetap bugar dan sehat meski saat berpuasa. Jangan malas, kalau kamu ingin terlihat fit dan bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar, kamu bisa coba mulai lakukan tujuh hal berikut ini! Jangan sampai kelewatan ya!

1. Cukup Konsumsi Air Putih

@ExploreBob

Saat berpuasa tubuh akan mengalami dehidrasi dan kehilangan cairan sehingga saat malam hari kamu harus mencukupi kebutuhan air harian dengan optimal. air putih berperan dalam metabolisme tubuh dan membantu proses pencernaan berjalan lebih lancar. Selain itu, mengkonsumsi banyak air putih juga bisa membuat tubuh lebih fit dan lebih bisa berkonsentrasi saat bekerja atau melakukan aktivitas lainnya.

Agar tidak terlalu berat, kamu bisa menerapkan pola 2-4-2 saat minum air di malam hari. Dua gelas saat berbuka puasa, 4 gelas saat malam hari hingga menjelang tidur dan dua gelas saat sahur. Pastikan tubuhmu tidak kekurangan cairan karena dehidrasi punya dampak yang tidak baik untuk kesehatan lho!

2. Lakukan Olahraga Ringan

@12019

Saat puasa, aktivitas memang berkurang karena tubuh mendapatkan lebih sedikit pasokan kalori saat siang hari. Meski begitu, bukan berarti kamu harus bermalas-malasan dan tidak berolahraga selama bulan puasa. Olahraga bulan puasa bisa dilakukan dengan berbagai cara dan tentunya tidak memberatkan. Kamu bisa coba melakukan aktivitas olahraga ringan seperti yoga, pilates dan olahraga ringan lainnya di malam hari. Kamu juga bisa mencoba aktivitas lainnya seperti berjalan kaki 10 hingga 15 menit setiap pagi. Dengan begitu, tubuh bisa tetap sehat dan bugar meski sedang berpuasa.

3. Konsumsi Vitamin dan Makanan Bergizi Saat Sahur

@rawpixel

Mengkonsumsi makanan bergizi tentu jadi hal yang penting dilakukan saat sahur. Pemilihan jenis menu juga bisa menentukan tingkat energi dan vitalitasmu saat berpuasa. Ada baiknya kalau kamu memilih jenis menu sahur yang sehat dan kaya akan zat gizi.

Pilih sumber karbohidrat yang lebih sehat dan lebih lama dicerna seperti nasi merah, oatmeal dan lainnya supaya perut terasa kenyang lebih lama. Kamu juga bisa mengkonsumsi sayuran dan buah agar kebutuhan vitamin dan mineral selama berpuasa tetap tercukupi. Jika perlu, kamu bisa mengkonsumsi suplemen vitamin untuk menambah daya tahan tubuh dan mendukung vitalitasmu selama beraktivitas.

4. Hindari Makanan Berminyak dan Berkalori Tinggi

@RitaE

Berbuka puasa pastinya sangat menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama keluarga. Jika selama ini kamu sering mengkonsumsi makanan seperti gorengan sebagai cemilan berbuka atau makanan manis, ada baiknya jika kamu mulai menguranginya dari sekarang. Makanan yang mengandung minyak bisa menghambat peredaran darah sehingga tubuh bisa terasa lemas saat berpuasa.

Tidak hanya itu, makanan manis yang berkalori tinggi juga sebaiknya dihindari karena bisa meningkatkan kadar gula darah secara cepat dan kemudian kadar gula juga bisa menurun secara cepat pula setelah beberapa saat sehingga kamu akan gampang merasa lapar. jadi, pilih makanan dengan manis alami seperti kurma atau buah-buahan lainnya, bukan makanan manis yang mengandung banyak gula saat berbuka ya!

5. Atur Pola Tidur dengan Baik

@Wokandapix

Hal yang satu ini kerap disepelekan oleh sebagian orang padahal tidur adalah salah satu aktivitas penting yang harus dilakukan supaya tubuh tetap fit dan sehat. Mengatur pola tidur pada bulan puasa memang tidak seperti hari biasa, kamu harus bangun tengah malam untuk makan sahur dan kembali beraktivitas esok paginya. Kurang tidur pasti akan membuat tubuhmu terasa lemas dan mengantuk saat beraktivitas dan bekerja, bukan?

Ada baiknya jika kamu tidur lebih awal jika tidak ada hal yang terlalu penting atau dengan kata lain sebaiknya hindari begadang jika tidak diperlukan. Jika kamu sempat, kamu juga bisa tidur sejenak saat siang hari selama kurang lebih 15 hingga 30 menit supaya tubuh dan pikiran kembali segar.

6. Konsumsi Menu Sehat dan Perbanyak Serat

@silviarita

Ada banyak menu sehat yang bisa dikonsumsi saat puasa agar tubuh tetap sehat dan segar selama berpuasa. Kamu bisa pilih menu makanan yang kaya protein, serat, vitamin dan mineral seperti ayam, daging, sayuran, buah-buahan, telur dan sebagainya. Perhatikan juga serat yang kamu konsumsi karena saat berpuasa tubuh akan lebih mudah melakukan pencernaan jika mendapatkan cukup asupan serat. Ditambah jadwal makanmu yang bergeser, kamu juga akan mengalami masalah pada pencernaan jika asupan serat tidak tercukupi.

7. Makan Secukupnya saat Berbuka

@Free-Photos/9114

Meski lapar dan haus setelah seharian berpuasa, kamu tidak boleh asal makan begitu saja hingga perut penuh saat tiba waktunya berbuka. Mengkonsumsi makanan dengan porsi besar sekaligus bisa menimbulkan masalah untuk sistem pencernaan. Saat lambung dijejali makanan dalam jumlah besar setelah berpuasa, tubuh akan kesulitan memproduksi enzim dan pada akhirnya makanan jadi lebih sukar dicerna serta menyebabkan berbagai gangguan seperti sembelit atau konstipasi. Jadi, jangan balas dendam dan makan apapun sesuka hati sampai kekenyangan saat berbuka ya!

Itulah beberapa tips agar tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Jangan sampai kamu merasa lemas dan tidak bertenaga saat beraktivitas hanya karena kamu melewatkan tips diatas dan akhirnya jatuh sakit. So, keep being healthy, Guys!