10 Tips Ampuh Untuk Menghilangkan Jerawat Membandel Pada Wajah

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Source : KaiMiano

Kurang Percaya Diri karena kulit wajah sedang berjerawat? Pastinya akan membuat harimu menjadi kurang menyenangkan.  Jerawat atau dalam bahasa latinya acne vulgaris biasanya muncul berupa benjolan di permukaan wajah akibat dari penyumbatan pori pada wajah, disertai dengan nanah atau darah. Wajah bisa berjerawat karena beberapa penyebab, diantaranya terjadi infeksi bakteri acne, kulit berminyak atau pola makan yang tidak sehat. Jerawat masih menjadi masalah di sekitar area wajah kita yang tidak mungkin sembuh jika tidak dilakukan perawatan khusus.

Kamu tidak usah khawatir, karena Jerawat di wajahmu masih bisa diatasi dengan 10 Tips Ampuh Untuk Menghilangkan  Jerawat Membandel pada Wajah berikut ini :

1. Masker Alpukat ditambah Madu


Source : Kjokkenutstyr

Alpukat adalah jenis buah yang sering dimanfaatkan dalam dunia kecantikan. biasanya Alpukat sering digunakan dengan campuran bahan lain untuk dijadikan Masker wajah. sedangkan Madu adalah minuman yang rupanya memiliki banyak khasiat, diantaranya bisa dijadikan Masker untuk membantu menghilangkan Jerawat.  Kandungan hydrogen peroksida pada Madu juga bersifat sebagai anti bakteri. Kamu bisa mengaplikasikan kedua bahan alami ini menjadi sebuah masker yang langsung di aplikasikan pada wajah yang berjerawat. campurkan alpukat yang sudah dihaluskan bersama sedikit madu, lalu diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin setidaknya 2 kali satu bulan.

2. Baking Soda


Source : Evitaochel

Bahan alami yang satu ini juga banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Baking soda biasanya kita temukan sebagai salah satu bahan dari pasta gigi yang kita gunakan. Baking soda mampu menetralkan keasaman kulit sehingga bakteri penyebab jerawat pada wajah kita tidak akan bertahan lama. Baking Soda juga mampu membunuh bakteri dan membersihkan pori-pori yang tersumbat juga menyerap minyak berlebih pada wajah. kamu bisa menggunakan bahan ini , dengan mengaplikasikanya ke wajah secara langsung.  buat masker Baking Soda yang sudah dicampur dengan 1 Sendok makan Air, lalu Oleskan pada wajah. Setelah 15 Menit bilas dengan air hangat. pastikan kamu melakukan pengecekan bahka kulitmu tidak sensitif terhadap Baking soda.

3. Pasta Gigi


Source : Stevepb

Mungkin kamu pernah membaca kandungan dari pasta gigi, seperti Flouride, triclosan, dan hydrogen peroksida. beberapa bahan tersebut adalah bahan aktif dari pasta gigi yang akan mencegah terjadinya iritasi kulit. jika mungkin kamu alergi terhadapa penggunaan Baking Soda secara langsung pada wajah, maka kamu bisa menggunakan Pasta Gigi untuk mengobati Jerawat pada wajah. Caranya, cukup oleskan pasta gigi pada jerawat membandel di wajah, lalu biarkan semalaman. oleskan hanya pada bagian yang berjerawat saja,  setelah itu bilas wajah dengan air dingin lalu keringkan. sebaiknya gunakan pasta gigi yang banyak mengandung bahan aktif yang cocok untuk mengobati jerawat.

4. Ketimun


Source : Stevepb

Selanjutnya, kamu juga bisa mengambil manfaat dari ketimun. Ketimun sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Ketimun memiliki kandungan antioksidan, mineral, asam amino dan juga Vitamin C yang berfungsi untuk detoksifikasi dari dalam tubuh. selain itu, tentunya ketimun dapat  juga digunakan untuk  membersihkan jerawat serta melembabkan kulit. caranya ambil satu buah ketimun segar, lalu potong tipis ketimun tersebut dan  tempelkan pada wajah yang berjerawat. tunggu  selama 15 menit, Lalu bilas air hangat. karena ketimun juga merupakan bahan yang alami, maka untuk penggunaan setiap hari juga tidak akan masalah.

5. Minyak Pohon Tea (Tea Tree Oil)

Source : Keertana K

Tea tree oil atau lebih dikenal dengan minyak pohon teh juga merupakan bahan alami yang banyak ditemui pada produk anti jerawat. Minyak yang berasal dari daun tanaman Malaeuca yang berasal dari Australia ini mengandung zat terpenoid yang dapat mengusir bakteri penyebab jerawat. untuk memulai perawatan jerawat dengan Tea tree oil, kamu Campurkan 5 ml minyak teh tree oil dengan 95 ml air. setelah tercampur dengan sempurna,  lalu oleskan pada kulit berjerawat dengan kapas. Lakukan perawatan ini hingga 3 kali sehari.  bahan dasar minyak tentunya akan lebih lembut digunakan untuk kulit, sekalipun kulit kita sedang berjerawat.

6. Cuka Sari Apel

Source : Veganbaking

Bahan yang satu ini biasanya sering kita temukan di area Supermarket. Cuka Apel, selain digunakan sebagai obat khusus yang alami, juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat membandel juga. Cuka sari apel mengandung asam malat dan asam laktat yang fungsinya untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu, Cuka sari apel juga berfungsi sebagai antioksidan untuk mempercepat  proses penyembuhan kulit akibat Jerawat. untuk mengaplikasikanya, Campurkan 5 ml cuka dengan 95 ml air. oleskan ke wajah berjerawat dengan kapas. Cuka Sari Apel ini bisa dijadikan masker. Lakukan maskeran tersebut sebelum tidur dan biarkan semalaman.

7. Putih Telur

Source : Pexels

Bagi kamu yang suka memasak, jangan sembarangan membuang putih telur yang kadang tidak digunakan ya. Putih telur ternyata memiliki manfaat untuk mengecilkan pori-pori serta mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah, yang menjadi penyebab Jerawat membandel. saat ini putih telur juga sudah hadir dalam bentuk masker khusus yang sudah dikemas. namun, jika kamu ingin lebih alami, kamu bisa menggunakan Putih telur asli sebagai masker. putih telur mengandung Enzim Lysozim yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat. Putih telur juga dapat membantu menghilangkan Komedo. pisahkan kuning telur dari putih telurnya, gunakan kuas khusus dan oleskan pada wajah yang berjerawat.

8. Lidah Buaya

Source : Alsampang

siapa yang tidak tahu Lidah Buaya yang banyak manfaatnya itu. Tumbuhan berwarna Hijau ini, ternyata juga ampuh sebagai penghilang jerawat karena mengandung Zat aktif yang dapat mengusir jerawat dari wajah kita. kandungan penting seperti hormone giberelin, polisakarida, mineral, vitamin C dan E adalah bahan aktif alami yang dapat menyembuhkan kulit yang berjerawat. ambil satu potong lidah buaya, lalu potong secara melintang hingga terlihat bagian Gel nya. Gunakan Gel lidah buaya dengan cara dioleskan ke wajah yang berjerawat. setelah dioleskan, Biarkan selama 5 menit dan bilas. Gel lidah buaya juga menjadi inspirasi terciptanya produk pencegah jerawat.

9. Bawang Putih

Source : Meditations

Masakan yang menggunakan bawang putih tentunya akan lebih enak. Ternyata selain digunakan sebagai bumbu masak, bawang putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat membandel di wajah kita.senyawa thiacremonon sulfur yang terdapat di dalamnya, mampu mengeringkan jerawat, dan kandungan senyawa allicin yang bersifat antiseptic mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. cara menggunakan bawang putih sebagai obat jerawat yaitu haluskan bawang putih, lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air.

10. Es Batu

Source : ColiN00B

Es batu yang tampaknya dingin dan keras ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi dan menghilangkan masalah jerawat. Buatlah Es batu sendiri di rumah dan pastikan air yang digunakan adalah air steril. Bungkus es batu dengan kain bersih. Lalu diamkan pada wajah yang berjerawat selama beberapa detik hingga jerawat mengempis. Es Batu berfungsi menenangkan kulit dan mengurangi peradangan akibat jerawat. perlu diperhatikan, jangan menggunakan Es batu tanpa lapisan kain ke kulit wajah kita secara langsung karena kulit yang sedang sensitif akan memerah dan perih. jika jerawat sudah mengempis, segera angkat kompresan Es batu dari wajah kita.

Ketika kulit wajah yang berjerawat sedang dirawat , kamu juga harus melakukan pencegahan agar jerawat tidak kembali muncul. Rajinlah mencuci muka minimal  dua kali sehari, serta jangan sentuh jerawat yang sedang meradang pada wajah kita. tangan yang kotor akan mengantarkan bakteri sehingga jika menyentuh jerawat malah akan menambah parah. selain itu,  Usahakan makan-makanan yang sehat dan rajinlah berolahraga dengan teratur. Dengan menjalankan 10 Tips Ampuh Untuk Menghilangkan Jerawat Membandel Pada Wajah, Jerawat akan berkurang.

Selamat Mencoba!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Gaya Hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *