10 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Barry ZeeSource: Barry Zee

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling umum dan terkadang tidak hanya terdapat pada kulit wajah, namun juga di punggung atau bagian kulit lainnya. Meskipun begitu, tetap saja timbulnya jerawat akan terasa sangat menyebalkan karena jerawat tidak hanya akan mempersulit Anda ketika membubuhkan make up ke wajah dan memberikan rasa perih ketika sedang meradang, namun bekasnya juga akan tinggal cukup lama pada kulit Anda sehingga dapat merusak penampilan. Jika Anda memiliki dana khusus, mungkin sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter kulit untuk mendapat penanganan kulit yang lebih tepat. Tapi tentunya hal ini akan membutuhkan banyak biaya serta ketelatenan dan kedisiplinan baik dalam berkonsultasi secara rutin ke dokter maupun dalam menggunakan obatnya.

Namun jika Anda tidak memiliki dana khusus, ada baiknya Anda mencoba cara yang lebih alami. Mungkin cara-cara ini memang tidak akan menunjukkan hasil dalam waktu yang cepat dan sempurna dibanding jika Anda berkonsultasi kepada dokter kulit. Tapi setidaknya beberapa cara di bawah ini bisa mengurangi peradangan sehingga memperkecil kemungkinan bekas jerawat akan muncul dalam jumlah yang banyak.

1. Teh Hijau


Source: sxh41920

Teh hijau dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, termasuk untuk kesehatan kulit. Kandungan EGCG di dalam teh hijau merupakan antioksidan yang lebih kuat jika dibandingkan dengan yang ada pada vitamin E. Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan teh hijau, Anda cukup mengambil ekstrak teh hijau dengan menyaringnya terlebih dahulu setelah diseduh dengan air hangat. Kemudian dinginkan sebentar dan simpan di dalam cetakan es batu. Setelah itu, masukkan ke dalam freezer dan tunggu hingga teh hijau benar-benar menjadi berbentuk es. Jika sudah menjadi es, tempelkan es teh hijau ke kulit dengan jerawat yang sedang meradang atau bekas jerawat. Lakukan secara rutin dan sesering mungkin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

2. Lidah Buaya


Source: joanshannon

Di dalam ekstrak lidah buaya, mengandung polisakarida yang dipercaya sangat ampuh untuk memperbaiki kulit yang rusak, termasuk yang disebabkan oleh jerawat. Ekstrak lidah buaya dipercaya mampu membantu merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. Gunakan ekstrak lidah buaya untuk mengobati bekas jerawat pada kulit wajah Anda. Caranya, rebus lidah buaya di dalam air panas dan aduklah secara terus menerus hingga bentuknya berubah seperti gel. Tunggu hingga dingin dan aplikasikan pada wajah secara menyeluruh, khususnya di bagian yang ada bekas jerawatnya. Diamkan selama 15 hingga 20 menit dan kemudian bilas dengan air dingin untuk mengurangi rasa perih pada jerawat yang sedang meradang atau bekas jerawat.

3. Lemon


Source: Jaro_N

Lemon memang merupakan buah yang kaya manfaat. Vitamin C-nya mampu menyehatkan badan serta kulit sehingga meminum air lemon secara teratur pun dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu mencerahkan kulit. Selain itu, asam sitratnya dipercaya mampu membantu mengeringkan jerawat sehingga terhindar dari peradangan. Untuk menyembuhkan bekas jerawat dengan air lemon, caranya aplikasikan air lemon yang sudah diperas dengan kapas bersih setelah mencuci muka. Diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum Anda benar-benar membersihkannya dengan air biasa.

4. Madu


Source: fancycrave1

Madu merupakan bahan yang cukup sering digunakan untuk membuat masker wajah alami. Selain dipercaya mampu merawat serta memberi nutrisi pada kulit wajah, madu juga mampu memperbaiki sel-sel kulit mati dan mempercepat proses pertumbuhan jaringan kulit yang baru. Untuk membuat masker wajah dengan madu, Anda bisa mencampurkannya dengan putih telur atau bahan lainnya agar khasiat madu untuk menyembuhkan bekas jerawat menjadi semakin maksimal. Aplikasikan pada wajah yang sudah dicuci bersih terlebih dahulu dan diamkan selama sekitar 15 menit sebelum Anda membersihkannya dengan handuk yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Lakukan minimal sebanyak satu kali dalam seminggu.

5. Baking Soda


Source: evitaochel

Belum begitu banyak yang tahu bahwa baking soda dapat digunakan sebagai masker alami untuk mengatasi bekas jerawat yang membandel karena memang bahan yang satu ini hanya umum digunakan untuk membuat kue. Padahal, jika baking soda digunakan dengan pembersih wajah atau bahan lain seperti air lemon, maka campuran bahan-bahan tersebut sangat berkhasiat untuk menyembuhkan bekas jerawat. Caranya adalah dengan mencampurkan seluruh bahan tersebut dan mengaplikasikannya pada kulit wajah, khsusunya di bagian yang terdapat bekas jerawat. Gosok-gosok dengan lembut selama beberapa menit seperti Anda menggunakan sabun wajah dan bilas dengan air hangat.

6. Tomat


Source: hansbenn

Buah tomat mengandung banyak sekali vitamin yang baik untuk kesehatan badan serta kulit manusia. Sebut saja vitamin A, C, B1, B2, atau B6. Selain itu, kandungan potassium-nya juga berkhasiat untuk menyamarkan bekas jerawat yang membandel. Cara memanfaatkan tomat untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami, cukup mudah. Anda bisa membuat masker tomat dengan memblender tomat hingga halus dan aplikasikan pada bekas jerawat secara merata. Diamkan selama lebih kurang 15 menit dan kemudian bilas dengan air biasa. Gunakan secara rutin setiap hari agar bekas jerawat lebih cepat memudar.

7. Kayu Cendana


Source: xbqs42

Bubuk kayu cendana memiliki kandungan anti-inflamasi yang mana berkhasiat untuk mengurangi pigmentasi serta perbedaan warna kulit yang ditimbulkan oleh bekas jerawat. Bubuk kayu cendana mungkin tidak begitu mudah ditemukan, namun jika Anda berhasil menemukannya, Anda dapat membuat masker kayu cendana dengan mudah hanya dengan mencampurkannya dengan air bersih dan mengaduknya hingga berbentuk pasta. Aplikasikanlah pasta kayu cendana ini ke bagian wajah yang terdapat bekas jerawat lalu diamkan selama lebih kurang 15 hingga 20 menit sebelum Anda membilasnya dengan air bersih. Anda dapat mencampur pasta kayu cendana ini dengan air mawar atau minyak zaitun agar hasilnya lebih maksimal.

8. Pepaya


Source: stevepb

Anda dapat memanfaatkan buah pepaya untuk menyamarkan bekas jerawat dengan dua cara, yaitu dengan mengkonsumsinya secara rutin atau dengan membuat masker pepaya dan mengaplikasikannya pada kulit wajah Anda, khususnya di bagian yang terdapat bekas jerawat. Untuk membuat masker dari buah pepaya, sangat mudah. Anda hanya perlu menghaluskannya dengan garpu hingga daging buah pepaya hancur dan tambahkan sedikit madu. Lalu oles masker ke seluruh wajah secara merata atau di bagian yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama lebih kurang 15 menit dan gunakan handuk dengan air hangat untuk membilasnya. Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih cepat terlihat.

9. Minyak Zaitun


Source: stevepb

Kandungan nutrisi yang terdapat pada minyak zaitun tidak hanya bagus untuk menyehatkan kulit, namun juga bisa membantu proses perbaikan kulit yang rusak akibat jerawat. Minyak zaitun juga mengandung anti-inflamasi yang mampu mengurangi radang dan memberi rangsangan untuk memperbaharui sel-sel kulit yang mati. Anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai minyak untuk memijat wajah. Caranya cukup dengan mengambil 1 sendok makan minyak zaitun dan oleskan pada kulit wajah yang terdapat bekas jerawat. Pijat lembut kulit wajah Anda selama 5 menit secara merata dan kemudian diamkan selama lebih kurang 20 menit. Lalu bilas wajah dengan air biasa hingga benar-benar bersih.

10. Gula


Source: Uwe Hermann

Tahukah Anda bahwa masker gula mampu membantu pengelupasan kulit yang rusak akibat jerawat? Namun, sebelum menggunakannya sebagai masker wajah, pastikan kulit Anda bukanlah termasuk ke dalam tipe kulit yang sensitif karena masker gula hanya cocok digunakan untuk jenis kulit normal. Untuk membuat masker gula, Anda bisa mencampurkannya dengan madu. Caranya, campur 1 cangkir sedang gula dengan setengah cangkir madu dan aduk hingga rata. Kemudian oleskan bahan-bahan tersebut pada wajah secara merata dan diamkan selama sekitar 20 menit. Setelah itu bilas bersih dengan air hangat. Anda dapat menggunakan bahan campuran lainnya seperti minyak zaitun dan teh hijau jika Anda tidak memiliki madu di rumah.

Nah, itulah beberapa cara alami yang ampuh untuk memudarkan atau menghilangkan bekas jerawat yang sangat mengganggu. Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal dan lebih cepat terlihat.

Mager ke salon?? Tinggal pesan Beauty Service mu di HelloBeauty.id, tersedia makeup, hairdo, hijabdo dan masih banyak lagi!

Share on Pinterest
Share with your friends










Submit
Lifestyle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *