15 Tips Asyik Menjelajahi Pantai Nglambor yang Mempesona

By |2018-11-05T23:16:58+00:00May 7th, 2017|Trip and Travel|Comments Off on 15 Tips Asyik Menjelajahi Pantai Nglambor yang Mempesona

@gion_aditya

Pantai Nglambor yang berada di wilayah pesisir selatan Daerah Istimewa Yogyakarta menyimpan beragam eksotisme yang menarik untuk disingkap. Keindahan bawah lautnya yang mempesona menjadi salah satu spot snorkeling paling menakjubkan di Yogyakarta. Meskipun letaknya berada di pesisir selatan yang terkenal dengan ombak garangnya, namun tak membuat pecinta snorkeling tak mengurungkan niatannya menjelajahi eksotisme bawah lautnya. Simak beberapa tips menarik agar pengalaman seru menjelajahi pantai Nglambor semakin mengasyikan.

1.Lakukan Reservasi Lebih Dulu

 stocknap

Seperti pantai yang berada di pesisir selatan pada umumnya yang memiliki ombak yang besar dan ganas, pantai Nglambor pun sama. Namun karena letaknya yang berada di sebuah teluk yang di lindungi oleh dua karang besar yang sekilas mirip dengan kura – kura, membuat pantai Nglambor bisa dinikmati untuk melakukan kegiatan snorkeling yang mengasyikan. Karenanya persiapkan waktu yang tepat bila ingin berencana menghabiskan waktu liburdengan bersnorkeling disini. Setidaknya hubungi penyedia jasa snorkeling di pantai Nglambor untuk memastikan waktu yang baik, minimal hari H -1.

2.Pilih Waktu yang Sepi

@agnescrln

Jika ingin menikmati suasana pantai dengan lebih nyaman dan santai, untuk itu persiapkan waktu kunjungan terbaik. Karena pantai Nglambor telah menjadi salah satu destinasi wisata populer di Yogyakarta dan sekitarnya, pastinya saat hari libur akan banyak pengunjung yang juga datang untuk menikmati keindahannya. Disarankan pilih waktu saat jam kerja, agar pengalaman menjelajah bawah laut pantai Nglambor lebih seru karena cenderung sepi dan bisa menikmatinya seolah berada di pantai pribadi.

3.Gunakan Kendaraan Pribadi

 Unsplash

Untuk saat ini akses menuju pantai Nglambor baru bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi saja, karena pemerintah belum membuka akses untuk angkutan umum. Selain itu, jalur yang dilalui juga cukup terjal sehingga persiapkan dengan baik kendaraan yang akan di bawa menuju pantai Nglambor. Lagi pula, bila menggunakan kendaraan pribadi akan bisa menjangkau tempat wisata lainnya yang berada tak jauh dari pantai Nglambor.

4. Datanglah Lebih Pagi

 @misbahudin_13

Agar bisa menikmati suasana dan indahnya beragam biota laut yang hidup di bawah laut pantai Nglambor, datanglah saat hari masih pagi karena suasana pantai masih begitu segar dan juga angin laut masih lebih tenang dan cerah. Jika dibanding saat datang di siang maupun sore hari yang lebih tak menentu, tentu cuaca pagi hari menjadi lebih cerah terkecuali jika cuaca sedang hujan.

5. Tak Usah Takut Tak Punya Alat Snorkel

 stevepb

Saat memutuskan ingin menjelajah pantai Nglambor, tak perlu takut bila tak mempunyai alat snorkel sendiri karena di sana ada dua tempat penyewaan alat Snorkeling yang bisa kamu sewa. Dan juga ada guide-nya sekalian jika kamu belum berpengalaman melakukan snorkeling sebelumnya. Dua tempat tersebut ialah Pokdarwis Nglambor Lestari dan juga Bintang Nglambor Snorkeling yang lebih dikenal dengan BNS. Tarif sewanya berkisar antara Rp 45.000,- sampai Rp 50.000,- untuk setiap orangnya.

6. Jangan Lupa Bawa Baju Ganti

 unsplash

Saat pergi ke pantai Nglambor tentu tak lengkap jika tak bersnokeling ria memanjakan mata dengan segala keindahan bawah laut yang dimilikinya. Karenanya jangan lupa untuk mepersiapkan baju ganti, karena pasti kamu pasti akan kedinginan setelah berbasah – basahan menyelami indahnya pantai di ujung selatan Gunung Kidul ini.

7. Browsing Info Lengkapnya

 publicdomainpictures

Jika sebelumnya belum pernah mengunjungi Pantai Nglambor, akan lebih baik kamu mencari informasinya terlebih dahulu baik mengenai info lokasi maupun kondisi pantainya secara mendetail. Hal ini bertujuan agar saat kamu sampai di tempat tujuan kamu tahu harus melakukan apa terlebih dahulu juga saat menuju lokasi bisa tepat dan tidak salah arah. Ada banyak info mengenai pantai Nglambor yang bisa di dapat di internet, terutama lewat social media karena memang  cukup terkenal di social media.

8. Siapkan Bekal yang Cukup

 @thehealthyhazelnut

Setelah puas bersnorkeling menjelajah betapa indahnya bawah laut Pantai Nglambor tentu tenaga akan sedikit terkuras dan membuat perut mudah lapar, karenanya siapkan bekal yang cukup dan praktis agar tak perlu beli lagi. Selain menghemat pengeluaran, membawa bekal sendiri dari rumah tentu akan lebih sehat dan terjaga kehigienisan makanan.

9. Jangan Lupa Foto Selfie

 @ias_izzy

Menjelajahi pantai Nglambor tak lengkap rasanya bila tak mengabaikan momen tersebut saat berada di dalam air bersama ikan – ikan dan karang yang cantik. Banyak sudut cantik yang bisa jadi objek foto selfie tak hanya bawah lautnya saja, misalnya pantainya dengan deburan ombak yang menghantam batuan karang yang menyerupai seekor penyu raksasa.

10. Selalu Berhati – Hati

 unsplash

Saat menjelajahi pantai di Gunung Kidul ini jangan upa untuk selalu mengutamakan keselamatan dan juga kehati – hatian, sebab tak ada yang tahu dan mau untuk terjadi sesuatu hal yang membahayakan. Persiapkan dengan baik setiap faktornya , mulai dari peralatan, kendaraan, juga cuaca saat berada di pantai Nglambor juga jangan memaksakan diri karena hal tersebut belum tentu baik. Karenanya jangan abaikan keselamatan meski pantai Nglambor terbilang cukup aman.

11. Rute Yang Harus Ditempuh

@desydeshe

Untuk bisa sampai ke Pantai Nglambor akses jalannya bisa dibilang gampang tapi juga sekaligus susah juga karena saat sudah lebih dekat jalanannya lebih terjal. Jika berangkat melalui kota Yogyakarta, kamu tinggal mengarahkan laju kendaraan menuju pantai Baron Wonosari. Lantas ikuti petunjuk yang mengarah ke Pantai Jogan atau Pantai Siung, sebab Pantai Nglambor berada persis diantara kedua pantai tersebut. Sesampainya di Pos Retribusi masuk ke Pantai Siung arahkan kendaraan ke sebelah kiri setelah bertemu dengan pertigaan dan kamu akan menemukan pantai Nglambor yang cantik. Dari tempat parkir kamu perlu jalan sedikit beberapa ratus meter sebelum pantai karena akses jalannya yang tidak memadai untuk kendaraan roda empat.

12. Jangan Lupa Kunjungi Juga Pantai Siung

 @putriatkh

Pantai Siung yang populer dengan tebing – tebingnya yang megah dan jadi spot favorit panjat tebing berada cukup dekat dengan pantai Nglambor, karenanya jangan lewatkan menjelajahinya juga karena hanya butuh waktu tak lebih dari 10 menit untuk sampai disana. Ini karena letaknya yang memang bersebelahan dan hanya dibatasi oleh tebing yang curam, lagi pula pos retribusinya pun masih dalam satu paket, sehingga tak ada salahnya jika masih ada waktu luang sempatkan diri berkunjung ke pantai Siug juga, dijamin tak akan kecewa.

13. Sekalian Sambangi Juga Air Terjun di Tepi Pantai Jogan

 @wildanholili

Ada pemandangan berbeda yang ditawarkan di pantai Jogan yang tak akan mungkin kamu dapat di pantai lain di daerah Jogja, karena pantai ini memiliki sebuah air terjun yang airnya mengalir langsung ke laut. Jika belum capek setelah bersnorkeling ria di pantai Nglambor tak ada salahnya mampir sebentar di pantai Jogan untuk merasakan sensasi wisata pantai yang berbeda. Letaknya tak jauh hanya butuh 5 menit saja jalan kaki dari pantai Nglambor, karenanya siapkan staminamu dengan baik agar bisa puas mengeksplorasi pantai – pantai di Gunung Kidul ini.

14. Lebih Seru Ramai – Ramai

 @resadiian

Saat merencanakan liburan ke pantai Nglambor, jangan datang sendirian ya. Lebih baik datang beramai – ramai agar keseruannya lebih terasa. Tentunya selain itu, juga pergi ke tempat wisata menjadi bisa lebih aman jika bersama dengan kawan atau komunitas, karena bisa menghindar dari tindak kejahatan di jalan yang mungkin sedang marak.

15. Siapkan Stamina Penuh

@pantai_nglambor

Karena lokasi pantai Nglambor sendiri cukup jauh dari pusat kota Jogja tentunya memerlukan energi ekstra untuk bisa mencapai lokasinya, dan juga akses jalan yang cukup jauh dari tempat parkir ke bibir pantai akan membuat kamu cepat lelah sebelum mulai menjelajahi pantai Nglambor dan sekitarnya. Untuk itu siapkan tenaga dan stamina agar selalu tetap fit supaya lebih puas saat mengeksplorasi betapa indah dan menakjubkannya pantai Nglambor ini.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu gunakan sebelum kamu beranjak bersama teman – teman ke pantai Nglambor untuk menikmati betapa indah suasananya. Selalu jaga kebersihan tempat wisata yang kamu kunjungi ya, agar keindahannya tetap terjaga dan bisa dinikmti banyak orang juga anak cucu kita di tahun – tahun mendatang. Have a nice snorkeling in Nglambor Beach, ya. Ladies!