15 Tempat di Sekitar Pulau Wakatobi yang Menakjubkan

By |2018-11-08T23:17:58+00:00May 3rd, 2017|Trip and Travel|Comments Off on 15 Tempat di Sekitar Pulau Wakatobi yang Menakjubkan


@explorewakatobi.id

Wakatobi, siapa yang tidak mengenal cerita menakjuban keindahan pulau yang ada di Sulawesi Tenggara ini? Wakatobi telah terkenal hingga mancanegara dan menjadi salah satu aset wisata bahari di Indonesia yang oleh UNESCO telah diakui kekayaan spesies koral dan hewan lautnya adalah salah satu yang paling beragam di dunia. Berbagai jenis koral dan biota laut yang tak bisa kamu jumpai di tempat lain, ada di Wakatobi. Penasaran ingin mengenal Pulau Wakatobi lebih jauh? Simak 15 serba-serbi ulasan wisata di Wakatobi berikut ini.

1. Taman Laut Wakatobi


@wulanism

Objek wisata pertama yang paling wajib kamu singgahi saat ke Wakatobi tentu saja adalah Taman Laut Wakatobi. Letaknya ada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara dan menjadi destinasi wisata bahari andalan Indonesia dengan terumbu karang dan biota laut yang beraneka ragam. Topografi taman laut ini adalah pantai dan pulau-pulau berkarang yang membentang luas. Aktivitas paling utama yang harus dilakukan disini tentu saja menyaksikan keindahan terumbu karang bawah laut dengan cara snorkeling dan diving. Air lautnya sangat jernih sehingga keindahan warna-warna koral dan biota laut lain dapat dinikmati dengan leluasa oleh para wisatawan.

2. Pulau Hoga


@vocebo

Setelah puas menyusuri taman laut Wakatobi, sekarang saatnya kamu menuju ke Pulau Hoga. Wisatawan yang pernah berkunjung ke pulau ini banyak yang berucap bahwa pulau ini merupakan salah satu pulau terbaik di Indonesia karena keasrian dan keindahan lanskap alamnya. Pulau ini juga masih ada di wilayah Sulawesi Tenggara. Pulau Hoga menjadi favorit para penyelam professional berkat keindahan alam bawah laut yang biasa. Pantai di pulau ini juga sangat asri dengan banyak pohon pinus dan kelapa, ada juga jalan setapak yang menyambungkan seluruh pulau dengan deretan cottage atau pondok penginapan bergaya rumat adat Buton khas Sulawesi Tenggara. Sangat unik!

3. Pulau One Mobaa


@dee_qrez

Pulau yang masih berdekatan dengan Pulau Hoga ini memiliki ciri khas yang lain dari yang lain. Apalagi kalau bukan ombak di pantainya yang lumayan besar dan berarus kencang, sangat cocok untuk aktivitas olahraga surfing atau berselancar. Tak heran pulau ini lebih banyak disambangi wisatawan asing yang hobi berselancar atau para peselancar professional yang ingin berlatih dan menaklukkan ombak di pantai pulau ini. Di Pulau One Mobaa juga ada cottage atau pondok bergaya tradisional yang siap menjadi akomodasi para wisatawan yang berkunjung kesana.

4. Pemandian Goa Kontamale


@indonesia_paradise

Tak hanya wisata bahari di pantai, Kabupaten Wakatobi juga memiliki potensi wisata lain yang tak kalah menarik untuk disambangi. Goa Kontamale adalah sebuah pemandian yang berbentuk telaga dengan matar air, letaknya ada di sebuah goa karang. Wisatawan yang datang kesini bisa bermain air sepuasanya dengan berendam, berenang dan mandi denan air khas goa yang dingin dan tawar. Ada beberapa spot mata air alami yang tersebar disekitar Sulawesi Tenggara, namun Kontamale adalah yang paling terkenal dan ramai disambangi.

5. Danau Biru


@thamrin_astreilla

Selain Wakatobi, Sulawesi Tenggara punya keajaiban alam lain yang belum banyak diketahui wisatawan yaitu Danau Biru. Letak Danau Biru ada di Perambahan, Kecamatan Talawi dan terbentuk dari bekas galian tambang batu bara yang seiring waktu terisi dengan air dan akhirnya membentuk danau kecil. Pemandangan di danau ini sangat cantik dengan bentangan pepohonan hijau dan warna pantulan air danau yang jernih terkena biasan matahari sehingga kilaunya tampak kebiru-biruan. Danau ini berair sejuk, namun pengunjung tidak disarankan untuk berenang terlalu jauh ke tengah. Bila hendak menuju kawasan wisata ini, kamu harus menggunakan mobil jeep khusus karena medan yang cukup menantang dengan bebatuan tajam.

6. Benteng Keraton Buton


@s.oktavian

Sulawesi Tenggara pada masa lampau memiliki sebuah kasultanan yaitu Kasultanan Buton. Nah, bentang inilah yang dulunya berfungsi sebagai ibukota Kasultanan Buton sehingga saat ini menjadi peninggalan sejarah yang sangat dijaga pemerintah setempat. Benteng Buton ini berupa lingkaran dengan keliling sekitar 2.740 meter dengan arsitektur unik dari batu kapur pegunungan. Letak benteng ini ada di puncak bukti dan dari sana wisatawan bisa melihat kecantikan kota Buton dan Bau-Bau dari ketinggian. Ada 12 pintu gerbang dan 16 meriam yang tersebar di sekitar benteng ini untuk kamu lihat dan pelajari sejarahnya.

7. Pantai Wakatobi Resort


@mardin_laode

Selain taman lautnya, Pulau Wakatobi juga memiliki wilayah pantai yang bisa dinikmati oleh pengunjung untuk menikmati keindahan lautnya. Pantai Wakatobi Resort ini punya hamparan pasir pantai kuning lembut yang sangat nyaman untuk dipijak dan dimainkan, debur ombaknya menenangkan hati, belum lagi koral-koral dan biota lautnya yang beraneka ragam. Para penyelam dan wisatawan yang ingin melakukan snorkeling bisa menuju taman lautnya dengan perahu khusus yang sudah tersedia.

8. Molii Sahatu


@itinsofia

Molii Sahatu adalah sebuah pantai yang sungguh tak boleh dilewatkan saat kamu mengunjungi Wakatobi. Penduduk lokal setempat menjuluki pantai ini sebagai pantai seratus mata air. Dari kota Wangi-Wangi, pantai ini hanya berjarak sekitar 20 kilometer saja. Molii Sahatu disebut sebagai pantai seratus mata air karena di dasar pantainya terdapat ratusan sumber mata air yang keluar ke permukaan, maka warga setempat pun menjuluki pantai ini dengan julukan tersebut. Pengunjung bisa melihat mata air itu dan membasuh tubuh dengan kesegarannya. Tak jauh dari pantai, ada area perkampungan suku Bajo dan gua alam yang bisa kamu tengok untuk melengkapi keunikan cerita perjalananmu di Wakatobi.

9. Upacara Adat Kabuenga


@candr.art

Tak hanya wisata alam, Wakatobi juga punya wisata budaya yang unik dan harus kamu saksikan untuk menambah kekayaan pengetahuan budaya dan kearifan lokal Indonesia lho. Kali ini, ada upacara adat Kabuenga yang kontennnya adalah upacara muda-mudi dalam mencari jodoh. Legenda upacara ini bermula saat zaman dahulu, para pemuda di daerah ini berprofesi sebagai pelaut yang sulit mencari waktu luang untuk bersosialisasi dan menemukan jodoh. Maka, diadakan upacara ini agar dapat dijadikan momentum bagi muda mudi untuk saling mengenal dan menemukan jodohnya. Unik sekali bukan?

10. Cagar Budaya Keraton Liya Togo


@ferdi_limus

Wakatobi ternyata tak melulu seputar wisata bahari dengan panorama laut yang menakjubkan, ada juga wisata sejarah dan jejak historis yang lekat salah satunya melalui keberadaan Benteng Keraton Liya Togo yang saat ini dikelola sebagai sebuah cagar budaya. Benteng ini adalah salah satu yang terbaik dari total 120 benteng yang dimiliki Kesultanan Buton di masa lampau.

11. Pulau Anano Runduma


@wulanism

Selama kamu di Wakatobi, sebaiknya tidak melewatkan kunjungan ke pulau unik yang satu ini, apalagi bila kamu adalah seorang pecinta alam dan binatang. Pulau ini menyediakan wawasan dan pengalaman langka bagi para wisatawan yaitu pusat penangkaran dan penetasan telur-telur penyu hijau. Saat musim bertelur tiba dan anak-anak penyu hijau sudah menetas, wisatawan akan menyaksikan atraksi pelepasan anak penyu ke lautan lepas Wakatobi.

12.  Hutan Suaka Tanjung Paropa


@idvandi

Hutan ini ditetapkan sebagai kawasan suaka margasatwa yang kaya akan berbagai ekosistem hutan tropis, hutan pantai, hutan belukar, dan hutan bakau. Ada banyak satwa liar yang bisa dilihat pengunjung seperti rusa, monyet hitam, kuskus, anoa dan macam-macam burung liar. Fungsi hutan ini adalah sebagai pelindung dan penyangga sistem kehidupan bagi kehidupan alam liar di Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara.

13. Danau Napabales


@ayodolan

Apa uniknya sebuah danau untuk dikunjungi bila dibandingkan panorama laut Wakatobi yang luar biasa? Usut punya usut, danau ini lain  karena merupakan sebuah danau jernih berair tenang yang sangat menyejukkan mata. Di danau ini ada goa-goa yang bisa dilewati kapal.  Ada juga danau ubur-ubur yang berisi banyak ubur-ubur lucu dengan warna cerah. Danau ini asri dan terjaga dari pencemaran limbah akibat ulah manusia. Kejernihan air danau ini mengundang setiap orang yang datang untuk berperahu menyusuri dan menikmati kesegaran ai sungai.

14. Air Terjun Waworaha


@m_rosiin

Air terjun Waworaha disebut-sebut sebagai air terjun terindah di Indonesia. Terletak di kawasan suaka alam hutan Tanjung Peropa, kondisi air terjun disini sangat jernih dan bergemericik alami. Dinding air terjun adalah batuan marmer alami yang tidak licin karena tidak ada lumut tumbuh berkat daerahnya yang berupa batu kapur. Tirai-tirai air terjun  ini sangat cantik dan kilauan air jernih yang memanjakan mata. Tak heran bila air terjun ini dinobatkan sebagai air terjun tercantik di negeri ini.

15. Bukit Tomia


@deriabdulaziz

Bukit Tomia, dulunya adalah sebuah dasar laut yang karena proses alam maka sekarang membentuk sebuah bukit hijau yang bersih dan nyaman. Banya batu karang besar yang ditemukan di tanah bukit ini sebagai bukti bahwa dulunya bukit ini adalah sebuah dasar laut. Belum banyak wisatawan yang berkunjung kesini, padahal pemandangan alam yang dapat dilihat dari bukit ini sangat spektakuler karena lanskap Wakatobi dapat dinikmati keseluruhan dari ketinggian.