15 Pulau Ini adalah Alasan Mengapa Kamu Harus Mengunjungi Pulau Seribu

By |2018-11-08T23:24:31+00:00May 3rd, 2017|Trip and Travel|Comments Off on 15 Pulau Ini adalah Alasan Mengapa Kamu Harus Mengunjungi Pulau Seribu

@Sandor

Kepulauan Seribu menyimpan segudang keindahan alami yang sayang sekali bila kamu lewatkan. Bila ingin berlibur atau sekadar melepaskan diri sejenak dari keramaian kota, atau bila ingin mengasah jiwa petualang, kamu bisa mengunjungi salah satu dari sekian banyak pulau di sini dan menikmati indahnya pantai serta bawah laut yang tidak jauh dari ibukota. Berikut 15 pulau yang dapat kamu hampiri di Kepulauan Seribu:

1. Pulau Ayer

@_pratamadhit

Banyak yang bisa kamu lakukan di pulau ini, selain memancing, kamu bisa juga menikmati fasilitas lainnya seperti basket, voli, tenis meja, taman bermain untuk anak-anak, hingga kolam renang. Tidak jauh pula dari Pantai Marina Ancol, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit menggunakan perahu motor. Resort di sana pun didesain floating sehingga berada di sana rasanya seperti sedang berada di Maldives.

2. Pulau Putri

@sulam_alis_shan

Yang satu ini memang letaknya cukup jauh, dengan menggunakan speedboat saja masih membutuhkan waktu tiga jam dari Marina Ancol. Pulau Putri ini adalah pioneer bagi resort yang ada yang ada di Kepulauan Seribu karena telah ada sejak tahun 1973 dan menjadi salah satu pilihan favorit di tempat ini. Selain bermain-main di pantai, ada pula wisata berupa akuarium tunnel bawah laut dan kamu bisa melihat ikan-ikan dan terumbu karang yang ada di sekitar dermaga.

3. Pulau Semak Daun

@krisbiiantoandyha

Pulau Semak Daun ini merupakan pulau mini, luasnya hanya sekitar lima hektar. Kalau mau berjalan kaki mengelilingi pulau ini bisa sekali, paling hanya butuh 10 menit. Kamu bisa berkemah di pulau ini dengan biaya Rp35.000/orang/malam. Wisata lainnya di pulau ini adalah berupa penangkaran hiu. Kamu juga bisa mendapatkan spot snorkeling menarik di dekat sini, yaitu di Pulau Air yang airnya sangat jernih. Pst.. Pulau Air ini akan hilang saat malam hari karena air pasang, lho.

4. Pulau Pari

@sakudikit

Sekarang sudah banyak travel agent yang menawarkan paket wisata ke Pulau Pari ini. Jadi kamu tinggal bijak memilih yang mana yang paling pas dengan kantongmu. Sekadar saran, usahakan jangan pergi ke sini saat bulan November, karena ternyata onggokan sampah yang datang dari Jakarta terapung hingga pulau ini dan menghiasi pantainya. Tahu nggak kalau pulau ini adalah pusat penelitian kelautan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia?

5. Pulau Pramuka


@tantrinamirah

Penyu sisik adalah salah satu jenis penyu yang langka di Indonesia dan di Pulau Pramuka ini terdapat konservasinya. Kamu bisa berkunjung ke tempat pelestarian penyu ini bila bermain-main ke Pulau Pramuka. Perjalanan menuju pulau ini hanya sekitar 1,5 jam dari pelabuhan Muara Angke. Ada banyak penginapan yang bisa kamu pilih di pulau ini dan menyewa kapal untuk membawa ke area yang bagus untuk snorkeling.

6. Pulau Kotok

@aureldt

Pulau Kotok adalah pulau resort. Meski tidak semewah Pulau Putri, tapi pulau ini bisa kamu jadikan alternatif liburan yang tidak kalah memikat dengan pasir putih dan airnya yang jernih. Letak bungalownya ada di tengah hutan dan saling berjauhan antara satu sama lain, jadi terasa lebih private. Kamu bisa habis mengitari garis pantai pulau ini dalam waktu satu jam dan jangan kaget kalau saat jalan-jalan kamu tiba-tiba menemukan biawak yang memang bebas berkeliaran di pulau ini.

7. Pulau Tidung

@erwinillo

Pulau yang satu ini adalah yang paling terkenal di Kepulauan Seribu. Perjalanannya menghabiskan waktu sekitar tiga jam bila berangkat dari Muara Angke. Penginapan di pulau ini rata-rata merupakan homestay. Aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini selain, tentunya, snorkeling adalah bersepeda, menyewanya dengan tarif per hari dan mengelilingi pulau pasti menyenangkan. Bisa juga menyeberangi jembatan menuju Pulau Tidung Kecil yang masih cenderung sepi.

8. Pulau Bira

@radaradventure

Kamu wajib memasukkan pulau ini dalam daftar kunjungan ke Kepulauan Seribu. Pulau ini belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan sehingga keasriannya masih terjaga. Tidak hanya aktivitas berupa menyelam dan snorkeling, kamu juga bisa berburu foto matahari terbenam di tepi pantai ini, atau sambil menikmati keindahan lautnya di dermaga. Ada rumah-rumah kayu yang bisa kamu sewa selama tinggal di pulau ini.

9. Pulau Harapan

@rapisandika

Pulau Harapan ini sudah dipenuhi oleh penduduk lokal. Jadi kamu bisa sekalian menikmati suasana kehidupan warga setempat di sini. Tidak hanya rumah warga, tapi ada pula rumah dinas, lembaga negara, ada pula penangkaran penyu yang bisa kamu kunjungi di Taman Biota Laut. Kamu bisa menambah ilmu tentang penyu, bakau, hingga terumbu karang di sini. Sebuah tambahan menarik dari default setting liburan ke pulau yang identik dengan wisata bawah laut, kan?

10. Pulau Payung Besar

@travelpulaupayung

Pulau yang letaknya tidak jauh dari Pulau Tidung, hanya berlayar sekitar 20 menit, ini memiliki pasir putih, laguna yang menawan, serta tempat yang cocok digunakan untuk berkemah. Sembari snorkeling di sini kamu bisa sekaligus bermain dengan ikan-ikan yang akan menghampirimu bila kamu membawa pelet atau makanan bagi mereka. Setelah itu menikmati matahari terbenam di dermaga pulau juga merupakan satu keharusan.

11. Pulau Sepa

@godelivagrace

Pulau yang satu ini juga tidak kalah menarik dan jangan sampai kamu lewatkan. Meskipun tidak seterkenal pulau-pulau lainnya, tapi pemandangan lautnya tidak kalah indah. Letaknya ada di sebelah utara Kepulauan Seribu dan perjalanan yang dibutuhkan untuk mencapai pulau ini adalah sekitar 2 jam dari Marina Ancol. Kamu bisa melakukan banyak aktivitas air di sini, antara lain menyelam, snorkeling, naik jetski dan canoe, banana boat, hingga memancing.

12. Pulau Lancang

@alantaufiq

Pulau Lancang sebenarnya bukan merupakan pulau wisata, tapi cocok bagi kamu yang hobi memancing karena ikan yang ada di perairan pulau ini melimpah! Namun tetap ada yang menawarkan fasilitas berupa snorkeling di sini, kamu juga bisa menyenangkan anak-anak dengan membawa mereka ke taman bermain. Penginapan yang ada di pulau ini pun berupa homestay yang tarifnya tidak terlalu mahal bila harus dibagi dengan beberapa orang dalam sekali perjalanan.

13. Pulau Bokor

@marathonboats

Perairan di sekitar pulau yang satu ini juga cocok bagi kamu yang hobi memancing. Dan banyak yang sudah membuktikan bahwa di sini menyimpan banyak ikan-ikan besar yang tentunya dapat memuaskan dahaga para penggemar mancing. Pulau Bokor sendiri adalah cagar alam, yaitu merupakan daerah konservasi bagi pohon-pohon pantai seperti asam, melinjo, ketapang, dan kepuh. Pemerintah di era Hindia-Belanda telah menetapkan hal ini sejak tahun 1931.

14. Pulau Bidadari

@pulaubidadariecoresort

Pulau ini terletak tidak jauh dari dermaga Marina Ancol. Hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit menggunakan kapal cepat untuk dapat sampai ke pulau ini. Begitu tiba di pulau ini pun kamu masih akan dapat melihat gedung-gedung tinggi di kota Jakarta karena memang Pulau Bidadari merupakan pulau terdekat dari Teluk Jakarta. Pulau resort ini menawarkan cottage sebagai penginapan, mulai yang berada di rumah hingga yang terapung. Kamu hanya memerlukan waktu 30 menit untuk mengelilingi garis pantai Pulau Bidadari ini.

15. Pulau Pantara

@mommyzilla

Pulau ini merupakan salah satu yang terjauh dari semua pulau di Kepulauan Seribu, yaitu sekitar 70 kilometer dari Jakarta. Bila menggunakan speedboat, kamu membutuhkan waktu dua jam agar dapat sampai ke pulau ini. Di sini kamu bisa sepuasnya menikmati pasir putih dan birunya air laut yang jernih. Banyak fasilitas lain yang sudah disediakan di pulau ini, yaitu cottage, bar, restoran, kolam renang, hingga tempat bermain anak-anak. Ombak di sekitarnya juga cukup tenang sehingga aman untuk berenang, menyelam, dan snorkeling.

Bagaimana? Tidak perlu jauh-jauh ke Bali dan menghabiskan biaya banyak untuk dapat menikmati suasana pantai dan bermain air di daerah sekitar Jakarta, kan? Kamu bisa mengunjungi pulau-pulau ini dengan dua cara, yaitu dengan mengikuti travel agent atau dengan backpacking. Keduanya sama asiknya, tergantung selera. Have a good trip!