15 Pantai di Jawa Barat ini Laksana Surga Tersembunyi

By |2018-11-08T22:12:36+00:00April 24th, 2017|Trip and Travel|Comments Off on 15 Pantai di Jawa Barat ini Laksana Surga Tersembunyi


Source: rendy224

Tanah Parahyangan telah dikenal luas akan keindahan alam yang sangat menakjubkan dan kekayaan budaya serta kuliner yang begitu melegenda di Nusantara. Selama ini orang lebih banyak mengenal Jawa Barat dengan pesona alam berupa pegunungan dan dataran tinggi yang sejuk nan memanjakan mata. Padahal, selain objek wisata dataran tinggi, Jawa Barat juga memiliki banyak wisata bahari atau pantai yang cantik dan elok, tak kalah dengan pesona pantai yang dimiliki daerah lain di Indonesia seperti Bali dan Yogyakarta. Penasaran apa saja sih pantai-pantai di Jawa Barat? Simak ulasan lengkapnya di artikel berikut ini.

1. Pantai Pangandaran

Inilah pantai yang paling terkenal sekaligus dicap sebagai pantai yang paling indah seantero Jawa Barat. Ya, siapa yang tak mengenal pantai yang berlokasi di Kabupaten Pangandaran yang satu ini. Dikenal sebagai pantai di bibir selatan Pulau Jawa yang menghadap langsung Samudera Hindia, pantai ini memiliki ombak besar seperti Pantai Parangtritis di Yogyakarta. Daya tarik utamanya adalah pasir putih yang lembut dan pemandangan matahari terbenam yang dijamin membuat siapapun terpukau saat menyaksikannya.

2. Pantai Tirtamaya

Ingin menjajal berenang di lautan luas dengan panorama matahari terbit atau terbenam dibelakangnya? Maka kamu harus mengunjungi Pantai Tirtamaya di Kabupaten Indramayu ini. Ombak di pantai ini sangat tenang sehingga aman untuk pengunjung yang ingin berenang di tepi pantai. Selain itu, disekitar pantai ini sejuk dengan pepohonan kelapa yang membuat pemandangan di pantai ini kian elok dipandang.

3. Pantai Cibangban

Bingung mencari lokasi pantai yang romantis untuk menikmati kebersamaan bersama orang terkasih atau melakukan pemotretan pernikahan? Pantai Cibangban lah jawabannya. Pantai yang ada di Sukabumi ini memiliki pemandangan alam sangat cantik dan romantis berkat hamparan pasir lembut, batuan karang yang menonjol, pepohonan yang rimbun dan sapuan langit oranye kala matahari beranjak terbenam. Cocok sekali untuk dikunjungi bersama pasangan.

4. Pantai Tanjung Pakis

A post shared by @hanwar08 on

Tak ketingggalan, daerah Karawang di Jawa Barat juga memiliki pantai indah yang berombak tenang dan air laut kebiruan yang memberikan ketenangan serta suasa sejuk bagi pengunjung yang datang. Pantai ini termasuk pantai dengan ombak relatif tenang, selain itu pengunjung juga dimanjakan dengan deretan restoran dan penginapan kecil yang siap disambangi.

5. Pantai Pelabuhan Ratu

A post shared by Fiksi Relita (@frelita93) on

Selain Pantai Pangandaran, pantai lain yang lumayan dikenal publik adalah Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai ini memiliki tipikal pantai selatan Pulau Jawa yang berombak besar. Tebing-tebing curam di beberapa titik pantai ini membuatnya semakin magis dan elok karena menghadap langsung Samudera Hindia di kejauhan.

6. Pantai Cipatuguran

Masih di kawasan Pelabuhan Ratu, ada satu pantai lagi yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini bernama Cipatuguran dan sangat unik karena beberapa meter ke tengah laut, terdapat beberapa pohon yang secara ajaib bisa tumbuh disana. Usut punya usut, ternyata dahulu kawasan itu memang merupakan bibir pantai yang berpohon yang sekarang bergeser akibat pasang air laut.

7. Pantai Cimaja

Tak hanya bersantai, berenang atau menikmati panorama matahari terbit dan terbenam saja, salah satu pantai di Jawa Barat ini juga menawarkan spot berselancar yang menarik dan cukup aman bagi pemula. Pantai Cimaja ini terletak di kawasan teluk Pelabuhan Ratu dan merupakan salah satu spot wisata yang mulai ramai dikunjungi wisatawan asing untuk berselancar.

8. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu mungkin belum banyak dikenal orang, namun kecantikan pantai yang satu ini tak kalah menakjubkan dengan Pantai Pangandaran. Berlokasi di Sukabumi, pesona pantai yang satu ini terletak pada kontur pantai yang berupa karang dengan posisi menjorok ke laut. Debur ombaknya cukup besar dan membuat sejuk pikiran serta mata tatkala memandangnya.

9. Pantai Sayangheulang

A post shared by Rizki Leo Dareksa (@rizkileo13) on

Selanjutnya, pantai indah lain yang ada di Jawa Barat adalah pantai Sayangheulang. Pantai ini berlokasi di Kabupaten Garut, tepatnya di desa Mancagahar. Keelokan pantai ini terlihat dari garis pantai sepanjang 2 kilometer yang berhamparan pasir putih dengan warna air laut yang jernih. Pas sekali untuk berwisata bersama keluarga di akhir pekan.

10. Pantai Pondok Bali

A post shared by Abhu Sadega (@abhu_hanifah) on

Jangan terkecoh oleh namanya yang mengandung kata Bali. Pantai cantik yang satu ini terletak di Subang, tepatnya di Desa Mayangan dan merupakan pantai dengan ombak yang tenang dan hamparan pasir lembut yang luas memanjang. Pengunjung sangat suka menghabiskan waktu untuk memancing di pantai ini karena kontur tepian pantainya yang berkarang dan memungkinkan koloni ikan banyak berkumpul di pinggir pantai.

11. Pantai Santolo

Tahukah kamu bahwa diam-diam pantai Santolo ini menyimpan keunikan fenomena alam yang hanya ada dua di dunia, satu lagi di sebuah pantai di Prancis? Ya, keunikan pantai Santolo terletak pada keberadaan air laut yang mengalir menuju muara sungai Cilautereum. Aliran muara di belahan dunia manapun selalu mengarah ke laut, namun di pantai ini airnya justru mengalir kea rah muara. Jangan lewatkan untuk melihat langsung fenomena alam unik ini sata berkunjung ke Garut Selatan.

12. Pantai Karang Pamulang

A post shared by NOVIA WULANDARI (@wulan___) on

Pelabuhan Ratu tak ada habisnya menyajikan deretan pantai-pantai cantik yang keindahannya tak terelakkan. Pantai Karang Pamulang yang ada di deretan daerah Pelabuhan Ratu adalah pantai yang berbeda dengan pantai lain disekitarnya karena memiliki ombak yang relatif tenang dan lingkungan bersih. Cocok sekali untuk bersantai di akhir pekan bersama keluarga.

13. Pantai Sindangkerta

Seolah tak ada habisnya, pesona pantai di Jawa Barat selalu bermunculan dan siap dieksplorasi oleh para traveler. Kali ini ada pantai Sindangkerta yang berlokasi di Desa Cikawung Gading yang sangat istimewa karena merupakan spot favorit bagi para penyu-penyu untuk bertelur dan menetaskan anak-anaknya. Pantai ini menjadi kawasan dari Taman Laut Taman Lengser yang memiliki beragam biota dan kekayaan laut yang terjaga apik.

14. Pantai Pananjung

A post shared by Sukadi Brotoadmojo (@sukadist) on

Jawa Barat memiliki sebuah pantai yang termasuk dalam kawasan konservasi atau cagar alam yaitu pantai Pananjung ini. Pesona pantai ini terletak pada batu karang berukuran besar yang mengisolasi pantai ini dari area luar. Dampaknya, pantai Pananjung ini suasanya tenang dan sunyi sehingga serasa seperti pantai pribadi. Serunya lagi, banyak hewan yang masih berkeliaran di pantai ini lho!

15. Pantai Karang Sari

A post shared by Rika Selviana (@rikaselviana33) on

Sukabumi sepatutnya bangga dengan kekayaan potensi alamnya yang sungguh luar biasa. Satu lagi pantai elok yang ada di kawasan Sukabumi yaitu pantai Karang Sari. Pantai ini masih satu deretan dengan teluk Pelabuhan Ratu dan memiliki panorama laut yang jernih dengan ombak yang relatif berbuih dan tidak terlalu besar. Kamu bisa mencicipi naik wahana banana boat yang tersedia disana. Cocok untuk berwisata bersama keluarga dan pasanganmu.

15 pantai di Jawa Barat di atas pasti sudah menawan hatimu sedemikian rupa. Jadi, kapan kamu akan traveling ke Jawa Barat dan mengunjungi pantai-pantai cantiknya tersebut?