15 Manfaat Sabun Temulawak Bagi Kulit

By |2018-11-05T21:51:42+00:00July 11th, 2018|Beauty|Comments Off on 15 Manfaat Sabun Temulawak Bagi Kulit


Source: Couleur

Tahukah kalian jika temulawak dapat dibuat menjadi sabun temulawak? Temulawak tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain digunakan sebagai bumbu perasa untuk makanan, ternyata temulawak juga dapat diramu menjadi obat tradisional bahkan dijadikan sabun. Sabun temulawak memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kesehatan kulit. Kandungan yang dimiliki seperti kurkumin, sari alkohol, serat, pati, air, dan kandungan flavonoid lainnya menjadikan temulawak banyak dimanfaatkan untuk pembuatan produk-produk kecantikan, seperti sabun. Berikut adalah 15 manfaat sabun temulawak bagi kesehatan kulit anda:

1. Membersihkan Kotoran pada Wajah

Kotoran yang menempel di wajah dapat berupa debu akibat polusi udara atau sisa make-up yang dipakai. Make-up yang belum dibersihkan akan menempel pada wajah bercampur debu atau keringat. Oleh sebab itu, diwajibkan untuk mencuci wajah ketika selesai beraktivitas. Wajah dapat dibersihkan dengan sabun kesehatan wajah, seperti sabun temulawak. Kandungan yang dimiliki oleh sabun ini mampu membersihkan kotoran yang menempel pada wajah.

2. Mengandung Anti Septic Pembasmi Bakteri dan Kuman pada Wajah

Temulawak merupakan tanaman alami yang biasa dijadikan sebagai obat herbal. Tak heran karena khasiatnya yang banyak, beberapa produsen produk kecantikan dan perawatan tubuh mengkombinasikan tanaman ini dengan tanaman lainnya agar diperoleh produk yang aman dan layak digunakan. Kandungan yang terdapat pada sabun temulawak seperti anti septic mampu membasmi bakteri dan kuman yang menempel pada kulit wajah.

 3. Menghilangkan Bekas Luka

https://twitter.com/medianasaya/status/840116443576381441

Kulit merupakan bagian pertama dari tubuh yang akan terlihat sehingga banyak wanita maupun pria berusaha menjaga kebersihan kulitnya dari jerawat, flek hitam, atau bekas luka. Kulit yang bersih dan bebas dari bekas luka dapat diperoleh, salah satunya dengan memakai produk kecantikan seperti sabun temulawak. Kandungan yang terdapat dalam sabun temulawak juga mampu menghilangkan bekas luka pada kulit.

 4. Mengeluarkan Aroma Theraphy yang Fresh

Sabun temulawak asli terbuat dari sari pati temulawak dan memiliki aroma yang khas. Aroma temulawak hampir menyerupai aroma kunyit. Namun, aroma temulawak cenderung tidak kuat dibandingkan kunyit. Apabila anda hendak membeli sabun temulawak asli dapat dikenali dari aromanya yang fresh. Tetapi bila anda tidak dapat mencium aroma khas temulawak, berarti sabun tersebut palsu.

 5. Mencegah Jerawat dan Mengurangi Kerutan Pada Wajah

Kandungan Vitamin A yang terdapat pada sabun temulawak berperan dalam mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat dan mampu menangkal radikal bebas akibat sinar UV. Selain itu, kandungan minyak atsiri yang terdapat pada sabun temulawak berfungsi sebagai anti-aging sehingga dapat mengurangi kerutan-kerutan halus pada kulit wajah.

6. Melembutkan Kulit 

Kulit putih, bersih, dan lembut adalah impian setiap wanita. Pemilihan produk-produk kecantikan sangat perlu agar tidak menimbulkan efek samping terhadap kulit. Sabun temulawak mengandung moisturizer yang dapat melembutkan kulit kasar. Selain itu, kandungan yang dimiliki mampu menjaga keseimbangan pH kulit sehingga kulit menjadi segar, bersih, dan lembab. Produk ini sangat cocok untuk semua jenis kulit.

7. Mencerahkan dan Menjadikan Kulit Putih

Setiap orang pasti menginginkan kulit yang putih dan cerah, baik pria maupun wanita. Sabun temulawak merupakan salah satu produk kecantikan yang mampu meningkatkan warna cerah pada kulit wajah atau badan. Selain itu, kandungan ekstrak lidah buaya, vitamin A, C, dan E berperan dalam memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit pun akan menjadi lebih sehat dan perlahan menjadi putih.

8. Mengecilkan pori-pori

Selain jerawat atau komedo, adanya pori-pori yang besar juga terkadang mempengaruhi kepercayaan diri. Untuk mengecilkan pori-pori yang terdapat pada wajah, anda bisa menggunakan sabun temulawak. Sabun ini diperkaya dengan glutathione, ekstrak temulawak, dan Vitamin C yang berkhasiat mengecilkan pori-pori wajah. Pemakaian produk ini tentunya harus teratur agar diperoleh hasil yang optimal.

9. Kulit Tampak Lebih Muda dan Segar

largeSource: @kimiaFarmaCare

Kandungan collagen yang terdapat pada sabun temulawak berkhasiat memberikan kekenyalan, kelenturan, menjaga elastisitas wajah, kelembaban, dan dapat mencegah penuaan dini. Collagen yang dikandung mampu membuat kulit nampak lebih muda dan segar. Selain itu, sabun temulawak ini dapat mengangkat kotoran yang menempel sehingga wajah terlihat bersih, bercahaya, awet muda, dan segar sepanjang hari.

10. Menghilangkan Bau Badan

Bau badan disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah keringat dan pengaruh hormon yang berlebih. Untuk menghilangkan bau badan dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti teratur mandi, menggunakan deodoran anti-prespiran, atau memanfaatkan tanaman seperti Temulawak. Temulawak mengandung saponin, minyak atsiri, dan senyawa flavonoid yang berfungsi untuk menghilangkan bau badan. Oleh sebab itu, beberapa produk kecantikan memanfaatkan temulawak sebagai bahan baku pembuatan produk mereka.

11. Mencegah Kanker Kulit

Sabun temulawak mengandung zat antioksidan yang tinggi sehingga berkhasiat untuk mencegah terjadinya kanker kulit. Kanker kulit pada dasarnya disebabkan oleh paparan sinar UV dan umumnya menyerang orang berkulit putih. Tapi, bukan berarti orang berkulit hitam tidak berisiko terkena penyakit ini. Untuk menghindari penyakit ini, anda dapat menggunakan produk perawatan tubuh yang mengandung zat antioksidan tinggi.

12. Menghaluskan Kulit


Source: ptksgc

Kandungan vitamin E dan C serta palmitoyl pentapeptide 4 mampu menjauhkan kulit dari radikal bebas, membantu proses regenerasi kulit, mampu menghaluskan serta melembutkan kulit. Memakai sabun herbal temulawak secara rutin dapat secara efektif membuat kulit menjadi lebih halus. Selain itu, kandungan jeruk dan madu yang terdapat pada sabun temulawak dapat menjadikan kulit kembali putih bersih dan merona.

13. Mengencangkan kulit

A post shared by Nana Mirdad (@nanamirdad_) on

Temulawak masuk dalam kategori tanaman fitormaka dan tanaman adaptogen, artinya aman karena tidak mengandung bahan berbahaya. Tak heran, jika temulawak banyak dimanfaatkan oleh perusahaan sebagai bahan baku pembuatan produk mereka, seperti sabun temulawak. Khasiat lain yang dimiliki oleh sabun temulawak selain yang telah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya adalah mampu mengencangkan kulit. Penggunaan secara rutin sabuk temulawak ini akan mengencangkan kulit wajah serta tubuh anda.

14. Menghilangkan Flek Hitam

Munculnya flek hitam dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah polusi udara, obat-obatan, genetik dan paparan sinar UV. Polusi udara menyebabkan timbulnya radikal bebas pada udara sehingga dapat merusak kulit. Kulit akan mengeluarkan zat melanin untuk mengatasi kulit yang rusak akibat radikal bebas dan mengakibatkan munculnya flek hitam.  Sabun temulawak berkhasiat untuk menghilangkan flek hitam ini.

15. Mengurangi Kulit Kusam

Kulit kusam adalah salah satu masalah pada kulit yang dapat mengurangi kepercayaan diri. Kulit kusam dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kulit mati yang menumpuk, adanya debu/kotoran, dan akibat pigmentasi kulit. Debu/kotoran dapat menempel pada kulit wajah sehingga terlihat kusam. Mencuci wajah saja tidak cukup untuk mengangkat sel-sel kulit mati akibat kulit kusam. Kandungan vitamin C yang dimiliki dapat mengurangi kulit kusam akibat polusi dan sinar UV.

Nah, itulah 15 manfaat sabun temulawak bagi kesehatan kulit anda. Jangan khawatir, sabun ini dapat dipakai untuk semua jenis kulit, baik pria maupun wanita. Selamat mencoba!