15 Manfaat Minyak Argan Untuk Kesehatan dan Kecantikan

By |2018-11-05T21:45:52+00:00August 14th, 2018|Beauty, Health|Comments Off on 15 Manfaat Minyak Argan Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Source: Bertbielefeld

Minyak argan berasal dari pohon argan yang banyak ditemui di Maroko. Pohon argan dapat menyediakan oksigen untuk udara yang kering di Afrika. Karena itu, pohon argan dilindungi oleh pemerintah Afrika namun bijinya diperbolehkan untuk dipanen oleh masyarakat sekitar. Untuk mendapatkan minyak dari buah argan, biasanya orang Maroko menjemur buah argan terlebih dahulu lalu mengupas daging buahnya. Daging buah argan tidak dibuang begitu saja, mereka menggunakannya untuk pakan ternak. Setelah dijemur barulah diambil ekstrak dari biji buah argan tersebut dengan cara menekan atau menumbuk biji buah argan sampai menghasilkan minyak argan.

Di Maroko, biasanya orang-orang sarapan dengan mencelupkan roti ke dalam minyak argan. Selain untuk dikonsumsi, minyak argan pun memiliki banyak manfaat lainnya, berikut adalah 15 manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Menghilangkan pecah-pecah pada kaki


Source: workandapix

Sekitaran telapak kaki adalah anggota tubuh yang paling mungkin mengalami kekeringan. Kekeringan pada telapak kaki dapat menyebabkan kaki yang kasar, pecah-pecah dan terasa perih. Untuk kasus kekeringan yang lebih parah, bisa menyebabkan telapak kaki terluka bahkan bisa sampai berdarah. Mengoleskan minyak argan secara rutin pada kaki dan menutupnya dengan menggunakan kaos kaki sebelum tidur dapat membantu mengurangi pecah-pecah pada kaki kamu.

2. Mencegah infeksi


Source: kapa65

Luka yang terbuka membuat bakteri jahat mudah untuk masuk dan menimbulkan infeksi. Jika dibiarkan, luka yang terkena infeksi dapat menyebabkan pembusukan pada bagian luka tersebut. Jika sudah busuk, anggota tubuh yang terluka itu harus diamputasi agar tidak menyebar. Minyak argan dapat melawan bakteri jahat yang berusaha menyebar di dalam tubuh. Mengoles minyak argan ke bagian luka dapat mencegah terjadinya infeksi.

3. Pengganti krim pencukur


Source: stokpic

Minyak argan pun dapat digunakan sebagai pengganti krim pencukur. Krim pencukur yang berada di pasaran sering kali tidak cocok untuk semua jenis kulit dan harganya relatif mahal, berbeda dengan minyak argan. Minyak argan dapat digunakan untuk berbagai jenis kulit. Minyak argan pun dapat memudahkan kamu untuk mencukur dibanding dengan krim pencukur. Luka yang diakibatkan oleh pisau cukurpun dapat dikurangi dengan penggunaan minyak argan.

4. Memperbaiki rambut rusak


Source: Sarah Swinton

Selain kaki yang kering dan pecah-pecah, minyak argan pun berfungsi untuk memperbaiki kerusakan pada rambut. Minyak argan dapat digunakan sebagai kondisioner untuk rambut yang berfungsi melembabkan rambut yang bercabang dan kering. Aplikasikan langsung ke rambut kamu, diamkan 3-5 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan rambut dengan tekstur yang lembut.

5. Sebagai anti ketombe


Source: Ayurvedic India

Selain memperbaiki rambut yang kering dan bercabang, minyak argan pun berfungsi sebagai anti ketombe. Jika kamu bermasalah dengan ketombe pada rambut kamu, kamu bisa mengaplikasikan minyak argan pada rambutmu. Pijatkan minyak argan ke kulit kepalamu setelah keramas. Lakukan 2 sampai 3 kali seminggu, maka ketombe akan berkurang dan hilang dari kulit kepalamu.

6. Mengurangi kerontokan rambut


Source: Aricka Lewis

Manfaat lain dari minyak argan adalah dapat mengurangi kerontokan pada rambut. Aplikasikan minyak argan pada kulit kepala kamu lalu tutup menggunakan haircap setiap malam sebelum tidur. Cucilah rambutmu di keesokan paginya. Nutrisi yang terkandung dalam minyak argan dapat membantu pertumbuhan rambut kamu. Bukan hanya itu, rambutmu akan tumbuh dengan kuat dan berkilau.

7. Mengencangkan kulit


Source: MonkeyMyshkin

Menurunnya kolagen dan melemahnya otot-otot pada wajah dapat menyebabkan timbulnya kerut-kerut halus pada kulit. Banyak produk kosmetik yang berfungsi menyamarkan kerut-kerut pada wajah namun harganya sangat mahal dan membuat ketergantungan. Minyak argan dapat meningkatkan pembentukkan kolagen pada kulit wajah kamu, bukan hanya menyamarkan kerutan pada wajah tapi bisa menghilangkan dan mengecangkan kembali wajahmu.

8. Mengobati jerawat


Source: Kjerstin_Michaela

Produksi minyak yang berlebihan pada wajah dapat menyebabkan timbul jerawat pada wajah kamu. Ada banyak produk jerawat yang dijual di pasaran tapi jika tidak cocok bukannya sembuh, malah jerawat di wajahmu akan bertambah banyak. Minyak argan membantu mengatur produksi minyak dalam wajahmu sehingga menghentikan jerawat yang ditimbulkan. Minyak argan pun dapat memproduksi bakteri yang berfungsi mengecilkan pori-pori pada wajah. Bukan hanya itu, luka bekas jerawat pun dapat dihilangkan dengan mengaplikasikan minyak argan secara rutin.

9. Melembabkan kulit


Source: Elizabeth Yu Xiaoou

Minyak argan dapat digunakan sebagai pelembab kulit alami karena minyak argan sangat mudah untuk meresap kulit. Minyak argan pun dapat digunakan untuk pada sekitar mata. Kulit kamu yang kering dapat menjadi lebih lentur dan lembut. Dengan adanya minyak argan, kamu tidak perlu lagi menggunakan lotion yang mengandung banyak bahan kimia.

10. Menghilangkan stretch mark


Source: Peter Mooney

Stretch mark biasanya dialami oleh perempuan pasca melahirkan. Kolagen yang terkandung di dalam minyak argan dapat membantu membuat kulit kamu lebih elastis dan mengurangi bahkan dapat menghilangkan stretch mark di sekitar perut kamu. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak argan ke bagian tubuh yang mengalami stretch mark secara rutin untuk hasil yang maksimal.

11. Melembabkan bibir


Source: Asja Boros

Minyak argan pun bermanfaat untuk melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Bibir kering biasanya terjadi karena penggunaan lipstick yang tidak coock untuk kulit kamu dan kebiasaan sering memegang dan mengelupas kulit mati pada bibir. Kamu bisa mengoleskan langsung minyak argan pada bibir dan melakukannya secara rutin. Kamu bisa menambahkan gula pada minyak argan sebagai scrub untuk mengangkat kulit mati pada bibirmu.

12. Menyembuhkan luka


Source: Ed Dimend

Minyak argan pun mengandung vitamin E yang berfungsi untuk membentuk sel-sel baru . Hal ini dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka tertentu. Proses penyembuhan yang dilakukan oleh minyak argan dapat lebih cepat dibanding menggunakan obat berbahan kimia yang biasa digunakan untuk luka. Selain itu, Minyak argan juga dapat mencegah bekas luka yang ditimbulkan. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak argan pada luka secara rutin.

13. Menyembuhkan penyakit kulit


Source: Stephanie Abderhalden 

Jika kamu memiliki penyakit kulit, minyak argan pun dapat mempercepat proses penyembuhan kerusakan dan penyakit yang dialami kulitmu. Dengan mengaplikasikan langsung pada bagian tubuh yang terkena penyakit kulit secara rutin maka penyakit itu akan sembuh tanpa meninggalkan bekas luka. Biaya yang kamu keluarkan untuk membeli minyak argan akan lebih murah dibandingkan dengan biaya pengobatan di dokter kulit.

14.  Membuat kuku tampak lebih bersinar


Source: Lisa Bentley

Pengunaan cat kuku yang terlalu sering akan membuat kuku menjadi kering dan rapuh. Hal ini menyebabkan kuku menjadi lebih mudah patah. Minyak argan bisa juga diaplikasikan pada kuku . Dengan mengaplikasinya secara rutin, kuku kamu akan lebih berkilau dan sehat. Kamu tidak perlu kuatir kuku gampang patah setiap kali kamu menggunakan cat kuku.

15. Sumber Omega 3 dan antioksidan


Source: i am sorry

Omega 3 dan antioksidan yang terkandung dalam minyak argan dapat berfungsi untuk menghambat penuaan dini dan menghaluskan kerutan-kerutan serta tanda-tanda penuaan lainnya. Selain lebih muda, kulitmu akan akan tampak lebih berkilau. Apalagi ketika kamu harus beraktivitas di jalanan yang penuh polusi.

Demikianlah 15 manfaat minyak argan untuk kesehatan dan kecantikan tubuhmu. Banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari minyak alami ini. Kamu hanya perlu menyediakan satu atau dua botol di rumahmu dan mulai katakan selamat tinggal pada 15 masalah yang mungkin dialami oleh tubuhmu.