15 Manfaat Buah Labu yang Perlu Kamu Tahu

By |2018-11-08T22:40:23+00:00April 1st, 2017|Beauty, Health|Comments Off on 15 Manfaat Buah Labu yang Perlu Kamu Tahu


Source: Luzie1973

Ada banyak manfaat buah labu selain dijadikan pajangan Halloween, atau campuran puding, atau juga isian pai. Buah berwarna oranye ini padat akan nutrisi dan rendah kalori. Biji buah labu juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, lho!

Berikut ini kami berikan daftar berisi 15 manfaat buah labu:

1. Meningkatkan Kesehatan Mata


Source: Tobias Dahlberg

Dua ratus gram labu kalengan sudah dapat memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin A harianmu, lho. Kamu pasti sudah tahu, kan, kalau vitamin A baik bagi mata terutama pada cahaya yang redup, dan membantu melindungi kornea mata. Labu juga baik untuk menjaga kesehatan kulit, jaringan tisu, dan membran mukus.

Buah labu juga kaya akan carotenoid (betakarotin dan alfakarotin) yang mengurangi risiko degenerasi mata akibat usia dan mencegah katarak. Antioksidannya melindungi sel-sel di retina dari kerusakan radikal bebas dengan menetralisir molekul tersebut.

2. Meningkatkan Sistem Imun


Source: gfhjkm123

Buah labu adalah rumah bagi nutrisi seperti vitamin A, C, dan E, karotenoid, zat besi, magnesium, dan lain-lain. Vitamin A membantu komunikasi sel, yang penting bagi jaringan-jaringan tisu yang bertugas melindungi dari pathogen. Betakarotin juga memliki komponen yang menstimulasi sistem imun. Vitamin C juga bekerja sebagai peningkat imun sembari melawan infeksi.

3. Membantu Pencernaan


Source: Nayuta

Karena buah labu ini tinggi serat, dia menjadi sangat baik bagi pencernaan. Serat membantu tubuhmu mencerna makanan secara efisien dan menyerap nutrisinya. Buah labu membantu makanan melewati saluran pencernaan, mencegah konstipasi, menyerap air, dan mendorong zat pembuangan, sehingga dapat mengontrol diare. Jus labu juga menyembuhkan keasaman di perut, sekaligus menyingkirkan cacing di usus.

4. Membantu Mengurangi Berat Badan


Source: Petr Kratochvil

Apakah kami sudah menyebutkan di atas kalau buah labu ini rendah kalori dan kaya akan serat? Ya, serat dalam buah labu (atau sebenarnya dalam buah apapun) dapat membuat kamu merasa kenyang sehingga dapat mengontrol selera makanmu. Potasiumnya yang tinggi membantu menghilangkan garam dan air berlebihan (ingat soal buah labu menyerap air?) sehingga dia akan mengurangi kadar air dalam tubuh.

5. Membuat Kulit Nampak Lebih Mudah


Source: Greyerbaby

Tingginya kadar vitamin A dalam buah labu memberikan manfaat antipenuaan dan memberikan kulit yang sehat serta nampak lebih muda. Sebagai tambahan, betakaroten yang ada di dalam buah ini dapat mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari. Vitamin C dan E-nya juga meningkatkan kesehatan kulit karena mereka meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat kulit nampak lebih bercahaya. Vitamin B5-nya mengurangi tanda-tanda penuaan seperti aging spot.

6. Mengurangi Peradangan


Source: PublicDomainPictures

Carotenoid yang memberi warna oranye pada buah labu ini juga bermanfaat sebagai antiperadangan. Mereka mengurangi peradangan yang dapat berujung pada kondisi kesehatan kronis, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes tipe-2, dan sakit persendian. Betakaroten juga mencegah penumpukan kolesterol di dinding arteri. Alfakaroten berguna untuk memperlambat proses penuaan dan mencegah pertumbuhan sel tumor. Antioksidan vitamin E-nya melindungi tubuh dari beberapa jenis sel kanker dan juga mengurangi risiko terkena Alzheimer’s lho,!

7. Baik untuk Kehamilan


Source: Pexels

Buah labu, dan biji labu yang dipanggang, baik bagi wanita yang sedang hamil karena mengandung banyak nutrisi bagi perkembangan janin. Ditambah mereka memberikan manfaat pencernaan.. ups, kami sudah sebutkan ya di atas? Buah labu juga meredakan kram di perut yang terjadi saat masa kehamilan. Zat besi dalam buah labu mencegah anemia, menyalurkan oksigen pada bayi, dan mencegah kemungkinan bayi lahir prematur.

8. Baik Dimakan setelah Olahraga


Source: Axelle B

Buah labu, ubi-ubian, dan squash adalah beberapa buah pilihan yang baik dikonsumsi setelah berolahraga. Mereka kaya akan nutrisi dan memberikan karbohidrat dan, tidak seperti buah-buahan lainnya, mengisi glycogen (semacam glukosa) di otot terlebih dahulu ketimbang glycogen di liver. Hal ini berguna saat kamu ingin menambah berat badan atau menambah bobot otot. Setelah berolahraga berat, buah labu juga dapat mengisi kadar potasium di tubuh untuk menyeimbangkan elektrolit di tubuh.

9. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Source: Gadini

Tingginya kadar potasium di dalam buah labu juga membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Vitamin C-nya yang tinggi juga membantu dalam hal ini, lho! Sebanyak 200 gram buah labu masak dapat memenuhi 20% kebutuhan vitamin C harianmu. Ditambah vitamin A-nya juga meningkatkan fungsi jantung, paru-paru, dan ginjal. Seratnya menjaga kadar kolesterol sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

 10. Meningkatkan Kualitas Tidur


Source: Aldofilippini

Biji buah labu kaya akan trytophan, sebuah asam amino yang berkontribusi terhadap rasa kantuk, sehingga dapat membuat kamu tidur lebih nyenyak di malam hari. Asam amino ini juga mempelopori melatonin (hormon tidur) dan serotonin (neurotransmiter yang membuatmu merasa nyaman). Hal ini berarti kamu tidak hanya akan mendapatkan tidur yang lebih baik, tapi kamu juga akan merasa lebih nyaman saat tidur.

11. Melindungi Prostat


Source: Vuralyavas

Buah labu, terutama bijinya, mengandung banyak betakaroten dan antioksidan lainnya dengan komponen antikarsinogen yang bermanfaat bagi para pria. Zat kimia yang ada di biji buah labu dapat meningkatkan urine, yang dapat mencegah ketidaknyamanan pada kandung kemih saat prostat membesar. Di tahun 2006, sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak biji buah labu mencegah pertumbuhan prostat yang tidak sehat.

12. Mencegah Depresi


Source: Ryan McGuire

Manfaat buah labu lainnya adalah mencegah depresi. Kurangnya trytophan dalam pola makan kita ternyata dapat menjadi salah satu penyebab atau penyokong depresi, lho! Trytophan ini banyak terkandung dalam buah labu. L-trytophan, yaitu asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, dapat meningkatkan rasa senang yang berujung pada berkurangnya risiko depresi.

13. Mencegah Batu Ginjal


Source: Efraimstotchter

Buah labu juga baik untuk mencegah batu ginjal. Mengonsumsi biji buah labu sebanyak 5-10 gram per hari dapat membantu mencegah terbentuknya batu ginjal. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan asupan magnesium yang tinggi dan solusinya adalah dengan mengonsumsi, paling tidak, 400 mg suplemen magnesium secara teratur setiap hari. Atau dengan mengonsumsi biji buah labu tadi.

14. Mengobati Parasit


Source: Unsplash

Biji buah labu juga dapat membunuh parasit dan cacing dalam perut (yang terakhir ini sudah kami sebutkan, kan, di atas?). Pengobatan tradisional a la Cina telah lama menggunakan metode ini untuk mengatasi roundworm, cacing yang biasanya ada di perut. Kamu dapat mengonsumsinya dengan menumbuk biji buah labu hingga berbentuk bubuk dan mencampurkannya dalam jus atau minumanmu. Kamu juga bisa membeli bubuk biji buah labu ini di pasaran.

15. Meningkatkan Kesuburan


Source: George Hodan

Vitamin B kompleks yang terkandung dalam buah labu dan bijinya ternyata membantu menjaga kesuburan, lho! Begitu pula antioksidan vitamin E-nya yang juga menunjukkan peningkatan kesuburan baik pada wanita maupun pria. Dia melindungi membran sel dan komponen-komponen beracun, meningkatkan kesehatan sperma, dan motility (semacam gerakan peristaltik, meremas mencerna makanan, yang terjadi di lambung), dan meningkatkan ketebalan dinding rahim.

Nah, buat kamu yang belum pernah memakan biji buah labu, harap berhati-hati ya, karena beberapa orang alergi dengan biji ini. Stay healthy and pretty with this natural wonder!