15 Makanan Hamster yang Sehat ini Patut Kamu Berikan

By |2018-11-08T02:27:27+00:00April 3rd, 2017|Knowledge|Comments Off on 15 Makanan Hamster yang Sehat ini Patut Kamu Berikan


Source: Lichtpuenktchen

Hamster adalah salah satu binatang pengerat dengan bulu-bulu yang lembut serta imut dan menggemaskan. Saat ini, mulai banyak masyarakat baik orang tua maupun anak-anak yang jatuh cinta dengan hamster yang tergolong sebagai binatang omnivora ini. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati ya dalam memberikan makan hamster. Jangan sampai binatang pemakan segala ini terkena dampak negatif terhadap kesehatannya karena diberi makan secara asal-asalan.

1. Gabah


Source: Pexels

Gabah bisa menjadi salah satu alternatif makanan pokok yang baik dan sehat untuk hamster peliharaan kamu. Gabah akan menjadi sumber karbohidrat utama bagi hamster sehingga energinya setiap hari bisa terpenuhi dengan baik. Selain itu, gabah yang masih terbungkus dengan kulit kaya dengan kandungan pro Vitamin D yang  ternyata sangat baik untuk tumbuh kembang sang hamster tersebut.

2. Beras Merah


Source: pasrasaa

Hampir sama dengan gabah, beras merah juga menjadi sumber karbohidrat utama bagi si lucu hamster. Kandungan karbohidratnya dapat dijadikan sumber energi yang baik untuk menunjang aktivitasnya. Selain itu, beras merah juga sangat baik untuk perkembangan otak hamster. Jika sampai sang hamster kekurangan karbohidrat maka ia akan terlihat kurus, lemas dan tidak bergairah.

3. Jagung


Source: DorisDorfmeister

Jagung juga mengandung karbohidrat yang baik untuk hamster. Kandungan karbohidrat ini bisa mencapai 80% dari jagung kering yang terletak pada endospermiumnya. Selain jagung kering, kamu juga bisa memberikan jagung mentah sebagai makanan pokok maupun camilan sang hamster. Selain itu, jagung mentah sangat cocok untuk hamster yang sedang menyusui karena kandungan air yang ada di dalamnya bisa membantu produksi air susu hamster menjadi lebih banyak.

4. Kacang Hijau


Source: PDPics

Kacang hijau bisa dijadikan makanan pokok bagi hamster, terutamanya untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Kacang hijau dikenal sangat baik untuk hamster karena bisa membantu mengasah gigi hamster yang terus tumbuh. Berbagai macam kandungan baik yang ada di dalam kacang hijau seperti karbohidrat, lemak, protein dan berbagai jenis vitamin, dapat menjadi zat pengatur di dalam tubuh hamster.

5. Kacang Kedelai


Source: Jing

Jenis kacang yang satu ini dikenal dengan kandungan proteinnya yang sangat tinggi Selain itu, ia sangat baik dijadikan makanan pokok untuk hamster yang kamu pelihara. Layaknya kacang hijau, kacang kedelai juga bisa menjadi salah satu alternatif makanan pokok untuk hamster yang sedang dalam masa pertumbuhan dan juga membantu mengasah gigi hamster yang sedang berkembang.

6. Biji Bunga Matahari


Source: LeoNeoBoy

Banyak yang menganggap bahwa biji bunga matahari adalah makanan pokok dari seekor hamster. Padahal, biji bunga matahari ini sebaiknya dijadikan makanan selingan bagi hamster. Biji bunga matahari atau sering kita sebut kwaci adalah salah satu makanan dengan kandungan lemak yang cukup tinggi yaitu terdapat 51.5gr dalam 100gr kuaci. Ia bisa digunakan sebagai campuran dalam makanan pokok hamster agar mereka bisa mendapatkan gizi yang lebih seimbang.

7. Wortel


Source: jackmac34

Layaknya biji bunga matahari, wortel sangat baik untuk makanan cemilan hamster. Wortel sangat baik dijadikan makanan untuk hamster, terutamanya hamster bermata merah karena hamster jenis ini sangat mudah diserang dengan penyakit katarak. Selain itu, wortel yang di ambil airnya juga baik untuk alternatif minuman hamster walaupun tidak disarankan untuk mengganti air minum utama karena bisa menyebabkan hamster buang air kecil secara terus menerus.

8. Tauge


Source: anan2523

Makanan selingan yang satu ini ternyata sangat baik untuk makanan sapihan bayi hamster yang sedang dalam masa transisi dari mengkonsumsi susu ke makanan padat. Tauge atau yang dikenal pula dengan kecambah mengandung banyak vitamin K yang sangat baik untuk menjaga kesuburan agar mudah untuk bereproduksi. Jangan pula terlalu sering memberikan tauge karena bisa memberikan resiko diare pada hamster.

9. Kacang Tanah


Source: forwimuwi73

Kacang tanah dapat menjadi salah satu sumber energi bagi hamster setiap hari. Teksturnya yang sedikit keras dan rasanya yang gurih, sangat disukai para hamster. Tapi, kamu harus lebih berhati-hati dalam memberikan kacang tanah sebagai pakan hamster. Kandungan lemak yang tinggi pada kacang tanah ini bisa memberikan efek obesitas bagi hamster sehingga dapat berbahaya untuk kesehatannya.

10. Jewawut


Source: BjoemSchrempp

Jewawut atau sering disebut sebagai havernya Indonesia, bisa dijadikan sebagai makanan tambahan untuk hamster. Zat yang terkandung di dalam jewawut ini hampir sama dengan apa yang ada di dalam beras dan jagung. Selain ia sangat baik untuk menambah energi sang hamster, jewawut juga sangat baik diberikan untuk hamster yang sedang menyusui ataupun untuk bayi hamster.

11. Putih Telur Rebus


Source: Myriam-Fotos

Rebuslah sebiji telur, kupas lalu berikan bagian putihnya kepada hamster peliharaanmu. Beberapa hamster cukup menyukai makanan yang satu ini walaupun ada pula beberap hamster yang kurang suka dengan putih telur rebus. Kandungan protein yang tinggi sangat baik sebagai makanan selingan bagi hamster anak-anak serta hamster yang sedang dalam proses hamil dan menyusui karena kandungan nutrisi yang ada di dalam putih telur ini.

12. Madu


Source: stevepb

Madu yang bertekstur kental dan manis ini cukup digemari para hamster. Kandungan gula yang ada dalam madu sangat mudah diserap tubuh sehingga bisa menghasilkan energi dengan cepat. Yang harus kamu perhatikan adalah untuk tidak memberikan madu secara berlebihan kepada hamster karena bisa memberikan dampak buruk. Sebaiknya berikan satu minggu sekali dengan takaran sedikit. Bisa saja diberikan sedikit lebih banyak untuk hamster yang sedang dalam masa pertumbuhan, habis melahirkan, menyusui dan setelah sakit.

13. Biji Kenari


Source: DEZALB

Biji kenari atau yang kerap dikenal pula sebagai canary grass seed, bisa dijadikan sebagai alternatif makanan tambahan untuk hamster yang kamu pelihara. Bentuknya gepeng dengan ujung yang runcing ini berukurang layaknya beras. Kulitnya sangat licin tetapi cukup mudah untuk dilepas menjadi kegemaran hamster. Pilihlah biji kenari yang berkualitas baik yaitu yang bersih, kering, tidak berbau dan berwarna kuning mengkilat.

14. Kacang Tolo


Source: MzScarlett

Kacang tolo yang termasuk dalam keluarga Leguminosa mengandung protein yang tinggi dan biasa untuk dijadikan makanan tambahan hamster. Kacang yang juga disebut sebagai kacang tunggak ini adalah tanaman yang berasal dari Afrika Barat. Tidak hanya proteinnya yang tinggi, kacang tolo juga mengandung karbohidrat yang cukup baik untuk membantu kesehatan hamster dan sebagai tambahan sumber energinya.

15. Konsentrat


Source: cepris

Konsentrat adalah makanan yang sudah diramu oleh produsen makanan hamster yang mengandung berbagai macam kandungan mulai dari karbohidrat, protein, vitamin hingga lemak. Dalam pemberian konsentrat atau pellet ini juga harus diperhatikan dengan seksama dan sesuai dengan takaran yang sudah ditetapkan. Selain itu, ia juga harus diseimbangkan dengan pemberian air minum yang cukup karena konsentrat akan membuat hamster menjadi lebih cepat haus. Jangan sampai salah memilih makanan untuk hamster kamu ya!