15 Keuntungan Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

By |2018-11-08T23:30:12+00:00May 4th, 2017|Beauty, Health|Comments Off on 15 Keuntungan Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan


@dhen_octriana

Daun binahong merupakan salah satu tanaman yang berasal dari korea. Daun ini juga dikonsumsi oleh orang orang Vietnam pada saat perang melawan Amerika tahun 1950-1970. Di Cina daun ini dikenal dengan nama Deng San Chi, sedangkan dalam bahasa inggris daun ini dinamakan Heartleaf Maderavine Madevine. Di Indonesia, daun ini baru dikenal sebagai tanaman obat. Bentuk daunnya yang unik seperti hati, membuat semua orang tidak percaya bahwa daun yang memiliki bahasa latin Bassela Rubra Linn ini memiliki banyak khasiat baik didalam bidang kesehatan maupun kecantikan. Apa saja khasiat yang diberikan oleh daun binahong ini ? Berikut adalah 15 keuntungan daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan :

1. Menstabilkan Tekanan Darah


@mdciac

Jika Anda sering mengalami pusing akibat tekanan darah yang tinggi, jangan langsung mengkonsumsi obat obatan ! Tahukah Anda bahwa kandungan yang ada didalam daun binahong dapat membuat tekanan darah Anda menjadi stabil atau kembali normal. Caranya cukup dengan merebus daun binahong pada air mendidih tunggu sampai airnya sedikit menyusut dan saringlah rebusan air binahong itu pada gelas. Rebusan air binahong pun siap dikonsumsi, sebaiknya konsumsi 2 kali sehari untuk hasil yang optimal.

2. Menghilangkan Bekas Luka


unkultur

Pastinya setiap wanita mendambakan kulit yang halus tanpa adanya bekas luka sedikit pun. Tenang saja, kandungan antimikrobial dan asam askorbat (Vitamin C) dapat menyembuhkan dan menghilangkan bekas luka biasa maupun luka bakar. Cara pengaplikasiannya pun ga,pang, yaitu cukup dengan menghancurkan daun binahong tersebut hingga halus, kemudian aplikasikan pada tempat yang terdapat luka.

3. Menyembuhkan Rematik


@autoimuncare

Rematik merupakan salah satu penyakit yang diderita bagi sebagian orang yang telah lanjut usia dan penyakit ini akan menyerang bagian tulang maupun sendi. Tetapi, rematik ini dapat disembuhkan dan dicegah dengan menggunakan daun binahong. Pengolahan daun binahong pada setiap penyakit hampir sama, yaitu rebuslah 5 daun binahong pada 1-2 gelas air mendidih, kemudian konsumsilah air rebusan tersebut satu kali sehari secara rutin.

4. Mengobati Disentri


Holly Lay

Disentri adalah penyakit yang disebabkan adanya parasit Entamoeba Histolytica, dimana parasit ini akan menyebabkan infeksi usus ditandai dengan diare yang disertai darah dan lendir. Namun, daun binahong yang memiliki banyak khasiat ini dapat dimanfaatkan bagi penderkta disentri, yaitu dengan cara rebuslah 10 daun binahong pada 2 gelas air,  tunggu hingga airnya menyusut, kemudian konsumsilah air rebusan tersebut sehari sekali.

5. Mencegah Batu Ginjal


@jamuherbal24

Apakah anda sering merasakan rasa nyeri pada perut dan punggung bagian bawah, pinggang, serta selangkangan ? Berhati hatilah, bisa jadi itu merupakan salah satu gejala Anda menderita batu ginjal. Batu ginjal atau yang dikenal dalam istilah kedokteran, nefrolitiasis, merupakan penyakit dimana terdapat sebuah manterial keras seperti batu didalam ginjal yang ditimbulkan akibat dari zat zat limbah yang tidak tersaring sempurna oleh ginjal. Tetapi, batu ginjal ini dapat dicegah dan disembuhkan dengan mengkonsumsi daun binahong secara rutin. Daun binahong dapat melancarkan metabolisme tubuh sehingga dapat mencegah pembentukan batu ginjal.

6. Mengobati Sakit Perut dan Sakit Kepala


@cikfadillah

Sakit perut dan sakit kepala (pusing) merupakan penyakit yang sering dirasakan oleh berbagai masyarakat di Indonesia yang mungkin disebabkan karena adanya stress, banyak pikiran, konsumsi makanan yang sembarangan, dan lain-lain. Namun, jangan khawatir ! Selain dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit yang berat, akut, ataupun kronis, daun binahong juga dapat menyembuhkan Anda dari penyakit pusing dan sakit perut.

7. Mengobati Penyakit Diabetes


@sugarkibimari

Menurut data WHO dan pernyataan dari menteri kesehatan Indonesia, jumlah penderita diabetes dari tahun ke tahun mengalami peningkatan di Indonesia. Hal ini dikarenakan sebagian besar orang Indonesia menyukai makanan yang mengandung banyak karbohidrat ataupun glukosa, sehingga penyakit diabetes ini menjadi salah satu penyakit yang selalu hadir dikalangan masyarakat Indonesia. But, don’t be panick ! Karena daun binahong dapat mengobati penyakit tersebut. Bagaimana caranya ? Dengan cara merebus 11 lembar daun binahong didalam 3 gelas air mendidih, lalu tunggu hingga airnya menyusut sedikit, dan air rebusan binahong ini pun dapat dikonsumsi sebanyak 1 kali sehari.

8. Mengatasi Pegal Linu


@autoimuncare

Terkadang setelah beraktifitas seharian penuh, tubuh Anda pasti mengalami pegal linu baik di otot maupun sendi. Hal ini tidak dapat dipungkiri oleh setiap orang, karena pegal linu ini merupakan reaksi tubuh terhadap adanya aktifitas yang terlalu berat dan menyebabkan otot otot menjadi kaku. Anda dapat memanfaatkan daun binahong untuk mengatasi pegal linu pada tubuh anda, yaitu cukup dengan meminum air rebusan binahong setelah Anda melaukan aktifitas yang menguras energi maupun tenaga. Khasiat dari meminum air rebusan binahong ini dapat memberikan evek kehangatan pada tubuh Anda.

9. Mengobati Radang Gusi


@pristinedentistrync

Radang gusi atau dalam bidang kedokteran gigi dikenal sebagai gingivitis, merupakan penyakit yang menyerang bagian gusi dan dapat menimbulkan efek gusi gigi berdarah dan gusi menjadi bengkak akibat adanya plak yang melekat pada subgingival dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika kamu mengalami gingivitis atau gusi berdarah, segeralah meminum air rebusan binahong setiap sehari sekali. Mengkonsumi air rebusan binahong secara teratur dapat mengobati gusi Anda yang mengalami radang ataupun berdarah.

10. Mengurangi Kolesterol


@synergyindonesia.id

Penyakit kolesterol sudah menjadi hal yang umum dikalangan masyarakat. Kadar kolesterol yang tinggi akan memberikan efek yang tidak baik di dalam tubuh kita, terutama di peredaran darah, karena dapat membentuk sebuah plak (material keras) yang dapat menghambat sirkulasi darah. Rata-rata penyakit ini diderita oleh kaum lansia atau lanjut usia, namun sekarang banyak anak remaja yang berusia 20 keatas memilik kadar kolesterol yang tinggi. Hal ini disebabkan banyaknya remaja yang mengkonsumi fat dan makanan yang mengadung minyak terlalu berlebihan. Sebelum kolesterol Anda menjadi bertambah parah, sebaiknya konsumsilah air rebusan binahong secara rutin untuk menstabilkan kadar kolesterol Anda menjadi normal.

11. Melancarkan Menstruasi


@spitzderspatz

Menstruasi merupakan salah satu ciri pubertas primer pada wanita dan setiap wanita pasti menginginkan siklus menstruasinya lancar. Tetapi tidak sedikit wanita yang mengalami masalah terhadap keterlambatan atau ketidakteraturan siklus menstruasinya padahal seharusnya wanita mengalami menstruasi setiap bulan. Hal ini dapat diatasi dengan meminum air rebusan binahong. Berikut adalaha cara mengolah daun binahong tersebut sehingga menjadi air rebusan yang berkhasiat, pertama cucilah daun binahong tersebut, kemudian rebuslah 3 daun binahong didalam air hingga mendidih, lalu rebusan air pun siap dikonsumsi sebanyak sekali dalam sehari.

12. Mengatasi Ambeien


-ARING-

Sering menahan buang air besar karena malas untuk pergi ke kamar mandi yang bukan ada dirumah ? Atau Anda sering menghabiskan waktu dengan duduk dikursi selama berjam jam ? Be careful ! Bisa jadi itu menyebabkan pembuluh darah vena di sekitar rektum dan anus Anda menjadi bengkak dan menonjol keluar yang lebih dikenal sebagai penyakit ambeien atau wasir. Penyakit ini dapat menyerang Anda dimana saja dan kapan saja. Tentu saja, Anda dapat mengatasi penyakit yang ‘tidak elit’ ini dengan pengolahan yang sama, yaitu merebus daun binahong. Namun, sedikit berbeda pada jumlah daun binahong yang digunakan, sekitar 16 lembar daun yang digunakan untuk direbus dan kemudian dikonsumsi.

13. Mengatasi Sakit Maag


@britishpropolis_authentic

Semua orang Indonesia pasti mengetahui penyakit maag dan pasti pernah ataupun sedang mengalami penyakit tersebut. Yes ! Maag merupakan penyakit yang sangat umum di Indonesia dan penyakit ini sendiri disebabkan karena adanya kadar asam lambung yang tinggi didalam lambung dan menyebabkan lambung menjadi luka sehingga menimbulkan rasa nyeri. Bagi semua penderita lambung dimanapun Anda berada tidak perlu khawatir, karena daun binahong ini dapat menyelamatkan lambung anda yang sudah terlanjur mengalami iritasi tersebut. Perbanyaklah konsumsi daun binahong sebanyak sekali dalam sehari.

14. Menghilangkan Jerawat


wikimedia

What ? Jerawat ? Hampir seluruh manusia pasti pernah mengalami adanya masalah pada kulit yang berupa jerawat. Ini merupakan salah satu satu tanda akibat adanya pubertas. Setiap wanita, terutama remaja, pasti menginginkan kulit wajah yang mulus tanpa adanya jerawat atau komedo sekali pun. Tetapi, perawatan yang terlalu banyak menghabiskan biaya dan ketergantungan obat dokter yang dapat menyebabkan kulit menjadi mengiritasi membuat Anda harus memutar otak untuk tetap menjaga kulit Anda bebas dari jerawat. Cara tradisional pun dapat digunakan bagi Anda yang ingin menghilangkan jerawat secara alami tanpa adanya kandungan obat kimia. Dengan cara, menumbuk daun binahong hingga hancur, kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat, lakukanlah sebelum Anda tidur dan esok harinya bersihkan dengan air bersih.

15. Bahan Dasar untuk Masker Wajah


@redvelvet_kawaii

Dalam bidang kecantikan, selain untuk menghilangkan jerawat, Anda juga dapat menjadikan daun binahong ini sebagai bahan utama masker wajah. Masker wajah dari baha tersebut dapat memberikan hasil berupa wajah yang putih dan halus.

Sebelum Anda memutuskan untuk mencoba mengkonsumsi obatan obatan kimia untuk mengobati suatu pengakit ataupun mengatasi masalah dalam kulit, sebaiknya cobalah untuk mencari bahan dasar tradisional seperti tanaman tanaman obat yang ada disekitar Anda. Karena selain mudah didapat dan harganya yang murah, tanaman hijau juga memiliki efek yang baik terhadap tubuh kita karena belum adanya campur tangan manusia dalam khasiat yang dikandung daun binahong ini. Semoga Anda bisa mendapatkan kulit sehat dan cantik sesuai dengan 15 keuntungan daun binahong. Selamat mencoba, readers !