15 Ide Bisnis Terbaru di Tahun 2016 dan 2017

By |2018-11-08T02:29:53+00:00April 2nd, 2017|Knowledge|Comments Off on 15 Ide Bisnis Terbaru di Tahun 2016 dan 2017


Source : Tumisu

Anda berniat melakukan bisnis, tapi masih bingung bisnis apa yang tepat? Tidak perlu khawatir, inilah beberapa jenis bisnis yang dapat Anda lakukan. Bisnis-bisnis ini menjadi tren pada tahun 2016 dan 2017 sehingga patut Anda coba. Apalagi jika Anda sudah memiliki modal dan keterampilan, Anda tinggal menjalankannya. Apa saja sih ide bisnis terbaru di tahun 2016 dan 2017? Yuk langsung saja kita intip dibawah ini!

1. Menjadi Youtuber


Source : geralt

Salah satu tren bisnis yang sedang hits adalah menjadi youtuber. Dengan menjadi youtuber, Anda hanya perlu membuat video se-kreatif mungkin lalu meng-upload ke YouTube. Jika video Anda ini menarik, Anda akan mendapatkan banyak penonton. Penghasilan bisa Anda dapat dari para pengiklan yang memasang iklannya pada video Anda. Dan ingatlah untuk selalu buat konten video yang positif dan mendidik, ya!

2. Menjadi Selebgram


Source : Wokandapix

Selain menjadi youtuber, Anda juga dapat menjadi seorang selebgram atau selebriti Instagram. Berbeda dengan youtuber yang harus membuat video, di Instagram Anda sudah bisa menjadi selebgram dengan memposting foto. Jika foto-foto Anda banyak menarik perhatian orang, Anda akan mendapatkan banyak like. Kalau sudah begitu, akan banyak berbagai brand yang akan meminta Anda untuk mempromosikan produknya.

3. Jasa Penyewaan Lapangan Futsal


Source : apnew0

Siapa yang tidak kenal dengan olahraga futsal? Olahraga ini kini tidak hanya digandrungi oleh kaum pria, namun juga kaum wanita. Penggemar olahraga ini juga semakin hari semakin meningkat. Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan membuka tempat penyewaan lapangan futsal. Pada awal membuka bisnis ini, mungkin Anda akan membutuhkan modal yang lumayan besar; dari penyewaan gedung sampai peralatan lainnya. Namun itu akan sebanding dengan hasil yang Anda dapatkan nanti, karena kita tahu kalau tempat futsal selalu ramai dan diminati oleh banyak orang.

4. Jasa Transportasi Online


Source : K.J Chang

Seiring dengan perkembangan zaman yang modern, segala kebutuhan dicari orang melalui internet. Termasuk juga kebutuhan transportasi, seperti mobil dan motor. Anda dapat mendaftar di salah satu jasa penyedia transportasi online untuk memanfaatkan kendaraan Anda. Daripada mobil atau motor Anda dibiarkan menganggur di garasi, lebih baik dimanfaatkan supaya lebih menghasilkan uang, kan?

5. Jasa Antar Jemput Anak


Source : Unsplash

Tuntutan kehidupan jaman sekarang membuat kedua orangtua perlu untuk bekerja mencari uang, sehingga sedikit memiliki waktu untuk melakukan antar jemput anaknya. Anda dapat memanfaatkan keadaan ini dengan menawarkan jasa antar-jemput anak saat berangkat dan pulang sekolah. Untuk permulaan, Anda dapat menawarkan jasa ini kepada para tetangga yang sudah mengenal dan percaya pada Anda. Tidak menutup kemungkinan bisnis Anda ini nantinya akan semakin besar dan mencakup area yang lebih luas lagi.

6. Jasa Penitipan Anak


Source : lenkafortelna

Selain jasa antar-jemput, Anda juga dapat membuka jasa penitipan anak. Jasa ini dapat Anda gabungkan dengan jasa sebelumnya karena masih berada dalam ruang lingkup yang serupa. Hal ini dapat membuat langganan Anda semakin banyak dan setia pada jasa Anda. Bisnis ini juga dapat menjadi lapangan pekerjaan bagi orang lain, karena tentunya Anda akan membutuhkan banyak tenaga dalam mengurusi anak-anak tersebut.

7. Jasa Setrika Keliling


Source : stevepb

Orang mungkin saja mencuci bajunya setiap hari, apalagi kebanyakan mereka sudah memiliki mesin cuci di rumahnya. Namun, tidak semua orang sempat menyetrika baju-baju yang sudah dicuci. Hal ini merupakan peluang bagi Anda untuk membuka jasa setrika keliling. Anda dapat menerapkan harga per-kilo, seperti sebagaimana usaha laundry kiloan. Jika usaha Anda sudah membesar, Anda dapat membuka tempat jasa setrika sendiri tanpa harus Anda sendiri yang berkeliling.

8. Jasa Salon Keliling


Source : kaboompics

Selain setrika keliling, Anda juga dapat membuka jasa salon keliling. Jasa ini sangat tepat menjadi pilihan bisnis bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam merias orang lain. Dengan jasa ini, Anda mendatangi calon pelanggan yang membutuhkan make up namun tidak sempat datang ke salon. Jasa ini juga dapat Anda tawarkan kepada orang yang ingin wisuda atau datang ke pesta.

9. Pelatihan Usaha


Source : Wokandapix

Jika Anda sudah sering mengikuti training usaha dan bisnis, Anda dapat memanfaatkan ilmu yang sudah Anda dapat dengan membuka pelatihan. Pelatihan ini menyasar orang-orang yang baru mau berbisnis dan masih butuh banyak belajar. Selain ilmu bisnis, Anda juga dapat memberikan pelatihan keterampilan seperti menjahit, menenun, memasak, dan lain sebagainya.

10. Jasa Pengeditan Foto dan Video


Source : Unsplash

Kalau Anda memiliki keahlian lebih dalam hal mengedit foto dan video, Anda dapat membuka jasa pengeditan yang banyak dibutuhkan orang. Anda dapat menawarkan jasa ini dalam skala kecil untuk permulaan, seperti melalui internet atau pada event tertentu. Jika usaha Anda ini sudah besar, Anda dapat mengembangkan usaha seperti membuka studio foto sendiri.

11. Penyewaan Alat Pesta


Source : Hans

Pesta adalah bagian dari kehidupan manusia yang sudah ada sejak dulu dan terus berlanjut hingga sekarang, bahkan akan terus ada sampai masa nanti. Jika Anda perhatikan, hampir setiap akhir pekan terdapat pesta pernikahan atau khitanan. Anda dapat melihat peluang ini dengan melakukan bisnis penyewaan alat pesta. Bisnis ini memang membutuhkan modal yang lumayan besar ketika awal memulai, namun lambat laun modal Anda akan tertutupi dan mendapatkan untung yang memuaskan.

12. Bisnis Isi Ulang Air Minum


Source : congerdesign

Kesibukan kehidupan jaman sekarang, terutama di perkotaan, membuat orang tidak sempat bahkan hanya untuk memasak air. Padahal air minum adalah salah satu kebutuhan utama manusia. Anda dapat membuka bisnis isi ulang air minum dengan sistem delivery ke rumah-rumah calon pelanggan Anda. Jangan lupa untuk terus menjaga kualitas air minum Anda agar tetap bersih, segar, dan sehat.

13. Bisnis Katering


Source : Fxq19910504

Jika memasak air saja sulit mencari waktunya, apalagi memasak yang lebih besar, bukan? Keadaan ini juga dapat Anda jadikan peluang dengan membuka bisnis katering. Anda dapat membuka jasa katering untuk para pegawai kantoran yang tidak sempat mencari makan sendiri untuk makan siang, dan membutuhkan asupan makanan begizi. Atau, Anda juga dapat menawarkan jasa ini kepada anak-anak sekolah yang memiliki jam pelajaran hingga sore hari.

14. Bisnis Fashion Distro


Source : webandi

Fashion adalah hal yang terus diminati seiring berjalannya waktu, terutama oleh anak muda. Bisins ini juga termasuk memiliki prospek yang bagus dan tidak akan basi karena baju bisa bertahan lama. Jika Anda berniat membuka bisnis distro, Anda perlu memperhatikan lokasi usaha Anda. Pilihlah lokasi yang sering didatangi oleh anak muda, seperti mall, kawasan sekitar sekolah, atau kawasan sekitar kampus.

15. Bisnis Makanan Organik


Source : stevepb

Maraknya berbagai penyakit yang muncul dan pergantian cuaca yang ekstrim membuat orang lebih sadar akan pentingnya gaya hidup yang sehat, termasuk dari makanan. Anda dapat menyasar peluang ini dengan membuat aneka makanan organik dan bercita rasa tinggi. Anda juga dapat mengkreasikan makanan organik dengan makanan yang sudah ada, seperti misalnya perpaduan spageti dan bayam.

Itulah beberapa ide bisnis terbaru yang ada pada tahun 2016 dan 2017. Semoga dapat memberikan inspirasi untuk Anda dalam memilih bisnis apa yang akan dilakukan. Jangan lupa untuk terus berusaha dan tidak cepat menyerah ketika bisnis belum begitu lancar, karena bagaimanapun resiko bisnis tidak dapat terhindarkan. Kita hanya bisa meminimalisir resiko bisnis yang akan terjadi, bukan menghilangkan resiko itu sama sekali. Selamat mencoba dan semoga sukses!