15 Hewan Mitologi di Seluruh Dunia

By |2018-11-08T16:49:47+00:00March 26th, 2017|Knowledge|Comments Off on 15 Hewan Mitologi di Seluruh Dunia


Source: 3dman_eu

Setiap daerah di dunia pasti memiliki legenda atau mitos sendiri-sendiri, dan kisahnya berkisar antara makhluk buas nan aneh, hantu, bahkan raksasa. Bagaimana pun manusia adalah spesies yang ditakdirkan untuk selalu penasaran dan mencari jawaban serta penjelasan akan sesuatu yang tidak dapat mereka pahami. Saat, satu kali dalam satu masa di peradaban manusia, seseorang melihat sesuatu yang ganjil di hutan atau menyaksikan sebuah kebetulan yang aneh, mereka pasti akan menyulap pengalaman mereka menjadi sebuah kisah misterius yang disalurkan secara turun temurun selama beberapa generasi.

Beberapa orang mungkin akan berkata bahwa memang begitulah sifat dasar manusia: memunculkan sebuah kisah saat tidak terjadi apa-apa. Tapi bisakah sebuah mitos yang didukung oleh banyak kesaksian merupakan kisah palsu belaka? Di bawah ini akan kami daftar makhluk-makhluk mitologi dari seluruh dunia yang keberadaannya diyakini oleh ribuan saksi mata, beberapa di antara bahkan mempunyai gambar untuk mendukung kisah mereka. Apakah semua contoh ini hanya merupakan histeria masal atau mungkinkah ada kebenaran tentang keberadaan kelima belas hewan mitologi ini?

1. Naga


Source: Joseph82

Naga sudah ada di literatur selama ratusan tahun, dan muncul di berbagai budaya di seluruh dunia. Akhir-akhir ini mereka kerap muncul di novel fantasi dan acara televisi. Tapi apakah naga benar-benar nyata? Dinosaurus mungkin dapat menjadi jawaban untuk pertanyaan ini. Nampaknya dulu ada dinosaurus yang bersayap yang gambarannya mirip dengan naga (meski mereka tidak memiliki empat kaki). Tapi apakah manusia pernah melihat naga dalam bentuk apapun? Megalania mungkin adalah makhluk terdekat yang mirip dengan naga, meski dia tidak memiliki sayap maupun kemampuan magis. Megalania adalah kadal dari Australia yang dapat tumbuh hingga 9 meter panjangnya dan berbobot hingga 1.9 ton. Kaum yang pernah berpapasan dengan makhluk ini, sayangnya mungkin, adalah orang Aborigin di Australia.

2. Monster Montauk


Source: San Sharma

Makhluk aneh ini terdampar di bawah jembatan Brooklyn, Amerika, di tahun 2012. Ada juga makhluk yang bentuknya mirip yang muncul di tahun 2008, sehingga banyak yang berspekulasi tentang hewan aneh apakah ini sebenarnya. Bentuknya sangat aneh; tidak berambut/berbulu, bengkak, dan berwarna abu-abu. Tubuhnya bahkan cenderung mirip mamalia dan memiliki paruh (meski yang baru-baru ini muncul memiliki struktur wajah yang sedikit berbeda). Banyak yang meyakini bahwa itu sebenarnya hanyalah tikus atau anjing yang sudah membusuk setelah sekian lama berada di air, sementara banyak pula yang percaya bahwa hewan ini adalah spesies baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

3. Unicorn


Source: SilviaP_design

Unicorn sudah menempeli pakaian gadis-gadis kecil dan selimut mereka selama bertahun-tahun. Banyak acara televisi dan mainan yang memiliki karakter utama menyerupai hewan satu ini. Makhluk magis ini sudah membuat anak-anak terpikat dengan kecantikannya, tapi apakah dia benar-benar ada? Awalnya, unicorn adalah makhluk yang menyerupai kambing, namun kini lebih mirip dengan kuda yang memiliki tanduk/cula. Tentu ada banyak berita palsu di mana orang menaruh tanduk di kuda-kuda mereka dan mengambil gambarnya, namun ada juga laporan dari Skotlandia tentang penampakan unicorn yang sebenarnya. Bahkan beberapa di antaranya baru saja terjadi. Salah satunya adalah yang bentuknya lebih menyerupai kijang ketimbang kuda, yang deskripsinya lebih mirip di kisah klasik tentang unicorn.

4. Vampir


Source: Dieter_G

Kisah Drakula karangan Bram Stoker merupakan awal mula obsesi manusia terhadap vampir, namun beberapa tahun terakhir gambaran vampir mulai berubah. Makhluk yang dulunya menakutkan dan mirip manusia kini justru digambarkan bagai manusia seksi berkulit pucat. Namun bagaimana pun, yang penampakannya dilaporkan sering muncul belakangan ini adalah yang mirip deskripsi lama. Di Inggris sendiri dilaporkan ada dua kali penampakan tiap tahunnya, dan ini jauh lebih sering ketimbang di Transylvania, tempat yang dikabarkan merupakan asal para vampir.

5. Monster Sungai Hawkesburry


Source: Immanuel Giel

Di Sungai Hawkesburry, Australia, ada makhluk misterius yang berdiam di sana. Bentuknya dikatakan mirip dengan monster Loch Ness dan Ogoh Pogoh dan panjangnya berkisar antara 7 hingga 24 meter. Wujudnya pertama kali dideskripsikan oleh orang Abogirin di area setempat dan setelahnya muncul beberapa laporan tentang keberadaan makhluk ini. Beberapa mengatakan bahwa monster ini datang ke tepi laut untuk menaruh telurnya, hal ini berarti mungkin masih ada beberapa monster lagi di luar sana.

6. Kappa


Source: Juntaku

Hewan yang katanya hasil persilangan kura-kura, kera, dan kadal ini muncul di Jepang. Dia muncul di berbagai kisah rakyat dari seluruh penjuru negara ini. Dia dikatakan memiliki mangkuk di kepalanya yang berfungsi untuk menyimpan kekuatan magis. Karena makhluk ini jahat, banyak orang yang menakutinya. Selama bertahun-tahun, khususnya akhir-akhir ini, beredar foto-foto bahkan video soal keberadaan makhluk ini meskipun buram dan sulit untuk dikatakan apakah hewan di foto itu memanglah Kappa.

7. Kraken


Source: Mary Evans

Makhluk mitos ini, sebenarnya, memang benar-benar ada. Cumi-cumi raksasa yang merupakan malapetaka bagi para pelaut ini berasal dari legenda Nordic (daerah Skandinavia, barat laut Eropa), tapi ada banyak kebenaran soal keberadaan makhluk ini. Ada bukti gambar cumi-cumi raksasa di kedalaman Samudera Pasifik yang panjangnya hingga sekitar 8 meter. Pengambilan gambar dilakukan di kedalaman laut 600 meter dan berhasil mengabadikan salah satu makhluk laut yang luar biasa ini meski dengan sedikit cahaya. Meski Kraken yang sebenarnya mungkin hanya sekadar legenda, tapi eksistensi cumi-cumi raksasa ini benar adanya.

8. Putri Duyung

Kisah tentang putri duyung (mermaid) sudah ada sejak ratusan silam dan muncul di berbagai budaya di seluruh dunia. Wujudnya berupa ikan di bagian bawah dan bertubuh manusia perempuan di setengah bagian atasnya. Keberadaannya dikaitkan dengan tanda bahaya, seperti munculnya badai atau peristiwa tenggelam, tapi juga sering digambarkan di situasi yang menguntungkan. Meski kisah putri duyung sudah mengakar, penampakannya akhir-akhir ini yang membuatnya menjadi perhatian seluruh dunia lagi. Di Kirvat Yam, Israel, laporan baru soal penampakan putri duyung membuat para nelayan berlomba-lomba untuk mengabadikan eksistensinya. Ada imbalan berupa satu juta dolar bagi siapa pun yang dapat menangkap bukti keberadaan putri duyung tersebut.

9. Chupacabra


Source: Alvin Padayachee

Hewan buruk rupa ini pertama kali dilaporkan muncul di Puerto Rico, namun sejak itu penampakannya mulai beralih ke Texas. Dikatakan bahwa Chupacabra meminum darah kambing dan sejenisnya, dan dia merupakan makhluk yang mirip dengan anjing dan kelelawar sekaligus. Gambar Chupacabra terakhir yang muncul menunjukkan bahwa bentuk makhluk ini memang mengerikan. Namun banyak yang bersikap skeptis atas keberadaan makhluk ini. Mereka yang percaya dengan penampakannya mengatakan bahwa makhluk ini adalah hasil persilangan gagal ras-ras anjing tertentu sehingga menghasilkan hewan yang sungguh buruk rupa.

10. Dogman


Source: Amber Avalona

Dogman adalah favorit penduduk Michigan, Amerika Serikat. Penampakannya dimulai pada tahun 1887 di Wexford dan setelah itu frekuensinya meningkat. Dogman, seperti namanya, berwujud manusia dengan kepala anjing, mirip seperti serigala. Di tahun 1987, sebagai lelucon April Mop, sebuah lagu direkam dan disiarkan di radio tentang penampakan-penampakan Dogman. Namun setelah itu justru muncul semakin banyak orang yang mengaku pernah melihat makhluk yang sama. Kini Dogman merupakan bagian penting dari budaya Michigan.

11. Iblis Jersey


Source: Philadelphia Newspaper

The Jersey Devil ini ditemukan di New Jersey. Dia punya kepala seperti kambing, sayap seperti kelelawar, dan juga berkuku tajam. Secara keseluruhan hewan ini mirip dengan makhluk iblis. Nah, hal ini sesuai dengan asal muasalnya yang dikatakan lahir dari hubungan manusia perempuan dengan iblis di tahun 1735.

Dikisahkan bahwa Iblis Jersey ini telah dibunuh selama 100 tahun, tapi setelahnya dia mulai muncul lagi. Penampakan yang paling sering terjadi muncul pada tahun 1900an. Banyak yang masih mempercayai keberadaan makhluk ini meski hanya sedikit sekali yang kini mengaku pernah melihatnya.

12. Yeti


Source: Bernell

Yeti, atau manusia salju yang buruk sekali, digambarkan sebagai “white bigfoot” atau bigfoot yang berwarna putih. Dikatakan bahwa lokasinya berada di Tibet dan sudah hidup lama di area tersebut. Penduduk setempat mengaku melihat Yeti di beberapa kesempatan berbeda.

Namun penampakan Yeti juga muncul di Amerika Utara. Beberapa tahun lalu, seorang lelaki yang tinggal di Maine, Florida, mengaku melihat raksasa tersebut. Dialah orang yang mendeskripsikan Yeti seperti “bigfoot putih”. Nah, pertanyaannya sekarang adalah: bagaimana Yeti melakukan perjalanan sampai ke Amerika tanpa dilihat oleh orang banyak?

13. Peri


Source: GDJ

Oke, peri bukanlah hewan, tapi makhluk ini merupakan sebuah mitos yang terkenal dan sudah menjadi ikon di budaya modern. Peri berasal dari kisah rakyat orang Eropa. Namun peri ini bukanlah makhluk baik dan cantik seperti yang digambarkan saat ini. Malah banyak orang yang justru berlindung dari peri yang berjiwa jahat.

Meski katanya makhluk ini berasal dari Eropa, namun ada yang mengaku pernah melihatnya di Carolina, Amerika Serikat. Di tahun 1981, seorang profesor didorong oleh sekelompok anak untuk melihat orang-orang yang berterbangan di sisi bukit. Profesor yang awalnya tidak memedulikan permintaan anak-anak tadi akhirnya penasaran setelah seorang wanita tua menceritakan hal yang sama apdanya. Apa yang akhirnya dilihat oleh profesor tersebut memang selusin manusia bercahaya yang berterbangan. Lepas dari kasus ini, ada lusinan laporan lain soal keberadaan peri di Eropa dan Amerika.

14. Sasquatch


Source: Maxpixel

Satu lagi makhluk favorit orang Kanada, Sasquatch atau Bigfoot, yang keberadaannya telah dilaporkan selama bertahun-tahun. Dia bertubuh besar, berkaki dua, mirip dengan kera dan menempati banyak tempat berbeda di Kanada dan Amerika Serikat. Akhir-akhir ini, ada video dari seorang pemanjat gunung yang mengaku menemukan jejak Sasquatch berjalan di sekitar pegunungan. Lepas dari gambar yang buram, banyak yang percaya bahwa video itu merupakan bukti keberadaan makhluk ini di luar sana.

15. Ogopogo


Source: Wikimedia

Hampir semua orang yang pernah tinggal di lembah Okanaga, Kanada, pada masa sebelum masehi mendengar Ogoh Pogoh. Dia merupakan makhluk yang tinggal di air, bentuknya menyerupai ular dan nampak seperti monster Loch Ness. Dia dilaporkan mendiami danau Okanaga untuk kurun waktu yang cukup lama.

Pemandangan akan makhluk ini bahkan dilaporkan sebelum Loch Ness. Di tahun 1926 harian Vancouver Sun dan beberapa laporan lainnya mendeskripsikan makhluk ini berdasarkan kesaksian orang-orang yang telah melihatnya. Ogoh Pogoh sangat terkenal di Okanaga, boneka, kaus, dan benda-benda lainnya dapat ditemukan di toko souvenir setempat. Akhir-akhir ini, semakin banyak laporan tentang munculnya makhluk ini, tapi banyak pula orang yang percaya bahwa yang dilihat hanyalah bongkahan kayu/pohon atau hewan lain yang mengusik gelombang air. Meskipun begitu, ratusan laporan mata yang muncul di beberapa tahun terakhir hanya menguatkan mitos di daerah tersebut.

Nah, dari ke-15 hewan di atas, manakah yang menurutmu benar-benar ada atau imajinasi belaka? Bagikan bersama kami di komentar ya!