15 Hal yang Bisa Dilakukan Di Pantai Ujung Genteng dan Sekitarnya

By |2018-11-08T23:09:53+00:00April 30th, 2017|Trip and Travel|Comments Off on 15 Hal yang Bisa Dilakukan Di Pantai Ujung Genteng dan Sekitarnya


keulefm

Apakah anda sudah familiar dengan pantai Ujung Genteng? Pantai Ujung Genteng kawasan wisata pantai yang berlokasi di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Bibir pantai ini, bersentuhan dengan Samudera Hindia, jadi wajar saja jika ia memiliki garis pantai yang panjang sekitar 16 km. Di sepanjang garis pantainya, akan kita temukan banyak sekali tempat wisata, penginapan, tempat makan yang sangat menunjang jika kita berkunjung ke sana. Readers, ingin tahu apa saja yang bisa kita lakukan di Pantai Ujung Genteng dan sekitarnya? simak 15 rekomendasi dari Cintai Hidup yuk!

1.Berbelanja Hasil Laut Segar


Unsplash

Pilihan kami yang pertama untuk berwisata di Pantai Ujung Genteng adalah karena anda dapat berbelanja hasil laut segar disini. Jika anda merupakan pencinta seafood garis keras, rasanya sayang untuk melewatkan acara berbelanja hasil segar tangkapan nelayan di Ujung Genteng. Tidak hanya ikan, disini anda bisa mendapatkan Sotong, Udang, Cumi dan lainnya. Selain segar, harga di sini sangat ramah kantong karena anda dapat menawar sampai puas.

2.Mengunjungi Pantai Ombak Tujuh


@Ciletuh

Pantai Ombak Tujuh adalah bagian dari Pantai Ujung Genteng hanya, letaknya memang agak terpencil. Disini anda dapat menikmati barisan ombak yang bergulung-gulung mengantri untuk menabrak karang. Karena tampaknya ombak yang bergulung tak habis-habis, konon karena itulah pantai ini dinamakan Pantai Ombak Tujuh. Pantai ini pasti sangat menggoda bagi anda yang hobi surfing. Meski demikian, karena letaknya yang terpencil cukup sulit menuju pantai ini. Bila anda ingin dengan cara yang praktis, anda dapat naik perahu saja yang banyak terdapat di barisan pantai Ujung Genteng. Lama perjalanan sekira satu jam saja.

Informasi

  • Nama : Pantai Ombak Tujuh
  • Lokasi : Pantai Ujung Genteng, Sukabumi
  • Akses Menuju : Anda bisa berjalan kaki dari Pantai Ujung Genteng ke arah Barat dengan lama perjalanan selama 6 jam. Jika ingin lebih praktis bisa menggunakan perahu dengan waktu tempuh 1 jam saja.

3.Main Air di Air Terjun Luhur


@dandi_np24

Air Terjun Luhur (Curug Luhur) merupakan tempat wisata yang cukup populer di Ujung Genteng. Dari Sukabumi berjarak 110 km. Curug Luhur sangatlah indah dengan sumber air dari sungai Cicurug. Air terjun ini terbentuk dari tiga aliran air terjun,yang turun di satu kolam dengan airnya yang berwarna biru. Ketinggiannya mencapai 30m. Waktu pagi hari adalah waktu yang cocok untuk anda ke Curug Luhur karena pada saat tersebut matahari masih belum terik sehingga masih bisa menikmati keindahan alam dengan puas.

Informasi

  • Nama : Air Terjun Luhur
  • Lokasi : Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Surade, Sukabumi
  • Akses : Pertigaan tugu Surade anda bisa naik angkot menuju Cikoso. Turun di Jalan Raya simpang tiga Cikaso, lalu perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 2km.

4.Berenang di Pantai Cibuaya


@visitsukabumi

Pantai Cibuaya memang tak memiliki pasir putih atau laut bening bak kristal seperti pantai-pantai indah pada umumnya. Namun di Pantai Cibuaya, anda juga dapat melihat pemandangan yang sangat indah terutama ketika matahari terbenam. Karena di Pantai Cibuaya banyak terdapat karang, disini anda juga dapat melihat karang-karang yang hilang timbul karena surutny air laut. Ya, pantai Cibuaya memang tak memiliki karakteristik pantai-pantai indah pada umumnya, namun tetap ia adalah pantai yang patut anda kunjungi jika ke Ujung Genteng.

Informasi

  • Nama : Pantai Cibuaya
  • Lokasi : Pantai Ujung Genteng, Sukabumi
  • Fasilitas : Ada penjual ikan bakar, restoran dan bungalow yang bisa anda sewa dengan harga muali dari Rp.200 ribu/malam

5.Bermain di Selabintana


@visitsukabumi

Taman Selabintana adalah taman rekreasi yang populer di Sukabumi. Disini anda dan keluarga dapat melakukan banyak hal yang menyenangkan seperti naik ATV, bermain di kolam renang, children playground dan masih banyak lagi. Karena taman Selabintana merupakan tempat yang teduh dan banyak dinaungi pohon, anda dapat menggelar piknik bersama keluarga sambil menikmati alam. Hati dan pikiran segar dan rasanya pasti menyenangkan.

Informasi

  • Nama : Taman Rekreasi Selabintana
  • Lokasi : Jl. Selabintana, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia
  • Jarak dari Sukabumi : 7 km
  • Harga Tiket Masuk : Rp.5000

6.Melihat Penyu di Pantai Pangumbahan


Pexels

Pantai Pangumbahan adalah pantai selanjutnya yang harus anda kunjungi jika ke Ujung Genteng. Pantai ini unik karena ia memiliki pasir dengan kandungan silika tinggi sehingga dapat dijadikan bahan pembuat kaca dan lainnya. Selain itu, Pantai Pangumbahan juga merupakan rumah dari Penyu Hijau yang banyak terdapat berjalan di sepanjang pantai, termasuk para anak-anak penyu yang sering mondar-mandir dari pantai ke laut. Anak-anak pasti suka ya!

Informasi

  • Nama : Pantai Pangumbahan
  • Lokasi : Pantai Ujung Genteng, Sukabumi (5 km)
  • Akses : Dari Bogor melalui jalan darat menuju Pelabuhanratu selama 2-3 jam.

7. Berkunjung ke Pantai Cipanarikan


@Ilham.maulana1122

Satu lagi pantai yang tidak banyak orang tahu di Ujung Genteng bernama Pantai Cipanarikan. Disini anda akan menemukan sebuah pantai putih dengan butiran pasir yang sangat halus. Sangat menyenangkan untuk bermain bola kaki atau sekedar berjalan santai di pinggir pantainya. Jika anda sempat menunggu sunset, disini pemandangan sunset sangat indah, sehingga sebisa mungkin jangan dilewatkan ketika anda ke Ujung Genteng.

Informasi

  • Nama : Pantai Cipanarikan
  • Lokasi : Pantai Ujung Genteng, Sukabumi
  • Akses : Dengan Kendaraan Roda dua atau ikut penduduk setempat dengan biaya Rp.120.000/orang. Tarif mahal karena medan yang dilalui sulit, sehingga tidak cocok untuk wisata keluarga.

8.Main Air di Pantai Mina Jaya


@Irfangiovaniribisi

Pantai Mina Jaya juga merupakan pantai yang berlokasi di Ujung Genteng. Selain pemandangannya yang indah, disini anda bisa membeli berbagai hasil laut, termasuk rumput laut. Nelayan disini menyebutnya agar-agar. Setelah puas berbelanja, anda dapat bermain di pinggir pantainya dengan leluasa karena pantai ini masih sepi dan alami. Bermain bola pantai atau sekadar berjemur sambil membaca buku tampaknya sangat baik untuk anda lakukan disini.

Informasi

  • Nama : Pantai Mina Jaya
  • Lokasi : Pasiripis, Surade, Sukabumi,
  • Akses : Sukabumi, persimpangan Surade, ambil belok kiri ke Pantai Mina Jaya

9.Bersantai di Pantai Tenda Biru


@novimonik

Pantai Tenda Biru dikenal karena digunakan sebagai lokasi latihan perang angkatan laut TNI. Tapi tenang, readers. TNI mengadakan latihan disini hanya pada bulan-bulan tertentu saja seperti bulan April atau Mei. Pantai ini dapat anda akses menggunakan kendaraan roda dua dengan melalui hutan-hutan dan jalan kecil yang cukup menantang. Pasir pantai Tenda Biru berwarna coklat dengan laut yang bergelombang. Lumayan menghabiskan waktu sambil menikmati segarnya air laut.

Informasi

  • Nama : Pantai Tenda Biru
  • Lokasi : Pantai Ujung Genteng, Sukabumi
  • Harga Tiket Masuk : Rp.5000

10.Ciletuh Geopark


@ciletuh

Jarak dari Ujung Genteng ke Ciletuh Geopark dapat ditempuh kurang lebih dua jam. Jika anda memiliki waktu yang panjang rasanya masih sempat untuk bertandang sejenak ke Ciletuh meski anda bertolak dari Ujung Genteng. Apa yang dapat anda lihat di Ciletuh Geopark adalah pemandangan gunung dan pantai dengan komposisi batuan dari jaman purba. Konon, bebatuan ini muncul setelah terendapkan 50-60 tahun yang silam. Sehingga ketika berkunjung ke Ciletuh, anda bisa melakukan wisata sekaligus menambah pengetahuan.

Informasi

  • Nama : Ciletuh Geopark
  • Lokasi : Ciwaru, Ciemas, Sukabumi,
  • Harga Tiket Masuk : Gratis
  • Website : http://ciletuh.com/

11.Cikidang Plantation Resort


@Shintiachung

Jika anda ingin menginap di Sukabumi untuk bermain di Ujung Genteng esok hari, anda dapat menginap di Cikidang Plantation Resort. Disini anda dapat menikmati suasana yang nyaman dengan harga yang terjangkau. Selain kolam renang yang besar, di Cikidang anda dapat menikmati berbagai fasilitas seperti Children Playground dan lainnya. Disini juga tersedia lapangan golf dan layanan untuk berburu jika anda hobi berburu.

Informasi

12.Bebek Sambal Lada Ijo


@rudywalakandou

Di Sukabumi ada banyak sekali restoran yang menyajikan menu Bebek Sambal Lada Ijo. Menu ini menyajikan bebek yang digoreng kemudian dilengkapi dengan sambal ijo yang sangat pedas. Sehingga dalam satu hidangan, anda dapat menikmati rasa bebek goreng yang gurih dengan sambal hijau yang nikmat dan super pedas. Lengkapi sajian anda dengan segelas es teh yang dingin atau segelas teh tawar yang hangat. Keringat pun menetes ketika sedang menikmatinya. Lezat!

13.Anugerah Alam Resto di Pantai Cibuaya


@abierachman

Jika anda ke Pantai Cibuaya di Ujung Genteng, anda akan menemukan sebuah restoran yang berada di tepi pantai, bernama Anugerah Alam Resto. Disini tersedia berbagai macam makanan seafood yang lezat dan pilihan makanan non-seafood lainnya. Di restoran ini anda akan menikmati sajian dengan cara lesehan. Dengan rasa yang lezat dan harga yang terjangkau, rasanya sayang untuk melewatkan pengalaman makan di tepi pantai di Anugrah Alam Resto di Pantai Cibuaya.

Informasi

  • Nama : Anugerah Alam Resto
  • Lokasi : Pantai Cibuaya, Ujung Genteng Sukabumi
  • Menu Favorit : Kepiting

14.Sparks Odeon Sukabumi (jarak 0.5 km dari Ujung Genteng)


@sparksodeon

Mencari penginapan di Ujung Genteng sangat mudah karena disini terdapat beberapa penginapan yang berjarak dekat dengan pantai. Salah satunya adalah Sparks Odeon yang berada di Jalan Pagajalan Sukabumi. Hotel Sparks Odeon memiliki jarak sekitar 0.5 km saja dari pantai Ujung Genteng. Sehingga sangat memudahkan anda untuk bisa berwisata dan tidak takut pulang kemalaman karena hotel Sparks Odeon hanya berjarak tak terlalu jauh. Oh ya readers, sebelum anda menginap ke hotel ini pastikan anda membooking terlebih dahulu ya.

Informasi

15.Hotel Permata Hijau (Jarak 1 km dari Ujung Genteng)


@permatahijausukabumi

Satu lagi hotel di daerah sekitar Ujung Genteng, berjarak hanya sekitar 1 km dari lokasi wisata pantai Ujung Genteng. Hotel Permata Hijau ini merupakan hotel keluarga dan sangat cocok untuk anda yang berlibur ke Ujung Genteng bersama keluarga. Ini karena kamar tidur yang ada di hotel ini cukup luas dan memadai dengan harga yang terjangkau. Disini juga tersedia children playground dan taman untuk anda sekedar berjalan bersama keluarga

Informasi

  • Nama : Hotel Permata Hijau
  • Lokasi : JL. Bhayangkara 46, Gunungpuyuh, Kec. Sukabumi
  • Telp : +62 266 222274

Jadi demikianlah 15 rekomendasi kami untuk wisata di Pantai Ujung Genteng dan sekitarnya. Selamat menikmati liburan anda bersama keluarga di pantai-pantai yang ada di Ujung Genteng Sukabumi. Semoga liburan anda menyenangkan!