15 Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Tubuh Sakit

By |2018-11-05T21:51:31+00:00July 15th, 2018|Health|Comments Off on 15 Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Tubuh Sakit

Source: gfhjkm123

Setiap manusia pastinya ingin tubuhnya tetap fit, segar, dan sehat. Namun, adakalanya mungkin ketika daya tahan tubuh menurun ditambah aktivitas yang padat atau stress membuat kita tak bisa mengelak dari munculnya penyakit.

Tubuh memang punya kapasitasnya, sehingga kita harus mengerti batas toleransinya ketika tubuh mulai lelah, kurang istirahat, atau pola makan mulai tidak teratur. Di saat itulah Anda harus memberikan porsi yang baik bagi tubuh sehingga kondisinya kembali normal. Namun, jika terlanjur sakit, ada beberapa hal penting yang Anda harus lakukan sebagai pertolongan pertama, supaya kondisi tubuh bisa kembali membaik.

1. Tambahkan waktu tidur Anda

Source: claudioscot

Tidur merupakan kebutuhan jasmani yang sangat vital. Jika badan mulai terasa akan sakit, tidur bisa jadi satu solusi untuk merelaksasikan diri. Sakit yang Anda rasakan bisa saja berasal dari kurangnya waktu istirahat.

Perlu diketahui, bahwa orang dewasa memiliki waktu istirahat berkisar delapan jam dalamsehari. Dengan memberi waktu tidur tambahan, tubuh Anda yang akan sakit bisa saja kembali pulih dan sanggup melawan penyakit yang hendak menyerang Anda.

2. Minum air putih dengan takaan ideal

Source: byrev

Air menjadi kebutuhan yang sangat vital bagi tubuh. Perlu untuk diketahui, bahwa anjuran takaran minum yang ideal bagi tubuh adalah sebanyak minimal delapan gelas atau dua liter dalam sehari. Agar kondisi dan cairan tubuh tetap tejaga dengan baik. Jika tubuh terlanjur terserang penyakit, dianjurkan untuk memperhatikan porsi konsumsi air Anda agar ideal dan sesuai takaran minimal.

3. Seduh minuman hangat

Source: Foundry

Minuman hangat bukan saja baik dikonsumsi saat cuaca dingin, tetapi juga baik untuk Anda yang sedang atau akan menderita sakit. Sensasi hangat seakan mengalir di dalam tubuh begitu Anda meminumnya. Hal tersebut tentunya baik juga untuk merelaksasikan tubuh, apalagi saat dilanda rasa lelah.

Teh hangat tanpa gula dengan tambahan madu asli dan perasan lemon segar yang kaya akan Vitamin C bisa menjadi salah satu minuman sehat yang bisa Anda buat.

4. Ganti menu makanan

Source: bohed

Tubuh yang akan terserang penyakit biasanya akan kehilangan nafsu makan. Ada baiknya di saat seperti itu, Anda mencoba mengganti menu makanan yang sekiranya akan menggugah selera makan Anda kembali.

Jangan hanya terpaku dengan makanan untuk orang sakit pada umumnya, seperti bubur. Makanan lunak lain yang tak kalah enak seperti oatmeal, puding, roti bakar, jelly atau agar-agar, mungkin bisa menjadi beberapa menu yang layak Anda coba untuk memberikan sensasi rasa segar dan manis pada lidah, sehingga nafsu makan mungkin bisa tergugah.

5. Menghindari makanan pemicu penyakit

Source: Unsplash

Selain menyiapkan makanan yang menggugah selera Anda ketika sakit, ada juga beberapa makanan yang perlu dihindari. Es krim, makanan atau minuman yang sifatnya dingin bisa menjadi beberapa menu yang perlu Anda hidari, apalagi jika sakit badan yang Anda derita seperti gejala flu atau batuk. Mengonsumsi menu tersebut dikhawatirkan justru memperburuk kondisi tubuh Anda.

6. Membaca buku


Source: Unsplash

Kegiatan membaca dengan posisi yang tepat dan pencahayaan yang baik bisa menjadi salah satu pilihan disaat Anda sedang sakit. Membaca buku, majalah, komik, atau bacaan lain yang belum sempat diselesaikan bisa jadi salah satu cara untuk melupakan sakit yang sedang Anda rasakan. Jenis bacaan yang bermanfaat dan menghibur sangat baik untuk merelaksasikan pikiran saat sedang tidak enak badan, sekaligus menghilangkan kejenuhan.

7. Mendengarkan suara yang menenangkan


Source: kaboompics

Saat kondisi tubuh sedang tidak enak badan atau sakit, Anda pasti tidak ingin ada suara-suara yang mengganggu, seperti kebisingan dan lainnya. Jadi, lebih baik pisahkan diri Anda dari keamaian dan kebisingan, istirahatkan tubuh Anda dan sediakan ruangan khusus yang nyaman dan tenang. Jika perlu, dengarkan rekaman suara alam yang menyajikan kicauan burung, aliran air dan ketenangan nuansa alam yang bebas dari hiruk pikuk kehidupan manusia.

8. Hidroterapi


Source: quinntheislander

Selain di tempat tidur, Anda bisa menghabiskan waktu sejenak untuk melakukan hidroterapi, terutama saat keadaan tubuh yang sakit mulai membaik. Hidroterapi merupakan terapi fisik dengan berendam di dalam air hangat. Tidak perlu persiapan khusus untuk bisa menikmati hidroterapi. Anda cukup menyediakan bathtub di kamar mandi yang berisi air hangat, maka hidroterapi sederhana sudah bisa Anda lakukan. Kehangatan air akan mengendurkan otot dan mengurangi nyeri pada tubuh. Hidroterapi juga dikenal baik untuk penderita demam atau sinus.

9. Siapkan benda-benda penting di sekeliling Anda


Source: greekfood-tamystika

Saat tubuh sedang sakit, bisa jadi Anda malas untuk beranjak dari tempat tidur. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk berbaring dan beristirahat, sebaiknya siapkan beberapa kebutuhan yang bisa dijangkau dari tempat tidur.
Jangan lupa sediakan segelas air putih dan teko berisi air secukupnya, obat-obatan, tisu, buku bacaan, atau benda lain yang sekiranya berguna.

10. Segera berobat ke dokter


Source: DarkoStojanovic

Sebelum Anda berbaring di tempat tidur untuk istirahat, sebaiknya sediakan waktu juga untuk berobat dan mengonsultasikan segala keluhan dan gejala sakit badan yang Anda rasakan. Hal tersebut agar Anda bisa segera mendapat pertolongan dan pengobatan yang tepat dan efektif.

Jangan pernah sepelekan sakit yang Anda rasakan, karena beberapa penyakit memang memerlukan pengobatan agar bisa sembuh secara total.

11. Gunakan pakaian hangat


Source: Sferrario1968

Saat Anda merasa kurang enak badan, apalagi dengan gejala spesifik seperti menggigil atau meriang, sebaiknya hindari pengunaan AC atau kipas angin, baik saat sedang melakukan aktivitas atau beristirahat. Keadaan tersebut dikhawatirkan justru membuat kondisi tubuh semakin kurang baik. Jika tubuh merasa tidak enak badan disertai menggigil, meriang, atau kedinginan, sebaiknya gunakan pakaian yang tebal dan nyaman agar bisa menghangatkan tubuh, sehingga bisa memancing keringat tubuh keluar.

12. Berolahraga ringan


Source: jeviniya

Saat sedang tidak enak badan atau sakit, bukan berarti Anda hanya berbaring seharian di kamar tanpa sedikitpun aktivitas. Tetapi, jangan juga memaksakan diri disaat Anda benar-benar tidak sanggup melakukan aktivitas yang berlebihan. Kuncinya adalah Anda harus tahu kondisi badan dan jenis olahraga yang dilakukan ketika sakit.

Jika sakit yang Anda rasakan masih dalam batas wajar, mengerjakan pekerjaan rumah seperti berbenah atau kegiatan ringan lainnya bisa dianggap sebagai olahraga. Namun, jika sakit yang Anda rasakan tidak memungkinkan untuk bergerak, jangan pernah sekali-sekali untuk memaksakannya.

13. Konsumsi Jus Buah Alami


Source: PublicDomainPicture

Kandungan nutrisi alami pada buah-buahan memang dikenal sangat baik bagi tubuh. Saat Anda akan hendak atau sedang sakit, pilih beberapa buah yang kaya akan vitamin untuk mendongkrak daya tahan tubuh dalam melawan penyakit. Meskipun kini banyak jus instant yang dikemas praktis, buah-buahan asli yang diolah menjadi jus secara alami jauh lebih memberikan efek baik dan lebih maksimal saat diserap oleh tubuh.

14. Gunakan masker kesehatan


Source: pressfoto

Selain melindungi diri Anda, kesehatan orang di sekeliling Anda juga perlu dipikirkan. Jadi, saat Anda merasakan tubuh dalam kondisi yang kurang baik dan berpotensi menderita penyakit menular, seperti influenza, batuk, radang tenggorokan, dan lainnya, sebaiknya segera gunakan masker kesehatan.

Masker yang biasa dipakai untuk menutupi bagian mulut dan hidung ini digunakan untuk mencegah penyebaran penyakit.

15. Jauhi Stress


Source: Counselling 

Meskipun sakit yang dirasakan ada di badan, pikiran juga merupakan faktor yang sangat memengaruhi kesembuhan dan sehatnya tubuh secara keseluruhan. Jadi, saat kondisi tubuh sedang kurang baik, jauhi hal-hal yang membuat Anda semakin stres dan jangan terlalu banyak pikiran.

Tenangkan diri Anda, pikirkan atau lakukan hal-hal yang menyenangkan. Perasaan hati yang senang dan baik akan menunjang kondisi tubuh agar kembali sehat.