15 Hal Menarik Tentang Mata Uang Korea

By |2018-11-08T23:28:13+00:00May 5th, 2017|Knowledge|Comments Off on 15 Hal Menarik Tentang Mata Uang Korea


Daniel Hendrikx

Selama 10 tahun belakangan Korea menjadi salah satu negara yang gencar mempopulerkan pop kulturnya. Mulai dari serial drama, film, musik, hingga tarian. Gelombang kultur korea ini berdampak pada meningkatnya pariwisata masuk ke Korea. Jika anda salah peminat negara ini, sebelum mengunjunginya mari kenali dulu mata uangnya sebelum berbelanja di sana.

1. Korea Menggunakan Uang Yen


Carpkazu

Pada era kolonial Jepang di Korea, negeri ini menggunakan Yen sebagai alat tukar dalam perdagangannya. Berbeda dengan Yen Jepang, Yen Korea memiliki cetakannya sendiri dan disebut Yen Korea. Meski begitu, nilainya setara dengan Yen Jepang. Pecahan memiliki tiga nominal, yaitu 1 Yen, 5 Yen, dan 10 Yen. Uang ini beredar selama 30 tahun, yaitu anatara 1910 hingga 1945.

2. Menerbitkan Won

Berakhirnya perang dunia juga mengakhiri masa kolonial Jepang di Korea. Sebelum Jepang keluar dari Korea, mereka sempat memperkenalkan Won sebagai mata uang di Korea. Namun Korea yang yang terbagi dua setelah perang dunia berakhir. Won ikut terbagi dua, menjadi Won Korea Utara dan Won Korea Selatan. Namun pada awalnya keduanya memiliki nilai yang sama.

3. Korsel Mengganti Dengan Hwan


Stackbower

Pada awal diluncurkan Won Korea Selatan memiliki nilai tukar 15 Dollar untuk 1 Won. Namun pada 1951 nilai sangat merosot menjadi 6000 Won untuk setiap 1 Dollar. Hal ini memaksa Bank Central untuk melakukan denominasi sekaligus menerbitkan uang baru yang diberi nama Hwan. 1 Hwan setara dengan 100 Won pada saat itu.

4. Won Dirilis Ulang Di Korsel


Pelican

Pada saat dirilis pada Februari 1953, nilai Hwan setara dengan 60 dollar Amerika (6000 Won). Namun mata uang baru ini terus mengalami kemerosotan terhadap Dollar Amerika. Pada 1961 nilainya menjadi 1250 terhadap Dollar Amerika. Karena itu Won Korea selatan diluncurkan ulang dengan nilai 1 Won Baru setara dengan 10 Hwan.

5. Satuan Di Bawah Won


GaryCycles

Won memiliki satuan yang lebih rendah dibawahnya. Satu Won dibagi menjadi 100 jeon,  seperti pecahan sen pada kebanyakan mata uang lain. Namun karena inflasi yang tinggi membuat jeon sangat tidak bernilai, dan hanya digunakan untuk kerpeluan perbankan saja. Namun pada 1962 sewaktu inflasi belum tinggi, pecahan koin jeon masih dapat dijumpai pada saat bertransaksi

6. Asal Nama Won


Karl Baron

Pada awalnya kata Won mengacu dari mata uang Cina Yuan dan Jepang Yen yang dulu populer digunakan. Namun Won dalam aksara Korea Kuno juga dapat berarti Koin atau bisa juga diaratikan sebagai Uang, dalam bahasa Cina Kuno yang tercetak pada koin-koinnya. Namun uang Won sekarang hanya tercetak dengan aksara Hangul.

7. Nilai Tukar Won

Saat dirilis ulang pada 1962, nilai 1 Dollar Amerika setara dengan 125 Won Korea Selatan. Sejak peluncuran ulang ini, nilainya tetap merosot hingga menjadi 400 Won untuk 1 Dollar pada 1972. Namun setelahnya nilai tukar Won menjadi stabil, seiringnya stabilitas ekonomi Korea dengan manjadi Macan Asia. Pada 1980 nilainya menjadi 580 Won untuk tiap 1 Dollar Amerika.

8. Punya Nominal Yang Besar


YunHo Lee

Karena bertahun-tahun mengalami inflasi dan kemerosotan nilai mata uang. Won memiliki pecahan yng besar saat ini. Pada 2009 Bank of Korea menerbitkan pechan 50.000 Won dan menjadi pecahan tertinggi yang diterbitkan oleh Korea Selatan. Hal ini untuk mengurangi membawa lembaran uang banyak bagi warganya, karena sebelumnya pecahan tertinggi adalah 10.000 Won.

9. Gambar Pada Won Korut Mengambil Adegan Film

Ada hal unik pada cetakan uang Won Korea Utara. Jika biasanya pada cetakan uang terdapat gambar tokoh pahlawan, pada pecahan 1 Won Korea Utara terdapat gambar adegan dari film The Flower Girl. Film ini merupakan film Korea Utara pertama yang diproduksi oleh pemerintah Korea Utara. Filmnya sendiri mengangkat tema nasionalisme dan anti revolusi Jepang.

10. Tokoh Wanita Pada Won Korsel


Eugene Kim

Untuk pertama kalinya tokoh Wanita terpampang pada cetakan uang Korea Selatan. Beliau adalah Sin Saimdang, seorang seniman Korea yang hidup pada 1500-an. Karya-karyanyea berupa tulisan, kaligrafi, dan puisi. Beliau memberi pengaruh besar terhadap kesenian yang ada dalam kultur Korea saat ini. Sin Saimdang dicetak pada nominal tertinggi yaitu 50.000 Won.

11. Keamanan Uang Won


BetacommandBot

Keamanan uang Won Korea Selatan saat ini adalah salah satu terbaik di dunia dan sukar untuk dipalsukan. Tiap pecahan mempunya sistem pengamanan berbeda. Pada 1000 Won, disudut tertentu dapat terlihat tulisan Won. Pada pecahan 5000 dapat terlihat peta Korea Selatan dalam bentuk hologram. Pada pecahan 50.000 dapat dilihat gambar yang bisa bergerak mengikuti sudut pandangan.

12. Won Tidak Berlaku Di Departemen Store


Noko Redstar

Di beberapa Departement Store di PyongYang, Korea Utara, pecahan Won tidak berlaku. Departement Store itu lebih memilih bertransaksi dalam kurensi Yen dan dollar Amerika. Namun tidak banyak Departement Store yang memberlakukan ini karena tingginya nasionalisme rakyat Korea Utara.

13. Toko Di Korut Menggunakan Yuan dan Euro


Matt Paish

Sejak 2013 banyak toko di Korea yang menerima Euro dan Yuan. Karena sejak itu Korea Utara menerima turis masuk walau dengan akses terbatas. Turis itu kebanyakan datang dari Eropa dan Cina. Namun karena jumlah turis Cina lebih banyak dari turis Eropa, maka Yuan Cina lebih diprioritaskan bagi untuk bertransaksi dengan para turis.

14. Tokoh Pada Won Korsel


Luccas

Tokoh-tokoh yang ada pada lembaran Won Korea selatan adalah para cendekiawan. Mereka adalah Yi hwang pada pecahan 1000, Yi I pada pecahan 5000. Raja Sejeon sang pencipta huruf Hangeul yang digunakan aksara Korea saat ini, dicetak pada pecahan 10.000. Sin Saimdang yang merupakan ibu dari cendekiawan Yi I, dicetak pada pecahan 50.000.

15. Won Korut Lebih Unggul Dari Won Korsel


Steaphan

Walau pun negara Korea Selatan yang kapitalis lebih maju dari Korea Utara yang komunis dan sama-sama memiliki Won, namun nilai mata uang Won mereka berbeda. Nilai Won Korea Utara lebih ungul dibanding dengan Won Korea Selatan. 1Won Korea utara setara dengan 1.25 Won Korea Selatan.

Itulah hal-hal yang harus diketahui tentang uang korea. Kalau mau berlibur ke korea atau sekedar menukar uang won, jangan sampai salah menukar Won Korea Utara atau Selatan ya, karena nilainya berbeda. Gomabseubnida!