15 Hal Menarik Dari Rupiah Emisi 2016

By |2018-11-08T23:30:00+00:00May 4th, 2017|Knowledge|Comments Off on 15 Hal Menarik Dari Rupiah Emisi 2016

Indonesia telah meluncurkan Rupiah emisi baru. Berbagai kehebohan, pro dan kontra menyambutnya. Lembaran yang akan digunakan tiap harinya oleh warga Indonesia ini sangat memang sangat menarik perhatian. Seperti apa sih uang emisi baru yang heboh itu? Berikut Fakta-faktanya.

1. Peluncuran Pertama Dalam Sejarah


Cccefalon

Peluncuran uang Rupiah emisi 2016 adalah acara peluncuran pertama kali dalam sejarah Republik Indonesia. Dulu penerbitan uang tidak dibuat acara khusus, dan peluncurannya hanya berbentuk pengumuman di bank-bank. Emisi kali ini dibuat spesial dengan diadakan acara khusus yang diluncurkan langsung oleh Presiden Joko Widodo di dampingi direktur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan.

2. 11 Nominal Mendapat Desain Baru


Akram Maulida

Pada emisi-emisi sebelumnya, perilisan uang baru tidak serentak untuk semua pecahan. Sebelumnya pemerintah hanya mengeluarkan satu, dua, tiga, atau emapt pecahan saja yang mendapat desain baru. Pada peluncuran kali ini, semua pecahan dari nominal terendah Rp 100 yang berbentuk hingga Rp 100.000 yang berbentuk kertas mendapatkan desain baru yang lebih modern.

3. Uang Lama Tetap Berlaku


Jason Paris

Meskipun uang baru telah diluncurkan, namun tidak mebuat uang emisi lama menjadi tidak berlaku lagi. Uang emisi sebelunya masih dapat digunakan hingga pemgumuman Bank Indonesia yang memutuskan untuk melakukan penarikan peredaran uang lama, yang artinya emisi lama sudah tidak berlaku lagi. Jadi, uang lama masih berlaku hingga waktu yang belum ditentukan.

4. Pahlawan Dari Aceh Hingga Papua


Runge66

Salah satu hal menarik pada uang Rupiah emisi baru alah terdapat banyak gambar pahlawan ditiap nominalnya, hingga uang koin pecahan terendah sampai pecahan terbesar. Tidak hanya itu, pahlawan yang terpasang mewakili tiap pulau di Indonesia, dari Aceh yang diwakili Cut Meutia hingga pahlawan asal Papua, Frans Kaisepo pada pecahan Rp 10.000

5. Keamanan Terbaik Di Dunia


Runge66

Salah satu fitur uang baru adalah peningkatan keamanannya. Bahkan keamanan yang terdapat dapat rupiah emisi baru adalah yang salah satu terbaik didunia. Ada tiga tahapan untuk pengecekan keaslian Rupiah baru, yang pertama dapat dilakukan siapa saja tanpa bantuan alat, tahap dua dengan bantuan alat sinar UV, dan pengecekan tahap akhir yang hanya bisa dilakukan BI.

6. Bisa Didapatkan Di Bank Umum


Investa Yulian

Pada awal pelirisan, Rupiah baru hanya bisa ditukar di Bank Indonesia. Namun beberapa hari kemudian Rupiah baru sudah didistribusikan ke bank-bank umum jadi siapa pun yang menginginkan uang cetakan baru dapat menukarkannya di bank-bank yang biasa dikunjungi. Penukaran uang baru tidak membutuhkan sistemaka yang menyusahkan.

7. Simbol Keragaman Budaya

Runge66

Selain terpampang gambar-gambar pahlawan Indonesia, pada uang kertas Rupiah pun terdapat ilustrasi yang menggambarkan keragaman budaya Indonesia yang berupa kesenian tari. Ilustrasi ini menggambarkan seni tari dari berbagai daerah di Indonesia dari Sumatra yang digambarakan dengan tari Piring hingga Papua yang digambarkan dengan taria Tifa.

8. Simbol Kekayaan Alam Indonesia


Muhammad ECTOR Prasetyo

Selain menggambarkan keragaman budaya, sisi belakang rupiah emisi baru juga diisi dengan ilustrasi tentang kekayaan alam Indonesia yang dikenal sebagai destinasi wisata di Indonesia. Diantaranya adalah kepulauan Banda Neira, Pulau Derawan, Wakatobi, Raja Ampat, Kepulauan Komodo, dan Gunung Bromo. Selain tempat-tempat yang indah itu, terdapatjuga beragam bunga khas Indonesia dari berbagai macam daerah.

9. Warna Warni Desain Baru

Francesco

Rupiah emisi baru memiliki warna yang lebih solid dari emisi sebelumnya. Warna masing-masing pecahan tetap mengikuti warna emisi terdahulu kecuali pecahan Rp 1000 yang berganti dari warna biru-hijau menjadi warna kuning. Selebihnya tidak ada perubahan warna terhadap nominal lain, namun warna terlihat lebih solid dengan kesan minimalis.

10. Dianggap Meniru Yuan


Adrian Corte

Keluarnya Rupiah emisi baru juga menimbulkan kontroversi. Desainnya ditunding mengikuti Yuan Cina dan diduga perekonomian Indonesia dikendalikan oleh Cina dengan adopsi desain mata uang sebagai awalnya. Padahal bila ditinjau lebih jauh, banyak mata uang dunia yang desain seperti ini, seperti Euro. Lagi pula sebenarnya desain Rupiah lebih keren dibanding Yuan.

11. Pahlawan Dipermasalahkan

Runge66

Hal unik pada saat diperkenalkannya Rupiah emisi baru ialah ketika tokoh-tokoh yang terpampang dilembaran pecahan-pecahannya. Hal yang dipermasalahkan adalah keyakinan dari para tokoh itu. 5 dari 11 tokoh tersebut adalah non-muslim sehingga para ekstrimist muslim memprotes hal tersebut. Mereka menganggap pemerintah tidak pro-muslim karena memampang tokoh non-muslim pada lembaran rupiah yang akan mereka gunakan sehari-hari.

12. Dituduh Sebagai Manifesto Komunis


Andrew Kitzmiller

Kontroversi lainnya adalah logo Bank Indonesia yang dipotong untuk rectoverso. Logo BI yang terpotong ini dituduh sebagai palu arit yang merupakan simbol komunis. Komunis punya sejarah yang kelam di negara ini, dan mendapat penolakan dari banyak orang. Namun pihak Bank Indonesia telah menjelaskan bahwa itu bukanlah logo palu arit seperti yang diduga.

13. Ramah Bagi Tuna Netra


Ben Churcill

Fitur lain dari uang Rupiah emisi baru ialah fitur yang sangat ramah bagi penyandang tuna netra. Bagi yang mengalami gangguan penglihatan, mengenali rupiah kini lebih mudah dengan meraba pinggirannya. Pada pinggiran rupiah emisi baru ini terdapat garis arsir yang membedakan tiap pecahannya, misalnya pada pecahan seribu terdapat 7 garis arsir, dua ribu terdapat 6 garis arsir, dan seterusnya.

14. Biaya Cetak Yang Mahal


Howard Lake

Biaya cetak rupiah emisi baru ini lebih mahal dari emisi sebelumnya, terutama pada biaya cetak uang kertas. Ini disebabkan karena fitur keamanannya yang telah ditingkatkan. Biaya cetak tiap pecahannya berbeda-beda. Pada pecahan terbesar biaya cetak lebih mahal karena fitur keamanannya lebih rumit.

15. Termasuk dalam 15 Desain Mata Uang Terkeren


Mark Hodson

Desain Rupiah emisi baru memang menarik dan mendapat banyak pujian. Desainnya modern dengan warna warna yang lembut membuatnya masuk dalam 15 desain mata uang terbaik menurut Telegraph. Desain Rupiah terbaru ini juga diklaim lebih keren dari Euro walaupun pada warna warninya terdapat sedikit kemiripan.

Itulah fakta-fakta unik dan menarik tentang rupiah emisi baru. Bagi yang ingin mendapatkannya sudah bisa menukarkan rupiah lama dengan baru di bank-bank terdekat. Dan jangan lupa menabung dan cintai rupiah ya!