15 Fakta Tentang Bulan Juni Yang Sayang Untuk Dilewatkan

By |2018-11-08T17:53:58+00:00March 24th, 2017|Lifestyle|Comments Off on 15 Fakta Tentang Bulan Juni Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Source: Jingoba

Bulan juni adalah bulan keenam dalam sistem kalender internasional dan merupakan bulan pertengahan dalam satu tahun. Sama seperti bulan-bulan lainnya, bulan juni juga memiliki banyak fakta unik yang sayang untuk dilewatkan. Mau tahu apa saja fakta bulan juni yang bisa Kamu ketahui? Simak ulasannya berikut ini!

1. Asal Nama Bulan Juni

Source: Stux

Bulan juni yang merupakan bulan keenam dalam sistem kalender Gregorian mendapatkan namanya dari dewa bangsa Romawi kuno yakni dewa Juno yang merupakan istri dari Dewa Jupiter , dewa tertinggi bangsa Romawi atau yang dalam mitologi Yunani dikenal sebagai Dewi Hera, istri Dewa Zeus. Meski demikian, ada pendapat lain yang menyatakan bahwa bulan juni berasal dari kata iunius yang artinya lebih muda.

2. Bulan Keempat Dizaman Romawi Kuno

Source: Sofiaasuilera

Meski saat ini bulan juni dikenal sebagai bulan keenam, dizaman dahulu yakni sebelum kalender Gregorian disempurnakan, bulan juni adalah bulan keempat karena januari dan februari belum ditambahkan pada kalender mereka. Selain itu, dizaman tersebut bulan juni hanya memiliki 29 hari dan kemudian ditambahkan oleh Julius Caesar menjadi 30 hari dimasa selanjutnya.

3. Musim Panas Dan Musim Dingin

Source: Stevebidmead

Bulan juni adalah akhir dari musim semi yang berlangsung dibumi bagian utara atau dengan kata lain dibulan ini, musim panas sudah dimulai dan bunga serta tanaman terlihat paling indah. Berbeda dengan bumi bagian utara yang memasuki musim panas, saat bulan juni tiba dibagian bumi selatan, masyarakatnya tengah siap untuk menyambut musim dingin.

4. Bulan Kering

Source: Wilhei

Bangsa anglo saxon, sebuah masyarakat atau suku yang mendiami wilayah Eropa barat atau tepatnya Inggris raya memiliki kalender tradisional mereka sendiri. Setiap bulan memiliki nama berbeda dalam kalender mereka dan biasanya mereka menyebut bulan juni dengan sebutan solo monath atau bulan kering. Hal ini dikarenakan saat bulan juni tiba musim panas yang kering pun datang bersamaan.

5. World Ocean Month

Source: Orythys

Bulan juni diperingati sebagai bulan samudra dunia terutama dinegara-negara barat seperti Amerika yang memperingati juga bulan ini sebagai hari samudra nasionalnya. Dibulan ini para aktifis dan organisasi alam akan banyak mengkampanyekan kelestarian samudra dan laut diseluruh dunia mengingat saat ini banyak laut dan samudera yang sudah rusak akibat perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab.

6. Bulan Terbaik Untuk Menikah

Source: Toanmda

Jika bulan mei adalah bulan yang paling buruk untuk menikah dan banyak pasangan menghindari menikah dibulan tersebut, berbeda halnya dengan bulan juni. Bulan ini dianggap sebagai bulan terbaik untuk menikah dan karena itulah dibulan ini banyak pasangan yang mengadakan pesta pernikahan. Mitosnya mereka yang menikah dibulan ini akan memiliki hubungan yang awet dan bahagia.

7. Titik Terjauh Dari Matahari

Source: Piro4d

Mungkin bulan juni yang merupakan awal musim panas membuat kita berpikir bahwa bumi sedang berada dititik terdekatnya dengan matahari yang merupakan pusat tata surya. Faktanya, dibulan juni bumi sedang berada dititik terjauhnya dengan matahari atau yang disebut dengan istilah aphelium. Jauh dekatnya bumi dengan matahari sebenarnya tidak berpengaruh pada musim yang sedang berlangsung dibumi.

8. Hari Terpanjang

Source: kamus-666

Dikarenakan bumi berada dititik terjauhnya pada bulan juni, hari terpanjang sepanjang tahun berlangsung juga dibulan ini yakni pada tanggal 21 juni dan hal ini akan dialami oleh mereka yang tinggal dibumi bagian utara seperti Eropa dan Amerika. Maksud dari hari terpanjang adalah matahari yang terbit lebih awal pada sekitar pukul empat lewat dan terbenam lebih lambat dari biasanya. Negara yang masuk dalam ekuator tidak berada dibelahan bumi utara tentu tidak dipengaruhi hal ini.

9. Flag Day

Source: Pexels

Beberapa negara didunia seperti Amerika Serikat, Swedia, Romania, Denmark, Finlandia dan Argentina merayakan hari jadi bendera mereka atau yang dikenal dengan istilah flag day dibulan ini. Amerika Serikat sendiri merayakan hari bendera nasional pada tanggal 14 Juni dan salah satu negara bagian yakni Pennsylvania merayakannya sebagai salah satu hari libur meskipun hari tersebut bukanlah hari libur nasional.

10. Es Teh Dan Permen

Source: Pexels

Jika bulan februari dikenal sebagai bulan coklat maka dibulan juni masyarakat barat khususnya Amerika serikat merayakan bulan Juni sebagai bulan permen dan es teh nasional. Tentunya para penggemar permen dan es teh yang manis akan merasa senang dengan datangnya bulan ini karena pastinya akan ada banyak permen dan es teh yang tersedia untuk mereka dan bisa dinikmati kapan saja. Meski dicanangkan sebagai bulan makanan manis, sebaiknya jangan mengkonsumsinya berlebihan, ya!

11. June Bug

Source: Brett_hondow

Nama bulan juni tidak hanya digunakan sebagai nama manusia saja lho tetapi juga digunakan untuk menamai sejenis serangga seperti kepik yang biasanya muncul dimusim panas khususnya dibulan juni. June bug atau june beetles adalah salah satu spesies serangga yang termasuk dalam family Scarabaeidae dan banyak ditemukan di Eropa dan Amerika. Kamu pernah mendengar atau melihat serangga yang satu ini tidak?

12. Bulan Keluarga

Source: Keulefm

Di Indonesia, bulan Juni dikenal sebagai bulan keluarga nasional dibulan ini Indonesia memperingati hari keluarga nasional tepatnya yang jatuh pada tanggal 29 juni setiap tahunnya. Meski demikian belum banyak masyarakat Indonesia yang mengetahuinya karena kurangnya kampanye dari pemerintah. Keluarga memang penting dan tentunya menghabiskan waktu dengan keluarga jauh lebih penting, bukan?

13. Bunga Mawar

Source: Castleguard

Flower birth atau bunga kelahiran selalu merujuk pada setiap bulan kelahiran seseorang setiap tahunnya. Masing-masing bulan atau kedua belas bulan dalam satu tahun memiliki lambang bunganya atau flowerbirth-nya masing masing. Bulan juni sendiri diwakili oleh bunga mawar yang sering dikenal sebagai bunga cinta yang melambangkan kehormatan dan kasih sayang. Siapa sih yang tak suka dnegan bunga cantik yang satu ini?

14. Mutiara Dan Alexandrite

Source: Qiye

Meskipun tidak termasuk batu mulia, mutiara yang merupakan salah satu bentuk perhiasan yang berasal dari karang dilautan dijadikan simbol atau lambang dari bulan yang satu ini. Mungkin karena bulan ini merupakan bulan samudera atau lautan maka birth stone atau batu kelahiran yang sesuai dengannya adalah mutiara itu sendiri.  Selain mutiara, mereka yang lahir dibulan juni juga punya batu mulia lainnya yang menjadi pilihan yakni batu alexandrite yang merupakan salah satu batuan paling berharga didunia.

15. Presiden Indonesia

Source: Wikimedia

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa ada empat presiden Indonesia yang lahir dibulan juni. Keempat presiden tersebut antara lain presiden Soekarno yang lahir pada tanggal 6 Juni 1901, Soeharto yang lahir ditanggal  8 Juni 1921, BJ Habibie ditanggal 25 Juni 1936 dan terakhir presiden Joko Widodo yang dilahirkan pada tanggal 21 Juni 1961. Nah guys apakah kamu memiliki tanggal lahir yang sama dengan tanggal lahir para presiden tersebut?

Itulah beberapa fakta tentang bulan juni yang bisa kamu ketahui. Mungkin masih banyak fakta lainnya dibulan ini, apakah kamu tahu salah satunya? “Have a great June ahead”