15 Fakta Menarik Tentang Bulan Januari Yang Perlu Diketahui

By |2018-11-08T18:30:55+00:00March 22nd, 2017|Lifestyle|Comments Off on 15 Fakta Menarik Tentang Bulan Januari Yang Perlu Diketahui

Source: Egorshitikof

Kita tentunya mengenal bulan januari sebagai bulan permulaan disetiap tahun. Bulan yang juga penuh dengan selebrasi dimalam pergantian tahun ini kadang ditunggu-tunggu karena ditahun yang baru sebagian besar orang merasa lebih bersemangat dengan resolusinya. Lantas apakah hanya itu saja yang kamu tahu soal bulan januari? Jika iya, simak ulasan fakta tentang bulan januari supaya kamu lebih mengenal bulan ini.

1. Tahun Baru Yang Meriah

Source: Erad

Jika memikitrkan tentang bulan januari tentunya yang terlintas dibenakmu adalah tentang perayaan tahun baru meriah yang penuh dengan festival kembang api. Ya, sejak diberlakukannya kalender bangsa Romawi sebagai kalender internasional, tahun baru selalu dirayakan pada tanggal 1 januari yang merupakan permulaan bulan tersebut. Perayaan tahun baru sudah ada sejak masa Romawi kuno dan mereka menyebutnya dengan perayaan the calends. Saat perayaan tahun baru, bangsa Romawi kuno menghiasi rumah mereka dan menggelar pesta yang meriah.

2. Asal Nama Januari

Source: Bstad

Bulan januari yang dinamakan oleh bangsa Romawi diambil dari nama dewa mereka yakni Janus yang merupakan dewa penjaga pintu gerbang. Konon riwayatnya dewa Janus memiliki dua kepala yang satu menengok kebelakang yang menandakan masa lalu dan satu kepala menghadap kedepan yang menandakan masa depan. Bulan januari adalah permulaan tahun menuju tahun yang baru dan meninggalkan tahun yang lama jadi simbol dewa Janus tentu sesuai dengan karakter bulan januari.

3. Bulan Serigala

Source: Raincarnation40

Bangsa Anglo Saxon atau bangsa yang mendiami wilayah Inggris raya sejak abad ke 5 menyebut bulan ini dengan nama Wulfmonath yang berarti bulan serigala. Hal ini dikarenakan saat bulan januari tiba para serigala yang kelaparan keluar dari hutan dan menggangu manusia dengan mengetuk pintu rumahnya. Wah seram juga ya kalau dibayangkan!

4. Bulan Mengkonsumsi Sup

Source: RitaE

Siapa yang tak suka mengkonsumsi sup terutama dimusim dingin  atau dihari hujan? Bulan januari dicanangkan sebagai bulan sup khususnya di Amerika Serikat karena dibulan ini masyarakat disana tentu banyak mengkonsumsi sup hangat karena cuaca yang dingin. Makanan yang terkenal sebagai makanan berkuah ini telah dikonsumsi manusia konon sejak 6000 tahun sebelum masehi.

5. Drama Shakespeare

Source: Chaos07

William Shakespeare memang terkenal dengan berbagai karya sastranya termasuk kisah Romeo dan Juliet yang sangat fenomenal dan terkenal diseluruh dunia. Terlepas dari romeo dan Juliet, drama Shakespeare lainnya yang menyertakan atau menyebutkan kata januari adalah Much Ado About Nothing dan Winter’s Tale. Kamu tahu kisahnya tidak guys?

6. Tingkat Perceraian Paling Tinggi

Source: Stevepb

Siapa sangka ternyata bulan yang penuh selebrasi juga bisa diwarnai dengan sesuatu yang tidak menyenangkan ya. Faktanya tingkat perceraian pasangan pada bulan januari lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan lainnya sepanjang tahun. Belum ada alasan pasti mengapa para pasangan lebih rentan mengalami perpisahan dan perceraian dibulan ini.

7. Hari Terdekat Dan Terjauh

Source: Pexels

Mungkin kamu sering tidak memperhatikan bahwa bulan januari juga punya sesuatu yang unik yakni tanggal 1 januari yang bisa jadi hari terjauh maupun hari terdekat dengan akhir tahun. Bukan karena 1 januari diperingati sebagai tahun baru tapi karena tanggal ini sangat jauh dengan 31 desember dan juga sangat dekat dari 31 desember. Apa kamu baru sadar sekarang kalau mereka jauh tapi dekat?

8. Minggu Pertama Setiap Tahun

Source: Tigerlily

Jika selama ini kamu berpikir bahwa minggu pertama januari dimulai saat 1 januari dirayakan, kamu belum tentu benar. Menurut ISO atau sistem kalender internasiona, minggu pertama diawal tahun baru hanya diawali jika dalam minggu tersebut terdapat tanggal 4 januari. Jadi jika tanggal 1 jatuh pada akhir minggu tentunya minggu tersebut bukan minggu pertama dalam tahun yang baru ya, guys!

9. Bunga Anyelir

Source: Pezibear

Setiap bulan dalam satu tahun memiliki lambang bunganya tersendiri dan setiap bulan tentu memiliki simbol yang berbeda-beda. Bulan januari dilambangkan dengan bunga anyelir atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan nama carnation. Bunga anyelir yang juga merupakan bunga nasional negara Spanyol ini melambangkan cinta dan kebahagiaan. Meski begitu kenapa justru dibulan ini banyak yang bercerai ya!

10. Kubis January King

Source: Josealbafotos

Saking populernya nama januari, nama salah satu varietas sayuran di Inggris juga disesuaikan dengan nama bulan ini. For your information, varietas kubis berwarna ungu yang diberi nama January king adalah salah satu jenis kubis atau kol yang cukup populer dinegara barat dan banyak dikonsumsi karena memiliki nilai gizi yang cukup tinggi serta dapat tetap tumbuh dan bertahan dimusim dingin.  Apa kamu pernah melihat sayuran yang satu ini?

11. Bulan Terdingin Di Inggris

Source: L0nd0ner

Bulan januari dinegara-negara barat khususnya di Inggris selalu tiba dimusim dingin. Tidak hanya itu, suhu terdingin di Inggris ternyata dialami dibulan yang satu ini. Suhu udara di Inggris pada bulan januari di Inggris konon bisa mencapai 5 derajat celcius. wah kebayang dinginnya ya Guys. Buat kamu yang tidak tahan dengan udara dingin sebaiknya jangan berkunjung ke Inggris dibulan januari.

12. January Sale

Source: Michael Gaida

Selain dirayakan sebagai bulan tahun baru, bulan januari biasanya dirayakan dengan berbagai great sale atau perayaan belanja besar-besaran dibeberapa negara khususnya di Inggris dan Amerika. Banyak diskon yang ditawarkan dan barang-barang murah yang bisa diperoleh orang-orang disana. Siapa yang tidak senang ya jika sudah berhubungan dengan urusan shopping khususnya para wanita.

13. Batu Garnet

Source: Starbright

Sama halnya dengan bulan yang dilambangkan bunga, setiap bulan juga memiliki lambang batuan mulianya masing-masing atau yang disebut dengan birthstone. Batu garnet adalah batuan cantik yang memiliki berbagai warna tapi batuan ini paling banyak ditemukan berwarna merah. Batu garnet sendiri melambangkan keberuntungan, kedamaian dan persahabatan dan sering diberikan sebagai hadiah kepada mereka yang lahir dibulan januari.

14. Bulan Donor Darah

Source: Sabinurce

Bulan januari di Amerika juga dikenal sebagai bulan donor darah sejak tahun 1970. Dibulan ini kegiatan donor banyak dilakukan diberbagai event maupun tempat-tempat tertentu seperti kantor maupun sekolah. Tujuan dari dicanangkannya januari sebagai bulan donor darah adalah untuk meningkatkan pasokan donor darah dan platelet yang terkadang sulit didapat terutama untuk memenuhi kebutuhan medis dan darurat.

15. Lirik Lagu

Source: Firmbee

Apa kamu pernah memperhatikan bahwa ada banyak lagu yang menggunakan kata januari dalam liriknya? Lihat saja di Indonesia, lagu tentang bulan januari yang dinyanyikan Gleen Fredly atau lagu 11 januari yang dinyanyikan grup band Gigi sangat terkenal. Lagu January yang dinyanyikan oleh Elton John atau lagu January yang dibawakan oleh gruo band pilot juga cukup terkenal dikalangan masyarakat luar. Kamu tahu lagu lain yang terkait dengan bulan januari tidak?

Demikian fakta tentang bulan januari yang bisa kamu ketahui. Dibulan pertama dalam setahun ini tentunya kamu harus bisa merefleksi diri dan merencanakan apa yang akan Kamu lakukan kedepannya. “Have a great January memory, guys”