15 Fakta Menarik Mata Uang Malaysia

By |2018-11-05T23:16:35+00:00May 9th, 2017|Knowledge|Comments Off on 15 Fakta Menarik Mata Uang Malaysia

Mata Uang Malaysia
Source : PDPics

Kalian semua pasti telah mengenal  bahwa mata uang Malaysia adalah Ringgit. Benar sekali, ringgit merupakan mata uang yang beredar dan digunakan masyarakat di Malaysia untuk melakukan transaksi sehari-hari.

Namun disamping ringgit digunakan sebagai mata uang Malaysia, mungkin kalian tidak tahu beberapa fakta menarik yang berkaitan dengan mata uang Malaysia ini.

Oleh karena itu sekarang saya akan membahas secara lengkap untuk kalian 15 fakta menarik yang berkaitan dengan mata uang Malaysia ini.

Berikut penjelasannyalebih lanjut.

1.Simbol Mata Uang Malaysia


Source : Iqbal Osman

Mata uang Malaysia yang kita kenal dengan nama ringgit, faktanya tidak memiliki simbol atau karakter tertentu yang menunjukkan mata uang tersebut. Sebagai contohnya saja simbol $ yang menunjukkan Dollar dan simbol € untuk Euro.

Ringgit Malaysia hanya ditunjukkan dengan huruf, sama seperti Indonesia yang ditulis Rp untuk menunjukkan mata uang Rupiah. Ringgit Malaysia ditulis dengan huruf kapital RM yang merupakan kepanjangan dari Ringgit Malaysia.

2.Ringgit Malaysia Beredar


Source : Iqbal Osman

Tahukah kalian kapan negara Malaysia resmi menggunakan Ringgit sebagai mata uang resmi ?

Jawabannya adalah Negara Malaysia secara resmi menggunakan Ringgit sebagai mata uang negara tepat pada tanggal 12 Juni 1967. Tanggal tersebut merupakan periode dimana Ringgit mulai diedarkan kepada masyarakat untuk digunakan secara umum untuk berbagai keperluan transaksi di dalam masyarakat.

3. Kode Mata Uang Malaysia


Source : ezs

Kode penulisan mata uang suatu negara diatur dengan keberadaan ISO 4217. Kode ini merupakan 3 buah huruf kapital yang akan digunakan dalam dunia perbankan dan bisnis secara umum. Mungkin kalian sering kali melihat penggunaan kode ini di stasiun televisi, media online yang memberitakan ekonomi dan bisnis.

Kode Mata uang Malaysia dengan sisitem ISO 4217 adalah MYR.

4. Pecahan yang Beredar


Source : ezs

Mata uang Malaysia, Ringgit, sama dengan jenis mata uang lain yang mempunyai beberapa jenis pecahan baik kertas ataupun koin. Dalam bentuk kertas, pecahan ringgit yang beredar meliputi RM 2, RM 5, RM 10, RM 20, dan RM 50. Sedangkan dalam bentuk koin, pecahan ringgit meliputi 1 sen, 5 sen, 10 sen, 20 sen, dan 50 sen.

5. Arti Nama Ringgit


Source : Terovesalainen

Nama ringgit bukan hanya sekedar nama tanpa adanya arti sedikitpun. Ringgit ternyata memiliki arti gerigi. Sebab kala itu uang perak yang berasal dari Spanyol banyak digunakan oleh masyarakat Malaysia untuk bertransaksi sehari-hari. Bentuk dari uang perak itu sendiri memiliki gerigi pada bagian sisinya. Hal inilah yang menjadikan asal muasal mata uang Malaysia diberi nama Ringgit.

6. Tahun Dimana Nama Ringgit Resmi Digunakan


Source : geralt

Meskipun ringgit resmi beredar pada tahun 1967 dan menjadi mata uang resmi negara Malaysia. Hal tersebut tidak langsung menjadikan nama Ringgit digunakan sebagai nama mata uang Malaysia. Sebab faktanya nama Ringgit baru resmi digunakan sebagai nama mata uang pada tahun 1975 tepatnya pada bulan Agustus. Sebelum itu masyarakat Malaysia masih menggunakan nama dollar sebagai nama mata uang mereka.

7. Penggunaan Simbol $


Source : Chris Potter

Sama seperti penggunaan nama Ringgit, pemerintah Malaysia tidak langsung menggunakan simbol RM sebagai simbol mata uang mereka.

Saat pemerintah Malaysia mengumumkan resminya Ringgit menjadi mata uang negara mereka. Mereka tidak langsung menerapkan simbol RM yang menunjukkan makna Ringgit sebagai simbol mata uang mereka. Sebab saat itu pemerintah Malaysia masih menggunakan simbol $ yang merujuk pada Ringgit sebagai simbol mata uang mereka.

8. Penggunaan RM sebagai Simbol Mata Uang

Source : HypnoArt

Penggunaan simbol $ yang merujuk pada uang Ringgit cukup lama digunakan oleh pemerintah Malaysia sebelum akhirnya digantikan dengan simbol RM. Dimulai dari peredaran Ringgit pada tahun 1967 sampai pada tahun 1990-an, dimana pada tahun tersebut barulah penggunaan simbol RM mulai digunakan untuk menunjukkan simbol Ringgit sebagai mata uang negara Malaysia.

9. Negara Lain yang Menggunakan Mata Uang Ringgit


Source : Bernard Spragg .NZ

Tahukah kalian negara lain yang menggunakan Ringgit sebagai alat transaksi mereka ?

Mata uang Ringgit ternyata bukan hanya digunakan oleh masyarakat Malaysia sebagai mata uang resmi. Nyatanya ada beberapa negara yang menggunakan Ringgit sebagai salah satu alat transaksi mereka sehari-hari. Beberapa negara tersebut meliputi Fillipina khusunya pada wilayah Tawi-Tawi dan Thailand pada wilayah selatan negara tersebut.

10. Ringgit Terhadap Dollar Amerika


Source : NikolayFrolochkin

Mata uang Malaysia, Ringgit, pernah dibuat tetap dengan mata uang Dollar yang dimiliki Amerika Serikat. Artinya kurs antara Ringgit dan Dollar tidak akan berubah meskipun terdapat permintaan dan penawaran mata uang yang lebih tinggi atau lebih rendah.

Ketentuan tersebut mulai diberlakukan oleh pemerintah Malaysia pada tahun 1997, dimana kurs Ringgit dan Dollar berada pada angka 1 USD = RM 3.80.

11. Mulai Ditetapkan Mengambang


Source : Tracy O

Sejak ditetapkan oleh pemerintah bahwa antara nilai tukar Ringgit dan Dollar adalah tetap sebesar 1 USD = RM 3.80, barulah pada tahun 2005 kebijakan tersebut mulai diubah lagi.

Dimana pemerintah Malaysia mulai menetapkan kurs antara Ringgit dan Dollar Amerika secara mengambang. Artinya kurs diantara dua mata uang ini akan berubah seiring dengan perubahan permintaan dan penawaran masing-masing mata uang negara tersebut.

12. Penggunaan Ringgit Di Wilayah Sebatik


Source : adampaulclay

Tahukah kalian bahwa Sebatik merupakan wilayah Republik Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Fakta yang mencengangkan dari wilayah Sebatik adalah, banyak dari masyarakatnya yang lebih memilih menggunakan Ringgit Malaysia untuk melakukan transaksi sehari-hari dibandingkan dengan menggunakan Rupiah sebagai alat tukar mereka yang resmi.

Hal tersebut dapat terjadi karena wilayah perbatasan yang pembangunannya masih sangat minim dilakukan oleh pemerintah. Sehingga setiap hasil panen yang mereka hasilkan akan dijual ke Malaysia sebab jaraknya yang lebih dekat dibandingkan dijual ke Indonesia yang memakan lebih banyak waktu.

Bukan Cuma itu saja anak-anak SD disana pun telah terbiasa makan makanan ringan yang berasal dari Malaysia dan pemilik kantinnya pun memang lebih menyukai Ringgit dibandingkan Rupiah.

13. Penggunaan Ringgit Di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat


Source : adampaulclay

Hal yang lebih memprihatinkan lagi terjadi di Kapus Hulu yang notabene masih masuk wilayah Indonesia. Mata uang Ringgit nyatanya lebih laku dibandingkan dengan Rupiah Indonesia.

Padahal masalah akses transportasi bukan lagi menjadi masalah didalam masyarakat Kapuas Hulu. Namun yang masih menjadi masalah adalah lebih banyaknya produk asal Malaysia yang dijual didaerah perbatasan. Sehingga Ringgit menjadi mata uang utama saat bertransaksi.

14. Nilai Ringgit Paling Rendah


Source : geralt

Nilai mata uang Malaysia pernah menyentuh angka terendah pada Agustus 2015 yaitu berada pada level 4 ringgit untuk satu dollar Amerika Serikat. Nilai tersebut faktanya adalah nilai ringgit paling rendah sejak tahun 1998 terhadap dollar Amerika Serikat.

Hal tersebut dapat terjadi akibat banyaknya pihak investor yang menjual asetnya saat perekonomian di Malaysia sedang melambat. Ditambah lagi dengan skandal Perdana Menteri Najib Razak yang turut melemahkan nilai ringgit Malaysia.

15. Indonesia Pernah Menggunakan Ringgit Malaysia


Source : Everyone Sink Starco

Kalian pasti kaget dengan fakta tentang uang Malaysia yang satu ini, tapi memang itulah kenyataannya. Ringgit Malaysia pernah digunakan masyarakat Indonesia pada tahun 1970-an. Penggunaan Ringgit pada saat itu banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang tinggal di dekat perbatasan antara Indonesia dan Malaysia.

Nilai tukar Ringgit pada saat itu adalah 1 RM sama dengan Rp 2,50. Bahkan nilai tukar ini masih sering digunakan masyarakat di perbatasan, walaupun mereka telah menggunakan mata uang Rupiah dalam keseharianya.

Itulah 15 fakta menarik tentang mata uang Malaysia, Ringgit. Semoga dapat menambah pengetahuan dan menginspirasi kalian.