15 Ciri Unik Dari Tiap Jenis Burung Kenari: Kenari Merah, Panda, Kalitan, Dan Kenari Merah-Hitam

By |2018-11-08T15:38:37+00:00March 30th, 2017|Knowledge|Comments Off on 15 Ciri Unik Dari Tiap Jenis Burung Kenari: Kenari Merah, Panda, Kalitan, Dan Kenari Merah-Hitam

canarySource: wikimedia

Selain lovebird, burung kenari merupakan salah satu burung yang paling banyak diburu pecinta burung beberapa tahun belakangan ini. Salah satu jenis burung kenari yang paling laris adalah burung kenari merah. Selain burung kenari merah, sebenarnya masih ada jenis burung kenari lainnya, misalnya kenari panda, kalitan, dan kenari merah-hitam, yang 15 ciri-cirinya akan saya bahas pada artikel yang satu ini:

1. Populasi Kenari Merah Paling Banyak Di Indonesia

Di antara keempat jenis kenari yang akan saya bahas pada artikel ini, kenari merah adalah jenis kenari yang paling banyak ditemui di Indonesia karena peternakannya yang mudah. Selain itu, warnanya yang indah juga dapat membuat siapapun jatuh hati kepadanya, sehingga siapa yang tidak tahan untuk membawanya pulang dan merawatnya? Apalagi, status kenari merah bagaikan primadona saat ada di Indonesia.

2. Kenari Merah Memiliki Sub-Jenis Kenari Merah Wortel

Sebagai salah satu jenis burung dengan berbagai sub-jenisnya yang berbeda-beda, kenari merah memiliki satu sub-jenis yang terkenal, yakni kenari merah wortel. Kenari yang warna gradasi bulunya mirip dengan burung phoenix bayi ini begitu menarik dan memikat, sehingga tidak heran sub-jenis kenari merah wortel menjadi salah satu sub-jenis kenari merah yang paling banyak diminati masyarakat dari seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

3. Suka Makan Enak Seperti Manusia

Sebagai sesama makhluk hidup, burung kenari merah juga memiliki berbagai kebiasaan yang hampir sama dengan kebiasaan kita para manusia. Merupakan suatu hal yang tidak disangkali lagi kalau kita suka makan makanan yang enak, demikian juga burung kenari merah. Jenis burung kenari yang paling populer selama beberapa tahun belakangan ini suka makan apapun yang mengandungi mentega, madu, dan kuning telur, di mana ketiga jenis bahan makanan ini jarang dimakan burung-burung pada umumnya. Ternyata, kenari merah juga memiliki selera makan yang tinggi, ya?

4. Lama Hidupnya Singkat


Source: jrperes

Terlepas dari statusnya sebagai jenis burung kenari yang paling populer, kenari merah cenderung memiliki usia hidup yang singkat, yakni 10 tahun. Karena itu, populernya kenari merah sebaiknya tidak hanya menjadi hiburan bagi para penghobi atau kolektor kenari maupun kenari merah, namun juga menjadi pelajaran bagi kita semua kalau hidup di bumi itu singkat, maka kita harus mempergunakan hidup kita untuk kegiatan-kegiatan yang membangun.

5. Sensitif Terhadap Udara Luar

Fakta ciri khas kenari merah berikutnya yang berkaitan dengan fakta ciri khas sebelumnya mengenai usianya yang pendek adalah sensitivitas burung kenari merah terhadap udara luar yang luar biasa dan patut kita perhatikan. Perlu diingat, burung kenari merah tidak tahan udara yang terlalu panas ataupun terlalu dingin. Terlalu panas misalnya adalah paparan sinar matahari yang terlalu sering dan atau lama, sementara terlalu dingin adalah suhu AC yang terlalu dingin. Kesemua hal ini dapat makin memperpendek usia kenari merah, maka, kita pun harus berhati-hati dalam merawatnya.

6. Ada Jenis Kenari Yang Sekilas Mirip Burung Dara

Meskipun namanya panda, kenyataannya kenari dengan warna dasar kulit yang dominan putih ini justru lebih mirip dengan burung dara anakan. Ditambah lagi, mata hitamnya yang terkesan sedih dan melankolis mirip dengan mata burung dara yang juga melasi (bahasa Suroboyoan: memunculkan belas kasihan). Namun, hal yang perlu kita semua ketahui untuk membedakan kenari panda dengan burung dara adalah ukurannya, di mana kenari panda berukuran beberapa kali lipat lebih kecil dan kurus dibandingkan burung dara.

7. Tahan Udara Panas

Dibandingkan dengan kenari merah yang cenderung sensitif dengan udara luar, kenari panda lebih tahan udara panas. Hal ini dapat terlihat dari perawatannya, di mana setelah dimandikan, penjemuran yang ideal bagi kenari panda adalah minimal 1 jam, sementara untuk kenari merah, 1 jam tersebut adalah maksimal. Kendati demikian, tetap saja burung kenari panda memiliki batas penjemuran yang harus kita perhatikan, karena sekuat dan setahan kenari panda terhadap udara panas, tetap saja kalau terlalu lama bulunya akan rontok. Karena itu, disarankan untuk menjemur burung kenari panda yang baru selesai mandi sekitar 2-3 jam.

8. Suka Makan Biji-Bijian

Berbagai macam biji adalah makanan kesukaan kenari yang berwarna belang-belang putih dan hitam atau abu-abu ini. Biji-bijian yang disukai oleh burung kenari panda bukan hanya seputar biji-biji yang biasa dimakan jenis burung-burung lainnya seperti biji sesawi, namun juga suka makan berbagai macam biji yang non-mainstream seperti biji bunga matahari, biji gandum, dan lain-lain. Perlu diingat juga, dalam memberi makan biji-bijian kepada kenari panda, disarankan untuk memilih biji-bijian yang sehat untuk merangsang tumbuh kembang kenari panda.

9. Kenari Kalitan Adalah Kenari Asli Indonesia

Berbahagialah kita yang lahir dan menetap di Indonesia, sebab Indonesia juga memiliki banyak jenis fauna asli Indonesia yang dapat kita nikmati di negara sendiri. Salah satunya adalah kenari kalitan asal Jogjakarta, di mana kenari berwarna kuning ini tidak kalah kalau dibandingkan dengan burung-burung dari negara asing seperti burung kolibri. Sebagai salah satu elemen kebudayaan Indonesia, kenari kalitan juga merupakan salah satu jenis kenari yang mudah kita temui, bahkan di pekarangan rumah penduduk.

10. Kenari Kalitan Memiliki Sejarah Nama Yang Unik

Sebagai salah satu kenari yang ada di negara Indonesia, salah satu negara yang paling banyak memiliki keistimewaan dan kekayaan sejarah, kenari kalitan juga memiliki sejarah nama yang unik tentang mengapa namanya menjadi “Kalitan”. Nama kenari kalitan diambil dari bahasa Jawa alit, yang berarti kecil. Sesuai namanya, kenari kalitan memiliki postur tubuh yang kecil, namun tegak, apalagi kalau sudah mengeluarkan kicauannya yang sangat layak untuk dilombakan.

11. Kenari Kalitan Berwarna Kuning Mulus


Source: AndradeCleiton

Keotentikan kenari kalitan sebagai salah satu sumber kekayaan bangsa Indonesia bukan hanya dari asalnya saja, namun juga warnanya yang dapat dibedakan dengan kenari-kenari lainnya. Kalau kenari merah dan kenari panda memiliki versi impor yang cenderung belang-belang, kenari kalitan memiliki bulu warna kuning yang rata atau mulus. Bulu warna kuning ini adalah warna yang menarik, karena dapat memancing orang untuk melihat dan mengabadikannya dalam foto. Apalagi, bulu kenari kalitan juga panjang, sehingga tiap orang dapat langsung menyukainya.

12. Metode Pelatihannya Unik

Sebagai jenis burung kenari yang unik dan lain dari jenis maupun sub-jenis burung kenari yang lain, metode pelatihan yang disarankan untuk burung kenari asli Indonesia ini juga unik dan tidak sembarangan. Bahkan selama beberapa bulan belakangan ini, kenari berwarna kuning mulus satu ini juga memiliki kelas tersendiri dalam lomba antar burung kenari. Lebih jauh, burung kenari kalitan juga memiliki jenis kandang atau tempat tinggal tersendiri yang hanya cocok bagi burung kenari Kalitan.

13. Kenari Merah-Hitam Adalah Alternatif Dari Kenari Merah

Sebelumnya, saya telah memaparkan tentang betapa banyaknya peminat kenari merah yang ada di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Karena begitu banyak peminat, tidak jarang kenari merah cepat habis di pasaran. Kalau kenari merah sudah habis, maka harus ada penggantinya yang mirip, dalam hal ini kenari merah-hitam. Lagipula, sebagai salah satu kenari dengan warna yang tidak biasa, kenari merah-hitam juga memiliki banyak keistimewaan yang membuatnya tidak kalah dengan kenari merah.

14. Contoh Terbaik Hidup Sehat

Dalam poin ini, “hidup sehat” yang saya maksudkan meliputi makanan sehat, vegetarian, dan bebas pengawet atau pewarna buatan. Sebagai salah satu jenis kenari merah, kenari merah-hitam tidak kalah cerewetnya dengan kenari merah soal makanan yang hendak dikonsumsi. Kalau kenari merah suka makan mentega, madu, dan telur, kenari merah-hitam suka makan sayur dan buah apapun selama tidak diberi pengawet atau bahan kimiawi tambahan. Secara khusus, kenari dengan kombinasi warna yang indah ini suka makan apapun yang mengandungi beta-karoten tinggi, sehingga tidak heran matanya pun terang untuk melihat sekitarnya.

15. Titisan Atau Calon Superhero

Kalau kita rajin-rajin mengikuti komik DC, kita akan melihat adanya karakter superhero yang bernama mirip dengan kenari merah-hitam. Siapa lagi kalau bukan Black Canary (kenari hitam, red.). Menurut penglihatan saya, komik DC sendiri identik dengan warna merah, sehingga cocok bagi kenari dengan kombinasi warna merah-hitam yang indah ini untuk dikatakan sebagai titisan atau calon superhero. Mudah-mudahan di kemudian hari, pihak DC akan menghadirkan superhero khusus Black-Red Canary (kenari merah-hitam, red.)

Demikianlah 15 ciri unik yang dapat kita lihat atau peroleh dari burung kenari, yang masing-masing saya kategorikan menurut jenis-jenisnya, yakni kenari merah, panda, kalitan, dan kenari merah-hitam. Dari artikel pengetahuan ini, paling tidak sekarang kita jadi lebih banyak mengetahui mengenai ciri-ciri yang menonjol dari masing-masing jenis kenari yang berbeda, sehingga kita pun dapat menetapkan hati mengenai kenari mana yang cocok untuk kita beli maupun rawat. Selamat memelihara burung kenari!