15 Cara Menikmati Kopi Espresso ala Orang Italia

By |2018-11-05T22:09:48+00:00May 9th, 2018|Lifestyle|Comments Off on 15 Cara Menikmati Kopi Espresso ala Orang Italia

Source: Unsplash

Bagi Anda para pecinta kopi, pasti sudah tidak asing lagi dengan kopi jenis espresso. Espresso berasal dari bahasa Italia yang berarti express atau “cepat”. Hal ini merujuk pada proses pembuatannya yang cepat sehingga langsung bisa disajikan kepada pelanggan. Espresso sendiri telah menjadi bagian dari gaya hidup orang Italia. Anda ingin menikmati kopi espresso seperti orang Italia? Berikut tips-tipsnya.

1. Pahami Dulu Apa Itu Espresso


Source: moritz320

Pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Sebelum menikmati pahitnya kopi espresso, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu. Kopi espresso adalah jenis kopi paling basic bagi para pecinta kopi. Secara tradisional, secangkir kecil one shot espresso mengandung 7-9 gram bubuk kopi murni dengan takaran air 25-30 ml. Proses pembuatannya tidak boleh lebih dari 25 detik. Yang membedakan espresso dari jenis kopi lainnya adalah tekanan 132 pon per persegi yang digunakan untuk mengektraksi kopi. Luca Di Pietro, pria Italia yang mendirikan kafe Tallucci e Vino di New York mengatakan, kopi espresso yang dibuat dengan baik seharusnya tidak terlalu pahit dan tidak membuat jantung peminumnya berdebar.

2. Cium Aromanya, Rasakan Keajaibannya


Source: acekreations

Sesaat setelah kopi espresso disajikan, cium aromanya terlebih dulu sebelum Anda meminumnya. Aroma yang khas adalah salah satu karakteristik dari kopi espresso. Dekatkan cangkir ke hidung Anda, tarik napas perlahan dan hirup aroma kopi espresso hingga menyebar ke seluruh tubuh Anda. Rasakan aroma espresso menyatu dengan tubuh Anda dan, seperti kata Andrea Illy, rasakan keajaiban dalam secangkir espresso.

3. Dibuat Hanya untuk Anda


Source: 27707

Proses pembuatan espresso tidak bisa dilakukan secara massal dalam jumlah banyak. Satu kali pembuatan kopi espresso untuk satu kali penyajian. Terdapat makna tersembunyi dari proses pembuatan kopi espresso yang khusus ini. Secangkir kecil espresso dibuat memang “khusus hanya untuk Anda”, membuat peminumnya merasa istimewa. Ketika Anda meneguk pahitnya, bukankah Anda juga bisa merasakan keistimewaan di dalamnya?

4. Minum dengan Cepat


Source: Unsplash

One shot espresso umumnya mengandung 35-45 ml cairan kopi espresso. Seperti proses pembuatannya yang cepat, meminum espresso pun dianjurkan cepat dengan sekali teguk. Orang Italia meminum espresso ketika crema-nya masih utuh, agar aromanya terbungkus dengan sempurna. Namun crema juga bisa menghilang dengan cepat. Oleh karena itu Anda harus cepat-cepat meminumnya sebelum crema menghilang.

5. Nikmati di Pagi Hari


Source: congerdesign

Apa yang lebih baik untuk mengawali hari selain secangkir kopi espresso yang pekat? Bagi pecinta kopi, memulai aktivitas dengan meminum kopi adalah hal tidak boleh terlewati. Secangkir kecil espresso yang khas dapat meningkatkan suasana hati Anda. Proses pembuatan hingga meminum espresso yang tidak membutuhkan waktu lama tidak akan membuat Anda terlambat ke kantor bukan?

6. Sesap Espresso dengan Perlahan


Source: StockSnap

Orang Italia meminum espresso dengan cepat untuk menghindari perubahan rasanya. Espresso yang sudah dingin hingga menyamai temperatur ruangan rasanya akan jauh berbeda dengan sesaat setelah selesai dibuat. Jika Anda ingin mengetahui dan merasakan perubahan rasa espresso, Anda bisa menyesapnya perlahan. Namun habiskan espresso sebelum ia mendingin. Espresso yang sudah mendingin akan berubah rasa dan membuat rasa-rasa tertentu menjadi lebih kuat, dan hal ini akan berdampak negatif bagi tubuh Anda.

7. Pesanlah Espresso di Bar


Source: Johnn

Jika Anda ingin meminum kopi espresso seperti orang Italia, pesanlah espresso di bar. Cermatilah setiap langkah pembuatan espresso, dan jangan lupa untuk mengobrol dengan barista yang menyeduh kopi Anda. Orang Italia percaya bahwa mengamati setiap detil proses pembuatannya akan menambah kenikmatan kopi espresso. Selain itu mengobrol dengan barista akan membentuk ikatan batin antara peminum dengan baristanya sehingga rasa espresso akan lebih sempurna.

8. Jangan Minum Espresso Tanpa Crema

UnsplashSource: Unsplash

Crema adalah lapisan berwarna cokelat muda yang ada di atas espresso. Bagian ini lebih pahit dari espresso itu sendiri. Tetapi crema adalah kenikmatan tersendiri bagi pecinta espresso. Peminum “pemula” biasanya cenderung menghindari crema. Bagi mereka yang tergolong peminum kopi “ahli” akan mengaduk crema hingga tercampur dengan espresso, atau meminum langsung espresso dengan lapisan crema di atasnya.

9. Jangan Memesan Espresso Selepas Jam 11 Siang


Source: Pexels

Jika Anda kebetulan berkunjung ke Italia dan ingin memesan kopi espresso pada jam makan siang, jangan heran jika barista Anda akan mengerutkan kening. Memang tidak ada aturan tertulis yang melarang minum espresso di siang hari. Namun sudah menjadi tradisi di Italia untuk meminum espresso sebelum jam 11 siang atau setelah waktu sarapan. Jadi kalau Anda ingin seperti orang Italia, jangan minum kopi setelah sarapan ya!

10. Jangan Menambahkan Susu ke dalam Espresso


Source: shixugang

Kepekatan warna adalah ciri khas kopi espresso yang membedakannya dengan kopi jenis yang lain. Oleh karena itu orang Italia tidak pernah menambahkan minuman lain seperti susu ke dalam espresso mereka. Jika Anda menambahkan susu ke dalam espresso, maka akan menjadi macchiato espresso. Namun bagi para penikmat espresso “pemula”, cara ini ampuh untuk mengurangi rasa pahitnya.

11. Menyajikan Espresso dengan Air Soda


Source: kaboompics

Beberapa kafe menyajikan espresso bersama dengan segelas air soda. Air soda berfungsi untuk membersihkan rongga mulut sehingga rasa espresso dalam lebih merasuk. Namun jika Anda masih tergolong sebagai penikmat espresso pemula, air soda mampu menetralisir kepahitan espresso jika diminum setelahnya. Jadi, jika Anda masih belum terbiasa dengan kepekatan rasa espresso yang masih tersisa setelah Anda meminumnya, cara ini bisa dilakukan, lho!

12. Meminum Espresso dengan Sebatang Cokelat


Source: congerdesign

Kafe-kafe di Italia kadang menyajikan secangkir espresso dengan sebatang cokelat. Cokelat yang disajikan umumnya hanya sebagai pemanis tampilan saja. Namun cokelat itu juga bisa berfungsi untuk menetralisir kepahitan espresso. Tidak disarankan untuk menyajikan espresso dengan kudapan yang memiliki rasa yang kuat. Hal ini untuk menjaga rasa espresso agar tidak kalah dengan rasa manis dari kue atau biskuit jika disajikan bersamaan.

13. Jika Anda Baru Kali Pertama Meminum Espresso, Anda Bisa Mencoba Ristretto


Source: Pexels

Ristretto dalam bahasa Italia berarti ”terbatas” atau “pendek”. Sama seperti espresso, ristretto dibuat dalam waktu kurang dari 20 detik. Ristretto disebut juga “setengah espresso”. Dalam pembuatannya, sebelum espresso disajikan secara penuh, cangkir ristretto sudah lebih dulu ditarik oleh barista. Rasa ristretto sendiri sedikit lebih manis dari espresso karena tidak melewati proses ekstraksi terakhir kopi.

14. Nikmati Double Espresso dengan Doppio


Source: Mike Petrucci

Anda adalah pecinta espresso sejati? One shot espresso terasa kurang bagi Anda? Ada baiknya Anda meminum doppio. Doppio berasal dari bahasa Italia yang berarti double. Doppio sendiri adalah double shot espresso yang satu kali penyajiannya berukuran 60 ml. Penyajian Doppio menggunakan gelas yang sedikit lebih besar dari espresso. Meski Doppio ini dua kali lipat lebih banyak dari espresso, para penikmat kopi umumnya tetap meminumnya dalam sekali teguk atau one shot.

15. Espresso adalah Tradisi dan Gaya Hidup


Source: Martin Leveneur

Kecintaan orang Italia pada espresso begitu besar sampai kopi ini menjadi bagian dari tradisi mereka. Meminum espresso tak ubahnya sebuah ritual yang harus dilakukan dengan seksama. Dalam menikmati espresso, Anda harus mendalami setiap teguknya. Rasakan suasana di sekeliling Anda. Mengobrollah dengan barista dan sesama penikmat kopi lainnya. Maka sempurnalah cara Anda menikmati kopi espresso ala Italia.

Untuk menikmati secangkir kopi espresso seperti orang Italia tidak perlu jauh-jauh ke sana bukan? Have a good shot of a morning espresso!