15 Cara Alami Mengurangi Kerontokan Selain Obat Rambut Rontok

By |2018-11-08T15:07:56+00:00November 8th, 2018|Beauty|Comments Off on 15 Cara Alami Mengurangi Kerontokan Selain Obat Rambut Rontok


Source: Tamara Bellis

Kerontokan pada rambut dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Misalnya perubahan hormon, stress, penggunaan obat tertentu, junk food,menopause dan masih banyak hal lainnya yang bisa menyebabkan kerontokan rambut. Karena itu mulailah hidup sehat dan kurangi hal-hal yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut kamu.

Penggunaan obat rambut rontok bisa menimbulkan efek samping bagi tubuh kamu. Mulai dari iritasi kulit dan alergi sampai dengan kesusahan bernapas. Oleh karena itu, jangan sembarangan memakai obat rambut rontok, berikut 15 cara alami untuk mengurangi kerontokan rambut:

1. Santan


Source: greekfood-tamystika

Santan kelapa dipakai oleh orang India untuk perawatan rambut mereka. Kamu pasti sudah tau bagaimana tebal dan bagusnya rambut orang India. Pijatlah kepalamu menggunakan santan kelapa secara rutin minimal seminggu sekali untuk mengurangi kerontokan. Selain menebalkan rambut, ternyata santan kelapa pun berfungsi untuk menyembunyikan uban dan meluruskan rambut lho.

2. Minyak Jaitun


Source: Couleur

Minyak jaitun dipercaya kaya akan Vitamin E dan antioksidan yang dapat menutrisi rambut kamu dengan baik, sehingga dapat mengurangi kerontokan akibat rusaknya rambut. Rambut kamu akan tumbuh lebih kuat, subur dan sehat. Penggunaan minyak jaitun pada kulit kepala secara rutin minimal seminggu sekali sebelum tidur mampu membantu mempercepat pertumbuhan rambutmu.

3. Minyak Almond


Source: Mareefe

Dari pada menggunakan obat rambut rontok yang mengandung bahan kimia, minyak almond jauh lebih cocok untuk digunakan saat kamu mengalami kerontokan pada rambut. Minyak almond mengandung vitamin E, vitamin D, magnesium dan kalsium yang dapat membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut. Kamu hanya perlu memijat kepalamu dengan minyak almond secara rutin.

4. Minyak Lavender


Source: Devanath

Minyak yang biasa dipakai sebagai bahan dasar pembuatan parfum, ternyata minyak lavender bermanfaat untuk mengurangi kerontokan rambut. Selain memiliki wangi yang khas, minyak lavender juga mengandung antiseptik yang berfungsi untuk mengatasai masalah rambut berketombe. Sangat cocok untuk kamu yang memiliki kedua masalah ini. Wanginya bisa digunakan aroma terapi sehingga kamu menjadi lebih tenang.

5. Minyak Geranium


Source: Hans

Pemakaian minyak geranium dapat menyebabkan rambut lebih kuat sehingga tidak mudah rontok. Ekstrak dari bunga geranium pun sama seperti minyka lavender memiliki wangi yang khas. Wangi manis dari bunga geranium membuat kamu menjadi lebih relaks dan terlepas dari stress yang menyebabkan kerontokan pada rambut. Selain itu, minyak geranium pun dapat membuat rambut kamu menjadi lebih lembut.

6. Konsumsi Omega 3


Source: Cattalin

Dibandingkan pemakaian obat rambut rontok, Omega 3 lebih efektif dalam menutrisi dan menumbuhkan rambut. Omega 3 adalah salah satu jenis lemak tak jenuh yang bisa memerangi dan mencegah penyakit. Omega 3 bisa didapatkan pada kacang kedelai, ikan salmon dan sarden. DHA dan EPA pada omega 3 membuat rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

7. Konsumsi Buah-buahan


Source: romanov

Rutin mengkonsumsi buah-buahan dapat mempercepat proses pertumbuhan rambut kamu. Buah-buahan banyak mengandung  vitamin A dan C yang dapat memperbaiki kerusakan rambut dan menjadikan rambut kamu lebih kuat dan indah. Buah-buahan bervitamin A dan C juga mengandung bioflavanoids yang membantu memperlancar sirkulasi darah di kepala. Ayo, jangan malas lagi untuk mengkonsumsi buah-buahan yaa!

8. Meditasi


Source: Ecowa

Seperti telah dikatakan di awal, stress dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Meditasi dipercaya dapat menurunkan tingkat stress pada seseorang. Dengan bermeditasi kamu akan menjadi lebih tenang dan bahagia. Buanglah pikiran-pikiran negatif yang mempengaruhimu, mulailah untuk berpikir positif tentang segala sesuatu. Meditasi adalah cara yang efektif dibandingkan menggunakan obat rambut rontok untuk masalah rambutmu.

9. Olahraga


Source: PublicdomainImage

Olahraga yang rutin dan pola makan yang benar mampu mengurangi tingkat stress yang diidap oleh seseorang. Selain tubuh menjadi lebih sehat, kamu bisa lebih bahagia. Olahraga dapat membantu kamu untuk bisa berpikir positif dan tidak mudah menyerah. Berkurangnya tingkat kesetressan akan mengurangi dan mencegah kerontokan pada rambut. Ayo mulailah belajar untuk hidup sehat!

10. Hindari pemanasan pada rambut


Source: RyanMcGuire

Penggunaan pelurus rambut, pengkriting rambut juga pengering rambut dapat menyebabkan kulit rambut kamu terkena panas dan hal ini bisa membuat rambut kamu menjadi rontok. Sebaiknya mulai mengurangi penggunaan alat-alat tersebut untuk mengurangi kerontokan. Jika kamu harus ke luar di siang hari, lindungilah rambutmu dengan topi atau payung agar tidak terkena panas langsung.

11. Masker Lidah Buaya


Source: elsafersas

Penggunaan lidah buaya sebagai masker rambut pun dapat membantu mempercepat proses bertumbuhnya rambut-rambut baru. Lidah buaya dipercaya dapat mengkontrol minyak di kulit kepala dan menghilangkan ketombe pada rambut. Lidah buaya pun dapat digunakan sebagai kondisioner alami untuk rambut kamu. Dengan adanya lidah buaya kamu tidak memerlukan konditioner yang mahal untuk rambut kamu yang kering dan bercabang.

12. Minyak Kemiri


Source: sunnysun0804

Sama halnya dengan lidah buaya, ekstrak kemiri dipercaya dapat menumbuhkan rambut dengan cepat. Bukan hanya itu, kemiri pun dapat menghitamkan rambut secara alami. Selain untuk rambut, kemiri pun dapat dipakai untuk menumbuhkan janggut atau alis. Kamu tidak perlu kesusahan lagi untuk mendapatkan ekstrak kemiri karena sudah banyak dijual di pasaran.

13. Masker Yoghurt


Source: kamila211

Menggunakan masker yoghurt untuk rambut pun dipercaya mampu mengurangi kerontokan rambut dan lebih ampuh dibandingkan dengan penggunaan obat rambut rontok. Masker youghurt membantu membersihkan rambut kamu dari kotoran-kotoran yang menempel pada rambut yang tidak bisa dibersihkan dengan sampo biasa. Rambut kamu pun akan tumbuh lebih sehat dan kuat dengan mengaplikasikan masker yoghurt secara rutin.

14. Masker Alpukat


Source: Pexels

Buah alpukat pun tidak kalah dalam hal mengurangi kerontokan rambut. Alpukat yang dipakai untuk kesuburan rambut ternyata sudah dikenal sejak jaman Mesir kuno. Jika kamu memiliki rambut yang rusak parah, kamu hanya perlu mencampurkan alpukat dengan sebutir telur lalu mengoleskan masker itu ke rambutmu. Lakukanlah secara rutin untuk hasil yang maksimal.

15. Sisir rambut saat sudah kering


Source: WikiMediaImages

Helaian rambut yang rontok akan lebih banyak ketika kamu menyisir rambut saat masih basah. Oleh karena itu, sebelum menyisir rambut ada baiknya kamu membiarkan rambutmu kering terlebih dahulu. Rambut lebih kuat saat kering dibandingkan saat dalam keadaan basah. Hindari juga mengikat rambut dengan sangat kencang. Karena ikatan yang kencang dapat merusak rambutmu.

Itu tadi 15 cara alami untuk mengurangi kerontokan rambut yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Berhentilah menggunakan obat rambut rontok dan mulai beralih ke cara alami yang tidak memiliki efek samping untuk kulit kepalamu.