15 Cara Alami dan Cepat untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Tidak Pernah Anda Ketahui

By |2018-11-08T22:33:50+00:00March 28th, 2017|Beauty, Knowledge|Comments Off on 15 Cara Alami dan Cepat untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Tidak Pernah Anda Ketahui

Source: Vladimir Pustovit

Flek hitam di wajah dapat timbul akibat luka bekas jerawat atau terkena paparan sinar matahari. Tidak sedikit wanita yang risih akibat wajah yang terlihat tidak mulus karena flek hitam. Memang sudah banyak sekali pusat kecantikan yang dapat membantu anda menghilangkan flek tersebut, tetapi anda harus siap merogoh kantong karena harganya tidak murah. Sebenarnya terdapat 15 tips jitu yang dapat anda lakukan secara alami dan tentu saja cepat dan ekonomis, berikut adalah cara tersebut:

1. Terong


Source: Jim

Siapa yang menyangka bahwa sayur yang satu ini dapat membantu anda menghilangkan flek hitam di wajah? Terong merupakan salah satu sayur yang kaya akan kandungan anti oksidan, dan dapat digunakan untuk menyamarkan noda hitam pada wajah. Karena terong sendiri terdiri dari banyak jenis, pada wajah, anda dapat menggunakan terong dengan kulit berwarna ungu.

Cara menggunakan terong adalah dengan memotong sebuah terong mentah menjadi beberapa potongan tebal, kemudian letakkan potongan tersebut di atas wajah yang terkena flek hitam. Perlahan, gosoklah potongan terong tersebut dengan gerakan melingkar dan biarkan selama 10 – 15 menit. Cara ini dapat anda lakukan sekali sehari selama 1 minggu dan lihatlah perubahannya.

2. Kunyit dan Biji Wijen


Source: Keith McDuffee

Kunyit dan biji wijen adalah salah satu cara mengatasi flek hitam di wajah yang dapat anda gunakan dan temukan dengan mudah. Selain itu, dengan menggunakan cara ini, anda dapat sekaligus mencerahkan wajah.

Haluskan satu sendok teh kunyit dan satu sendok teh biji wijen dengan sedikit air agar menjadi sebuah adonan yang lembut. Kemudian, oleskan adonan tersebut ke seluruh wajah anda dan biarkan selama 10 – 15 menit, setelah itu, bilaslah dengan air dingin. Anda dapat melakukan hal ini setiap hari sekali dan rasakan perubahannya.

3. Lemon


Source: Jill111
Lemon merupakan salah satu buah dengan khasiat yang luar biasa banyaknya. Tidak hanya untuk diet dan menyegarkan tubuh, ternyata lemon juga dapat digunakan untuk pemeliharaan wajah. Caranya adalah dengan memeras lemon dan mengoleskan air perasan lemon tersebut ke seluruh wajah anda. Pijatlah wajah anda dengan lembut dan biarkan selama 10 – 15 menit dan bilaslah dengan air hangat.

Selain cara tersebut, anda dapat menggunakan lulur lemon, caranya adalah dengan membelah lemon menjadi 2 bagian, kemudian taburkan setengah sendok teh gula pasir di atasnya. Kemudian, gosokkan potongan lemon tersebut selama beberapa menit ke wajah anda dan bilaslah dengan air bersih. Lakukan cara ini seminggu dua kali secara teratur.

4. Madu


Source: Fancycrave1

Madu merupakan zat yang baik untuk menghilangkan flek hitam karena kandungan enzim yang membantu mengurangi pigmentasi kulit. Campurkan madu dengan air hangat, kemudian oleskan campuran tersebut ke bagian wajah yang terkena flek hitam dan biarkan selama beberapa menit. Bilaslah wajah anda dengan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari selama beberapa minggu.

5. Krim Asam atau Susu


Source: Nordwing

Kedua bahan tersebut mengandung asam laktat yang dapat membantu menghilangkan flek hitam. Selain itu, krim asam meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu mengencangkan wajah anda. Untuk menghilangkan felk hitam, oleskan krim asam tersebut langsung ke bagian wajah anda yang terkena flek, kemudian biarkan hingga krim tersebut menyerap pada wajah dan kering. Lap dengan handuk lembut tanpa perlu membilasnya dengan air.

6. Pepaya


Source: Quinn Dombrowski

Papain, enzim yang terkandung di dalam pepaya, adalah enzim yang membantu meringankan flek hitam. Pepaya pun kaya akan vitamin A yang membantu menghilangkan kulit mati dari permukaan wajah anda. Anda dapat memblender buah pepaya dan oleskan jus tersebut ke flek hitam dengan menggunakan kapas dan pijat lembut area tersebut. Setelah 10 menit, bilaslah wajah anda dengan air dingin.

7. Kiwi


Source: Stevepb

Anda dapat membuat masker wajah dengan menggunakan kiwi yang telah diblender. Kemudian, oleskan hancuran buah kiwi tersebut pada seluruh wajah anda dan biarkan hingga mengering. Fokuslah pada bagian wajah yang terkena flek hitam. Setelah kering, perlahan buang ampas tersebut dan bilaslah wajah anda dengan air. Bahkan tidak hanya untuk flek hitam, kiwi juga dapat membantu anda menghilangkan masalah penuaan pada wajah.

8. Bawang Bombay


Source: Global Panorama

Potonglah sebuah bawang bombay menjadi potongan yang cukup besar, kemudian, gosokkan potongan tersebut pada wajah anda yang terkena noda hitam dua kali sehari. Jika anda dapat menahan bau bawang yang cukup menyengat, anda dapat memarut sebuah bawang bombay dan kemudian peraslah parutan bawang tersebut.

Aplikasikan perasan bawang tersebut ke seluruh wajah anda. Untuk hasil maksimal, anda dapat menambahkan satu sendok teh cuka kepada hasil perasan bawang dan kemudian oleskan pada wajah anda. Ulangi cara ini setiap hari selama 1 atau 2 minggu dan lihat perubahannya.

9. Mentimun


Source: Max Mallet

Pastinya anda sering melihat masker mentimun, mentimun yang diiris tipis dan kemudian diletakkan di seluruh wajah hingga bagian mata. Masker mentimun ini juga terbukti dapat menghilangkan flek hitam di bagian wajah. Anda pun dapat menghancurkan mentimun dengan menggunakan blender dan mengoleskan hasil jus tersebut di seluruh wajah anda. Selain flek hitam hilang, wajah anda akan terlihat menjadi lebih putih dan cerah.

10. Stroberi


Source: Fried Dough

Stoberi adalah salah satu buah-buahan yang kaya akan vitamin C, vitamin yang dapat membantu menghilangkan flek hitam di wajah anda. Iris tipis 3 – 4 buah stroberi dan letakkan irisan tersebut di seluruh wajah anda dan diamkan selama beberapa menit.  Bahkan untuk cara yang lebih maksimal, anda dapat mencampurkan parutan stroberi dengan kiwi.

11. Sake


Source: Jim

Sake atau yang lebih dikenal dengan arak jepang, adalah suatu minuman beralkohol yang terbuat dari hasil fermentasi beras. Sake mengandung asam yang dapat menghambat produksi melanin pada kulit. Untuk menggunakan sake, anda dapat mencampurnya dengan madu atau gandum instan, kemudian oleskan adonan tersebut

12. Minyak Jarak


Source: Stvcr

Minyak jarak adalah minyak hasil tanaman jara, dengan bahasa Latin Ricinus communis. Minyak jarak dapat bermanfaat untuk menghilangkan noda kotor sekaligus membersihkan wajah. Sebelum anda beristirahat di malam hari, oleskan minyak jarak pada seluruh wajah anda, kemudian di pagi hari, lap wajah anda dengan handuk lembut kemudian bilaslah dengan air hangat. Cara ini dapat menghilangkan flek sekaligus meratakan kecerahan di wajah anda.

13. Pisang dan Daun Mint


Source: Stevepb

Buah pisang yang telah dihancurkan dan dicampurkan dengan daun mint dapat sangat berkhasiat untuk wajah anda. Gunakan campuran ini seperti masker wajah. Kandungan vitamin B dan folat pada daun mint dapat bekerja sebagai pencerha wajah sekaligus penambah nutrisi untuk kulit anda. Bahkan anda pun dapat mencoba menggunakan baian dalam kulit pisang sebagai masker untuk wajah.

14. Lobak


Source: Amanda Slater

Lobak dapat membuat wajah anda terlihat lebih awet muda karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Pijat lembut wajah anda dengan air hasil perasan parutan lobak dan biarkan selama 10 menit. Selain ditaruh di wajah, anda pun dapat mengkonsumsi lobak secara teratur untuk membantu menghilangkan flek hitam. Cara ini akan sangat cepat menghilangkan flek di wajah anda jika anda melakukannya setiap hari.

15. Dadih


Source: Ayurvedic India

Dadih atau juga dikenal dengan nama mentega susu, merupakan salah satu bahan yang dapat membantu anda menghilangkan flek. Oleskan langsung dadih pada seluruh wajah anda, dan diamkan selama kurang lebih 10 – 15 menit dan bilaslah wajah anda dengan air hangat. Anda dapat mengulangi cara ini dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Setelah flek hitam anda hilang, anda harus menjaga kebiasaan anda agar flek tersebut tidak kembali muncul, contohnya dengan menjauhi sinar matahari langsung terhadap bagian kulit anda. Dengan mencintai kulit anda apa adanya, anda akan lebih senang menjalani hidup. Selamat mencoba!