15 Buah yang Enak Namun Jarang Ditemui

By |2018-11-05T21:52:19+00:00July 6th, 2018|Culinary, Health|Comments Off on 15 Buah yang Enak Namun Jarang Ditemui

Source: MichaelGaida

Mengonsumsi buah-buahan sangat disarankan karena mengandung vitamin yang bagus untuk kesehatan. Buah-buahan dapat dikonsumsi oleh siapa saja tanpa terkecuali. Pisang, jeruk, anggur, apel adalah buah-buahan yang sering kita jumpai, malah sering kita konsumsi sehari-hari. Buah-buahan tersebut banyak tersedia di pasar tradisional atau supermarket. Namun, bagaimana dengan buah-buahan langka seperti buah delima? Pernahkah Anda melihat atau bahkan mencicipinya? Banyak buah langka yang jarang ditemui memiliki rasa yang enak. Berikut adalah 15 nama buah enak namun jarang ditemui:

1. Delima


Source: lucadea 

Posisi pertama adalah buah delima. Buah yang bentuknya bulat sedikit lonjong ini terdiri dari tiga jenis warna yaitu delima merah, delima putih, dan delima ungu. Selain rasanya yang enak, buah ini juga sangat berkhasiat untuk kesehatan. Namun sayang, buah ini jarang ditemukan. Sangkin langkanya, harga buah ini sangat mahal di pasaran.

2. Kesemek

Source: Mike Licht

Sekilas, buah ini mirip dengan tomat, hanya saja warnanya yang berbeda. Buah ini sangat enak dan manis, namun sedikit sepat. Untuk menghilangkan rasa sepatnya, buah ini bisa diperam hingga matang atau diolesi dengan air kapur. Buah ini sangat baik untuk mengobati beberapa jenis penyakit, seperti mencegah penyakit kanker, menstabilkan tekanan darah, dan mencegah pembulu darah menjadi keras. Cara mengonsumsinya sangat mudah, hanya perlu dibelah dua dan rasakan manisnya buah ini.

3. Manggis

Source: taboti

Selanjutnya adalah buah manggis. Rasanya manis, namun sedikit sepat jika Anda tidak hati-hati ketika mengeluarkan buah dari kulitnya. Rasa sepatnya berasal dari kulit buahnya. Ketika dibuka dengan benar, buah ini terlihat sangat cantik. Manggis berwarna ungu kemerahan. Kulit buahnya sangat baik untuk kesehatan, seperti mengatasi diare, mencegah penyakit kanker, mencegah penyakit jantung, dan menurunkan kadar diabetes dalam tubuh.

4. Kedondong

Source: Ton Rulkens

Buah berwarna hijau kekuning-kuningan ini juga sangat enak. Rasa asam manisnya membuat buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengidam. Bagi Anda yang sedang mengikuti program diet juga cocok mengonsumsinya. Buah ini juga sangat cocok untuk campuran rujak. Banyak supermarket yang tidak menyediakan buah ini karena kurang diminati oleh masyarakat.

5. Mengkudu


Source: PublicDomainPictures

Buah ini memiliki permukaan kulit yang kasar dan didominasi dengan warna hijau kekuning-kuningan. Buah ini sangat jarang ditemui apalagi dikonsumsi oleh masyarakat. Padahal rasanya sangat enak apabila diolah dengan tepat. Buah ini sangat cocok untuk kesehatan, seperti menurunkan darah tinggi, meringankan sakit kepala, melancarkan sistem pencernaan, dan mencegah kanker. Namun sayang, buah ini cepat busuk.

6. Jambu Monyet


Source: Dinesh Valke

Saat ini, jambu monyet sangat sulit untuk ditemukan di pasar tradisional apalagi di supermarket. Hal ini terjadi karena peminat jambu monyet ini sangatlah sedikit. Buahnya berwarna hijau dan kuning ketika sudah matang. Rasa buahnya yang asam segar sangat cocok dikonsumsi ketika panas terik. Buah ini juga sangat cocok dikonsumsi bersamaan dengan cokelat.

7. Lengkeng

Source: Bigtreegroup

Buah yang bentuknya bulat kecil ini bernama lengkeng atau longgan. Bentuknya hampir menyerupai buah lychee, namun ukurannya berbeda. Rasanya yang manis membuat Anda ingin makan lagi dan lagi. Daging buahnya juga sangat kenyal. Ketika dibuka, aroma wangi dari buah ini juga akan tercium. Inilah yang membuat Anda tidak bisa menahan selera.

8. Markisa

Source: silviarita

Buah ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Apalagi buah ini merupakan bahan utama pembuatan sirup markisa. Namun, buah ini semakin jarang ditemui. Populasinya semakin sedikit, padahal buah ini sangat cocok dikonsumsi untuk melepas dahaga di siang hari. Rasa manis dan asamnya sangat menggugah selera dan mambuat Anda ketagihan.

9. Sawo

Source: Dinesh Valke

Buah ini semakin sulit ditemui karena orang yang menjual bibit pohonnya pun sangat sedikit. Padahal rasa buah ini sangatlah manis apalagi kalau sudah benar-benar matang. Kulit buahnya berwarna kecoklatan, begitu juga dengan daging buahnya. Buah ini sangat cocok disajikan untuk campuran dessert karena rasanya yang sangat manis. Tapi sayang, buah ini cepat lonyot.

10. Cempedak

Source: Scot Nelson

Buah ini termasuk salah satu buah raksasa yang pernah ada. Bentuknya lebih besar daripada durian. Beratnya juga bisa mencapai 3 -5 kilogram per biji. Kulit permukaannya kasar dengan dominasi warna hijau kekuning-kuningan. Daging buahnya sangat manis sehingga sering dijadikan manisan atau dimakan begitu saja. Selain buahnya, biji dari cempedak ini juga bisa dimasak untuk dikonsumsi. Buah yang serabaguna, bukan?

11. Jeruk Bali

Source: luhaifeng279

Mungkin Anda akan bertanya, “apakah jeruk ini benar-benar berasal dari Bali sehingga namanya Jeruk Bali?” Buah ini berbeda dengan jeruk biasa. Ukurannya jauh lebih besar, namun rasanya hampir sama dengan jeruk pada umumnya. Kulit luar jeruk bali sangat tebal untuk melapisi daging buahnya. Buah ini umumnya berwarna hijau sedikit kekuning-kuningan dengan berat mencapai 3 kilogram.

12. Kawista

Source: Dinesh Valke

Buah ini masih termasuk dalam kategori jeruk-jerukan. Bentuknya pun hampir menyerupai jeruk, namun ukurannya yang sedikit lebih besar. Buah ini bermanfaat untuk mengobati disentri, diare, memperkuat daya tahan tubuh, dan menurunkan demam. Kandungan vitamin C dan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas. Itulah mengapa buah ini sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan. Tertarik untuk mencobanya?

13. Srikaya

Source: anisak nur falah

Buah ini semakin sulit ditemui, apalagi karena panennya secara musiman. Bibitnya juga semakin sulit ditemukan. Buah ini menyehatkan tubuh karena mengandung sumber energi dan kaya akan zat besi. Selain dikonsumsi isinya, daun, biji, akar dan kulitnya bisa digunakan untuk kesehatan dan mematikan kutu di kepala. Kaya akan manfaat sekali ya. Setuju, tidak?

14. Rukem

Source: Dinesh Valke

Pernahkah Anda mendengar buah rukem ini? Ya, buah ini sangat asing di telinga kita. Buah yang lebih dikenal dengan nama Governor’s Plum ini rasanya enak dan mengandung serat serta vitamin. Buah ini juga berkhasiat untuk melangsingkan tubuh, mencegah diare, mengatasi mata bengkak, melancarkan pencernaan, dan mampu mengatasi nyeri pada saat PMS.

15. Sirsak

Source: I likE plants! 

Buah ini umumnya berwarna hijau dengan kulit permukaannya yang kasar. Rasa asam manisnya sangat nikmat untuk dimakan dan diolah menjadi juice. Selain itu, buah sirsak ini kaya akan serat, karbohidrat, kalsium, air, kalium, vitamin C, dan lemak. Buah ini kaya akan manfaat, terutama untuk kesehatan. Faktanya, buah ini bagus dikonsumsi oleh penderita kolesterol, asam urat, dan hipertensi.

Itulah 15 buah yang enak namun jarang ditemui. Selain enak, buah di atas juga kaya akan vitamin dan baik untuk kesehatan.