15 Alasan yang Membuat Pantai Klayar Wajib Jadi Destinasi Liburanmu!

By |2018-11-08T23:25:16+00:00May 3rd, 2017|Trip and Travel|Comments Off on 15 Alasan yang Membuat Pantai Klayar Wajib Jadi Destinasi Liburanmu!


Blackstarvideo

Pantai Klayar menjadi sebuah pesona tersendiri yang dimiliki kabupaten Pacitan. Berada di bagian pesisir selatan pulau Jawa membuat pantai ini dihiasi deburan ombak bergulung – gulung nan cantik eksotisn. Namanya yang tersohor di antara para pelancong yang hobi plesiran maupun traveller mengundang beragam tanya. Hal apa yang membuat pantai Klayar begitu digilai, simak alasannya berikut ini.

1. Hamparan Pasir Putihnya


@Meindraset

Pantai yang membentang sepanjang pesisir selatan kabupaten Pacitan ini memiliki hamparan pasir putih nan cantik menawan. Pasirnya lembut tak berkerikil dan cukup halus sehingga tak perlu takut tak beralas kaki saat berjalan di atasnya. Karenanya banyak pula wisatawan yang bermain pasir dengan membuat istana pasir di tepian pantai dan menikmati keindahannya lebih dekat.

2. Air Mancur di Tepi Pantai


@Wahyu1080

Ada satu hal menarik yang membuat para wisatawan takjub dengan pantai Klayar, yakni adanya air mancur diantara tebing bebatuan karang ditepi pantai. Sesungguhnya air tersebut bukan air mancur yang sesungguhny, namun efek dari deburan ombak yang menghantam karang. Dan air masuk melalui celah karang sehingga terjadi sebuah efek seolah air mancur dari sela – sela karang.

3. Akses Jalan Menantang

@Rezzy_ge0rge_gerrard

Memang harus diakui bila kekurangan yang dimiliki objek wisata di Indonesia ialah karena akses jalannya yang kurang mendapat perhatian lebih. Seperti akses menuju pantai Klayar yang berliku dan tidak mulus, meski demikian hal tersebut tak menyurutkan minat para pelancong mendatangi salah satu pantai tercantik di Pacitan. Disarankan untuk selalu berhati – hati dan memperhatikan kondisi kendaraan serta fisik agar sampai tujuan dengan selamat.

4. Spot Selfie Paling Menarik


@shofihatun

Bebatuan karang di bibir pantai yang berpasir putih menjadi buruan para penggila selfie. Tak hanya selfie saja namun keelokan pantai Klayar juga menarik minat para fotografer profesional untuk mengabadikan keindahan ciptaan sang Maha Agung dalam sebuah momen jepretan foto. Warna biru air lautnya dengan ombak yang seolah berkejar – kejaran menghantam karang menjadi gambaran luar biasa.

5. Masih Alami


@Nisbila

Namanya memang telah tersohor ke seluruh Pacitan dan sekitarnya, salah satunya karena pantai Klayar masih sangat alami dan belum tersentuh pembangunan dan pengelolaan yang lebih profesional. Akses jalan juga yang mempengaruhi hal ini dan membuat pantai seolah belum terjamah pengelolaan. Dan baru dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat, dan keindahan yang disuguhkan pantai ini tentu sangat sayang jika dibiarkan berlalu begitu saja.

6. Pantainya Teduh


@Fadhil.Rw

Banyaknya pepohonan kelapa di sepanjang bibir pantai membuat pantai menjadi lebih teduh dan membuat pengunjung tak merasa tersengat terik matahari. Pepohonan nyiur di tepian pantai ini selain meneduhkan, juga turut menjaga bibir pantai dari erosi air laut yang bisa menggerus garis pantai. Pengunjung bisa memnfaatkannya sebagai tempat berteduh dari teriknya matahari di pantai Klayar.

7. Sunset Menakjubkan


@mlutfikp

Sama seperti wisata pantai lainnya di seluruh Indonesi, di pantai Klayar pengunjung bisa menikmati momen terbenamnya matahari di ufuk barat. Pesona semburat warna jingga di cakrawala pantai Klayar saat momen sunset menyajikan pesona tersendiri yang menarik untuk di abadikan. Dan menghadirkan suasana magis pantai Klayar dalam sekejap serta menyajikan pengalaman yang luar biasa enggan pun sulit dilupakan begitu saja.

8. Tempatnya Ikonik


@Ryan_hid47

Jika berbicara mengenai pantai Klayar yang berada di Pacitan, tentu tak akan lepas dari tebing batuan karang yang menjulang di bibir pantai yang seolah menjadi simbol atau ikon pantai tersebut. Tebing ini sendiri berdiri seolah menjaga pantai dari gulungan ombak yang besar dan menghantam dengan kerasnya. Pengunjung bisa berfoto selfie disini dan mengunggahnya ke media sosial untuk turut mempopulerkan destinasi wisata di Pacitan ini.

9. Fasilitasnya Cukup Memadai


@siswanto.copler

Meski tak selengkap di objek wisata pantai lainnya di kabupaten Pacitan yang telah dikelola dengan lebih profesional namun fasilitas di pantai Klayar sudah terbilang memadai. Ada kamar mandi dan bilas untuk membersihkan diri, toilet serta beberapa warung – warung yang menjajakan kuliner khas Pacitan juga makanan ringan untuk pengunjung. Dan dari hari ke hari, pantai Klayar semakin ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan keindahannya karenanya perlu perhatian dari pemerintah terkait fasilitas lainnya dan juga pengelolaannya yang lebih memadai.

10. Tebingnya Sekilas Mirip Tanah Lot Bali


@Ajengdiah.kurniawati

Pemandangan tebing di tepi pantai seolah mengingatkan dengan tebing di pantai Tanah Lot, Tabanan Bali. Bedanya tentu ada pada pura yang berdiri kokoh diatas tebing, dan sedang pantai Klayar tidak. Namun nuansanya tetap menyuguhkan pesona yang sangat mengagumkan bagi siapapun yang telah datang mengunjungi pantai Klayar. Jadi buat kamu yang ingin merasakan bagaimana indahnya Tanah Lot di Bali, mulailah mengunjungi pantai Klayar yang sekilas cukup mirip.

11. Tidak Cocok Untuk Berenang


@yuni_yuan

Meski memiliki pesona yang menggumkan, namun pengujung dilarang bermain air maupun berenang di pantainya. Ombaknya yang kuat khas pantai selatan sangat berbahaya jika pengunjung memaksakan diri untuk bermain air atau terlalu dekat. Jadi saat berkunjung ke pantai Klayar jangan pernah mengabaikan keselamatan diri sendiri dan juga orang lain. Patuhi selalu peringatan yang ada dan terpasang di pinggir pantai agar hal buruk bisa dihindari.

12. Lokasi


@backpackerpasundan_id

Pantai dengan tebing batuan karangnya yang ikonik milik kabupaten Pacitan ini berada di desa Kalak, kecamatan Donorejo Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Berada persis di ujung selatan wilayah kabupaten Pacitan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri. Jaraknya sendiri dari pusat kota Pacitan tak kurang dari 35 km yang membutuhkan waktu tempuh berkisar antara 1 hingg 1,5 jam perjalanan. Letaknya yang berada di sekitar tebing membuatnya seolah seperti sebuah surga tersembunyi dibalik rimbunnya pepohonan kelapa juga tebing batuan kapur di sepanjang bibir pantai.

13. Rute Perjalanan


@Pesona Pantai Klayar

Jika pengunjung ingin menuju pantai Klayar dan berangkat dari arah Jogjakarta, maka rute yang paling direkomendasikan ialah dengan melalui Wonosari, Gunungkidul. Dan rute yang harus dilalui ialah Pathuk lalu masuk ke Wonosari kota, kemudian menuju Pracimantoro lalu Giribelah lantas masuk perbatasan Jawa Tengah – Jawa Timur barulah sampai ke Punung dan sudah dekat dengan Pantai Klayar. Dan bila berangkat dari Solo maka pengunjung bisa melewati rute Pracimantoro lalu sesampainya di pertigaan Giribelah, kemudian ambil belokan ke kanan yang akan menuju perempatan Kalak yang hanya butuh waktu tak kurang dari 1 jam lagi untuk sampai ke pantai Klayar.

14. Juga Ada Homestay


@cockaigneaddict

Buat pengunjung yang kebetulan ingin bermalam di sekitar pantai Klayar, tak perlu lagi takut tak ada penginapan yang bisa ditinggali. Karena banyak homestay yang menawarkan akomodasi penginapan yang ramah dikantong dengan harga kamar per malamnya yang bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Beberapa homestay yang bisa jadi pilihan diantaranya Homestay Rizqi, Homestay Kinasih, Homestay Pak Eko Klayar dengan range harga mulai dari Rp 100.000 per malamnya.

15. Memiliki Fenomena Unik dan Menarik


@Pesonaklayar

Selain keindahannya yang mencuri perhatian pengunjung, di pantai Klayar juga menyimpan fenomena alam yang cukup unik dan sangat menarik untuk ditelusuri, yakni bunyi seruling samudra yang ada tak setiap waktu bisa muncul. Hanya saat – saat tertentu saja pengunjung bisa menikmati fenomena alam ini, yakni saat air laut sedang pasang di antara jam 9 pagi higga 4 sore hari. Fenomena alam ini timbul akibat adanya sebuah lubang di tepi tebing yang dihantam ombak, sehingga mencitakan sebuah suara yang menggema seperti suara seruling.

Pacitan terkenal sebagai salah satu kota yang memiliki destinasi wisata menarik yang sarat dengan fenomena alam yang menakjubkan, salah satunya tentu pantai Klayar. Dan beragam alasan ini akan membuat pantai Klayar menjadi salah satu destinasi liburan terbaik saat berada di Jawa Timur khususnya wilayah Pacitan dan sekitarnya. Ada banyak lagi destinasi seru lainnya di Pacitan yang juga menunggu dieksplorasi, selalu jaga keselamatan dan hati – hati di perjalanan agar plesiran menjadi momen tak terlupakan. Have a great vacation in Pantai Klayar, ya. Ladies!