10 Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Alami

By |2018-11-07T18:44:02+00:00February 10th, 2017|Beauty, Health|Comments Off on 10 Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Alami

Source: Mojzagrebinso

Sudah mencoba beragam teknik diet, tapi berat badan tidak turun-turun? Lalu apa yang harus dilakukan? Apakah Anda harus mengonsumsi pil-pil pelangsing ataukah memilih jalan operasi? Well, keduanya tentu sangat berisiko. Obat-obatan pelangsing memiliki efek samping yang bisa saja membahayakan kesehatan Anda. Begitupun dengan operasi, belum lagi biayanya yang teramat mahal.

Pada dasarnya, menurunkan berat badan memang tidak semudah mengedipkan mata. Anda harus menjalankan program diet secara benar agar hasilnya juga bisa tercapai. Nah, dibawah ini beberapa tips menurunkan berat badan dengan cepat dan alami. Simak yuk!

1. Rajin Olahraga, dong!


Source: Skeeze

Tips menurunkan berat badan yang pertama, sudah pasti berolahraga. Aktivitas olahraga ini sangat penting untuk membakar kalori. Jika Anda hanya makan saja tanpa melakukan olahraga, maka lemak pun menumpuk di tubuh. Beberapa jenis olahraga yang efektif menurunkan berat badan, seperti olahgara kardio di gym, jogging, bersepeda, dan berenang.

2. Stop Konsumsi Makanan Olahan


Source: Stevepb

Jika Anda memang bersungguh-sungguh hendak menurunkan berat badan, sebaiknya minimalkan konsumsi makanan olahan seperti pizza, soda, hamburger, mie instan, kentang goreng, dan sejenisnya. Makanan-makanan tersebut mengandung lemak yang tinggi, sehingga bisa memicu kenaikan berat badan secara cepat bila dikonsumsi setiap hari. Lebih baik Anda mengganti konsumsi harian Anda dengan buah-buahan, sayuran, dan ikan-ikanan.

3. Daging? Boleh, Asal Pilih yang Lemaknya Sedikit


Source: Agamaszota

Kebanyakan pelaku diet cenderung menghindari konsumsi daging merah dikarenakan kandungan lemaknya yang tinggi. Perlu Anda ketahui, daging adalah sumber protein yang baik. Bagaimanapun juga, tubuh kita memerlukan protein untuk membantu proses metabolisme dan pembentukan otot.

Anda boleh-boleh saja mengonsumsi daging pada saat menjalani program diet. Namun pastikan memilih daging yang kandungan lemaknya rendah dan hindari bagian kulit. Selain itu, batasi juga pengonsumsiannya. Cukup seminggu sekali. Anda bisa mengimbangi dengan mengonsumsi ikan sebagai sumber protein.

4. Teh Hijau dan Jahe


Source: Skyrice

Sejak dulu, Teh hijau (green tea) dipercaya sebagai salah satu teh yang mempunyai berjuta khasiat bagi kesehatan, salah satunya membantu menurunkan berat badan. Teh hijau mengandung kafein yang dapat merangsang proses metabolisme, serta katekin yang berguna untuk mengurangi penyerapan lemak di usus. Dengan menambahkan jahe pada teh hijau, diyakini bisa membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Cara membuatnya, Anda hanya perlu menyeduh teh hijau pada secangkir air hangat. Kemudia tambahkan ½ sendok teh bubuk jahe. Aduk rata, kemudian langsung dikonsumsi.

5. Jus Lemon Dan Lada Hitam


Source: Pixel2013

Lemon adalah salah satu pilihan tepat untuk memerangi obesitas. Buah yang kaya vitamin C ini dapat membantu meningkatkan proses pencernaan dan mengeluarkan racun-racun yang memperlambat metabolisme. Untuk pengonsumsiannya, sebaiknya Anda menambahkan sedikit lada hitam pada segelas jus lemon. Sebab lada hitam mengandung senyawa piperin yang dapat mengontrol pembentukan sel-sel lemak. Oiya, jangan mengonsumsi jus lemon secara berlebihan ya. Anda cukup membuat ramuan ini 1 kali dalam sehari setelah makan.

6. Coklat Hitam


Source: Floriana

Coklat yang mempunyai rasa pahit ini berkhasiat ampuh dalam menurunkan berat badan. Para peniliti menjelaskan bahwa coklat hitam kaya zat antioksidan, sehingga mampu melawan peradangan, memperlambat penyerapan gula dalam darah, dan mencegah lonjakan insulin.

Menurut salah seorang wanita pelaku diet, pengonsumsian coklat hitam berhasil membuat kalori tubuhnya terbakar sebanyak 1700 kalori perminggunya. Jika Anda berniat membeli coklat hitam, pilihlah coklat hitam asli yang terbuat dari biji kakao tanpa tambahan produk susu, dengan kadar coklat setidaknya mencapai 70%.

7. Cemilan Apel


Source: PublicDomainPictures

Mengemil apel, setidaknya satu kali dalam sehari cukup ampuh dalam menurunkan berat badan. Apel kaya akan serat sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan dan menekan nafsu makan. DI samping itu, apel juga mengandung pektin yang berperan dalam memperlambat penyerapan karbohidrat.

8. Air Putih 8 Gelas Sehati


Source: Mojzagrebinfo

Ingin menurunkan berat badan sekaligus mempercantik kulit? Konsumsi air putih saja. Air putih mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari membantu pengeluaran racun, mengencangkan kulit, menghilangkan keriput, dan tentunya menurunkan berat badan. Dengan mengonsumi 8 gelas air perhari, lemak-lemak yang mengendap dalam pembuluh darah akan mudah dikeluarkan dan tubuh pun perlahan menjadi langsing.

9. Batasi Konsumsi Gula dan Garam


Source: Andreas160578

Gula dan garam seringkali menjadi penyebab utama gagalnya diet. Bagi pelaku diet, konsumsi gula yang disarankan sekitar 4 sendok makan sehari. Sedangkan garam hanya 1 sendok teh perharinya. Perlu diketahui, bahwa gula dan garam juga banyak ditemukan pada makanan olahan, seperti roti, soda, keju, dan sebagainya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari makanan olahan (khususnya yang mengandung tinggi kalori) pada saat menjalani progam diet. Sebaliknya, jika ingin diet sukses maka masukkan buah dan sayuran ke dalam menu harian Anda.

10. Jangan Makan Sebelum Tidur


Source: Hoteleuropalubin

Mengonsumsi makanan, baik itu nasi ataupun cemilan sebelum tidur sangat tidak dianjurkan. Menurut para peneliti, sistem pencernaan kita membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mengolah makanan yang ada dalam tubuh. Apabila kita makan sebelum tidur, maka proses pencernaan dan metabolisme cenderung menjadi kacau. Penyerapan sari-sari makanan tidak optimal sehingga sebagian besar tersimpan menjadi lemak.

Demikianlah beberapa tips menurunkan berat badan dengan cepat dan alami. Ingat, Anda tak perlu menyiksa diri demi menjadi kurus. Apalagi sampai mengonsumsi pil-pil pelangsing, jangan lakukan! Sebab itu berbahaya. Lebih baik, menurunkan berat badan secara alami walaupun hasilnya tak cepat tapi lebih aman. Semoga bermanfaat!