10 Tips Menjaga Dapur Tetap Bersih Dan Rapi

By |2018-11-07T03:37:14+00:00February 27th, 2017|Lifestyle|Comments Off on 10 Tips Menjaga Dapur Tetap Bersih Dan Rapi

Source: Pix1861

Sebagai salah satu area penting dalam rumah yang biasa difungsikan untuk memasak dan mengolah makanan, dapur biasanya lebih cepat kotor dan berantakan. Padahal dapur harus selalu selalu terjaga kebersihannya karena berhubungan dengan kesehatan keluarga.  Untuk menjaga dapur tetap bersih dan rapi, kamu harus rajin membersihkannya dengan berbagai cara yang higienis dan sehat tentunya. Berikut ini cintaihidup.com memberikan sepuluh tips mudah bagaimana menjaga kebersihan dapur yang bisa dilakukan dirumah. Simak terus ulasannya!

1. Bersihkan Dan Kosongkan Tempat Cucian Piring

Source: Breat_Hondow

Cara pertama untuk menjaga dapur tetap rapid an bersih adalah dengan mencuci semua piring dan membersihkan tempat mencuci piring tersebut khususnya sebelum masak agar nantinya peralatan masak tidak menumpuk ditempat cucian tersebut. Jangan malas untuk membersihkannya sebelum memasak dan berpikir untuk merapikannya nanti setelah selesai memasak karena hal ini justru akan membuat dapur terlihat kotor dan berantakan ketika memasak.

2. Rawat Peralatan Masak

Source: Stina_magnus

Peralatan masak kadang hanya dicuci ala kadarnya dan tidak dibersihkan dengan baik setiap hari sehingga noda bekas kompor atau masakan tetap melekat. Lakukan pembersihan alat-alat masak setiap seminggu sekali dan pastikan noda gosong atau bekas masakan hilang. Sedikit tips, untuk membantu menghilangkan noda, kamu bisa merendam alat masak dalam air hangat yang dicampur baking soda selama semalaman. Setelah dibersihkan keringkan peralatan memasak dan gantunglah ditempat yang kering.

3. Merawat Pisau Dan Papan Pemotong

Source: Jeshoots

Agar dapur tetap bersih dan rapi, jangan lupa untuk merawat pisau yang kamu miliki karena pisau yang berkarat dan kotor tentunya akan membuat makanan menjadi terkontaminasi. Selain itu, papan pemotong sayuran atau daging juga harus dirawat agar terlihat bersih dan rapi. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak pada papan tersebut. Hal ini akan membuat papan pemotong lebih awet dan kamu tidak perlu mengganti perkakas setiap bulan atau sesering mungkin.

4. Bersihkan Kompor

Source: Ferarcson

Jangan lupa untuk selalu membersihkan kompor dan area sekitarnya seperti dinding dan lantai dudukan kompor agar dapur tetap bersih. Percikan-percikan minyak atau masakan akan menjadikan dinding dan lantai dudukan kompor berkerak dan sulit dibersihkan jika tidak dibersihkan. Kamu bisa menggunakan cairan pembersih yang khusus digunakan untuk membersihkan kompor dan noda yang sulit dihilangkan. Jadi jangan malas bersih-bersih ya!

5. Cuci Semua Perkakas Setelah Masak

plateSource: eak_kkk

Setelah kegiatan memasak selesai jangan menunda untuk membereskan dan mencuci perlatan memasak karena ini akan membuat dapur terlihat kotor dan berantakan. Kamu tidak mau kan dapurmu jadi sarang bakteri dan terlihat kotor? Jadi segera cuci semuanya setelah memasak dan jangan menundanya untuk hal-hal yang tidak penting.

6. Gunakan Pembersih Yang Tepat

Source: Jarmoluk

Untuk membersihkan dapur gunakan alat dan bahan pembersih yang tepat misalnya kain lap bersih, sikat, busa pencuci piring dan sebagainya. Jangan gunakan alat yang sudah kotor dan tidak higienis karena hal ini justru akan membuat dapur menjadi semakin kotor dan tidak sehat. Pilihlah sabun cuci dan cairan pembersih dapur yang juga tidak berbahaya bagi kesehatan dan simpanlah ditempat yang mudah dilihat namun sulit dijangkau anak-anak.

7. Susun Perkakas Dapur

Source: Tpsdave

Dapurmu akan terlihat lebih rapi jika kamu bisa menyusun peralatan masak ditempat yang semestinya atau menyimpannya didalam kabinet agar tidak terlihat. Susunlah dengan baik peralatan memasak dari yang sering digunakan dan yang jarang digunakan. Atur juga sesuai besar kecilnya agar peralatan masak yang kecil tidak terselip diantara peralatan masak yang lain dan mudah ditemukan.

8. Tempat Sampah Besar

Source: Public Domain Pictures

Kamu memerlukan tempat sampah yang cukup besar di dalam dapur karena disinilah nantinya semua sampah rumah tangga akan dibuang. Letakkan sebuah plastik yang besar di dalam tempat sampah agar tempat sampah tidak begitu kotor dan bau. Ini juga akan memudahkanmu saat membuang sampah karena kamu tidak perlu mengangkat tempat sampah yang berat keluar rumah serta membuatnya lebih mudah dibersihkan.

9. Kebiasaan Masak Yang Bersih

Source: Poppicnic

Memiliki kebiasaan memasak yang baik juga akan membuat dapur terlihat lebih bersih dan rapi misalnya saja selalu meletakkan bahan-bahan masakan dalam wadah dan menyiapkan wadah untuk membuang sisa-sisa bahan makanan tersebut sebelum dibuang ketempat sampah. Melakukan aktifitas memasak disuatu area tertentu, menggunakan apron, serta meletakkan kembali toples atau wadah penyimpanan bumbu ditempatnyasegera setelah digunakan  bisa jadi beberapa cara agar kamu tidak terlalu repot membersihkan dapur setelah memasak.

10. Dekorasi Dapur

Source: Cocoparisienne

Mencintai dapur dan menikmati kegiatan memasak di dalamnya akan selalu memotivasimu untuk selalu menjaga kebersihannya. Kamu juga bisa mendekorasi dapurmu dengan sesuatu yang unik misalnya dengan meletakkan lukisan, pajangan atau tempat bumbu dengan berbagai desain menarik. Dengan menggunakan hal-hal tersebut tentunya kamu tidak ingin dekorasi dapur jadi kacau karena dapurmu terlihat kotor, kan?

Demikian beberapa tips menjaga kebersihan dan kerapian dapur yang bisa kamu praktekkan di rumah. Intinya jika kamu ingin dapurmu selalu bersih, jangan malas membersihkannya dan berusahalah un tuk tetap disiplin. “Don’t forget to clean your kitchen always”