10 Tips Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda

By |2018-11-07T03:45:45+00:00January 14th, 2017|Beauty|Comments Off on 10 Tips Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda


Source: Public Domain Picture

Kebanyakan orang berpikir bahwa memutihkan gigi hanya dapat dilakukan dengan rajin menggosok gigi dengan pasta gigi. Sedangkan apabila gigi sudah terlanjur berkarang dan berwarna kuning, biasanya sebagian besar masyarakat memilih melakukan perawatan dental bleaching untuk memutihkan gigi. Namun perawatan tersebut bisa dibilang cukup mahal, dan terkadang memicu efek samping seperti gigi terasa ngilu, mual, dan tenggorokan kering.

Sebenarnya, memutihkan gigi dapat dilakukan dengan cara yang lebih sederhana dan mudah. Salah satunya memanfaatkan baking soda. Ya, baking soda atau yang lebih dikenal sebagai soda kue atau soda bikarbonat merupakan pembersih efektif yang dapat melarutkan noda-noda kuning pada gigi dan mencegah bau mulut. Nah, dibawah ini beberapa tips memutihkan gigi dengan baking soda. Check it out!

1. Menyikat Gigi dengan Baking Soda


Source: athriftymrs.com

Baking soda ini ternyata bisa digunakan untuk menggosok gigi. Caranya cukup gampang, pertama basahi sikat gigi dengan air. Selanjutkan oleskan baking soda secukupnya pada permukaan sikat. Sikat gigi anda seperti biasanya, namun jangan sampai mengenai gusi karena bisa memicu iritasi dan menyebabkan munculnya efek terbakar. Selain itu, pastikan anda menyikat gigi tidak terlalu lama, cukup selama 2 menit.  Terakhir, berkumur-kumurlah hingga mulut bersih dari baking soda.

2. Campuran Baking Soda dan Pasta Gigi


Source: stevepb

3. Campuran Baking Soda dan Garam


Source: Dubravko Sorić

Garam juga dikenal ampuh dalam memutihkan gigi yang kuning. Anda bisa mencampurkan garam dengan baking soda untuk menyikat gigi agar diperoleh gigi putih dan bersih. Caranya:

  • Siapkan 1 sdt garam meja dan 3 sdt baking soda
  • Campurkan kedua bahan ke dalam mangkuk dan aduk hingga merata
  • Oleskan pada sikat gigi, lalu gunakan untuk menyikat gigi anda
  • Terakhir, berkumurlah dengan air hingga mulut benar-benar bersih

4. Campuran Baking Soda dan Lemon


Source: stevepb

Lemon mengandung asam sitrus yang berperan aktif sebagai pemutih gigi. Dengan mencampurkan baking soda dengan lemon, anda bisa memperoleh manfaat kedua bahan tersebut secara optimal untuk memutihkan gigi. Caranya:
  • Siapkan satu buah lemon dan peras hingga diperoleh sarinya
  • Campurkan ½ sdt perasan air lemon dengan ½ sdt baking soda ke dalam mangkuk
  • Aduk hingga merata
  • Oleskan pada sikat gigi, lalu gosok gigi dan jangan sampai mengenai gusi
  • Bilas dengan air hingga mulut benar-benar bersih
  • Terakhir, gosok gigi dengan pasta gigi untuk mencegah pengkikisan enamel gigi

Perlu diingat bahwa lemon memiliki sifat asam yang tinggi, sehingga apabila terlalu sering digunakan untuk menggosok gigi bisa menyebab kerusakan gigi. Oleh karena itu, perawatan ini cenderung tidak dianjurkan. Jika anda terpaksa melakukannya, cukup melakukannya 3 bulan sekali.

5. Campuran Baking Soda dan Hidrogen Peroksida

Source: Sawbones

Hidrogen peroksida adalah bahan kimia yang sering digunakan sebagai obat pemutih, bersifat antibakteri dan antijamur. Bahan ini dapat mudah ditemukan di apotek dan biasanya dimanfaatkan sebagai obat kumur untuk membunuh bakteri dalam mulut. Nah, Hidrogen Peroksisa juga bisa diaplikasikan dengan baking soda untuk menghilangkan warna kuning pada gigi. Caranya:

  • Campurkan ½ sdt baking soda dengan ½ sdt hidrogen peroksida ke dalam mangkung
  • Aduk-aduk hingga merata dan membentuk pasta
  • Oleskan pada sikat gigi, lalu gosok gigi anda seperti biasanya
  • Bilas dengan air hingga mulut benar-benar bersih

Sebaiknya anda menghindari perawatan pemutihan gigi dengan hidrogen peroksida, sebab senyawa ini bersifat sangat korosif dan bisa meracuni tubuh jika tertelan. Apabila anda berencana menggunakannya sebagai obat kumur, belilah larutan hidrogen peroksida 3%, kemudian encerkan kembali dengan air sebelum diterapkan pada mulut. Ingat, jangan sampai tertelan dan berkumurlah hingga bersih.

6. Jangan Menyikat Gigi Melebihi 2 Menit


Source: Steven Depolo

Baking soda memang cuku berkhasiat dalam memutihkan gigi. Namun bukan berarti penggunaannya tidak memiliki efek samping.  Baking soda merupakan bahan kimia yang bersifat cukup abrasif, sehingga apabila digunakan terlalu lama bisa menyebabkan hipersensititif dan kerusakan pada enamel gigi.

7. Gunakan Sikat Berbulu Halus


Source: nishantcm

Hal lain yang perlu anda ketahui bila menggosok gigi menggunakan baking soda adalah jenis sikatnya harus berbulu halus. Tujuannya agar lebih mudah dalam menyikat dan mampu menjangkau sela-sela gigi. Selain itu, usahakan untuk tidak mengenai gusi sebab bisa memicu rasa panas bahkan pendarahan.

8. Gunakan 2 Minggu Sekali


Source: evitaochel

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, baking soda tidak baik jika digunakan terus-menerus untuk menggosok gigi. Oleh karena itu, anda cukup menggunakannya dua minggu sekali. Apabila warna kuning pada gigi sudah mulai memudar, kurangi frekuensi penggunaanya menjadi 1-3 bulan sekali.

9. Tidak Dianjurkan Untuk Pengguna Behel


Source: Loren Kern

Bagi anda yang saat ini sedang menggunakan behel, hindarilah menggosok gigi anda menggunakan baking soda. Sebab baking soda bersifat basa dan bisa melarutkan lem pada behel yang anda gunakan. Biasanya pengguna behel memiliki teknik khusus untuk perawatan giginya.

10. Berkonsultasi Dengan Dokter


Source: oswaldaruiz

Sebelum anda memutuskan menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter gigi terlebih dahulu. Tujuannya agar dokter bisa memeriksa kondisi gigi anda, apakah aman bila diolesi baking soda atau mungkin malah berbahaya. Yang jelas, berkonsultasilah untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Demikianlah beberapa tips memutihkan gigi dengan baking soda. Satu hal yang perlu diperhatikan, baking soda tidak dapat menggantikan peran pasta gigi. Karena selain sifatnya yang abrasif, baking soda tidak mampu menjaga kekuatan enamel gigi sebagaimana fungsi pasta gigi. Jadi jangan berlebihan dalam menggunakannya ya!

Semoga bermanfaat.