10 Tips Membuat Kopi Instant Tubruk Agar Terasa Lebih Nikmat

By |2018-11-08T04:23:53+00:00March 13th, 2017|Culinary|Comments Off on 10 Tips Membuat Kopi Instant Tubruk Agar Terasa Lebih Nikmat

Source: Pactovisual

Kopi adalah salah satu minuman yang paling digemari didunia dan banyak orang tak bisa menghabiskan harinya tanpa meminum kopi. Berbagai macam kopi juga bisa dengan mudah ditemukan dipasaran untuk memenuhi selera para penggemar kopi termasuk kopi instan tubruk yang mudah dibuat dan disajikan dirumah. Memang rasa kopi tubruk agak berbeda dari kopi yang disajikan di kafe atau kedai kopi, tapi tahukah kamu bahwa dengan tips ini kamu bisa membuat kopi tubruk jadi lebih nikmat? Simak tipsnya berikut ini.

1. Pilih Kopi Berkualitas

Source: Ulleo

Untuk mendapatkan rasa kopi yang enak tentu saja kamu harus memilih untuk menyeduh kopi instant yang berkualitas baik atau memilih merk yang sudah terkenal dipasaran. Pilih kopi sesuai seleramu baik kopi robusta atau jenis kopi lainnya. Perhatikan juga tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan, jangan sampai kamu membeli kopi kemasan yang sudah tak layak konsumsi ya.

2. Siapkan Air Panas

Source: Ulleo

Sebelum membuat kopi instant siapkan air yang benar-benar panas dan jangan gunakan air panas yang tanggung. Maksudnya gunakan hanya air yang benar-benar panas atau mendidih agar rasa kopi lebih enak dan tidak menggumpal. Hindari menggunakan air hangat saat membuat kopi instant karena rasanya akan berbeda jika dibuat dengan air panas.

3. Ikuti instruktur Pembuatan

Source: Rudolf Langer

Memang terlihat sepele tapi membuat kopi sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan akan membuat rasa kopi lebih enak dibandingkan jika tidak mengikuti instruksi. Baca petunjuk pembuatan kopi pada kemasan dengan seksama dan lihat juga takaran air yang harus digunakan.

4. Tuang Air Dengan Takaran Yang Tepat

Source: Kavekostolo

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kesalahan yang sering dilakukan saat membuat kopi adalah dengan tidak menggunakan rasio perbandingan air dan kopi dengan benar dan menyamakan takaran air yang digunakan untuk setiap merk atau kemasan kopi yang digunakan. Setiap merk atau jenis kopi pasti punya takaran airnya sendiri dan kamu harus mengetahuinya dengan baik. Gunakan gelas ukur jika perlu apabila kamu tidak tahu seberapa banyak harus menuangkan air.

5. Larutkan Dalam Air Dingin Terlebih Dahulu

Source: Unsplash

Ini trik yang belum banyak diketahui untuk membuat rasa kopi tubruk lebih enak. Sebelum menuangkan air panas, larutkan kpi tubruk kemasan dalam beberapa sendok air dingin baru setelah kopi larut tambahkan air panas dengan takaran yang tepat. Melarutkan kopi terlebih dahulu dalam air akan membuat granula kopi melepaskan rasa secara perlahan dibandingkan jika dilarutkan dalam air panas yang masih menyisakan rasa serbuk seperti tepung didalamnya.

6. Tuang Air Panas Perlahan

Source: Unsplash

Jangan sembarangan menuang air panas kedalam kopi karena ini juga akan mengurangi rasa nikmatnya. Tuang air panas perlahan-lahan agar rasa kopi terkunci dengan baik terutama setelah dilarutkan dengan air dingin terlebih dahulu.

7. Tambahkan Susu Atau Gula

Source: Pexels

Jika kamu kurang menyukai kopi hitam atau kopi tubruk, kamu bisa menambahkan susu atau gula sesuai selera tentunya dengan takaran yang tidak berlebihan. Jika ingin tekstur kopi lebih creamy, kamu bisa mengganti air panas dengan susu yang telah dipanaskan sebelumnya atau menambahkan krimmer sesaat setelah air panas dituangkan kedalam gelas.

8. Aduk Kopi Hingga Merata

Source: Mariavp

Setelah menuangkan air panas atau susu maupun krimmer dalam gelas aduk kopi secara merata dan jikatersedia kamu bisa menggunakan alat pengaduk kopi yang dapat mengaduk larutan lebih baik dan merata. Tentunya pengadukan yang tepat dan agak lama akan membuat semua komponen didalamnya menyatu dengan baik dan rasa kopi menjadi  semakin nikmat.

9. Simpan Kopi Ditempat Yang Kedap Udara

Source: Bykst

Jika membeli kemasan kopi tubruk dengan ukuran yang cukup besar atau untuk beberapa kali penyajian, simpan sisanya pada wadah yang kedap udara seperti toples atau container dengan tutupnya. Jangan biarkan kemasan terbuka begitu saja karena rasa kopi akan berkurang jika terpapar dengan udara begitu juga dengan kelembaban yang bisa mempengaruhi rasa kopi tersebut.

10. Tambahkan Minyak Kelapa Atau Mentega

Source: Julie vvd

Cara ini mungkin sedikit anti mainstream karena jarang sekali orang yang meminum kopi dengan menambahkan minyak kelapa atau mentega kedalamnya. Meskipun aneh, beberapa orang yang melakukan cara ini mengatakan bahwa rasa kopi menjadi lebih nikmat dan gurih, lho! Coba saja menuangkan kopi yang dicampur satu sendok teh minyak kelapa atau mentega kedalam blender dan mengaduknya menjadi satu. Sajikan dan coba rasakan perbedaannya. Nah, kamu yang hobi mengkonsumsi kopi apa sudah mengetahui semua trik membuat kopi instant tubruk agar lebih nikmat seperti diatas? Jika belum, tidak ada salahnya mencoba dan “have a great cup of coffee”