10 Tips Gampang dalam Merawat Wajah Ala Korea

By |2018-12-12T12:52:19+00:00December 12th, 2018|Beauty, Lifestyle|Comments Off on 10 Tips Gampang dalam Merawat Wajah Ala Korea


Source: Shahid Shafiq

Merawat wajah setiap hari sangatlah penting, apalagi bagi kaum perempuan. Kita mungkin selama ini hanya menerapkan cara-cara paling simpel dalam merawat wajah atau istilahnya skin care routine. Namun karena tren produk kecantikan ala Korea mulai mewabah di tanah air, mau tak mau kamu juga harus tahu dan ikut melakukan perawatan wajah ala Korea. Dan hal itu akan merubah kebiasaanmu dalam merawat wajah.

Kenyataannya, merawat wajah ala Korea bagi sebagian orang akan terdengar rumit. Namun jangan mudah menyerah saat kamu merasa susah menjalankan perawatan wajah ala Korea, karena ada cara gampang untuk mengatasinya. Terapkan 10 tips simpel dalam merawat wajah ini. Mirip dengan perawatan ala Korea, namun kamu tak akan merasa ribet.

1. Bersihkan Wajah dengan Cleanser/Make Up Remover

Setelah bangun tidur, biasakan untuk membersihkan wajah menggunakan cleanser, bisa berupa milk cleanser atau jenis lain. Karena semalaman kamu menggunakan krim malam, maka sudah sewajarnya jika kamu menghapus sisa krim malam yang menempel di wajah sebelum mandi.

Begitu pula setelah seharian beraktivitas, kamu harus menghapus riasanmu. Menghapusnya bisa menggunakan cleanser atau make up remover, dan bersihkan secara maksimal sampai seluruh sisa make up terangkat dari wajah.

2. Pilih Sabun Muka Sesuai Jenis Kulit


Source: Deutchsland

Kamu perlu mengetahui seperti apa jenis kulitmu yang sebenarnya. Apakah kulitmu kering, normal atau berminyak? Jangan sampai salah memilih sabun muka, karena jika sampai salah, kamu yang akan dirugikan. Untuk kulit berminyak, jangan gunakan sabun muka yang memiliki kandungan yang bisa melembabkan wajah. Hal ini hanya akan membuat muka si kulit berminyak beruntusan, muncul jerawat kecil-kecil.

Untuk kulit kering, hindari menggunakan sabun muka dengan kandungan lemon. Yang ada justru muka si kulit kering hanya akan semakin kering dan bersisik.

3. Gunakan Toner Setelah Sabun Muka

Dalam perawatan wajah ala Korea, toner memiliki fungsi sebagai cairan yang sangat manjur untuk menutup pori-pori wajah dan mengencangkan kulit. Maka sudah saatnya kamu mengganti kebiasaan menggunakan toner setelah cleanser. Gunakanlah toner setelah mencuci muka dengan sabun muka, dengan cara menuangkan toner ke atas kapas dan menepuk-nepuk secara perlahan ke wajah.

4. Selalu Sedia Produk Acne Treatment


Source: Kjerstin Michaela Haraldsen

Sejatinya tak ada seorang pun yang bisa menghindari jerawat, karena bagi perempuan yang sedang dalam masa haid, munculnya jerawat adalah hal yang lumrah terjadi. Maka dari itu sudah saatnya kamu selalu menyediakan sebuah obat jerawat kecil, agar saat jerawat tiba-tiba muncul, kamu bisa langsung mengolesi titik jerawat dengan obat tersebut.

5. Exfoliator adalah Produk Penting

 
Source: 821292

Exfoliator atau peeling wajah memang harus kamu miliki, karena mengangkat sel-sel kulit mati perlu dilakukan setidaknya seminggu sekali. Pilihlah produk peeling yang sesuai dengan kulit wajahmu dan hindari memilih jenis peeling yang memiliki tekstur terlalu kasar, karena akan melukai kulit. Jangan terlalu sering melakukan peeling pada wajah, karena jika terlalu sering, wajahmu akan semakin tipis dan terkelupas. Minimal seminggu sekali, tapi jika benar-benar perlu, lakukan dua kali seminggu.

6. Masker Wajah Setelah Peeling

View this post on Instagram

Day 10 and 11 of @mapletreeblog and @maskaddict #maskmadness is Eyes and Afternoon Tea! 🤗 🍵🍵🍵🍵🍵🍵🍵🍵🍵🍵 Being British, I'm good at tea. As is often the case, I prefer things that are harder to get! 😂 So my favourite teas are mostly Japanese like matcha and green tea with roasted rice, and Chinese like Oolong and Ti Kuan Yin. For health reasons though,the one I drink millions of cups a day of is Peppermint 🌱🌱🌱 Pictured are…. ❤️Lovemore Platinum Whitening Eye Patches 😴Biore Sleeping Undereye Hydrogels – these are super interesting as ive never seen any other hydrogels designed to sleep in! 🍚To The Nature Black Coloured Rice Hydrogel ⚜️Cel Derma Multi Perfection Hydrogel 🌿Innisfree Green Tea Capsule Pack 💦Kao Megrhythm Steam Eye Mask in Chamomile, Lavender and Yuzu – These are irreplaceable and ive been using them for years and will use them for many more 😉 #japanesecosmetics #taiwanesebeauty #taiwaneseskincare #tbeauty #instabeauty #instaskincare #instareview #1일1팩 #eyecare #skincareaddict

A post shared by Skincare Addict (@mcuriousity) on

Ketika kamu melakukan peeling atau mengangkat sel-sel kulit mati di wajahmu, tentu pori-pori wajah akan terbuka. Biasakan untuk menggunakan masker wajah setelah peeling agar pori-pori wajah lebih tertutup. Saat ini sudah banyak produk masker dari Korea yang pemakaiannya hanya satu kali saja setelah itu dibuang. Namun jika ingin menghemat, belilah masker yang bisa dipakai berulang kali, dan biasanya jenis masker ini bisa berupa krim, bubuk, ataupun gel.

7. Krim Malam Itu Penting


Source: Alexas Fotos

Cobalah untuk mulai rutin menggunakan krim malam, apalagi jika kamu memiliki tipe kulit kering. Krim malam akan menutrisi dan memberikan kelembaban semalaman pada kulit keringmu, dan kamu akan merasakan sensasi segar dan kenyal pada wajah setelah bangun tidur. Tentu tak hanya tipe kulit kering saja yang perlu menggunakan krim malam, tapi hal ini berlaku untuk seluruh tipe kulit. Krim malam akan bekerja memperbaiki kulit wajahmu di malam hari saat kamu beristirahat.

8. Serum Memperbaiki Kulit, Bukan Melembabkan


Source: Saponifier

Banyak yang salah mengartikan serum sebagai salah satu jenis pelembab yang memiliki harga mahal. Padahal, kerja serum tentu lebih penting dan besar daripada melembabkan. Serum berfungsi memperbaiki kulit, mengecilkan pori-pori agar kulit menjadi lebih baik. Memang jika dilihat tampak seperti melembabkan di permukaan, padahal lapisan terdalam kulitlah yang menjadi fokus kerja serum wajah.

9. Pelembab Wajah di Pagi Hari

Tak hanya di malam hari, melembabkan wajah juga dibutuhkan di pagi hari. Gunakanlah moisturizer sebelum memakai make up di pagi hari, agar kulit wajahmu senantiasa lembab. Hasil riasan akan lebih menempel sempurna jika kamu mengoleskan pelembab pada wajah, bahkan pelembab wajah dapat mengurangi efek iritasi yang ditimbulkan oleh pemakaian suatu produk make up.

10. Tabir Surya Sebelum Pelembab di Pagi Hari


Sources: Chezbeate

Aplikasikan tabir surya ke seluruh permukaan wajah pertama kali, sebelum mengoleskan produk lain ke wajah. Setelah itu kamu bisa menambahkan pelembab dan produk-produk lainnya seperti produk make up. Jangan sepelekan penggunaan tabir surya, karena sinar matahari akan memberikan efek buruk pada wajahmu. Tak hanya terlihat makin kusam dan gelap, sinar matahari juga akan menyerang lapisan dalam kulitmu, seperti menyebabkan munculnya keriput terlalu cepat.

Selain memperhatikan perawatan wajah yang benar, pola hidup juga harus senantiasa dijaga agar wajah kita tetap sehat dan cerah. Kebiasaan meminum air putih minimal 8 gelas sehari juga terbukti ampuh dalam melembabkan wajah, begitu pula dengan olahraga secara teratur. Hindari memakan makanan gorengan terlalu berlebihan jika tidak ingin muncul jerawat di wajah.

So, let’s be healthy, Ladies!