10 Tempat Wisata Alam Wajib di Kunjungi di Purwakarta

By |2018-11-07T04:58:31+00:00January 16th, 2017|Trip and Travel|Comments Off on 10 Tempat Wisata Alam Wajib di Kunjungi di Purwakarta

PurwakartaSource: wikipedia

Wilayah Purwakarta mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat dengan kawasan wisatanya. Namun dearah ini ternyata memiliki banyak wisata alam yang layak dikunjungi. Dengan akses yang mudah dijangkau dan kedekatan lokasi dengan ibukota Jawa Barat, Bandung, daerah ini dapat menjadi alternatif tujuan wisata baru terutama untuk wisatawan dalam negeri yang tinggal disekitar Jawa Barat. Berikut adalah wisata alam di daerah Purawakarta yang layak dicobaa

1. Curug Cipurut


Source: Banuadji

Berjarak tempuh hanya sekitar 30 kilometar dari jantung kota Purwakarta, tempat wisata ini menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi. Air terjun Curug Cipurut berketinggian sekitar 25 meter dan bertingkat-tingkat. Curahan airnya juga deras dan bersih, Suasana di sekitar air terjun yang hijau, tentam dan sejuk, menjadikan tempat wisata ini menjadi objek yang tidak boleh dilewatkan.

2. Situ Wanayasa

Tempat wisata alam ini merupakan sebuah danau jernih dengan luas sekitar 7km. Danau berjarak tempuh 23 kilometer dari pusat kota Purwokarta. lokasinya berdekatan dengan Curug Cipurut, yakni disekitar lereng gunung Burangrang, Situ Wanayasa. Keunikan dari danau ini yakin keberadaan sebuah pulau tepat di tengah-tengah danau. Pulau tersebut merupakan tempat dimakamkannya mantan bupati Karawang yang tersohor, RA Suawinata.

3. Waduk Jatiluhur


Source: Christian Siallagan

Tempat wisata ini adalah salah satu yang paling banyak diminati oleh para kaum wisatawan. Sebagai waduk terbesar di Indonesia, luasnya mencapai setengah ukuran kabupaten Purwakarta atau sekitar 8300 hektar. Berjarak hanya sekitar 9 kilometer dari pusat kota Purwakarta, waduk ini menyunguhkan pemandangan danau yang sangat memukau. Terdapat pula berbagai fasilitas rekreasi yang cukup lengkap disekitar waduk seperti hotel, bungalow, bar dan restoran. Tidak ketinggalan sarana rekreasi dan olahraga air seperti mendayung, selancar angin, kapal pesiar, ski air, dan water slide. Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat menikmati ikan bakar yang dibudidayakan pada keramba jarring apung.

4. Goa Jepang

Source: Lady Khaulah

Sesuai dengan namanya, goa ini merupakan goa peninggalan kolonial. Ditilik dari sejarah bangsa yang pernah mengalami masa okupasi Jepang, objek wisata peninggalan masa penjajahan menjadi saksi sejarah yang cukup diminati wisatawan. Goa yang dibangun di tahun 1942 awalnya ditujukan sebagai tempat penyimpatan mesiu dan senjata tentara Jepang. Selain itu, goa ini ini merupakan daerah yang aman untuk berkomunikasi dengan menggunakan radio bagi sesame tentara Jepang.

5. Goa Belanda

Source: Sheila Anom

Goa ini letaknya berdampingan dengan Goa Jepang dengan hanya berjarak sekitar 800 meter. Goa ini dibangun hanya setahun sebelum Goa Jepang. Serupa dengan Goa Jepang, goa ini dulunya merupakan tempat aman bagi para tentara Hindia Belanda untuk saling berkomunkasi. Sebagai saksi sejarah, keberadaan goa ini sanat dijaga oleh masyarakat setempat. Nuansa alam alami disekitar Goa Jepang dan Goa Belanda yang sangat memukai, menjadikan tempat ini daerah yang diminati oleh wisatawan untuk mengabadikan gambar.

6. Situ Buleud

Wisata alam danau berbentuk bulat ini sangat strategis karena berlokasi di pusat kota Purwakarta. Sebagai ikon dari kota Purwakarta, objek wisata ini ditata dengan sangat baik. Keberadaan Situ Buleud pada awalnya hanya sekedar kolam kubang bagi binatang Badak. Namun seiring dengan kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia, tempat ini kemudian dijadikan area peristirahatan. Saat ini Situ Buleud banyak dikunjungi oleh penduduk untuk berolah raga sambil menikmati udara segar dari rimbunan pohon yang ditanam rindang mengeliling situs tersebut.

7. Giri Tirta Kahuripan

Source: Lev Sims

Merupakan wisata agro yang dilengkapi dengan tempat beristirahan villa atau cottage dan restoran dengan menu makanan yang lengkap. Wisata yang masih tergolong baru ini dalam waktu singkat menjadi sangat poplar bahkan hingga ke manca negara. Hal ini wajar mengingat tempat wisata ini di lengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap termaksud Sky Pool, area outbound, kolam pemancingan, ATV, kolam angsa, taman burung, taman bunga, lapangan futsal, kebun buah hingga area berkemah. Penataannya yang ditata dengan suguhan keindahan alam perbukitan menambah nilai plus untuk objek wisata ini.

8. Air Panas Ciracas

Sumber mata air panas ini berlokasi hanya sekitar 8 km dari Situ Winayasa. Dengan sekitar 12  titik sumber air panas yang sebagiannya masih dikelilingi pemandangan indah pematang sawah oleh wa namun beberapa di antaranya terdapat di sekitar pematang sawah milik warga setempat. Sumber air panas Ciracas ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti kulit, rematik, dan lainnya.

9.Waduk Cirata

Tempat ini selain berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) juga kerap dijadikan tempat wisata bagi warga Purkawarta dengan keindahana alam yang alami. Sangat ideal untuk menghirup udara sejuk dengan suasana yang nyaman dan tenang.

10. Gunung Cupu

Gunung yang berada di daerah Plered ini merupakan salah satu gunung yang wajib dikunjungi para pecinta alam. Walapun ketinggannya hanya mencapai sekitar 300 mdpl, Gunung Cupu yang didominasi oleh batu ini memiliki pemandangan alam yang indah.