10 Tanda Kehamilan yang Anda Perlu Tahu

By |2018-11-07T05:25:43+00:00February 20th, 2017|Family|Comments Off on 10 Tanda Kehamilan yang Anda Perlu Tahu

StockSnapSource: Arteida MjESHTRI

Kehamilan merupakan suatu hal yang pada umumnya didambakan oleh wanita setelah menikah. Jika sekarang Anda sedang harap-harap cemas dan belum tahu secara pasti apakah sedang hamil atau tidak dan sebelum Anda membeli test pack, coba bacalah beberapa tanda di bawah ini. Mungkin Anda mengalami beberapa di antaranya dan artinya kemungkinan besar Anda sedang hamil!

1. Mual dan Muntah

Morning sickness adalah gejala yang paling umum terjadi pada seorang ibu yang sedang hamil muda. Walaupun tidak selalu terjadi di pagi hari, namun biasanya rasa mual dirasakan ketika baru bangun pagi. Rasa mual ini terjadi karena meningkatnya kadar HCG (human chorionic gonadotropin) dalam tubuh ibu yang menyebabkan rasa perih pada lambung pada pada minggu-minggu pertama kehamilan. Rasa mual juga bisa disebabkan karena bau-bauan tertentu yang sebelumnya tidak terlalu mengganggu Anda.

2. Terlambat Haid

Source: Kaboompics // Karolina

Terlambat haid lebih dari dua minggu bisa berarti Anda positif hamil. Wanita yang sedang hamil biasanya mengalami spotting atau pendarahan akibat menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim. Pendarahan ini kadang disalahartikan sebagai haid. Jika Anda sudah lama terlambat dan mengalami pendarahan ringan (yang biasanya hanya terjadi selama satu hari) besar kemungkinan Anda sedang hamil.

3. Perut Terasa Kram

Pendarahan ringan yang terjadi biasanya juga disertai rasa kram pada perut. Banyak wanita menduga mereka akan mendapatkan haid, padahal rasa kram ini sedikit berbeda dengan kram pre-menstrual. Banyak yang mengatakan rasa kram pada kehamilan muda dirasakan di perut bagian bawah, sementara kram haid biasanya terasa di sekitar pinggang. Kram ini biasanya akan terasa terus sampai usia kehamilan mencapai trimester kedua.

4. Payudara Bengkak dan Lunak

Source: freestocks

Beberapa wanita yang sedang mengalami PMS juga merasakan gejala ini. Namun pada ibu hamil, payudara biasanya akan membesar namun lunak ketika disentuh. Selain itu, bagian areola juga membesar dan warnanya menjadi lebih gelap. Perubahan bentuk payudara ini disebabkan karena kelenjar-kelenjar yang berkembang untuk menyiapkan ASI.

 5. Perubahan Mood

Source: PourquoiPas

Jika Anda merasa lebih sensitif dan sering marah-marah pada suami, mungkin Anda sedang hamil. Perubahan mood pada kehamilan muda disebabkan karena kadar hormon estrogen dan progesteron yang meningkat. Namun sebenarnya, ada juga ibu hamil yang mood-nya justru menjadi tambah baik dan merasa lebih bahagia. Perubahan mood ini juga bisa berdampak pada berubahnya kebiasaan Anda sehari-hari, lho!

6. Sering Buang Air Kecil

Source: Abdul Alifuddin

Ketika rahim mulai mempersiapkan ruang untuk janin, ia akan bertambah besar sedikit demi sedikit. Di awal kehamilan (dan juga selama kehamilan), perubahan ukuran rahim ini akan mendempet kandung kemih sehingga ukurannya akan semakin kecil dan lebih cepat penuh. Hal ini menyebabkan Anda akan lebih sering buang air kecil.

7. Mudah Lelah dan Mengantuk

Source: cuncon

Ketika hamil muda, Anda akan merasa cepat capek dan selalu ingin tidur-tiduran. Ditambah lagi dengan perubahan mood dan rasa mual. Selain karena dua hal tersebut, rasa kelelahan juga disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron serta turunnya kadar gula dan tekanan darah. Tubuh ibu yang sedang hamil muda juga sedang bekerja keras untuk menyiapkan tempat bertumbuhnya janin sehingga sangat mungkin metabolisme tubuh juga berubah drastis.

 8. Sembelit

Meningkatnya hormon progesteron akan mengendurkan otot rahim. Selain otot rahim mengendur dan membesar, otot pada dinding usus juga mengalami hal yang sama. Mengendurnya otot dinding usus menyebabkan Anda sulit buang air besar. Namun menurut beberapa ahli hal ini juga baik karena nutrisi dalam makanan dapat terserap dengan lebih maksimal.

9. Ngidam

Source: Ed Gregory

Ini mungkin bagian paling menyebalkan sekaligus menyenangkan bagi ibu yang sedang hamil muda. Rasa ngidam merupakan salah satu akibat dari perubahan hormon dalam tubuh. Orang mengalami ngidam yang berbeda-beda, namun biasanya ibu muda akan menyukai makanan yang asin dan gurih karena bisa mengurangi rasa mual juga. Selain ngidam, Anda mungkin saja tidak mau lagi makan makanan yang biasanya Anda sukai. Mungkin ini yang membuat suami Anda semakin gemas, ya!

10. Sakit Punggung

View this post on Instagram

My (T6-L1) vertebrae have been fused for 25 years & my lowest disc is worn out as a result. 🙋🏼 The pain when I wake up is intense & leaves me NOT wanting to workout … but I get out of bed & get moving because movement eases the pain. My surgeon today said everything I'm doing is all I can do. Low impact exercise & eating healthy. I started into FITNESS to find emotional relief & I've found so much more … #courage to keep fighting, strength to help others & results that literally help me feel better. Feeling grateful that my body can do so much even with some limitations. 👊🏻I have a 30 day challenge coming up that will give you the option to work with me 12 months of the year for MUCH less than a gym 🙌🏻 It's all online & includes simple nutrition & 30 minutes of exercise 3-6 times a week! Email or push CONTACT mamabearfit@gmail.com #scoliosissurgery #scoliosisfighter #scoliosisstrong #chronicpain 📸PC: @maleaellett

A post shared by Ashlynn Allen Mitchell (@mamabear.fitness) on

Jika selama ini Anda tidak punya keluhan sakit punggung namun tiba-tiba merasakannya, mungkin saja Anda sedang hamil. Sakit punggung disebabkan karena meregangnya sendi-sendi pada tulang belakang sebagai persiapa untuk menopang rahim dan perut Anda yang akan bertambah besar. Rasa nyeri punggung ini sayangnya tidak akan hilang sampai Anda melahirkan nanti.

Selain 10 tanda di atas, ibu yang sedang dalam masa awal kehamilan biasanya juga akan lebih sering meludah (hipersalivasi) dan muncul rasa logam di dalam mulut. Jadi, kalau Anda sedang merasakan tanda -tanda kehamilan di atas tadi segeralah periksa dengan test pack atau pergilan ke dokter kandungan. Semoga Anda mendapatkan kabar gembira sesuai harapan ya, Moms!