10 Sumber Makanan Mengandung Protein Tinggi

By |2018-11-07T06:38:52+00:00February 12th, 2017|Health|Comments Off on 10 Sumber Makanan Mengandung Protein Tinggi


Source: Hamza Butt

Konsumi protein adalah salah satu hal penting dalam memunuhi kebutuhan nutrisi harian. Banyaknya fungsi protein bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh, menjadikan makanan mengandung protein tinggi menjadi salah satu menu yang harus ada sehari-hari. Tubuh kita sendiri setiap harinya membutuhkan paling tidak adalah 0,8 kali berat badan.

Nah karena itu, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan mengandung protein tinggi dibawah ini ya!

1. Kacang kedelai (36.49 gr / 100gr)


Source: Scott Robinson

Tahu dan tempe, dua jenis olahan dari kacang kedelai tersebut seakan sudah menjadi bahan makanan yang tak asing lagi bagi warga Indonesia. Dan tentunya sudah bukan rahasia lagi bahwa tahu dan tempe, yang berasal dari kacang kedelai merupakan sumber makanan yang kaya protein. Bayangkan saja, dalam 100 gram kacang kedelai terdapat hingga 36.49 gram protein.

2. Daging (20-36 gr protein / 100gr)


Source: Michael Cannon

Daging menjadi salah satu sumber protein hewani tertinggi yang bisa dikonsumsi. Namun tentu saja, ada banyak sekali jenis daging yang memiliki kandungan protein dalam jumlah yang berbeda-beda pula. Misalnya saja dalam setiap 100 gram daging ayam terdapat 25 hingga 35 gram protein. Sedangkan pada 100 gram daging sapi akan terdapat 25 hingga 36 gram protein.

3. Ikan Tuna (29 gr / 100 gr)


Source: Usodesita

Ikan tuna sudah tak asing lagi sebagai makanan dengan kandungan omega 3 yang tinggi. Selain itu jenis ikan dengan daging berwarna merah dan putih ini memiliki protein hingga 29 gram. Dan juga, ikan tuna pun memiliki kandungan lain seperti vitamin A dan D, kolin, kalsium, fosfos, zat besi, magnesium, serta zinc.

4. Kacang polong (25 gr / 100 g)


Source: Ruth Hartnup

Tak banyak yang tahu, jenis kacang bulat berwarna hijau ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Kacang polong tak hanya memiliki banyak kandungan serat, jenis kacang-kacangan ini pun mengandung banyak sekali protein. Pada 100 gram kacang polong sendiri, terdapat hingga 25 gram protein yang baik untuk perkembangan tubuh dan perbaikan sel.

5. Almond (21.22 gr / 100 gr)


Source: Harsha K R

Dari sekian banyak biji-bijian, almond merupakan salah satu jenis yang paling jarang dikonsumsi di Indonesia. Padahal, almond memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin E, yang terkandung hingga 26 mg per 100 g, hingga vitamin B, magnesium, tembaga, mangan, kalsium, dan kalium serta lemak tak jenuh. Selain itu, juga protein yang terdapat hingga 21.22 gram dalam setiap 100 gram almond.

6. Keju (21 gr / 100gr)


Source: Andrea Goh

Berikutnya adalah jenis makanaan olahan dari susu ini. Keju, yang memiliki banyak sekali jenis memang sudah begitu dikenal dengan kandungan kalsiumnya yang tinggi. Namun rasanya belum begitu diketahui bahwa keju pun juga menjadi sumber protein yang baik. Pada 100 gram keju misalnya, terdapat hingga 21 gram protein. Selain juga terdapat mineral protein, kalsium dan fosfor.

7. Biji bunga matahari (20.78 gr / 100 gr)


Source: oatsy40

Iya, camilan berukuran kecil yang biasa dikenal sebagai kuaci ini pun rupanya memiliki kandungan protein yang tinggi. Dalam 100 gram biji bunga matahari saja, terdapat hingga 20.78 gram protein. Selain itu, biji bunga matahari pun mengandung banyak karbohidrat, serta vitamin dan zat mineral lain. Boleh nih untuk dijadikan camilan sehat, ya.

8. Gandum (16 gr / 100 gr)


Source: Sleepy Claus

Di banyak negara, gandum digunakan sebagai makanan pengganti beras. Dan uniknya, jenis makanan satu ini sebenarnya memiliki kandungan yang lebih baik dari beras yang biasa kita konsumsi. Pada gandum terdapat kandungan protein hingga 16 gram, selain itu juga terdapat kandungan karbohidrat, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, zinc.

9. Telur (12.6 gr / 100 gr)


Source: zhouxuan12345678

Telur, terutama pada putih telur memiliki protein dalam bentuk sederhana yang mudah dicerna. Bila pada makanan mengandung protein lain memerlukan ikatan dengan mineral lain, maka protein pada telur berbeda. Selain itu, putih telur pun baik dikonsumsi untuk sumber protein karena tak terdapat lemak jenuh seperti halnya sumber protein pada makanan lain.

10. Beras (7.13 gr /100 g)


Source: Divya Thakur

Kandungan protein pada beras memang tak begitu banyak. Hanya 7.13 gram protein pada 100 gram beras. Ini tentunya berkebalikan dengan jumlah karbohidrat pada beras yang mencapai 80 gram. Namun beras bisa menjadi sumber protein karena banyak dan seringnya jenis makanan mengandung protein ini dikonsumsi. Ini tentu saja membawa kebaikan tersendiri.

Nah, dari 10 makanan mengandung protein di atas, mana yang paling sering Anda konsumsi?