10 Rahasia Daun Sirsat yang Jarang Diketahui

By |2018-11-07T06:56:44+00:00February 7th, 2017|Health|Comments Off on 10 Rahasia Daun Sirsat yang Jarang Diketahui


Source:
DineshValke

Sirsat merupakan salah satu buah tropis. Buah berwarna hijau ini relatif mudah ditemukan di Indonesia. Buahnya yang rasanya asam manis segar sudah banyak dimanfaatkan secara luas. Namun, tahukah Anda rahasia yang ada di balik daun sirsat? Ya, daun sirsat juga megandung berjuta manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut ulasannya.

1.Melawan Kanker


Source:
Myriam-Fotos

Daun sirsat dapat menyembuhkan kanker dengan cepat dan efektif. Daun sirsat mengandung zat aktif yang dapat melawan sel kanker lebih efektif dibandingkan dengan kemoterapi, dan tidak menimbulkan efek samping seperti halnya kemoterapi. Zat aktif yang terkandung dalam daun sirsat juga dapat mengobati berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker payudara.

2.Mengobati Asam Urat


Source:
Tatters

Kabar gembira bagi Anda yang mengalami asam urat. Konsumsi rutin rebusan daun sirsat dapat membantu Anda mengatasi keluhan asam urat. Pilih 6 hingga 10 lembar daun sirsat yang sudah tua, rebus dengan 2 gelas air. Didihkan hingga tersisa 1 gelas air. Minum setiap pagi dan sore hari untuk hasil maksimal.

3. Mengobati Sakit Pinggang


Source:
Typographyimage

Terlalu lama duduk saat bekerja kadang membuat pinggang terasa sakit. Solusi instan mengatasinya adalah dengan minum obat sakit pinggang, meski tentu ada efek sampingnya. Daun sirsat juga dapat menyembuhkan sakit pinggang secara herbal, tanpa menimbulkan efek samping. Rebus 20 lembar daun sirsat dengan 5 gelas air hingga hanya tersisa 3 gelas. Minum sekitar 3/4 gelas tiap pagi untuk meredakan sakit pinggang.

4. Mengobati Rematik


Source:
RyanMcGuire

Rematik merupakan penyakit yang menyerang sendi dan anggota gerak tubuh lainnya. Gejala yang muncul biasanya adalah rasa nyeri yang luar biasa pada sekitar sendi. Rematik biasanya dialami oleh lansia. Daun sirsat juga dapat menyembuhkan rematik secara alami. Hancurkan daun sirsat hingga lembut, lalu balurkan di daerah yang sakit dua kali sehari untuk meredakan sakit.

5. Mengobati Diabetes


Source:
Stevepb

Diabetes merupakan kondisi di mana kadar gula darah melebihi ambang batas normal. Gula darah yang tidak terkontrol dapat berdampak buruk pada organ vital tubuh. Daun sirsat mengandung nutrisi yang dapat menjaga kandungan gula darah dalam tingkatan normal, membantu menstabilkan kadar gula dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan resiko komplikasi bagi penderita diabetes.

6. Anti Radang


Source:
Myriams-fotos

Peradangan dalam tubuh dapat terjadi saat tubuh mengalami gangguan. Radang pada tubuh dapat disebabkan karena virus atau dari bakteri. Kandungan dalam daun sirsat dapat berfungsi melawan peradangan, sebagai pereda rasa sakit, dan untuk mempercepat proses penyembuhan. Air rebusan daun sirsak dapat menyembuhkan radang, baik dalam tingkatan ringan maupun kronis.

7.Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Source:
WerbeFabrik

Daun, buah, bahkan biji sirsat mengandung senyawa anti bakteri. Daun dan buahnya juga kaya kandungan serat, zat besi, potassium, kalsium, serta vitamin A, B, dan C. Daun sirsat juga merupakan sumber annonacin, annocatalin, dan anonol. Kandungan daun sirsat dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daun sirsat juga bermanfaat untuk melawan infeksi.

8. Mengobati Luka

bandaidSource: Clker-Free-Vector-Images

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, daun sirsat juga berguna untuk kesehatan kulit. Daun sirsat dapat membantu memulihkan luka pada kulit, juga meredakan sakit kulit karena bisul. Berikut adalah cara untuk mengobati luka dengan daun sirsat. Petik beberapa lembar daun sirsat muda. Cuci bersih, haluskan. Balurkan di bagian kulit yang terluka, lalu bersihkan.

9. Mengobati Eczema


Source:
Gerwin Sturm

Daun sirsat dapat mengobati eczema secara natural. Cuci bersih, hancurkan beberapa lembar daun sirsat, lalu balurkan pada bagian kulit yang terkena eczema dua kali sehari secara rutin. Daun sirsat akan meredakan sakit yang timbul karena eczema. Campuran antara daun sirsat dan air maear juga dapat mencegah timbulnya komedo dan masalah kulit lainnya.

10. Mengatasi Masalah Pada Rambut


Source:
RyanMcGuire

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut yang sehat dan indah? Segala cara dilakukan untuk menjaga keindahan rambut. Sayangnya, berbagai masalah rambut seperti ketombe, rontok, bahkan kutu rambut datang menyapa. Nah, kandungan dalam daun sirsat dapat membantu mengatasi masalah-masalah tersebut. Daun sirsat dapat menghambat pertumbuhan parasit. Karenanya, membilas rambut dengan air rebusan daun sirsat dapat membuat rambut Anda lebih sehat.

Semoga bermanfaat!