10 Pilihan Menu Makan Siang yang Baik Untuk Kesehatan

By |2018-11-07T07:01:51+00:00March 18th, 2017|Health, Lifestyle|Comments Off on 10 Pilihan Menu Makan Siang yang Baik Untuk Kesehatan


Source: Angelorosa

Siang hari adalah saat dimana rasa lapar cenderung memuncak. Sayangnya, aktivitas kerja yang terlalu padat terkadang membuat kita melewatkan makan siang. Kalaupun harus makan, masyarakat akan memilih makanan instan yang apabila dikonsumsi secara terus-menerus justru tidak baik bagi kesehatan.

Sebenarnya makan siang itu penting untuk mengganti energi kita yang telah terbuang seharian. Kamu juga harus memperhatikan asupan gizi yang dalam menu makananmu. Nah, dibawah ini beberapa rekomendasi menu makan siang sehat yang bisa Kamu coba. Simak yuk!

1. Salad Salmon dan Buah

Praktis, enak, dan bergizi, langsung cobain deh bikin salad salmon dengan campuran buah-buahan. Ikan salmon ini dikenal memiliki kandungan gizi yang tinggi, yakni asam lemak omega-3 yang mampu menurunkan kolesterol, menyehatkan jantung dan meningkatkan kinerja otak.

Untuk penyajiannya, Kamu bisa menyiapkan salmon panggang di atas piring. Kemudian tambahkan dengan sedikit buah (seperti jeruk atau alpukat), bawang bombay, tomat, dan terakhir lumuri dengan dressing yang terbuat dari perpaduan minyak zaitun, merica, garam, lemon, atau bahan lainnya sesuai dengan selera.

2. Soto Ayam

View this post on Instagram

Late post Soto ayam santan Bahan 1kg ayam (lebih enak pake ayam kampung) 3lt air 1 atau 2 bungkus santan instan. Sesuai selera mau kentel atau ga ya. 1batang daung bawang 1batang seledri 5 butir telur rebus 1 papan bihun jagung rebus 1/4 kol iris tipis Toge rebus Bawang goreng, bawang putih goreng seledri, daun bawang utk taburan. Bumbu halus 7siung Bawang merah 5siung bawang putih 5cm kunyit 4butir kemiri 2sdt merica bubuk 3sdm garam 1sdt gula 1sdt kaldu bubuk 2sdm minyak utk menumis Rempah 4lembar daun salam 3lembar daun jeruk 3batang serai memarkan 2ruas jari jahe memarkan 3ruas jari lengkuas memarkan. Pelengkap Jeruk nipis, sambel rebus, kecap manis Cara membuat 1. Rebus ayam,masukkan batang daun bawang dan seledri. Rebus sampai ayam empuk. 2. Sangrai bumbu halus biar bau langumya hilang. Haluskan kemudian tumis sampai harum. Masukkan rempah. 3.Masukkan bumbu tumisan ke dalam rebusan ayam. Masukkan santan. Dirasain ya pas gak nya. Kalo sudah mantep masukkan bawang merah dan bawang putih goreng. Angkat ayam, goreng setengah mateng bila suka atau ga perlu juga gpp. Suwir2 ayam nya. 4. Tata dalam mangkok, bihun, kol, toge, ayam suwir telor rebus. Siram dengan kuah. Taburi bawang goreng, sledri dan daun bawang. Sajikan dengan pelengkap. #soto #sotoayam #kulinerindonesia #berbagiresep #resepmasakanindonesia #resepmasakannusantara

A post shared by Andriana Dwy Astuti (@andrianadwyastuti87) on

Siang hari adalah saat dimana kita membutuhkan lebih banyak energi untuk beraktivitas. Maka dari itu, menu makanan berprotein bisa menjadi pilihan yang tepat, misalnya soto ayam. Masakan khas Indonesia ini tidak hanya bikin air liur meleleh, tapi juga bergizi loh!

Daging ayam mengandung protein tinggi yang bermanfaat sebagai sumber energi untuk tubuh. Selain itu, daging ayam juga rendah kolesterol, jadi aman dikonsumsi pada fase diet. Kamu hanya perlu menyisihkan bagian kulit dan jeroannya.

3. Olahan Telur

Apakah Kamu penggemar telur? Hmm, bahan makanan tinggi protein ini juga baik loh dijadikan menu makan siang yang sehat. Telur tidak hanya bermanfaat dalam meningkatkan kinerja otak, tetapi juga berperan sebagai penangkal radikal bebas dan menguatkan otot. Tapi demikian, perlu Kamu tahu bahwa kuning telur mengandung kadar kolesterol cukup tinggi. Jadi sebaiknya cukup konsumsi 2-3 kali dalam seminggu.

4. Sayur Asam dan Tempe Penyet

Siang hari makan sayur asam memang terasa sangat nikmat. Apalagi jika ditemani kerupuk dan tempe penyet. Wow! Mantap, kan? Sayuran itu sangat bermanfaat bagi tubuh kalian. Dengan rutin mengonsumsi sayuran hijau, Kamu bisa terhindar dari gangguan pencernaan. Selain itu, sayuran juga menjaga kesehatan syaraf dan meningkatkan sistem imun.

Begitupun dengan tempe. Walaupun seringkali dianggap sebagai makanan ndeso, nyatanya tempe baik untuk kesehatan. Tempe mengandung serat, vitamin dan zat yang mampu menangkal racun dalam tubuh.

5. Rujak

Sebagai orang Indonesia, pastinya Kalian sudah mengenal rujak kan? Makanan tradisional ini dibuat dengan mencampurkan aneka macam sayuran, buah-buahan, tempe, tahu, dan lontong yang kemudian dipadukan dengan bumbu olahan kacang, gula merah dan petis. Tak sekedar bikin ketagihan, rujak bahkan diklaim sebagai makanan bergizi yang dapat memelihara kesehatan tubuh.

6. Sandwich Sayur

Jika Kamu ingin mengonsumsi makanan rendah kalori pada jam makan siang, tak perlu bingung bikin saja sebuah sandwich di rumah. Caranya membuatnya sangat mudah, Guys! Kamu hanya perlu menyiapkan roti, lalu letakkan isian di dalam roti tersebut sesuai dengan seleramu. Semisal saja, sayuran (seperti tomat, selada, mentimun), telur, sosis, keju, atau bahan lainnya. Terakhir, oleskan saus diatasnya untuk menambah cita rasa. Hmm simpel, kan?

7. Nasi Goreng

View this post on Instagram

Kwetiaw siram – IDR 38K Kwetiaw goreng – IDR 38K Nasi Goreng – IDR 38K Jika kalian penikmat kwetiaw, pasti sudah tidak asing lagi dengan kwetiaw yang satu ini, yapss kwetiaw aho @kwetiau28aho yang rasanya mantap nikmatnya. Kwetiaw siramnya dengan kuah kental dengan isiannya yang berbagai berbagai macam, seperti jarit, babat, urat, kikil, dll membuat kwetiaw ini semakin kaya rasa. Dinikmati selagi hangat. Bgtu juga dng kwetiaw gorengnya, yang dimasak dengan kuah kaldu tanpa kecap. Nasi gorengnya yang juga kaya akan rasa. Cocok dinikmati bersama keluarga anda di @ramerame_tcm @tangcitymall #kuliner #culinary #instafood #instaculinary #kulineraddict #foodblogger #realtaste #foodporn #kwetiaw #kwetiawaho #nasigoreng #rameramefood #foodpic #foodies

A post shared by Kuliner Addict (@kulineraddict) on

Nasi goreng merupakan menu fleksibel yang bisa dinikmati di pagi, siang ataupun malam hari. Sebenarnya, mengonsumsi nasi goreng tidak boleh terlalu sering sebab masakan ini cenderung tinggi kolesterol. Namun demikian, Kamu bisa kok memasaknya dengan metode yang sehat. Caranya, ganti minyak goreng dengan mentega. Kemudian tambahkan sayur-sayuran dan bawang sebagai penyeimbang gizi.

8. Cap Cay

View this post on Instagram

Yuk @berbagiresep masakan lezat Capcay kuah udang Oleh @rinihasrita Hari ini sayur lagi saya buat capcay kuah dengan udang Resep : 2 bonggol pok coy potong cuci bersih 1 buah wortel kupas cuci bersih potong menyerong 5 buah Jagung muda potong serong Kol secukupnya potong2 100 gr Udang 3 butir bawang putih geprek cincang kasar Lada bubuk Garam Penyedap rasa 3 sdm minyak goreng Cara buat : 1. Tumis bawang putih dengan minyak masukan wortel dan udang bolak balik sampai udang berubah warna masukan air (kira2 aja) 2. Setelah wortel matang masukan jagung muda, kol, masukan garam, lada, penyedap rasa terakhir masukan pokchoi bolak balik tes rasa #capcaykuah #capcay #capcayudang #berbagiresep_capcay

A post shared by Berbagi Resep (@berbagiresep) on

Hampir sama dengan sup, capcay juga merupakan masakan yang berisi aneka sayuran namun dengan kuah yang lebih kental. Makanan khas China ini memiliki rasa yang sangat nikmat dikarenakan bumbu yang digunakan pada kuahnya sangat kompkes dengan tambahan rempah-rempah. menu ini dijamin akan membuat makan siangmu semakin berselera.

9. Tumis Jamur

Makan siang dengan tumis jamur yang diolah bersama udang dan saus tiram tentu sangat menggoda ya? Kamu juga bisa loh menambahkan sedikit sayuran hijau agar nutrisi dari masakanmu menjadi semakin kompleks. Masakan olahan jamur ini juga cocok dikonsumsi di pagi dan malam hari.

10. Olahan Seafood

Seafood menjadi pilihan menu makan siang sehat dikarenakan kandungan antioksidannya yang cenderung tinggi. Ada banyak hindangan seafood yang bisa Kamu coba, misalnya saja kepiting asap, ikan nila goreng, salmon panggang, dan sebagainya. Biar makin lengkap, jangan lupa tambahkan sayuran hijau di atas piringmu ya!

Itulah Guys, beberapa rekomendasi makan siang yang baik untuk kesehatan. So, what your favorite menu?