10 Perawatan Rambut Kering Menggunakan Bahan Alami

By |2018-11-07T07:07:06+00:00January 27th, 2017|Beauty|Comments Off on 10 Perawatan Rambut Kering Menggunakan Bahan Alami

SummerSource : Unsplash

Perawatan rambut kering menggunakan bahan alami ini bisa dipraktekan sendiri di rumah. Bahan yang digunakan pun tidak terlalu mahal bahkan mudah ditemukan. Perawatan ini juga bisa dikatakan lebih ekonomis dibandingkan harus ke salon. Mau tau apa saja bahan yang bisa digunakan untuk merawat rambut kering? Ini dia daftarnya:

1. Alpukat

avocadoSource : Unsplash

Kandungan lemak esential, mineral dan vitamin lainnya pada alpukat mampu menjadikan rambut kering lebih sehat serta cantik. Bahkan rambut pun bisa lebih mudah diatur dan berkilau jika melakukan perawatan menggunakan bahan alami ini loh. Caranya cukup mudah, cukup hancurkan alpukat lalu oleskan pada rambut dan diamkan selama 20 menit. Ulangi perawatan alami ini seminggu sekali.

2. Mentega

cheezeSource : Markusspiske

Mentega ternyata tidak hanya membuat roti dan masakan terasa lebih lezat, tetapi juga menyehatkan rambut kering loh. Caranya sangat mudah, cukup oleskan satu sendok teh mentega ke rambut secara merata. Lalu tutup rambut menggunakan penutup rambut selama setengah jam. Selanjutnya bersihkan rambut menggunakan sampoo dan air hingga bersih. Lakukan perawatan menggunakan mentega ini seminggu sekali jika rambut kering sangat parah. Setelah kondisi rambut sehat, perawatan ini bisa tetap dilakukan namun hanya seminggu sekali.

3. Olive Oil

laurierSource : Siala

Olive oil atau minyak zaitun mengandung banyak vitamin dan manfaat tentunya. Salah satu vitamin yang terkandung dalam minyak zaitun adalah vitamin E yang mampu meremajakan kulit dan rambut! Minyak zaitun cocok digunakan sebagai bahan perawatan semua jenis rambut.

Cara perawatan menggunakan minyak zaitun cukup dengan mengoleskan 1/2 sendok makan minyak zaitun ke rambut secara merata. Diamkan setengah jam atau bisa didiamkan semalamam. Lalu bilas menggunakan sampo dan air hingga bersih. Hasilnya, rambut lebih mudah ditata dan berkilau.

4. Air Teh

teeSource : Couleur

Siapa sangka segelas teh yang diminum sehari-hari bisa bermanfaat untuk rambut kering dan menjadikannya lebih lembut. Caranya cukup bilas menggunakan air teh setiap kali keramas lalu bilas lagi dengan air hingga bersih. Selain menjadikan rambut kering lebih lembab dan sehat, air teh juga bisa menjaga warna rambut. Cocok bagi yang memiliki rambut dengan kondisi diwarna.

5. Masker Cuka Apel

Source : Eilandung_Zum_Essen

Cuka apel mengandung anti oksidan yang ternyata bermanfaat bagi rambut kering. Manfaatkan cuka apel dengan membuat masker untuk rambut kering. Caranya gabungkan satu sendok makan cuka apel dengan dua sendok minyak zaitun dan tiga putih telur. Oleskan masker tersebut ke rambut secara merata dan diamkan selama setengah jam lalu bilas hingga bersih.

6. Telur

celebrationSource : PublicDomainPictures

Telur kaya akan protein yang salah satu manfaatnya bisa menjadikan rambut lebih sehat. Cara perawatan rambut kering menggunakan telur ini pun cukup mudah. Kocok satu buah telur lalu oleskan merata pada rambut, tunggu hingga lima menit lalu bilas hingga bersih. Selain menjadikan rambut kering lebih lembut dan lembab, telur juga membuat rambut lebih mudah ditata. Jika rambut ingin cepat panjang, “ramuan” telur ini pun bisa dicoba loh.

7. Masker Madu dan Lemon

Source : Onefox

Madu kaya akan antioksidan dan mampu melapisi rambut kering sehingga lebih lembut. Sedangkan lemon mampu mengatasi kesuburan dan kesehatan rambut serta mencegah datangnya ketombe. Padukan kedua bahan ini untuk mengatasi rambut kering dan hasilnya? Rambut bisa terlihat lebih lembut dan sehat. Caranya campurkan kedua bahan masing-masing dua sendok. Lalu oleskan pada rambut hingga rata dan diamkan selama 40 menit. Bilas rambut menggunakan air hingga bersih.

8. Mayones

Source : Fuji01

Biasanya manyones digunakan sebagai pelengkap salad, namun kini bisa digunakan untuk mengatasi rambut kering loh. Manyones mengandung asam lemak yang mampu melembutkan rambut sehingga cocok mengatasi kondisi rambut kering. Cara perawatan menggunakan manyones pun cukup mudah. Cukup oleskan satu sendok manyones pada rambut lalu diamkan selama 15 menit. Bilas menggunakan sampo dan air hingga bersih.

9. Gel Lidah Buaya

veraSource : JoanShannon

Lidah buaya kaya akan vitamin, salah satunya Vitamin E yang mampu melembutkan rambut kering. Cara menggunakan gel lidah buaya sebagai perawatan alami rambut kering pun cukup mudah. Cukup mengoleskan lidah buaya secara merata pada rambut kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas. Lidah buaya sering dijadikan salah satu bahan alami dalam perawatan di salon-salon. Dan kabar baiknya lagi, tanaman lidah buaya pun bisa dengan mudah ditanam di halaman rumah loh.

10. Mengonsumsi Makanan Mengandung Vitamin B

peanutSource : Forwimuwi

Makanan mengandung vitamin B baik untuk dikonsumsi pemilik rambut kering karena mampu menguatkan rambut dan melembutkannya. Adapun makanan yang mengandung vitamin B adalah kacang-kacangan, buah pisang, dan telur.

Perawatan rambut kering juga bisa dilakukan dengan menggunakan sampo khusus bayi yang kandungannya ramah bagi kondisi kering yang dimiliki rambut. Semoga cara-cara alami dalam merawat rambut kering di atas bisa membantu mengatasi permasalahan Anda.