10 Model Dapur Sederhana dan Minimalis

By |2018-11-07T02:57:29+00:00February 28th, 2017|Culinary, Lifestyle|Comments Off on 10 Model Dapur Sederhana dan Minimalis


Source: shadowfirearts

Jika rumah Anda tidak terlalu luas tapi Anda menginginkan dapur yang bagus dengan peralatan masak yang lengkap, Anda bisa mencoba untuk membuat dapur minimalis di rumah. Dapur yang minimalis bukan berarti tidak bisa memuat banyak peralatan masak. Anda bisa menerapkan beberapa trik agar dapur minimalis bisa menghasilkan masakan dengan kelezatan maksimal. Berikut adalah 10 model dapur minimalis yang bisa dijadikan referensi untuk dapur rumah Anda.

1. Singular Shelf


Source: PIRO4D

Model dapur sederhana yang pertama yakni singular shelf. Dapur dibuat dengan desain leter L dengan sudut menghadap keluar. Kemudian ditambahkan rak mengantung di dinding atas. Rak menggantung juga diberi penutup agar barang tersimpan dengan rapi. Di dasar rak bagian luar bisa ditambahkan lampu untuk pencahayaan. Yang paling penting dari model dapur sederhana ini adalah adanya lukisan besar di sisi dinding lainnya untuk memberi kesan luas pada ruangan yang sebenanya berukuran minimalis.

2. White Shaker Kitchen


Source: shadowfirearts

Model dapur sederhana yang kedua yaitu white shaker kitchen. Model dapur minimalis ini memanfaatkan semua sisi dinding secara maksimal. Jika biasanya hanya separuh sisi dinding yang digunakan untuk menempelkan rak, kali ini semua sisi dinding dipenuhi dengan rak penyimpanan yang tertutup. Rak dibuat dari bagian tengah dinding dapur (hanya sekitar 30 centimeter dari kitchen set) dengan bagian atas yang langsung bersebelahan dengan atap dapur.

3. Tiny Cabinets


Source: shadowfirearts

Model dapur sederhana yang ketiga hanya memiliki satu sisi saja. Satu sisi dinding rumah dimanfaatkan secara penuh sebagai dapur dengan penataan kitchen set menempel di dinding. Kemudian di atas kitchen set dibuat sebuah rak tertutup dengan bagian atas rak bersebelahan langsung dengan atap. Selain rak tertutup, ada juga rak menggantung untuk meletakkan barang- barang yang biasa digunakan ketika memasak.

4. White Shaker


Source: ImagineMaw

Model dapur sederhana keempat memiliki desain yang hampir sama dengan yang ketiga, yakni memanfaatkan satu sisi dinding saja secara penuh. Perbedaannya adalah desain kali ini menggunakan model rak terbuka di bagian atas. Sedangkan bagian bawahnya masih menggunakan model rak tertutup. Selain itu, di depan kitchen set terdapat meja untuk memasak sekaligus sebagai bar, karena terdapat 2 kursi di depannya.

5. Traditional Twist


Source: TA9141985

Model dapur sederhana selanjutnya didominasi oleh warna coklat. Bagian kitchen set berwarna coklat muda dengan tektur batu bata kecil. Kemudian untuk rak penyimpanan menggunakan warna alami kayu yakni coklat tua. Di bagian tengah dapur sederhana dengan bentuk huruf L ini terdapat meja yang terbuat dari bahan marmer. Ini merupakan konsep dapur sederhana yang dijadikan satu dengan ruang makan.

6. Traditional Kitchen


Source: greissdesign

Model dapur sederhana berikut ini hampir sama dengan model yang pertama, yakni memiliki bentuk leter L. Perbedaannya adalah kitchen set dibuat menempel di dinding. Rak tempat menyimpan peralatan memasak tidak hanya dibuat di atas kitchen set tetapi juga memanfaatkan ruangan di bawah kitchen set. Dengan demikian dapur yang sederhana bisa menyimpan lebih banyak peralatan memasak.

7. Open Shelving


Source: ginsburgconstruction

Selanjutnya adalah model dapur sederhana yang memiliki banyak rak terbuka. Dapur ini hanya memanfaatkan satu sisi dinding. Di bagian atas terdapat tiga bagian rak penyimpanan, yakni satu rak penyimpanan tertutup di bagian tengah dan dua rak terbuka di bagian tepi. Rak penyimpanan terbuka ini dibuat empat tingkat dan dapat digunakan untuk menyimpan peralatan makan.

8. Millennium Enterprises


Source: svabic

Berikutnya ada model dapur sederhana yang terkesan sangat modern. Dapur didominasi oleh warna putih mengkilat dan memiliki kompor touch screen dengan teknologi canggih. Rak penyimpanan terlihat flat tetapi memberi kesan rapi dan mewah. Semua rak penyimpanan dibuat tertutup dan seolah menyatu dengan dinding.

9. Matching Trim


Source: jarmoluk

Model dapur sederhana yang satu ini memiliki fungsi ganda yakni untuk memasak sekaligus sebagai tempaat makan. Kitchen set hanya memanfaatkan satu sisi dinding. Model rak penyimpanan dibuat tertutup. Kemudian di depan kitchen set terdapat meja sederhana yang tidak lebar tetapi memanjang. Salah satu sisi meja menempel pada dinding dan terdapat empat kursi di sisi yang lain. Sementara itu, di antara kitchen set dan meja makan bisa diletakkan lemari pendingin dengan ukuran yang cukup besar.

10. Bryant Residence


Source: jarmoluk

Model dapur sederhana yang terakhir dalam pembahasan kali ini memiliki bentuk menyerupai huruf U. Dengan model seperti itu terdapat 2 sisi dinding yang dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan dan satu sisi yang lain memiliki jendela terbuka yang cukup besar. Adanya jendela membuat sirkulasi udara dapur minimalis ini menjadi lebih baik. Itu tadi sepuluh model dapur sederhana, semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.