10 Minuman Sehat yang Murah dan Mudah Ditemukan Sehari-hari

By |2018-11-07T07:17:11+00:00January 25th, 2017|Health|Comments Off on 10 Minuman Sehat yang Murah dan Mudah Ditemukan Sehari-hari

DrinkSource: pexels

Gaya hidup sehat sedang sangat digemari di kalangan para wanita. Tak hanya makanan, Anda juga perlu menjaga minuman yang dikonsumsi. Beberapa jenis minuman mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Anda tidak perlu merogoh kocek dalam untuk dapat menikmati minuman sehat. Tidak perlu takut, berikut adalah minuman sehat yang mudah Anda temukan sehari-hari.

1. Air Putih


Source: ColiN00b

Tidak aneh rasanya jika air putih merupakan minuman yang paling murah dan mudah didapatkan sehari-hari. Ternyata, air putih sangat sehat dan dibutuhkan oleh tubuh. Air putih mampu menghilangkan haus dan menjaga hidrasi tubuh. Air putih berperan pada metabolisme tubuh seperti saat bernapas, mengeluarkan keringat, dan menghilangkan zat-zat berbahaya. Oleh karena itu, sangat penting untuk minum air putih secara cukup setiap harinya. Kebutuhan air putih setiap orang berbeda-beda tergantung usia dan aktivitas. Namun, Anda perlu minum setidaknya 11 gelas perhari.

2. Infused Water


Source: Congerdesign

Infused water merupakan minuman yang sedang tren di kalangan para perempuan. Ada banyak perempuan yang membawa sebotol infused water untuk ke kampus atau ke kantor. Infused water dipercaya mampu menambah nutrisi air putih karena telah ditambah potongan buah. Buah yang biasa digunakan adalah lemon, beri, dan daun mint. Rasanya yang segar menjadi salah satu alasan popularitas infused water. Simpan di dalam lemari es untuk menjaga kesegarannya.

3. Teh Hijau


Source: Skyrice

Teh merupakan minuman yang bebas kalori dan mengandung berbagai zat yang baik untuk kesehatan. Teh hijau adalah teh yang kerap disajikan di Jepang. Teh ini kaya akan antioksidan dan mampu menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini hanya bisa didapat dari teh hijau yang dibuat tanpa tambahan apa pun seperti gula dan perasa. Oleh karena itu, teh hijau yang baik dikonsumsi adalah teh yang diseduh sendiri di rumah, bukan teh hijau kemasan siap minum.

4. Teh Jahe


Source: Unsplash

Teh jahe merupakan minuman menenangkan yang kerap dikonsumsi ketika tidak enak badan. Jika Anda batuk, pilek, atau sakit perut, ada baiknya untuk segera minum teh jahe. Teh jahe telah berperan sebagai obat rumahan yang mampu menenangkan perut, menghilangkan gejala mual, dan melancarkan pencernaan. Cara buat teh jahe sangatlah mudah. Anda tinggal membuat teh seperti biasa dan tambahkan dua atau tiga irisan jahe. Jika kurang manis, Anda bisa menambahkan madu.

5. Kopi


Source: Unsplash

Layaknya teh, kopi juga mengandung zat yang baik untuk tubuh. Kopi merupakan minuman tanpa kalori yang tinggi akan kandungan antioksidan dan kafein. Kafein adalah zat yang mampu meningkatkan energi harian Anda. Kopi juga dianggap mampu melindungi tubuh dari penyakit diabetes tipe tertentu. Hal ini hanya berlaku untuk kopi seduh sendiri tanpa tambahan gula dan krim. Walaupun begitu, jangan konsumsi kopi secara berlebihan ya!

6. Jus Lemon


Source: Jaro_N

Jus lemon sangat cocok dikonsumsi oleh Anda yang suka minuman tidak terlalu manis. Lemon memiliki rasa kecut yang sangat khas dan sangat cocok jika diminum dingin. Anda tinggal peras beberapa potong lemon dan tambahkan air dingin sebagai campuran agar tidak terlalu asam. Jika kurang manis, Anda bisa menambahkan madu. Jangan tambahkan gula ya, karena konsumsi gula berlebih tidak baik untuk kesehatan. Minum segelas lemon hangat dan madu di pagi hari untuk menambahkan semangat.

7. Jus Jeruk


Source: PublicDomainPictures

Jus jeruk merupakan minuman sehat yang sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Anda dapat menggunakan berbagai jenis jeruk sesuai selera. Caranya sangat gampang yaitu potong jeruk menjadi beberapa bagian dan peras jeruk sampai keluar sari-sarinya. Jus jeruk dapat dinikmati dengan bongkahan es batu untuk menambah kesegaran. Rasanya yang manis, sedikit kecut, dan segar ini sangat cocok untuk dinikmati di siang hari! Selain rasanya yang enak jus jeruk juga kaya akan vitamin C yang baik untuk ketahanan tubuh.

8. Cokelat Panas


Source: Pexels

Siapa yang bisa menolak secangkir cokelat panas saat hari hujan? Ya, cokelat panas memang memiliki rasa yang nikmat dan menenangkan hati. Hal ini ternyata disebabkan oleh kandungan magnesium pada cokelat yang mampu membantu menghilangkan rasa sakit dan nyeri. Cokelat juga dipercaya mampu memperbaikki mood dan menjaga kesehatan jantung. Yang perlu diperhatikan adalah gunakan bubuk kakao asli bukan cokelat bubuk kemasan yang mengandung sedikit kakao dan banyak gula.

9. Susu Kedelai


Source: Myriam-Fotos

Susu kedelai adalah alternatif susu bagi Anda yang melakukan diet vegetarian atau tidak bisa mengonsumsi laktosa. Susu kedelai merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang dapat mencegah osteoporosis. Susu ini terbuat dari kacang kedelai yang telah direndam dan direbus. Anda juga dapat membuat susu ini sendiri di rumah. Walaupun lebih repot, Anda dapat minum susu kedelai segar tanpa tambahan pemanis dan pengawet.

10. Susu Rendah Lemak


Source: Couleur

Susu merupakan minuman yang sudah sering dikonsumsi sejak kecil. Orang tua sering menyuruh anaknya minum susu karena susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D. Ada banyak sekali jenis susu di pasaran mulai dari susu bubuk, susu kental manis, sampai susu cair. Susu yang paling baik dikonsumsi adalah jenis susu cair atau susu yang telah dipasteurisasi. Susu ini mengandung nutrisi paling banyak dibanding susu lain. Untuk lebih maksimal, pilihlah susu rendah lemak atau yang mengandung lemak jenuh lebih sedikit.

Bagaimana? Murah dan mudah ditemukan, bukan? Jangan lupa untuk selalu siapkan botol minum bersama Anda. Selain untuk menjaga kesegaran tubuh, air juga sangat penting untuk menjaga kecantikan dan kelembaban kulit loh!

Minum untuk hidup lebih sehat!