10 Masker Dari Bahan Alami Untuk Atasi Kulit Kusam Membandel

By |2018-11-07T22:09:51+00:00February 7th, 2017|Beauty|Comments Off on 10 Masker Dari Bahan Alami Untuk Atasi Kulit Kusam Membandel


Source: discutivo

Sudah berapa uang yang kamu keluarkan untuk atasi kulit wajah kusam? Atau.. Sudah berapa banyak make-up yang kamu aplikasikan setiap harinya demi menutupi kulit yang kusam dan jauh dari kata sehat? Geram karena kulit kusam tak kunjung pergi? Hm, mungkin ini saatnya kamu mencoba memberikan perawatan alami pada wajahmu. Tentunya menggunakan bahan alami yang bebas dari zat kimia yang merusak wajah. Ingin tahu lebih lengkap tentang masker untuk cerahkan kulit kusammu? Simak resepnya di bawah ini:

1. Lemon


Source: Michael Stern

Buah Lemon memiliki rasa asam dan aroma yang segar. Karena aroma dan rasanya, lemon sering dibuat menjadi minuman dan makanan, misalnya lemon tea dan lemon cake. Aroma dan rasa asam dalam lemon disebabkan oleh kandungan vitamin C, dengan nama kimianya adalah asam askorbat. Vitamin C dalam lemon memiliki manfaat untuk mencerahkan wajah makanya banyak digunakan sebagai bahan kosmetik pencerah wajah. Peras buah lemon yang sudah dicuci, campurkan air perasan lemon dengan madu dan minyak zaitun. Kamu bisa langsung menggunakan tangan untuk meratakan masker pada wajah, atau menggunakan kuas. Biarkan hingga masker mengering lalu cuci muka tanpa sabun. Pastikan tak ada sisa masker yang menempel lalu keringkan wajah menggunakan handuk bersih.

2. Wortel dan Lidah Buaya


Source: Chris Feser

Ambil lidah buaya dan kupas kulitnya, begitu juga dengan wortel. Haluskan wortel dan lidah buaya menggunakan blender sehinga membentuk pasta cair. ratakan campuran masker ke seluruh wajah hingga leher dan biarkan hingga mengering. Cuci wajah dengan air bersih hingga tak ada sisa masker. Lidah buaya memberikan efek menyegarkan, melembabkan, dan mengangkat sel kulit mati, sedangkan wortel mengandung vitamin A dan C untuk menghaluskan kulit.

3. Gula Pasir


Source: Kurtis Garbutt

Selalu menggunakan scrub instan yang kamu beli di toko kecantikan? Hm, mungkin kamu bisa mencoba untuk melakukan scrubbing menggunakan gula pasir. Campurkan gula pasir dengan minyak zaitun sedikit saja. Ketika gula pasir sudah agak basah dengan minyak zaitun, gosokkan secara perlahan ke wajah menggunakan tangan atau kain halus membentuk gerakan melingkar. Tak hanya untuk wajah, kamu juga bisa menggunakannya di bibir untuk mendapatkan bibir yang halus bebas kering.

4. Tepung Beras dan Madu


Source: Siona Karen

Beras, sejak dahulu sudah digunakan sebagai masker karena khasiatnya yang mampu mencerahkan dan mengencangkan kulit. Jika kesulitan untuk menumbuk beras menjadi halus, alternatifnya adalah menggunakan tepung beras yang bisa dibeli dengan mudah di pasar, warung, atau swalayan. Campurkan tepung beras, madu, dan sedikit air. Oleskan campuran tersebut ke wajah dan biarkan hingga mengering. Bilas wajah menggunakan air suam-suam kuku hingga bersih, lalu bilas lagi menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori.

5. Coklat dan Oat


Source: retna karunia

Coklat dan oat bukan Cuma enak dijadikan menu sarapan sehat tetapi juga bisa menjadi masker yang tuntaskan masalah kulit kusammu. Campurkan coklat bubuk, oat, susu hangat, dan sedikit madu. Aduk hingga membentuk pasta kental. Oleskan masker ke seluruh wajah dan leher, tunggu hingga mengering, lalu bilas menggunakan air bersuhu normal. Pst, bonusnya, wangi masker ini enak banget dan dijamin bakal bikin kamu lapar.

6. Pisang Susu


Source: Mark Bonica

Hm ini bukan resep es atau kue, ya. Kandungan mineral dan vitamin dalam pisang mampu membantu kulit kusammu jadi cerah dan lebih sehat. Susu memberikan efek lembap dan bantu menghaluskan kulit. Caranya? Haluskan pisang, campur dengan sedikit susu hangat, dan minyak zaitun hingga membentuk pasta agak kental. Oleskan di wajah menggunakan kuas atau tangan dalam keadaan bersih. Biarkan masker meresap hingga mengering. Setelah itu bilas wajah menggunakan air hangat untuk memudahkan pembersihan sisa oat yang mengering di wajah.

7. Kopi


Source: waferboard

Kamu pecinta kopi tubruk? Jangan buang ampas kopi pagimu dengan percuma. Ampas kopi yang masih hangat bisa kamu gunakan untuk scrubbing. Oleskan ampas kopi dengan gerakan melingkar di seluruh wajah dan leher. Jangan menggosok terlalu keras, terutama kalau ampas kopi agak kasar. Scrubbing selama 5 menit, lalu diamkan sisa ampas kopi hingga 15 menit dan bilas menggunakan air bersih. Scrubbing dengan kopi akan menghaluskan kulit serta melancarkan peredaran darah.

8. Strawberry


Source: kahvikisu

Ingin kulit merah merona bak strawberry? Haluskan strawberry, campurkan bersama yoghurt, dan sedikit madu. Oleskan masker pada wajah dan leher. Biarkan masker strawberry mengering lalu cuci wajah dengan air bersuhu normal. Kandungan Alpha Hydroxyl Acid pada strawberry mampu mengangkat sel kulit mati, antioksidan dan vitamin C-nya bantu kulitmu untuk lebih cerah merona, dan sehat.

9. Nanas

PineappleSource: pineapplesupplyco

Tak hanya segar dijadikan cemilan dan rujak, nanas juga mampu melawan jerawat dan kulit kusam. Iris tipis nanas, aplikasikan langsung irisan nanas berair tersebut langsung ke wajah dan leher hingga merata. Atau kamu bisa menghaluskan nanas lalu mengoleskannya langsung ke wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan masker nanas hingga. Bilas wajah menggunakan air bersuhu normal dan segera keringkan dengan handuk halus. Vitamin C yang terkandung dalam nanas bantu cegah jerawat, bersihkan pori-pori, dan cerahkan kulit kusam.

10. Kunyit Susu


Source: Forest and Kim Starr

Kunyit memang meninggalkan bebas menguning di kulit, kadang membuat kita ragu untuk menggunakannya sebagai masker. Tapi, campuran masker yang satu ini nggak akan meninggalkan bekas kuning mengerikan di wajahmu. Parut sedikit kunyit, campurkan dengan susu hangat, madu, dan sedikit jeruk nipis. Jika kamu tak ingin jari-jarimu berwarna kuning akibat kunyit, oleskan masker menggunakan kuas bersih. Biarkan masker menempel di wajah hingga 20 menit agar masker meresap ke dalam kulit. Bilas wajah menggunakan air hangat, jika warna kuningnya masih menempel, gosok perlahan dengan handuk yang sudah dibasahi air susu untuk wajah bersih sempurna. Kunyit memiliki efek mencerahkan dan mengobati kulit yang kusam dan meradang akibat kosmetik dan polusi.

Gunakan rangkaian masker-masker ini secara teratur dan sambutlah kulit sehat cerahmu. Untuk hasil maksimal, gunakan selalu pelembab dan tabir surya saat keluar rumah, dan rajin bersihkan wajah. Hindari aplikasi make-up berlebihan dan pemakaian krim yang tidak terdaftar di BPOM.

Selamat maskeran dan katakan selamat tinggal kulit kusam!