10 Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan

By |2018-11-07T21:05:36+00:00January 30th, 2017|Health|Comments Off on 10 Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan

Source : Ponce Photography

Hasil fermentasi susu yang kita kenal dengan istilah yogurt merupakan salah satu makanan probiotik yang kaya akan bakteri baik. Dibuat dengan bantuan bakteri Streptococcus dan Lactobacillus lactis, yogurt memiliki rasa asam dan kandungan gizi yang lengkap serta bermanfaat bagi kesehatan. Meskipun dikenal dizaman modern, yogurt ternyata sudah dibuat sejak 6000 tahun yang lalu di daerah India, dan Persia dan jika Anda belum mengetahui betul apa saja manfaat yogurt dan alasan mengapa kita harus mengkonsumsinya, simak ulasannya berikut ini.

1. Memperlancar Pencernaan

Source : Elionas2

Manfaat yang satu ini sebenarnya merupakan manfaat yogurt yang paling utama karena dalam yogurt terkandung bakteri baik atau probiotik yang dapat membantu proses pencernaan dan menjaga organ pencernaan khususnya usus besar tetap sehat. Keberadaan bakteri baik yang berasal dari konsumsi yogurt juga dapat mencegah terjadinya masalah pencernaan seperti infeksi, sembelit atau konstipasi, diare dan lain sebagainya.

2. Menurunkan Resiko Kanker

Source : PDpics

Saat ini penyakit kanker masih menjadi momok menakutkan ditengah masyarakat dan biasanya penyakit ini muncul karena pola hidup yang tidak sehat. Yogurt mengandung berbagai mikroflora atau bakteri baik yang dapat melindungi organ pencernaan khususnya usus besar dari timbulnya penyakit kanker. Hal ini dikuatkan oleh sebuah studi yang melibatkan lebih 45000 orang dan dipublikasikan dalam International Journal Of Cancer. Hasil penelitian menyebutkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi yogurt memiliki resiko yang lebih rendah terkena penyakit kanker kolorektal.

3. Mencegah Diabetes

Source : Stevepb

Selain memperlancar pencernaan, yogurt juga meningkatkan fungsi saluran pencernaan agar dapat menyerap nutrisi dengan lebih optimal sehingga tubuh dapat mengatur regulasi gula darah dengan lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian, probiotik atau bakteri baik yang ada dalam yogurtlah yang berperan dalam mengurangi resiko penyakit diabetes khususnya diabetes tipe 2.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Source : Public Domain Pictures

Butuh asupan sehat saat diet yang dapat membantu menurunkan berat badan? Yogurt bisa jadi plihan yang tepat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Universitas Tennessee, yogurt ternyata mampu mengurangi kadar lemak dalam tubuh dan membantu mengurangi berat badan apabila dikonsumsi secara rutin. Penelitian tersebut juga membeberkan bukti bahwa mereka yang mengkonsumsi 300 hingga 600 gram yogurt setiap hari selama 12 minggu mengalami penyusutan lemak perut hingga 66% dan berat badan berkurang hingga 22%.

5. Memperkuat Tulang

BonesSource:  Ozzy Delaney

Sudah bukan rahasia bahwa yogurt mengandung kadar kalsium yang tinggi dan diperkaya dengan vitamin D. Kombinasi kedua zat tersebut tentunya berpengaruh dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Hal ini sesuai dengan pendapat Jeri Nieves, Ph.D, MS kepala Departemen The Bone Density Testing dari rumah sakit Helen Hayes, New York yang menyebutkan bahwa kombinasi kalsium dan vitamin D adalah kombinasi yang sangat penting dalam menjaga kepadatan tulang dan mengurangi resiko osteoporosis.

6. Mencegah Hipertensi

Source : Myriams Fotos

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Harvard School of Public Health yang dikepalai oleh Alvaro Alonso, MD, Ph.D, membuktikan bahwa mereka yang mengkonsumsi yogurt dua hingga tiga porsi setiap hari memiliki resiko hipertensi 50% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi yogurt. Hal ini disebabkan karena yogurt mengandung potassium yang merupakan senyawa penting dalam regulasi tekanan darah dalam tubuh.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Source : Qimono

Manfaat yang satu ini pastinya telah banyak dibuktikan oleh berbagai penelitian. Kandungan probiotik dalam yogurt mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara merangsang produksi sel kekebalan tubuh atau sitokin serta menghambat dan melawan infeksi bakteri atau virus berbahaya yang masuk dalam tubuh. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi yogurt jika Anda ingin memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol

Source : Public Domain Pictures

Bakteri baik atau kandungan probiotik dalam yogurt juga telah terbukti secara klinis mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Mengkonsumsi sekitar 200 mililiter yogurt setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 2,4%. Selain itu dengan berkurangnya kadar kolesterol dalam tubuh akibat pengaruh dari konsumsi yogurt, resiko penyakit jantung koroner juga ikut berkurang hingga 6%. Menakjubkan, bukan?

9. Meredakan Stress Dan Kecemasan

Source : Andreas160578

Mengkonsumsi yogurt ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh dan organ pencernaan lho! Baru-baru ini penelitian yang dilakukan oleh sebuah institute yakni UCLA’s Gail and Gerald Oppenheimer Family Center for Neurobiology of Stress membuktikan bahwa seorang wanita yang rutin mengkonsumsi yogurt setip hari memiliki control emosi, stress dan kecemasan yang lebih baik apabila dihadapkan pada suatu kondisi yang menyulitkan. Efek regulasi mood yang baik tersebut dikarenakan yogurt mampu menenangkan kondisi pencernaan dan meningkatkan daya serap nutrisi lainnya.

10. Meningkatkan Kemampuan Otak

Source : Mike Renpening

Tidak ingin pikun dan mengidap Alzheimer di hari tua? Mudah saja, Anda hanya perlu mengkonsumsi yogurt secara rutin. Hal ini tentunya didukung oleh fakta dimana para ilmuwan telah berhasil membuktikan bahwa probiotik yang terkandung dalam yogurt mampu menjaga kesehatan sel otak, meningkatkan memori dan mengurangi resiko penyakit Parkinson, Alzheimer, autism dan gangguan mental lainnya. So, tidak ada salahnya jika kita mulai mengkonsumsi yogurt dari sekarang untuk manifestasi dihari tua ya!

Nah, setelah tahu manfaat yogurt diatas, apakah Anda masih ragu untuk mengkonsumsinya? Cobalah untuk mengkonsumsi yogurt sesuai rasa yang Anda sukai atau campurkan yogurt pada minuman maupun makanan penutup jika merasa bosan mengkonsumsi yogurt dengan cara itu-itu saja. “Don’t hesitate to eat yogurt and get the benefits”