10 Manfaat yang Terdapat Pada Buah Buni Untuk Kesehatan

By |2018-11-08T18:48:20+00:00March 21st, 2017|Beauty, Health|Comments Off on 10 Manfaat yang Terdapat Pada Buah Buni Untuk Kesehatan


Source: danigeza

Buah buni termasuk dalam buah bacca atau berry dengan nama latin Antidema thwaitesianum. Buah buni bentuknya mirip seperti buah anggur bulat kecil dan bergerombol buah buni yang matang bisa langsung dimakan atau dibuat selai. Biasanya buah buni dijadikan rujak uleg karena rasa yang manis dan segar.Tidak banyak yang tahu tentang buah yang satu ini hal ini karena jarang di jual dipasar tradisional. Tahukah kamu manfaat dari buah buni? Ternyata banyak sekali manfaat yang terkandung dalam buah buni untuk kesehatan tubuh. 10 manfaat buah buni untuk kesehatan antara lain:

1. Mencegah Kolesterol


Source: Levogd

Buah buni merupakan buah yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh dapat mengatasi kolesterol tinggi yang diakibatkan lemak pada darah meningkat. Buah buni dapat menghancurkan lemak jahat pada tubuh sehingga tidak terjadi penumpukan lemak yang mengakibatkan kolesterol tinggi. Mengkonsumsi buah buni sangat baik untuk mencegah kolesterol yang dapat memicu penyakit jantung. Kolesterol tinggi akan mengakibatkan  pembekuan darah sehingga peredaran darah tidak lancar dan akan menghambat kerja jantung.

2. Mengatasi Bisul dan Gatal-Gatal Pada Kulit


Source: Hans

Buah buni mengandung anti inflamasi dan diuretik yang dapat mengatasi gatal-gatal pada kulit dan juga bisul. Seperti misalnya gatal karena alergi, gatal karena gigitan nyamuk, bisul, jerawat, dan lain sebagainya. Buah Buni bisa sebagai obat luar untuk luka dan gatal-gatal. Cara mengatasi gatal-gatal gunakan daun atau buah buni haluskan kemudian oleskan pada daerah kulit yang terkena gatal-gatal. Buah buni juga dapat dijadikan obat untuk menghilangkan bekas luka pada kulit.

3. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Buah buni mengandung vitamin yang diperlukan oleh tubuh terutama vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C yang terdapat pada buah buni cukup tinggi sehingga bagus untuk kesehatan terutama mencegah sariawan dan juga untuk melindungi tubuh agar tidak terkena berbagai penyakit. Mengkonsumsi buah buni setiap hari sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung pada buah buni dapat mengganti sel-sel yang rusak di dalam tubuh.

4. Mencegah Kanker


Source: Hannah Wells

Buah buni mempunyai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kanker akibat dari radikal bebas. Adanya zat antioksidan pada buah yang satu ini dapat menghambat penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas yang selama ini masuk dalam tubuh. Radikal bebas dapat menghsilkan racun yang sangat berbaya bagi kesehatan. Buah buni mampu menangkal radikal bebas, mencegah dan melindungi dari sel-sel kanker. Mengkonsumsi buah buni bisa dengan cara dimakan langsung atau dibuat selai atau manisan.

5. Peremajaan Kulit


Source: lenkafortelna

Bagi kaum hawa buah buni sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit karena mempunyai vitamin C yang tinggi dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Buah buni mampu mengganti sel-sel kulit yang mati sehingga meningkatkan proses regenerasi pada kulit. Kulit akan tampak lebih halus dan kencang. Buah buni juga dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit untuk meremajakn kulit agar kulit menjadi sehat dan muda kembali.

6. Kesehatan Mata


Source: cocoparisienne

Buah buni mengandung vitamin dan meneral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin A yang terdapat pada buah buni dapat mengatasi penyakit pada mata terutama rabun atau pandangan mata menjadi tidak jelas. Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata terutama pada kamu yang mempunyai gangguan penglihatan. Gunakan buah buni untuk mengatasi masalah pada mata dengan cara dimakan langsung atau diolah menjadi makanan yang enak dan menyegarkan.

7. Memperlancar Pencernaan


Source: sbtlneet

Buah buni ternyata mengandung serat yang cukup bagus untuk melancarkan pencernaan sehingga tidak terjadi sembelit. Kandungan serat yang cukup dapat menjadikan saluran cerna pada tubuh lancar dan tidak mengalami gangguan pencernaan. Mengkonsumsi buah buni secara teratur dapat mengisi kekurangan serat di dalam tubuh. Buang air besar tidak lancar atau mengalami sembelit tidak bisa diabaikan begitu saja karena akan merusak usus yang dapat mengakibatkan kanker pada usus.

8. Mengatasi Hipertensi

Buah buni yang berwarna ungu menandakan buah ini sudah matang dan mempunyai zat antosianin yang tinggi. Adanya senyawa yang aktif pada antosianin bernilai penting untuk kesehatan pembuluh darah. Antosianin dapat bekerja dengan cara mengoksidasi kadar LDH ( Lemak Jahat) dalam tubuh. Kadar LDH yang tinggi pada tubuh mengakibatkan pembuluh darah tersumbat sehingga bisa mengakibatkan penyakit jantung karena perdaran darah pada jantung kurang lancar.

9. Meningkatkan Sistem Imun Dalam Tubuh


Source: arhy82

Buah buni banyak mengundung gizi yang diperlukan oleh tubuh sehingga sistem imun di dalam tubuh menjadi kuat. Buah yang satu ini tidak hanya rasanya  segar tapi kandungan nutrisi yang terdapat pada buah ini dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Sistem Imun di dalam tubuh sangat berguna yaitu untuk melindungi  tubuh dari berbagai penyakit. Mengkonsumsi buah buni ini secara teratur dapat mencegah berbagai macam penyakit.

10. Mencegah Anemia atau Kurang Darah


Source: Pezibear

Buah buni ternyata dapat mencegah anemia karena buah buni ini dapat meningkatkani sel-sel darah merah dalam tubuh. Anemia adalah gejala kurang darah sehingga badan akan menjadi lemas dan tidak mempunyai tenaga untuk beraktivitas. Rasa pusing pada kepala sering terjadi pada penderita anemia. Untuk mengatasinya Peraslah buah buni yang sudah matang ambil perasan air secukupnya lalu minum dengan teratur 2 kali sehari.

Demikianlah 10 manfaat dari buah buni yang dapat meningkatkan kesehatan dalam tubuh. Buah buni tidak hanya dimakan secara langsung tapi bisa dijadikan makanan olahan. Nilai gizi dan nutrisi yang terkandung dalam buah buni mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Buah yang satu ini memang jarang kita jumpai tapi manfaat yang dimiliki oleh buah buni banyak sekali. Jagalah kesehatan kamu selagi kamu sehat. Semoga bermanfaat!