10 Manfaat Ritual Mandi Kembang yang Harus Anda Ketahui

By |2018-11-07T07:25:55+00:00March 20th, 2017|Beauty, Health|Comments Off on 10 Manfaat Ritual Mandi Kembang yang Harus Anda Ketahui


Source: Unsplash

Ritual mandi kembang sudah ada secara turun temurun dari nenek moyang. Banyak sekali acara adat yang menggunakan ritual mandi kembang. Ada acara kramasan untuk calon pengantin sebelum melangsungkan pernikahan. Selain itu, ada ritual mandi kembang untuk barang-barang pusaka, seperti keris atau kereta pusaka di Keraton Yogyakarta. Sebenarnya, apa manfaat dari ritual mandi kembang untuk tubuh? Yuk, simak 10 manfaat ritual mandi kembang yang harus Anda ketahui.

1. Menyegarkan dan Menghilangkan Lelah


Source: PublicDomainPicture

Produktif mengeluarkan keringat dan tetap memakai pakaian yang sama karena situasi yang tidak mengizinkan. Belum lagi, mobilitas ke sana ke mari membuat tubuh dalam kedaaan yang lelah. Dengan melakukan ritual mandi kembang akan membuat kondisi lebih segar. Belum lagi wangi dari bunga membantu mengendurkan otot sehingga menghilangkan rasa lelah yang bersarang dalam tubuh

2. Menaikkan Mood


Source: Jeremy Cai

Menurut Tom Suhalim, seorang terapis sari bunga di salah satu klinik kecantikan Jakarta, menyatakan bahwa bunga sangat cocok digunakan untuk terapi. Aroma bunga yang harum sangat bagus digunakan untuk ritual mandi kembang. Hal ini disebabkan karena, aroma yang dikeluarkan bunga mampu membuat lebih nyaman, sehingga mood yang sedang menurun bisa menaik lagi.

3. Meredakan Stress


Source: MasimbaTinasheMadondo

Permasalahan yang datang memang cukup membuat pikiran menjadi stress. Ritual mandi kembang ini bisa jadi alternatif meredakan stress. Air yang hangat bercampur dengan aroma bunga dapat membuat menjadi lebih tenang. Lebih baik lagi jika memutar lagu-lagu kesukaan Anda, sehingga tubuh makin lebih rileks. Dengan keadaan dan suasana yang demikian akan membuat Anda melepaskan beban pikiran dan meredakan stress.

4. Membuat Tidur Nyenyak


Source: smengelsrud

Ritual mandi kembang mampu menyegarkan tubuh dan menenangkan pikiran seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dengan keadaan tubuh dan pikiran yang sudah direstart, tentu tubuh dalam keadaan yang benar-benar rileks. Tidur Anda pun menjadi lebih berkualitas dan membuat Anda lebih segar pada saat pada keesokan harinya, sehingga siap untuk beraktivitas kembali.

5. Memperkuat Aura Kecantikan


Source: Seth Doyle

Faktor yang bisa membuat seseorang terlihat menawan adalah dengan terpancarnya aura kecantikan seseorang. Aura kecantikan tidak semata-mata dengan berdandan cantik atau berpakaian modis. Dengan memiliki kesehatan fisik dan mental bisa memperkuat aura kecantikan Anda. Ritual mandi kembang ini bisa menenangkan pikiran, karena wewangian dari bunga mempengaruhi kerja saraf. Hal ini membuat kesehatan fisik dan mental terjaga.

6. Terhindar dari Berbagai penyakit


Source: stevepb

Konon, ritual mandi kembang bisa menjauhkan aura negatif seseorang yang muncul dari dalam dirinya sendiri. Hal ini bisa terhindar dari berbagai penyakit. Bunga mempunyai daya vibrasi. Daya vibrasi ini bisa membuat energi tubuh seseorang menjadi stabil. Dengan memiliki energi tubuh yang stabil bisa membuat sistem kerja pada tubuh berjalan dengan baik.

7. Menyehatkan Kulit


Source: Allef Vinicius

Mandi dengan berendam air yang yang sudah direndam dengan bunga bisa mengistirahatkan kulit setelah seharian beraktivitas. Apalagi untuk Anda yang punya segudang aktivitas di luar ruangan. Terlalu sering terpapar sinar matahari tentu saja bukan hal baik. Ada banyak sekali dampak negatif karena terpapar sinar matahari langsung. Untuk meminimalisir hal itu, lakukan ritual mandi kembang dan dapat juga kulit yang terlihat lebih awet muda jika dilakukan secara rutin.

8. Meningkatkan Percaya Diri


Source: Sylvain Reygaerts

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa ritual mandi kembang bisa memperkuat aura kecantikan seseorang. Karena terpancarnya aura kecantikan seseorang bisa meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, aroma wangi dari bunga yang menempel pada tubuh kita mengurangi aroma tidak sedap dari tubuh. Dengan tubuh yang wangi, tentu saja kepercayaan diri dari dalam diri seseorang meningkat.

9. Mengaktifkan Cakra Manusia


Source: sciencefreak

Ritual mandi kembang mampu mengubah aura manusia menjadi positif. Karena aura yang positif, maka mengubah cakra-cakra yang menjadi pusat energi manusia berubah juga menjadi positif. Pendapat ini berdasarkan penelitian dengan foto aura. Cakra-cakra sebelum melakukan ritual mandi kembang berbentuk tak beraturan dan acak-acakan. Dan setelah melakukan ritual ini, cakra-cakranya berubah menjadi sempurna atau berbentuk bulat.

10. Membunuh Kuman


Source: OpenClipart-Vectors 

Ketika sabun belum ditemukan, orang-orang pada zaman itu menggunakan mandi kembang untuk membersihkan diri. Selain memiliki wangi yang harum, bunga juga memiliki zat antiseptik alami. Zat antiseptik alami inilah yang berguna untuk membunuh kuman penyakit yang menempel pada permukaan kulit. Sehingga tubuh tidak hanya wangi, tetapi juga bebas dari kuman.

Mulai sekarang jangan berpikiran kalau ritual mandi kembang itu kuno dan hanya di lakukan oleh orang tua saja. Mari coba ritual mandi kembang. Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan jika Anda secara rutin melakukakn ritual ini. See ya!