10 Manfaat Lengkuas yang Harus Anda Tahu

By |2018-11-07T19:54:32+00:00February 6th, 2017|Culinary, Health|Comments Off on 10 Manfaat Lengkuas yang Harus Anda Tahu

ginger2Source: Liza

Apa yang ada di pikiran anda ketika mendengar kata lengkuas? Bumbu dapur? Potongan daging rendang palsu paling besar? Apapun jawaban anda, sebagian besar akan mengacu pada rempah-rempah yang digunakan untuk memasak. Anda tidak keliru. Namun banyak orang belum mengetahui bahwa lengkuas juga memiliki banyak manfaat lain yang bermanfaat bagi tubuh. Benarkah? Lengkuas memiliki manfaat yang lain selain sebagai bumbu memasak? tidak hanya satu atau dua manfaat yang lainnya, namun ada sepuluh!. Kali ini akan kami tuliskan 10  kegunaan lain dari lengkuas selain sebagai bumbu masak, here we go!

1.Pencernaan

Source:Stux

Mengkonsumsi lengkuas dapat mengurangi rasa tidak nyaman di perut akibat peradangan di perut atau akibat penyakit lainnya. Juga ketika anda menderita diare, mengkonsumsi beberapa iris lengkuas dapat meringankan diare dengan segera. Selain itu, lengkuas juga dapat mengurangi rasa mual akibat mabuk laut dan membantu sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Caranya adalah dengan memasukkan lengkuas ke dalam berbagai masakan anda, atau mencampurkannya dalam berbagai minuman hangat yang anda suka. Pencernaan pun menjadi lega dan lebih lancar!

2.Menyembuhkan Permasalahan Kulit

Source: LisaRigoniPhotography

Lengkuas juga berkhasiat untuk kulit anda karena mengandung zat anti peradangan yang efektif mengatasi berbagai macam permasalahan kulit. Seperti enzim ataupun sunburn. Anda cukup mengolah lengkuas menjadi jus, lalu oleskan pada kulit yang bermasalah. Lengkuas dipercaya dapat mengobati berbagai macam masalah pada kulit. Hal ini karena lengkuas mengandung 40 macam antioksidan yang juga bermanfaat untuk kulit, sekaligus memiliki manfaat untuk mengatasi penuaan dini.

3.Kaya Akan Antioksidan

Source: Unsplash

Rempah ini juga membantu racun untuk keluar dari tubuh dan dapat meningkatkan peredaran darah anda. Hal ini dapat membuat kulit anda tetap ternutrisi dan membuat jaringan kulit tetap sehat, disaat yang bersamaan menjaga tubuh selalu sehat. Kandungan antioksidan yang terdapat pada lengkuas mencegah radikal bebas untuk merusak kulit anda, sehingga anda akan terlihat segar dan awet muda. Anda dapat menambahkan lengkuas pada makanan anda atau menambahkan pada minuman hangat anda.

4.Untuk Perawatan Rambut

Source: Karenwarfel

Selain sebagai rempah dan baik untuk tubuh, lengkuas juga baik digunakan sebagai bahan alami perawatan kulit kepala serta rambut. Minyak dari lengkuas diketahui bermanfaat untuk rambut karena melancarkan peredaran darah pada kulit kepala, sekaligus merangsang pertumbuhan rambut. Fatty acids pada lengkuas juga berkhasiat untuk menebalkan rambut yang tipis. Jadi jika selama ini anda memiliki berbagai masalah pada rambut, mungkin saatnya anda berpaling untuk membuktikan khasiat lengkuas ya, readers.

5.Mencegah tumor

Source : WerfeFabrik

Lengkuas dapat mencegah dan mengobati tumor. Hal ini karena lengkuas mengandung Disasetat transkoniferil yang juga terdapat pada jahe yang diketahui dapat menghambat enzyme xanthin yang dikenal sebagai salah satu pemacu timbulnya tumor. Untuk mengkonsumsinya, anda dapat mencampurkan lengkuas pada berbagai macam masakan anda, atau anda dapat mencampurkannya dalam berbagai minuman anda. Segar sekaligus sehat!

6.Anti Peradangan

Source: Hans

Lengkuas juga merupakan rempah yang mengandung zat anti peradangan yang sangat baik digunakan untuk penyakit arthtritis dan rheumatoid arthritis. Arthritis sendiri merupakan penyakit yang menyerang sendi yang menyebabkan kaku, dan bengkak pada persendian pada kaki atau tangan anda. Mengkonsumsi lengkuas dapat meredakan rasa nyeri dan juga peradangan yang terjadi pada sendi dan tulang. Atau anda dapat juga mengirisnya dan mengoleskannya pada daerah yang luka dan meradang. Dengan segera luka anda akan segera mereda.

7.Mencegah Anemia

Source: Concord90

Menderita anemia terkadang membuat penderitanya kehilangan keseimbangan dan bisa terjatuh tiba-tiba. Apakah anda salah satu penderita anemia? Jangan khawatir readers, Kabar baiknya, lengkuas juga dapat meredakan anemia yang anda derita. Anda cukup menambahkannya pada masakan anda, atau jika anda suka, anda dapat mengirisnya, lalu memakannya mentah. Dengan cara ini, anda tak perlu lagi ketergantungan pada obat untuk mengatasi anemia anda.

8.Meningkatkan Nafsu Makan

Source: greekfood-tamystika

Apakah anda atau anak anda memiliki tingkat nafsu makan yang rendah? tahukah anda ternyata salah satu khasiat lengkuas adalah meningkatkan nafsu makan. Caranya adalah dengan menambahkan lengkuas pada berbagai masakan anda, atau anda dapat menambahkannya pada berbagai minuman seperti teh hangat. Anda juga dapat membeli suplemen yang terbuat dari lengkuas untuk membantu meningkatkan nafsu makan anda. Segar dan sehat!

9.Baik untuk Pernapasan

Source: Jill111

Lengkuas juga memiliki khasiat yang baik untuk pernapasan, yaitu meredakan bronchitis dan batuk. Ada beberapa jenis batuk yang sulit diredakan bahkan setelah minum obat batuk satu atau dua botol. Cobalah berpaling pada lengkuas. Caranya adalah anda dapat menambahkan lengkuas pada makanan anda seperti sup atau sayur bening, atau menambahkannya pada minuman hangat anda, seperti teh. Dengan cara ini, semoga masalah pernapasan anda akan mereda.

10.Merawat Gigi

Source: Giuliamar

Lengkuas juga dapat digunakan untuk menghindari penimbunan plak pada gigi. Caranya adalah dengan mengupas lengkuas, lalu sikat pada gigi anda seperti anda menyikat gigi. Atau, anda dapat menggunakan lengkuas bubuk layaknya pasta gigi. Khasiatnya, lengkuas dapat membuat gigi anda sehat dan bersih hingga berhari-hari.

Nah demikianlah 10 manfaat lengkuas yang anda harus ketahui. Selain alami, lengkuas juga murah dan mudah untuk didapatkan. Manfaatkan sebaik-baiknya untuk kesehatan anda ya, readers. Semoga anda selalu sehat!

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save