10 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

By |2018-11-08T04:26:46+00:00March 12th, 2017|Beauty, Health|Comments Off on 10 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Source: WerbeFabrick

Sebagai orang Indonesia, tentunya Kita semua sudah mengenal baik terhadap buah berwarna merah yang satu ini. Pada umumnya, tomat sering digunakan sebagai sayuran pada masakan untuk menambah cita rasa. Namun, tak jarang juga tomat dikonsumsi secara langsung dalam kondisi mentah.

Di samping itu, adapula orang-orang yang gemar mengonsumsi tomat dalam bentuk olahan jus buah. Yang perlu Kamu ketahui, manfaat dari tomat sendiri sangatlah banyak. Tomat tak hanya berperan penting dalam menjaga kesehatan, tetapi juga bisa melindungi kecantikan kulitmu. Nah, langsung aja yuk simak khasiat dari jus tomat. Read on!

1. Menurunkan Kolesterol


Source: dadoka84

Pernahkah Kamu merasa pusing dibagian kepala belakang tanpa sebab yang pasti? Hati-hati gejala kepala pusing secara berkala bisa jadi disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam darah. Nah, jus tomat ini mengandung niacin dan kaya akan serat sehingga bisa membantu menurunkan sekaligus menstabilkan kolesterol dalam tubuh.

2. Membantu Diet Tubuh


Source: Wokandapix

Terkait dengan manfaatnya sebagai penurun kolesterol, tomat juga mampu mengatasi masalah obesitas yang disebabkan oleh penumpukan lemak. Cukup segelas jus tomat saja, Kamu sudah bisa merasakan kenyang lebih lama sehingga terhindar dari aktivitas ngemil. Oleh karena demikian, jika Kamu ingin menurunkan berat badan, maka jangan lupa untuk mengonsumsi jus tomat ya!

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Source: FotoshopTofs

Jangan pernah remehkan penyakit hipertensi! Penyakit ini cukup menyiksa bahkan dapat menimbulkan kematian. Oleh karena itu, jika Kamu memang menderita hipertensi maka segeralah berobat.

Salah satu cara untuk menangani gangguan hipertensi adalah dengan mengonsumsi jus tomat. Buah ini memiliki kandungan kalium yang berguna untuk menurunkan tekanan darah, melancarkan sirkulasi darah dan menyehatkan jantung.

4. Menjaga Kesehatan Tulang


Source: Clker-Free-Vector-Images

Pernahkah Kamu menyadari bahwa tomat memiliki kandungan kalsium yang tinggi? Yuph, buah ini memang kaya kalsium serta mengandung likopen dan vitamin K yang berkonstribusi dalam menjaga kekuatan tulang. Dengan rutin mengonsumsi jus tomat, Kamu bisa terhindar dari berbagai macam gangguan tulang, misalnya saja rakitis, skoliosis, dan osteoporosis

5. Menjaga Kesehatan Mata


Source: Pexels

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Mata merupakan jendela bagi Kita untuk melihat keindahan dunia. Sedikit saja pengelihatan terganggu, pasti rasanya teramat sakit. Maka dari itu, jagalah kesehatan mata dengan cara memperbanyak asupan vitamin A. Salah satunya melalui konsumsi jus tomat.

Tomat memiliki kandungan vitamin A sekaligus vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan pengelihatan Kita, melindungi mata dari efek cahaya radikal dan mencegah berbagai penyakit mata seperti katarak atau rabun mata.

6. Mengatasi Diabetes


Source: Bigblockbobber

Jika Kamu saat ini sedang didiagnosis menderita diabetes, maka Kamu harus mengonsumsi jus tomat secara teratur. Buah ini memiliki kandungan mineral berupa kromium yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Disamping itu, tomat juga tinggi serat sehingga efektif dalam menstabilkan tingkat gula darah.

7. Mengatasi Insomnia


Source: Sasint

Siapa sih yang tidak sebal jika mengalami insomnia? Mata menjadi mengantuk, badan lemas, dan wajah pun terlihat pucat di pagi hari. Jika Kamu termasuk salah satu orang yang mengalami gangguan sulit tidur ini, cobalah mengomsumsi buah tomat. Dengan meminum segelas jus tomat di malam hari, maka tidur akan menjadi lebih nyenyak.

8. Mengurangi Risiko Kanker


Source: Cristianosoy

Jus tomat juga bermanfaat untuk menghindari risiko penyakit kanker. Ketika mengonsumsinya, tubuhmu akan memperoleh asupan senyawa likopen yang berguna dalam melindungi tubuh dari radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel-sel abnormal. Umumnya tomat dijadikan obat tradisional untuk mengatasi penyakit kanker prostat.

9. Menjaga Kesehatan Rambut


Source: Alexramos10

Kadar vitamin A yang tersimpan dalam tomat sangatlah tinggi, sehingga tidak heran jika buah ini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, salah satunya meningkatkan kesehatan rambut. Dengan menjadikan tomat sebagai menu harian, Kamu tidak hanya memperoleh rambut yang lembut berkilau, tetapi juga terhindar dari kerontokan.

10. Menjaga Kesehatan Kulit


Source: Cuncon

Mungkin manfaat yang satu ini sudah tak asing lagi di telinga kita. Yuph, tomat sudah cukup populer digunakan sebagai lulur untuk mempercantik kulit. Kandungan antioksidannya dapat memperbaiki sel-sel kulitmu dari efek membahayakan sinar UV, kotoran, debu, dan sisa-sisa kosmetik yang memicu penuaan.

Nah, readers sekarang Kalian sudah tahu kalau manfaat jus tomat itu sangat banyak. Jadi tunggu apalagi?! Yuk ,mulai sekarang rutinlah mengonsumsi jus tomat untuk memperoleh kesehatan badan dan kulit yang maksimal. Semoga bermanfaat!